Iwanbanaran.com – Cakkkk….. seperti yang kita tahu Yamaha secara resmi merilis new YZF R25 versi 2019. Sport fairing yang digadang-gadang sebagai versi Advance dari generasi sebelumnya ini banyak mendapatkan kritikan karena terkesan setengah-setengah. Perombakan hanya di bagian depan tanpa sama sekali menyentuh bagian belakang. Apalagi generasi ini pun tidak ada perombakan sama sekali pada sisi dapur pacu. Tidak heran banyak yang percaya bahwa tindakan Yamaha ini untuk sementara alias mereka sebenarnya memiliki hidden agenda yang lebih besar pada mesin seperempat liter nya. Apakah demikian?

Yamaha secara resmi meluncurkan New R25 generasi 2019. Generasi yang diluncurkan secara global dan serentak tersebut memang membuat kita cukup terkejut. Kaget karena tidak menyangka bahwa sentuhan yang dilakukan Yamaha termasuk sangat minimalis di saat kompetisi di kelas ini semakin ketat. Mungkin betul segmen sport kelas seperempat liter tidak lagi seksi dari sisi market yang terus tergerus. Akan tetapi suka atau tidak sport fairing 250cc bisa dibilang sebagai flagship model di tanah air yang jika dikelola dengan baik bakal pengangkat image dari brand itu sendiri. Tidak heran banyak yang percaya bahwa keberadaan Yamaha R25 ini hanya untuk sementara….

Seperti yang dilakukan oleh Yamaha pada New Nmax 155. Yup…. di awal tahun 2018 untuk menahan tekanan Honda PCX 150 Yamaha merilis new NMax 155 dengan revisi pada bagian speedometer serta suspensi belakang yang kini sudah menganut model Sub tank. Sebuah tindakan awal karena disinyalir Yamaha sedang menyiapkan Project besar untuk Nmax 155 yang diduga akan lahir tahun ini. Nah…. Itulah kenapa beberapa opini menyebutkan bahwa Yamaha juga melakukan hal serupa pada New R25…

Yamaha diduga memiliki hidden agenda Untuk menggarap New R25 dengan segudang kelebihan yang akan lahir nanti. Sebuah opini yang tentu saja membuat IWB mengerutkan dahi sebab rasanya tidak masuk akal jika untuk menunggu produk dengan sentuhan ringan kita harus menunggu hingga nyaris 4 Tahun Lamanya sejak R25 dirilis pada tahun 2014. Apalagi dari beberapa investigasi IWB juga belum menemukan apapun. Belum menemukan Project yang disebut sebagai hidden agenda dari YZF R25 yang disebutkan. So… jika hidden agenda tersebut lahir dua atau tiga tahun lagi tentu tidak bisa kita sebutkan sebagai hidden agenda. Namun sudah masuk pada generasi facelift ketiga….kira-kira ngono cak…

Last… mungkin ekspektasi kita terlalu tinggi untuk R25. Sempat muncul isu bahwa mesin akan direvisi ulang agar ledakan tenaga bisa tembus di angka 39 PS seperti para Rival. Selain itu motor juga akan dirombak total sehingga tampilan seganteng kakaknya yakni YZF R6 ataupun R1. Dilalah saat resmi dirilis ekspetasi tersebut menguap tanpa bekas. Tapi jika sampeyan salah satu bikers yang mungkin menyukai sentuhan kosmetik….sampeyan bisa pertimbangkan New R25 sebab Yamaha sudah melakukannya. Ketimbang terlalu banyak berharap dengan “hidden agenda” yang sejauh ini belum jelas kapan akan lahir……(iwb)

Advertisements