iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….gonjang-ganjing kembali datang dari negara Jepang yang mencurigai adanya Project misterius Yamaha. Project yang diduga merupakan basis dari R25 yang nantinya bakal dipecah menjadi 3 produk sekaligus salah satunya adalah model Neo retro yang sudah dikenal sebagai XSR family. Bedanya Yamaha XSR ini nantinya mengusung mesin 250cc dengan sasis dan mesin identik MT 25. Wihhhh hoottt kiiii….

Majalah kondang Jepang YoungMachine baru saja merilis gambar hasil render sosok motor dengan desain yang sangat kita kenal. Desain model NeoRetro yang disebut Yamaha sebagai XSR family ini tidak mengusung mesin 700/900CC seperti yang sudah beredar dipasar. Namun konon dapur pacu yang digendong merupakan mesin dari Yamaha MT 25. Nahhh….dari sini menarik cak…

Dipercaya Yamaha sebenarnya mampu membuat gebrakan di kelas 250cc untuk menjaring market yang lebih besar. Oleh karena itu dengan kondisi saat ini yang sudah memiliki dua varian sekaligus yakni Yamaha YZF R25 serta MT25….. akan memberikan daya gedor yang lebih baik jika muncul XSR250. Salah satu yang berpotensi besar dan dianggap memiliki kans untuk diluncurkan di pasar global adalah neoretro….

iklan iwb

Varian ini memiliki desain yang cukup kuat karakter klasiknya dan sudah hadir di kelas 700 dan 900 cc. Dari analisa serta hasil render Youngmachine bisa kita tangkap bahwa Yamaha XSR250 ini memiliki engine yang identik dengan R25 ataupun MT 25. Cukup dimaklumi karena basis pengembangan konon mengambil dari kedua produk. Tapi beda dengan R25 terbaru, untuk XSR250 disinyalir akan tetap mengusung suspensi model teleskopik ketimbang upside down…

” MT25…..”

Langkah ini sengaja ditempuh karena model Retro tentu akan akan memberikan nuansa lebih kuat jika suspensinya teleskopik. Dengan basis frame yang sama pula ternyata cukup mudah bagi Yamaha seharusnya meracik XSR250 dimasa depan. Di sisi lain YM juga menyoroti kehadiran Yamaha MT-25 facelift yang disinyalir akan nyomot model desain Yamaha MT15. Lengkap dengan suspensi Upside Down serta perombakan hampir pada semua bagian body. Yahhh….emang keren cak kalau benerrr…

Last… semua masih berupa analisa, harapan dan prediksi.?Dari sisi pribadi tentu saja jika prediksi akurat maka kelas 250cc bakal semakin ketat. Dan IMHO…. Tidak ada salahnya Yamaha mempertimbangkan untuk masuk di kelas Retro dengan memaksimalkan potensi mesin serta sasis yang sudah ada. Common part cak….bakal lebih murah dan mudah. So…Yamaha XSR250? Sayang di tanah air IWB belum menemukan indikasi ke arah sana. Semoga saja prediksi Youngmachine akurat…..(iwb)

 

35 COMMENTS

    • Gapapa cakkk buat nambah khasanah motor jalan raya. MT25 udah ga pernah keliatan (punah?) soalnya

      • Desain MT25 current slnya terlalu biasa.. Ga wow sama skali.. Indonesia itu sensitif soal desain.

  1. 250, pakai firing order 270 derajat. Auto keren.
    blar blar mirip mesin V Twin.
    Sebenarnya bisa di jadikan common part dengan MT, biar lah R series pakai mesin 180 derajat, khusus MT dan XSR pakai 270.

  2. Strategi yang tepat bagi Yamaha untuk mempertahankan mesin 250 cc paralel twin mereka yang inferior dari rivalnya, dengan mendesain motor retro modern.
    Motor genre ini gak perlu teknologi elektronik canggih ataupun mesin berperforma tinggi tapi genre sedang digandrungi seluruh dunia.
    Win win solution lik Iwan, mesin-sasis-spareparts masih jalan terus produksinya tapi Yamaha punya motor tipe terbaru lagi yang bisa genjot penjualan mereka. IMO

  3. Wah mantapp nh
    Kalo yamaha ud terjun ke neo sport pasti honda bakal main jg

    Nunggu CBR 250 neo sport atau rebel250

  4. Ini dia yang ditunggu, tampilan retro modern, suara stereo dari mesin 2 silinder. Power? Banyak pilihan upgrade mah..

Comments are closed.