iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk…luar biasa cak. IWB nggak nyangka Yamaha Vixion bisa berubah ganteng Kendati desain dirombak menjadi sosok neo Retro bike. Frame model deltabox ternyata tidak menghalangi ketampanan walaupun konsepnya dirubah. Hal ini dibuktikan oleh Cak Willy Pratama asal Bandung yang berhasil melakukan sentuhan ringan. Modifikasi tanpa harus merogoh kocek dalam namun hasilnya maksimal. Motor doi betul-betul mampu membuat IWB tertarik hingga lahirlah artikel “modifikasi Yamaha Vixion 2011 menjadi new retro” ini. Asli cakkk….hasilnya tampan benerrrrr. Nah…..apa saja sih yang dilakukan doi dan berapa biayanya? Simak artikel IWB berikut ini…

Basis yang digunakan adalah Yamaha Vixion keluaran 2011. Motor berkode 3C1 ini secara desain memang sudah cukup simpel dan ganteng.┬áDesain Everlasting yang banyak disukai oleh para Bikers sebelum Yamaha mengeluarkan generasi berikutnya dengan ban dan body yang lebih gambot. Sementara 3C1 memiliki desain yang lebih Slim serta tidak banyak tekukan-tekukan berlebihan sehingga membuat motor ini enak dipandang mata…..

Namun Kang Willy ingin tunggangannya berubah menjadi sosok Neo Retro. Desain yang memang cukup ngetren saat ini dan banyak disukai para Bikers dunia. Tidak heran Yamaha sampai merilis XSR series untuk pasar global. Nah… dari sanalah cak Willy mulai bergerak untuk memodifikasi tunggangan kesayangan. Beberapa part atau komponen sudah disiapkan dengan target membuat Yamaha Vixion 3C1 berubah menjadi Neo Retro. Yang pertama Doi langsung merubah pada bagian depan…..

Headlamp bawaan dirasa tidak mendukung target modifikasi sehingga harus dilengserkan. Dipilihlah headlamp lampu Honda CB 100 yang dimodif dengan cover custom fiber supaya terlihat lebih modern. Kemudian suspensi teleskopik dilengserkan diganti dengan suspensi upside down milik Minerva X150. Tujuannya supaya terlihat lebih padat. Lalu speedometer bawaan juga dibuang diganti dengan KOSO DB1R supaya terlihat lebih klasik. Lalu bagian swing arm karena terlalu kurus….cak Willy akhirnya memboyong lengan Ayun original Yamaha Xabre 150….

Termasuk spakbor depan serta belakang yang juga milik sang Street Fighter. Tidak lupa area tangki juga menjadi target yang harus di rombak karena desain bawaan masih kurang mendukung konsep Neo Retro. Custom ulang (nyontek R1M) dengan sentuhan pada sisi Shroud membuat tampilan langsung berbeda. Modifikasi lainnya juga merambah di bagian jok belakang termasuk spatbor yang kini jauh lebih sporty plus klasik….

Ternyata dengan frame deltabox tidak membuat modifikasi terkendala. Justru sasis model parimeter tersebut mendukung hasil makin futuristik. Beberapa perombakan lainnya adalah piringan cakram depan, foot step merk Nui, satu set gear SSS model lubang-lubang yang dikombinasikan dengan rantai DID. Stoplamppun variasi dan dilalah hasil akhirrrrr?? Tampan dan rupawan tenan. Pantes dan enak dilihat dari depan samping maupun belakang….

Kombinasi gado-gado yang tentu saja bisa menjadi referensi jika sampeyan menginginkan tunggangan Vixion lawas berubah menjadi sosok Neo Retro yang gagah dan ganteng. Apalagi menurut informasi Cak Willy…. pengerjaan tidak terlalu sulit serta tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk membuat tampilan Yamaha Vixion 2011 menjadi Neo Retro style sampeyan hanya perlu merogoh kocek sekitar 6 hingga 7 jutaan. Lumayan miring tooo…

Last….. modifikasi yang dilakukan Cak Willy mungkin ditangani oleh modifikator yang tidak seterkenal lainnya. Namun sentuhannya patut kita acungi jempol. Sebagai informasi yang mengerjakan motor terlampir adalah modifikasi rumahan berlabel Breed Custom asal Bandung. Nahhh…kuwi cak, yang rumahnya di Bandung Monggo merapat. Apapun itu sentuhan dan modifikasi Yamaha Vixion 2011 menjadi bukti bahwa motor sport Yamaha ini ternyata fleksibel dan mudah di modif menjadi bentuk apapun. Tergantung konsep dan tangan yang memegang. Penasaran ? inilah beberapa foto Yamaha Vixion setelah dirubah menjadi sosok Neo Retro modern. Piyeee…ganteng tooo? (Iwb)

Sekilas Perombakan

Mesin masih ori vixion 3C1 2011
USD minerva x150
Speedo meter KOSO DB01r
Swing arm xabre
Spakbor depan+ belakang xabre
Jok custom
Kondom tangki model r1m + shroud custom
Lampu Honda CB100 ( cover custom fiber )
Busi iridium
Footstep nui
Ban ukuran 140/70 + 110/70
Ganti gear sss + rantai DID
Stop lamp pakai custom variasi

Total perkiraan kurang lebih 6-7jtan

Advertisements

26 COMMENTS

  1. wow dicustomnya dimana mana.. ga puas yah ama vixi nya..??? cbsf liat donk.. plek mirip ducati street fighter jarang ada yg modif mayor lagih wkwk

  2. Neo Retro ?
    Neo Cafe ?
    Cafe Racer ?
    Jane pakem masing2 aliran itu gimana to cak?
    Modif memang selera masing2, tapi kalo sudah mendeklarasikan pada aliran tertentu, ya harus ditaati pakemnya. Kecuali kalo bikin aliran baru yang mengacu pada aliran yang sudah ada.
    Kalo tidak maka inyong juga boleh menilai modifan itu adalah aliran street fighter pada umumnya, gak salah juga to?
    Semoga habis ini cak iwan bikin artikel tentang pakem2 aliran modif, ben kita tambah ilmu

  3. Kurang velg jari2 tapak lebar, pake ban dual purpose, shock depan diturunin, stang jepit underyoke, tangki standar aja. Jadilah cafe racer #KamiSukaCafeRacer

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama