iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…. Siapa yang nggak ngiler? melihat sosok dari Honda CBR250RR. Desain agresif dan futuristik? dengan segudang fitur membuat banyak Bikers luar negeri kesengsem. Cukup banyak yang bertanya ke IWB via surel beberapa Bikers dari India, Thailand ataupun Malaysia yang memberikan pertanyaan….. Kapan CBR250RR dipasarkan ke negara mereka? Sebuah pertanyaan yang tentu tidak bisa IWB jawab dan hanya Honda yang bisa melakukannya.? Apalagi status Honda CBR250RR ternyata merupakan pesanan khusus market Indonesia. Sik-sik..maksude piyeee kiii ?

Honda CBR250RR dibekali dengan mesin 2 silinder dengan power mencapai 39 PS adalah sebuah Project yang cukup panjang dengan target mengalahkan eksistensi Kawasaki Ninja 250 khususnya di tanah air. IWB tekankan target adalah Indonesia karena penjualan Ninja secara global pada saat itu memang Indonesia yang paling mentereng. Konsep yang diusung adalah futuristik powerfull dan total control….

Berbagai masukan survei serta bentuk desain yang disesuaikan dengan karakter serta keinginan pasar merah putih. Proses yang cukup panjang sebab kolaborasi antara RND domestic serta Jepang dengan satu tujuan yaitu menelurkan produk terbaik di kelas 250cc. Terlahirlah Project berlabel k64A yang sekarang biasa kita kenal dengan Honda CBR250RR ” Motor ini adalah pesanan khusus, motor yang kita kembangkan karena banyak melibatkan RND Indonesia. Saat itu ada beberapa model yang ditawarkan namun kita pandang belum sesuai dengan karakter dan selera bikers Indonesia…?

iklan iwb
” Model CBR300R di Thailand…hingga sekarang tetap ini cak karena CBR250RR tidak ada disana..”
” Inilah CBR250RR K64A setelah melalui proses pengembangan menyesuaikan selera bikers merah putih…”

” Hingga lahirlah Honda CBR250RR sekarang. Model yang bisa dibilang mayoritas merupakan buah tangan dan masukan RND lokal menyesuaikan keinginan serta selera pasar Indonesia. Jadi memang sejak peracikan awal produk ini adalah pesanan khusus untuk market Indonesia….” tutur salah satu pejabat AHM. Oalah….pantes keren yo cak. Jebule desain awal CBR250RR nggak segalak sekarang. Dengan Keterangan tersebut maka sampeyan jangan heran jika model ini tidak banyak kita temukan di negara lain……

Intip saja Honda Thailand yang hingga sekarang masih setia dengan model lawas. Bahkan untuk keperluan balap Mereka pun harus memesan CBR250RR 2 silinder ke AHM sebagai senjata di Asia Road Racing Championship karena di negara mereka sendiri APThailand hanya memiliki CBR 300 1 silinder. Kalau Malaysia Jangan Ditanya cak sebab BoonsiewHonda memang tidak memiliki line up sport fairing 150 hingga 250 cc. Bahkan di beberapa negara Asia lainnya. Termasuk India kalau sampeyan cek HMSI ( Honda Motorcycle and scooter India)…. line up CBR250RR pasti tidak nongol. Bejo tenan rek awake dewe…

Honda CBR150R Thailand, model ini tetap eksis di Thailand hingga sekarang…”
CBR150R Thailand 2018
” Basis desain CBR150R versi INA, frame teralis. Desain yang membuat CBR150R makin larisss…”

So kalau sampeyan melihat ada Honda CBR150/250RR di luar negeri fix dipastikan merupakan hasil impor dari importir umum mendatangkan produk dengan jalur CBU dari Indonesia. ” Model pesanan khusus ini juga berlaku untuk CBR150R….” tambahnya lagi. Lhooo jebule sama statusnya. Pantesan CBR150R model ini juga tidak nongol di negara lain. Bahkan di Thailand yang merupakan basis pengembangan di Asia pun masih setia dengan model lawas yakni CBR150R single keen generasi pertama injeksi. Kuwi cak…. model yang dulu sampeyan bully sebagai CBR150 mata sem**k. Jiannn kebacut sampeyan ki emang :mrgreen: ….

Last….kemampuan AHM untuk memesan ataupun menolak sebuah produk disinyalir karena posisi mereka yang setara dengan Honda Jepang. Dengan saham mencapai 50:50 membuat mereka memiliki power yang sama dalam hal keputusan. Makanya jangan heran makin kesini model-model Honda makin keren. Lawong RND lokalnya kuat. Tercatat 3 produk yang cukup sukses di tanah air namun tidak dipasarkan di luar negeri. Sebab Sejak pertama pengembangan model tersebut memang untuk pasar Indonesia. Produk tersebut adalah Honda CB150R, CBR150R serta CBR250RR. Nah…kira-kira ngono cak.?Honda CBR250RR pesanan khusus market Indonesia? cadaz juga AHM euy…(iwb)

105 COMMENTS

  1. Hmm jadi CBR250RR market jrpang atau JDM(Japan Domestic Market) CBU dari indonesia.
    Mantul bener AHM.

  2. Tapi sayang dosa terbesar CBR250RR itu stang nya underyoke, makanya tetap kalah sama ninja di penjualan.
    Di Thailand tetap cbr150r s*mpak yg jelas krn udah 19,5hp dari dulu. Kalo yg disinikan malah 16.8hp.

    • Cbr250rr di ciptakan khusus buat race sirkuit
      Wajar klo biker jalanan nasional kurangminat
      Tapi perlu di ingat..!!!
      Biker luar negeri sangat mengidam2kan untuk memilikinya
      Dan semua itu hanya gambar sbg pemuasnya

      • Gak juga ah, di vietnam sama taiwan banyak kok beli lewat IU.
        Tapi ya krn terlalu racy jadi melempem, cocoknya sport touring disini.

        • Wkwkwkwk Di Vietnam demen matic Om Bukan sport and ingat Kalo lewat IU harga Udah Di luar logika sekmen yang beli hanya orang Kaya, hehe intinya Ni motor di buat memang paket komplit yang bikin tim Ap HONDA thai Aja Mesan Dari ahm buat kompetisi wkwkwk

    • Masalah posisi stang sy rasa masing2 selra itu berbeda tdk bs disamakan, toh klau situ pengen cbr250rr tinggal beli dan ganti stangnya dgn yg lbh tinggi atau modif, beres.

      Sy sndri lbh menyukai motor yg pure sport fairing dan cbr250rr ini satu2 nya yg pure sport fairing di kelasnya.
      Pegel?itu sdh resiko motor pure sport fairing.

      • Ya harusnya sih gitu, tapi kenyataannya di lapangan tidak begitu kan? 250rr ini cocoknya jadi 400rr
        Contoh cbr150r yg kalah spek tapi menang penjualan cuma gara2 gak pegel

        • Itu krn AHM pinter.150cc mayoritas dipakai harian,makanya di bikin nyaman.sedangkan 250cc,mayoritas hobi.

      • Kalau pegelnya seperti pakai NSR 150RR sih ga masalah lah. Lama-lama juga bakalan terbiasa koq.

  3. Berati sampe kapanpun cb150 r exmotion gaakan masuk Indo dong, scr beda aliran desainnya. Yahh sayang bener?

    • Ir Indonesia banyak seni & kreatifnya kualitasnya juga hk kalah sama eropa
      Buktinya sudah menciptakan karya motor yg superior (CBR250RR) yg sangat ditakuti di sirkuit

  4. Kang iwan, sy cari shock YSS utk belakang model CBR Thailand ga ada nih … Udah hubungin ke IWB Store ga ada katanya … T_T

    • AHM sangar cakk, mudahan next gen bisa keluarin edisi 4 silinder, kentirr tenan ne sahamnya iso 50:50

      • Mau di jual berapa bro? 250cc 2 silinder 60jt an…klo 250cc 4 silinder bisa 135jt… yakin mau beli 250cc 135jt? Klo ane duit 135jt mending ambil 600cc 4silinder bekas….

      • Mau di jual berapa bro? 250cc 2 silinder 60jt an…klo 250cc 4 silinder bisa 135jt… yakin mau beli 250cc 135jt? Klo ane duit 135jt mending ambil 600cc 4silinder bekas….

          • Ia NP… kebanyakan di indo moge juga NP bro… legal mahal amat kena pajak 125% tapi biasanya sudah ada STNK bantuan… aman kalo razia.

          • ane pribadi sih gak suka yang NP masbro… apalagi pake bantuan bantuan ngono, mau sampe kapan negeri kita ‘kotor’ begini terus? hehehe
            tapi emang pajakne edannn

          • Banyak komunitas moge bilang kalo pajak 45% dr harga masih masuk akal, tapi kalo 125% namanya pajak negara mencekik rakyatnya.

    • Mantap bukan motor pasaran yg di obral kesono kemari
      Berbahagialah pemilik cbr250rr
      MuuuUUUuuuuuehehehe….

    • brrt AHM punya bargaining position ya d depan honda jepang, krn marketshare yg g main2 tuh, makanya selera indo d turuti ama jepun,

    • Yang Kabuki sukses jajah Indonesian Archipelago cakk. Indonesia nya kecil di bawah pula posisinya. Meski cuma gambar design tapi itu bicara cakkk…. Mantap deghh kabuki jepang.
      I love jepang… I am proud of nippon cakkk

    • Selera biker nasional sangat tinggi
      Dan telah terpenuhi dri ahm
      Selamat cak….
      MuuUUUuuuehehehehe….

  5. Tp kalo gw lebih suka cbr250 jomblo cbu Thailand..
    Entah kenapa… kualitas material..gak diragukan..tebal…finishing yahud

    • Biker luar negeri mung iso ngiler
      Nonton cbr250rr
      Pelampisannya cuman nonton gambar di dunia maya
      Selamat cak….
      MuuUUUuuuehehehehe. ..

    • Kalo sibilang ngeles sih enggak lah ya..
      Logikanya gini, kalo emang produk global, gak biasanya produksi malah dilakuin di Indonesia gan. Setau ane malah di thailand yg ngawalin produk2 tersebut. Makanya gk heran kalo macem cb, cbr 150 maupun 250rr gk ada diluar dan kalo mereka ngomong ini produk khsusu pesanan Indonesia aja ya wajar dan masuk di akal.

      Pertanyaan ane yg belom tterjawab adalah, Btw beat kan bikinan lokal, kenapa boleh di eksport ya? Trs kenapa yg cb dan cbr series gak di eksport sekalian kalo emang bikers luar byk yg nanyain? Kan peluang bisnis jg tuh

  6. Semoga tidak lekas discontinue sampe ane kebeli ini motor, mengingat penjualannya masih belum bisa mengalahkan ninja 250

  7. Cbr250rr motor premium diatas premium
    Yg tidak di jual sembarangan apalagi di obral
    MuuuUUUuuuuuehehehe….

    • gimana mau diobral…uji emisi euro 4 aja ga lolos kok, ini memang kheses untuk pasar Indonesia bunk ! hueheheeee….

      • Nnt klo euro 4 ga tembus 38ps, semakin kecil cc nya semakin besar dampak regulasi emisi ke performa mesin. Karena catcon juga ukuran nya semakin berat dll.

      • Yg di indo emang euro 3 karena standart emisi indo masih euro 3. Yg di jepang impor dr indo sudah euro 4. Tapi power turun 1hp. Buat euro itu gampang gan..
        Tinggal tambah catalis apa susahnya.
        (Btw cbr250rr cuma di jual resmi di 2 negara aja..indo EURO3 dan jepang (CKD dr indo) EURO4)

        • buat cat con gampang. wkwkwkwkwkwkwkwkw
          cbr600rr dan gsx600rr kenapa ya sampe discontinue? wkwkwkwkwkw

          • Kan CBR600RR mesin udah ada dr tahun 2001 bro..di kembangin terus tanpa ganti konfigurasi mesin..ikut euro, euro2 terahkir euro3. Mau ikut euro 4 mesin sudah ga mampu karena basis dr mesin 2001. Makanya cbr600rr di suntik mati karena ga bisa ikut regulasi euro 4. Skr lagi pemgembangan mesin baru buat ngejar euro 4 dst… lha cbr250rr lahir di tahun 2016 akir dan sudah euro 3, mesin baru emisi lebih sedikit jadi bisa di tekan sampai euro 4 atau 5. Nanti misal euro 6 di berlalukan maka pabrikan akan suntik mati mesin cbr250rr yg skr dan mereka buat lagi yg bisa memenuhi euro 6 dsb…

        • Sales mah ujung tombak ekonomi bangsa cakkk….. Dari level tetangga sampai antar negara ada cakkk….. Di semua lini kehidupan ada sales. Karena urgent banget tuhh. Bisa lumpuh bangsa & negara ini tanpa sales cakkk…… Bisa hancur & punah

          • Bentoel bero….
            Tanpa sales pabrik dan pengusaha gulung tikar
            Komen yg mengolok2kan sales berarti pikirannya cetek

    • Coba browsing ato buka komen2 di yutub deh, dari bule dari argentina, canada ampe india, mereka ngidam banget ama nih motor. Sampe2 ada yg bilang, mau berapapun harganya bakal mereka beli.
      Ada juga yg tanya ini motor buatan honda mana dan dijawab “nasi padang”, yg maksudnya Indonesia.
      Tapi sayangnya orang gak banyak yg tahu kalo r25 itu buatan Indonesia ya?
      Matur nuwun AHM

  8. Hahaha jian kebacut kok yg bully ?
    Tapi cbr250rr ga sekedar muka nya tok yg serem, performa nya juga serem dibanding cbr250 berwajah kalem.

  9. Desain sih bagusan made AHM tapi kualitas material dan cat.. Perlu dibenahi.. Begitu pula di merk Ymaha.. Klo made in india pasti modelnya bikin ngakak example pigson.. Mkanya makin nyungsep

    • Susah cak, pabrikan pengen volume penjualan tetap besar dengan margin tipis, jadi cat sma material kualitas nomor keberapa. Ga kaya suzuki sma kawasaki, body sma cat coating nya tebal.

  10. Tp mmg itu cbr jadul frame deltabox turunan nsr mantap. Bukan kaleng2 kayak pipa tralis skrg. Kokoh itu.

  11. Udah keliatan cak, dari modelnya yang gak ada sama sekali turunan dari CBR-CBR yg ada di pasar Global…..

  12. Mantab, desain indonesia ditaksir banyak negara,,,

    Tapi untuk CBR150, kok kayanya lebih enak liat yg versi Thailand, lebih elegan….

  13. Jaman sma dulu liat motor thailand AP & malaysia ngiler lek.
    Tapi saiki gantian wong thailand & malaysia seng ngiler produk AHM & YMKI
    Bangga jadi wong indonesia ?.
    Salam kenal cak iwanbanaran. Jember jawa timur

  14. mantapp cak motor impianku ki..

    hayo efbeha kudu dibeli iki seleramu, kalo gak laku ahaem bisa2 gak bakalan bikin lg masterpiece semacam ini, wong yg laku malah mbit dkk yg icikiwir heheheh

      • karena lahir berbarengan dengan Xmax mengakibatkan shifting delman?? juga Ninja udah kuat brand image nya.. agak telat keluarnya memang.

  15. Dan saya semalam saya baru baca artikel, CBR 150R masuk vietnam, harga disana mencapai 80jt an cak, waduh gile…

    Hal yang membuat saya masih setia di blognya IWB adalah, krna masih banyak gambar nya, artikel lain banyak tulisan sampe2 lupa masukin gambar, padahal kami juga mau liat betukan barang yg dibahas.

  16. Inilah strategi Honda.
    Honda di roda 2 punya strategi regional. Honda bikin produk untuk 2 area, internasional dan regional. Coba liat aja situs motor honda di negara2 lain, hampir pasti ada produk global dan regionalnya. Di india & pakistan ada produk yg gak ada di kita. Di Amerika selatan juga beda produk regionalnya.
    Inilah strategi Honda untuk membumikan produknya pada suatu daerah dan ini yg bikon honda bisa adaptasi.
    Coba bandingin kawak sama yamaha, yg produknya global. Selera kita pengen USD di ninja 250, tapi cuma mimpi, dan kita gak bisa ngapa2in, karena secara global didesain seperti itu. Tapi kalo down grade dilayanin, contohnya R15 kita pake USD, di india pake teleskopik, dan bisa. Itulah strategi Honda.
    Jadi inget GLS200. Sang legenda lokal Indonesia

  17. Bangga bacanya, sekaligus juga mau bilang desainer Indonesia yang paling mengerti yang diinginkan bikers Indonesia, jgn berkiblat ke Thailand atau Jepang terus, semoga dgn suksesnya CBR250RR sehingga seterusnya keluar desainer Indonesia lagi

Comments are closed.