Iwanbanaran.com – Cakkkkk….dunyo ki wis kenthirrrr. Dunia ki wis ediannnn kalau sudah membicarakan yang namanya pasar. Kenapa ? soale sulit ditebak dan nyleneh. Lha piyeeee….mosok harga bekas Honda Forza 250 bisa tembus nyaris 90 jutaan. Nggak malah melorot lho…tapi naik dibandingkan harga barunya. Fakta ini kita temui dibanyak iklan FJB online yang lagi viral. Welehhhhh cicak bin kadal tenan…..

Seperti yang kita tahu Honda Forza 250 sudah disebar ke seluruh Bikers tanah air dibulan November 2018.┬áPengiriman masuk batch pertama alias gelombang paling awal. Mereka-mereka adalah para konsumen Honda yang inden pertama kali pada saat diperkenalkan di ajang GIIAS 2018. Tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2018. Pada saat itu Honda memberikan harga ancer-ancer pada kisaran 70 jutaan….

Namun ternyata pada final price, banderol matic premium 250cc Honda ini justru terkerek hingga 76,5 juta rupiah. Menurut AHM bandrol tidak bisa dihindari karena menguatnya dolar terhadap rupiah sehingga status motor yang didatangkan secara impor dari Thailand juga tertekan naik. Banyak sekali komen kecewa dari para Bikers yang justru tidak membeli produk tersebut. Catat cak…sing ora tuku malah ngedumel. Uniknya para Bikers yang sudah inden justru santai saja dan tidak terpengaruh dengan kenaikan 6 juta dari harga awal. Mereka terus jalan dan pada akhirnya batch pertama resmi mereka terima dua bulan lalu….

Dilalah…. hanya sudah 1 bulan setelah distribusi ternyata cukup banyak para Bikers yang melakukan aksi jual Forza 250 namun dengan harga bekas yang sangat mengejutkan. Mereka seperti menggunakan aji mmpung serta tahu status Forza 250 yang memang butuh kesabaran luar biasa jika memboyong karena kudu melewati proses inden. Padahal permintaan Maxi scooter ini lumayan bagus. Alhasil harga Forza 250 Justru lebih tinggi dari bandrol baru yang dipatok pabrikan…

Yup….intip saja beberapa iklan yang dipasang oleh pemasang iklan di forum jual beli motor bekas. Paling murah harga bekas Forza 250 dipasang di angka 75,8 juta rupiah. Itu area Bandung dan memang paling murah hanya itu sebab hampir semuanya rata-rata sudah menembus di atas 80 jutaan. Bahkan ada salah satu pemasang iklan yang sudah kesurupan dengan mematok angka 87,5 juta rupiah…ediannn nyarisss 90 juta cak. Pemasang iklan di Denpasar Bali tersebut cukup PD Forza Bisa laku dengan bandrol hingga 87 jutaan. Horaaa umummm…

Status Forza 250 tidak sama dengan Yamaha X-Max250 yang produksinya berlimpah dan cukup cepat karena motor diproduksi di Pulogadung. Betul cak…tatus Honda Forza 250 yang diimpor langsung dari Thailand memang harus melalui proses inden. Kondisi ini tidak bisa dihindari karena ada kuota minimum untuk memesan motor sebelum dikirim dari Thailand ke Indonesia. Judule jumlah harus terpenuhi sebelum jalan. Jadi ora iso ketengan cak. Ora iso satu..dua atau 10 unit diorder ke Thailand. Pasti ada yang namanya efiensi dengan menunggu jumlah kuota yang ditetapkan sebelum dikirim ke Indonesia. Kira-kira demikian….

Proses yang cukup melelahkan dan bisa memakan waktu berbulan-bulan. Dari pengalaman masa lalu minimum inden untuk produk impor Thailand berkisar antara 2 hingga 3 bulan. Ini juga terjadi pada Honda PCX 150 di masa lalu. Pasti sampeyan akan sulit untuk membeli sang Maxi Scooter karena saat itu status masih impor dari Thailand. So… sepertinya kondisi tersebut dipergunakan betul oleh para owner Honda Forza 250 yang ingin mereguk keuntungan dengan mematok harga di luar Nalar akibat barang yang langka….

Last…. harga bekas tembus nyaris 90jutaan tentu tidak masuk akal. Namun aksi ini bisa saja mulus jika permintaan lebih besar dari kesediaan barang dan mayoritas bikers memburu sang skutik. Nahhh…kalau sampeyan sendiri piye cak, mau nggak jika beli Forza 250 diharga 87 jutaan sudah ready tinggal kirim? kalau ora masalah, fix sampeyan trah wong sugih cakkkkkkk :mrgreen: ….(iwb)

Advertisements