Iwanbanaran.com – Cakkk…..seperti yang kita tahu para riders Turki makin ganas. Mereka mampu membuat mata dunia terbelalak karena berhasil ngobrak-ngabrik rider Eropa. Sebut saja Can Oncu (Juara Umum Redbull Rookies 2018) dan Deniz Oncu (Runner Up Redbull Rookies 2018). Pertanyaannya…kenapa mereka sekarang semakin ganas dan cukup menonjol ? nih dia resepnya cak….

Jawabannya ada pada Kenan Sofuoglu. Mungkin dari sampeyan sampeyan sudah tidak terlalu asing dengan nama Kenan Sofuoglu. Yups dia adalah Juara World Supersport 600 5 Kali. (2007,2010,2012,2015,2016) Prestasinya cukup mentereng dengan 43 Kemenangan,85 Podium dan 31 Pole selama mengaspal dikelas World Supersport 600…

Sayangnya tahun lalu merupakan tahun terakhirnya menjadi pembalap, Sofuoglu terpaksa harus pensiun lebih awal dikarenakan Cedera yang ia dapatkan sejak Awal musim 2018 cak.

Nah ternyata selepas pensiun Sofuoglu berperan dibalik layar pakde. Sofuoglu sendiri sudah sangat serius mendidik bibit muda Turki yang telah di latih beberapa tahun terakhir dia adalah Oncu Twins. Can Oncu (Juara Umum Redbull Rookies 2018) dan Deniz Oncu (Runner Up Redbull Rookies 2018). Bahkan Can Oncu sempat bikin heboh Dunia dengan Status Wildcard Moto3 Valencia 2018 dengan tim Redbull KTM Ajo langsung menang di debut awalnya pakde…

Di sisi lain Toprak Razgatlioglu telah sukses merengkuh Gelar Superstock 1000 2017 lalu hingga saat ini sudah mampu menembus kelas World Superbike. Juga tahun lalu mensabet gelar Rookie Of The Year World Superbike 2018. Nah kesuksesan mereka bertiga tidak lepas dari peranan Kenan Sofuoglu ini cak.

Perlu sampehan ketahui Kenan Sofuoglu adalah Senator di Turki dan ajibnya ia dekat dengan Recep Tayyip Erdogan sang Presiden Turki. Nah dengan memanfaatkan kedekatan ini Sofuoglu telah berhasil mendapat support langsung dari Presiden.

Untuk tahun lalu Toprak Razgatlioglu dan Oncu Twins mendapat bantuan 975 Ribu Euro atau setara 16 Milyar dari TMF (Turkish Motorcycle Federation) Hal itu mempermudah Toprak naik kasta menuju World Superbike dengan tim Puccetti Racing juga untuk Oncu Twins lebih leluasa bermain lepas di Redbull Rookies Cup juga ajang Cev.

Kenan Sendiri sempat membuka suara begini cak “Toprak Razgatlioglu akan menjadi juara dunia Superbike asal Turki pertama kali dan aku juga ingin membawa si kembar Oncü ke kejuaraan dunia MotoGP, “

Last….sebagai tambahan Kenan Sofuoglu bekerja untuk membawa lebih banyak pembalap Turki ke kejuaraan dunia. Dia menjalankan program junior ini bersama Red Bull dan Federasi Turki. Ini seperti akademi yang telah dijalankan Valentino Rossi, hanya sama ini sedikit lebih kecil….(Cc for iwb)

Advertisements

11 COMMENTS

  1. Serahkanlah sesuatu hal pada ahlinya. Maka kesuksesan hanya masalah waktu….. Di indonesia jika kasusnya sama dengan turki barangkali sudah dipolitisasi oleh mereka mereka yang ingin nampang dan menaikkan image.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here