Iwanbanaran.com – Cakkkk….. dukungan dari para follower iwanbanaran memang luar biasa. Berkat mereka pula akhirnya warung ini bisa meracik review Yamaha YZF R25 2019…yang sukses dirilis Yamaha untuk memperkuat market 250 cc sport fairing. Review ini akan mencoba menggali Sisi kelebihan serta apa saja yang berubah dari New R25. Sebuah revisi yang mungkin sulit dimengerti karena nyaris tidak ada ubahan apapun pada sektor mesin. Dan inilah Vlog serta full review Yamaha YZF R25 2019 versi IWB….

Ergonomi Riding

Secara posisi Riding mungkin kita akan membayangkan sebuah ergonomi yang bakal membuat kita capek karena stang terbaru yang kini menganut model underyoke. Namun ternyata prediksi ini tidak terbukti. Walaupun Yamaha melakukan perombakan pada stir… Namun karena posisi Jok yang sedikit lebih rendah membuat motor ini termasuk santai bahkan dibandingkan R15 sekalipun IMHO lebih rileks R25….

Jika dibandingkan dengan Honda CBR250RR Yamaha New R25 sedikit lebih nyaman karena pressure atau tekanan bobot tidak terlalu besar pada area telapak tangan. Namun tekanan Justru pada area punggung belakang bawah. Hal ini IWB rasakan ketika berkendara selama hampir sejam diatas new R25…boyok bawah cak, rada sakit. Lek boso londone back pain. Namun overall masih lumayan rileks….

So… jika kita buat kategori ranking posisi Yamaha R25 2019 ini berada di tengah-tengah  antara Kawasaki Ninja 250 serta Honda CBR 250RR. Artinya Ninja paling rileks….CBR250RR paling racy dan R25 berada di antara keduanya…

Handling

Nahhh…. Sisi ini yang patut mendapatkan perhatian karena dengan suspensi Upside Down IWB merasakan kestabilan meningkat dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Terutama untuk melibas jalanan pada high speed serta menaklukkan tikungan. Dengan USD, generasi kedua ini sedikit lebih baik dibandingkan dengan generasi pertama yang masih menganut model teleskopik. Ora ngapusi cak rasane….

Feel atau reaksi ketika motor ditekuk ringan serta stabil. Disinilah Letak perbedaan Yamaha R25 dibandingkan dengan dua Rivalnya CBR250RR serta Kawasaki Ninja 250FI. Namun yang menarik walaupun sama-sama menganut model suspensi Upside Down, dari feeling pribadi saat masuk tikungan high speed….CBR250RR dan R25 memiliki karakter yang berbeda…

CBR250RR kelebihannya antep, terkontrol serta presisi. Sementara sama-sama stabil untuk R25 feelingnya lebih ringan dan fun to ride. So…. level ketika digunakan untuk menaklukkan tikungan pada high speed bisa IWB pastikan kestabilan level Honda CBR250RR tetap sedikit lebih baik sementara R25 di tengah-tengah dan Kawasaki Ninja di posisi tiga. Bisa dimaklumi karena untuk Ninja 250FI bagaimanapun dengan suspensi model teleskopik orientasi memang bukan untuk racing oriented namun lebih kepada kenyamanan berkendara harian….

Engine

Sisi ini yang memang cukup sulit untuk dimengerti karena Yamaha memilih enggan ngutak-ngatik dapur pacu walau umur sudah menginjak tahun keempat. Alhasil dengan spek dan mesin yang identik tidak ada perbedaan apapun pada ledakan tenaga new R25. Karakter new R25 ini bagus pada low RPM namun dibandingkan dengan para kompetitor mereka pada high RPM cukup berat. Bahkan klaim aerodinamika lebih baik sehingga bisa menambah top speed hingga 8 km/jam dari old gen juga tidak terasa ketika pengetesan. Emboh ki cak…opo IWB kudu diet dulu ki :mrgreen: ….

Yang IWB sukai dari engine new R25 saat pengetesan adalah kontrol vibrasi yang cukup baik. Alus cak…IWB nggak merasakan adanya getaran signifikan pada pada stang ataupun foot step. Dari sisi kehalusan mesin kali ini engineering Yamaha berhasil melakukan perannya. Begitu juga dengan transmisi yang empuk serta minim missed gear….

Last….. semua sektor akan IWB curahkan pada Vlog review di YouTube Iwanbanaran channel. Baik feel engine ataupun build quality…Kelebihan kekurangan yang bisa menjadi bahan referensi sampeyan. Apakah old R25 pantas untuk diupgrade dan ganti dengan New R25 atau malah sebaliknya ? bisa sampeyan intip detilnya via video review biar makin gamblang. Pokoke lengkappppp. Penasaran? Langsung gazzz Vlognya dibawah cakkkkk… (iwb)

Vlog lengkap Review Yamaha new R25 2019 by IWB

Advertisements

14 COMMENTS

  1. ekekeke, sampe sampe sekelas pembalap anupap sarmoon aja bilang, bahwa usd cbr itu lebih baik diantara yang lain.. dalam hal tikung menikung..
    diperkuat dengan kang iwb, bhwa usd cbr memang beda buat high speed..
    #terbaik

    • ngalahi piye cak?

      jelas om webe lebih luas pengetahuan dan tekniknya mbawa motor, motovlogger menang ‘gaul’ nya wae sama peralatan dan editing skill. konten jelas lebih berisi para blogger TMC dan om webe, bahkan kang Eno

    • jodie , tjr dkk . mereka generasi muda bro . kalau soal isi konten mereka juga pasti berkembang seiring meningkatnya usia mereka . banyak duit itu juga keberuntungan mereka tinggal mereka bisa manfaatin buat yang berguna atau nggak , lagi pula yang muda kayak jodie dkk juga belajar dari yang lebih tua .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here