iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….. di awal tahun 2019 ini IWB mendapatkan sebuah hot isu tentang strategi Honda yang diam-diam ternyata memiliki rencana yang lain. Sebuah bisikan yang menyoroti dua hal di pabrik mereka yakni AHM akan segera memproduksi Honda PCX 150 versi listrik Dan satu hal lagi adalah munculnya sebuah bisikan akan kemungkinan tindakan AHM melokalkan Honda Forza 250. Weehhhh seriussssan kiiii???..

Seperti yang sampean semua tahu Honda Forza 250 akhirnya sudah mendarat di Indonesia. 800 Unit target yang dicanangkan AHM untuk segera memenuhi dibuktikan oleh mereka lewat distribusi yang sukses IWB rekam. Matic premium dengan fitur premium pula. Sebenarnya banyak yang naksir Forza 250 cak. Cuma Banderol matic ini memang lumayan tinggi karena pajak CBU yang mencekik leher. Pertanyaannya?.mungkinkah Honda Forza 250 di produksi secara lokal agar banderol lebih murah ??

Pertanyaannya ini timbul mengngat Honda sudah berhasil melokalkan dua produk sekaligus yakni CBR150R serta PCX 150. Motor yang sebelumnya hanya diproduksi di Thailand ini sukses dilokalkan Honda. Praktis banderolpun jauh terkoreksi dari sebelumnya. Diawal rilis CBR150R dijual diangka 28,5 juta alias lebih murah 10 juta dari versi CBU yang saat itu dijual diangka 38 jutaan. Begitu juga PCX 150 yang kini hanya 30 jutaan dari sebelumnya 41 jutaan. Artinya melokalkan akan mampu menekan banderol dengan cukup signifikan. Pertanyannya apakah hal ini berlaku juga untuk Forza 250 dan apakah AHM ada niat untuk melokalkan Forza 250 ?

iklan iwb

Tergantung cak. Kalau sampeyan bertanya sekarang mungkin belum karena nggak semudah itu melokal produk. Perlu survei mendalam berapa daya serap pasar terhadap produk yang akan dijual. Jika hanya segelintir, rugi bandar pakde. Karena basis produksi Forza sendiri sebenarnya sudah dilakukan di Thailand. Artinya kalau melokalkan AHM kudu berdikari sendiri?.meracik seluruh komponen pendukun dengan vendor lokal. Dan untuk merangkul mereka ada minimum kuota yang harus dipenuhi dan ini akan sulit untuk produk segmented seperti Forza 250?

Berapa banyak kita investasi tambahan untuk produksi Forza, karena kita belum pernah memproduksi matik 250 cc di Indonesia. Hanya untuk motor sport.?Kalau kita mau menjual lebih banyak, kita harus memproduksinya di sini. Tapi masih butuh waktu. Seperti PCX, sebelumnya kami impor sekarang sudah diproduksi di Indonesia?? ujar T. Inuma (Presdir PT AHM). Dengan penuturan diatas bisa dipastikan, melokalkan terbuka jika produksi banyak. Namun jika nggak buat apa melokalkan? kira-kira demikian?.

Namun siapa menyangka jawaban diplomatis tersebut bukan main-main. Dari bisikan yang mampir ke IWB kemungkinan besar AHM sudah melakukan langkah-langkah untuk melokalkan dua Maxi scooter premium di tanah. Persiapan line up dengan menggandeng beberapa vendor. Cari selentingan yang masuk yang cukup serius adalah? kesiapan Honda untuk memproduksi PCX 150 versus listrik. Kemungkinan besar produksi akan dilakukan di AHM Sunter plant 1.?Yang cukup mengejutkan lagi selain PCX 150 versi listrik satu produk lainnya lagi adalah Honda Forza 250….

Yup…. motor ini memiliki kans besar untuk dilokalkan. Sebuah bocoran yang cukup sulit untuk dipercaya namun tidak ada salahnya kita tampung serta pantau hingga semuanya gamblang. Dari sisi pribadi Tentu saja selentingan Ini tidak serta merta bisa dipercaya. Tapi tidak ada salahnya tetep kita tunggu dan investigasi. Tenang cak…itu adalah tugas IWB. Apakah isu ini akurat atau tidak, berikan waktu kepada IWB untuk menyelidiki. Seandainya benar… tentu akan jadi persaingan yang sangat sengit antara Honda Forza 250 melawan Yamaha X Max 250. Yo wisss cak….IWB siap-siap dulu akan menjelajah jalanan Pantura menuju ke Jakarta. Salam gazzzzz (iwb)

38 COMMENTS

  1. Udah gak sabar ni cakkk. Pengen ngejajal jambakan setan n bantingan superbnya cakkk… Celengan udah muntup-muntup pengan dipecahh cakk

  2. Dilokalkan boleh2 aja tapi jgn kayak kasus ocx ..ada aja hal yg bikin issue ga sedap..SATU HAL YG OENTING: JGN DOWNGRADE MATERIAL DAN GINCUUII…ini premium bung..ga lucuboake icikiwir

  3. Gk usah lah melokalkan perza, liat nasib cbr 250 gk laku di dalam dan luar negeri.
    Jualan beat aja.

  4. Alhamdulillah….ya allah…..
    Akhirnya harapan biker nasional seperti iwakbeneran akan terpenuhi
    Terima kasih AHM, semoga produksimu tetep mempertahankan kualitasnya yg selama ini menjadi idola di muka bumi ini
    Amin…..
    MuuUUUuuuehehehehe …..

  5. Ayo suntik terus… Biar di lokalin AHM..
    Utk apa cbu Thai… Indo gk kalah lahhh, kalo cbu jepang Baru indo angkat tangan…

  6. I do not understand why the Honda motor company in Indonesia has always made Indonesia a little update on many motorcycle products from Honda motorcycle Thailand,,
    Everyone knows Honda has many people who are interested here

      • No we are not always behind, pcx new gen officially world debut in indonesia with higher spec than any other,
        Cbr250rr are only manufactured and first world debut in indonesia,
        Cbr150r and cb150r in indonesia are not exist in other country not to mention new gen of 150cc slightly overstroke engine called nearsquare are debut in Indonesia, which is now used by other country, new gen of crf150l with showa usd and pgm fi are first announced and sold in indonesia, no other country have this
        New gen sonic 150 first debuted in indonesia, new gen vario also first debuted in indonesia
        Only niche market that we are, you could say behind

    • Because in indonesia honda doesn’t own 100%, it is different than yamaha indonesia which is own 100% by iwata
      Astra own a majority share of ahm, that’s why it’s called AHM
      In indonesia honda has its own distinctive product from global market, cbr150, cb150r, cbr250rr are the example, honda give ahm authority to create and distribute product of their own design, where ap honda thailand are own by honda, for global market of course honda would prioritize their own factory
      That’s why ap honda thailand got quota to fill honda’s global market in this case are europe
      It’s like internal battle between ahm and ap honda to fight for honda principal approval to manufacture a product and distribute it globally, in the cbr250rr case ahm won approval to manufacture it, but honda still hold for its global market debut because cbr250/300r are still exist.
      AHM only distribute their product on asean region,

      • Really good explanation. This is what actually happen. AHM and Honda are differrent. AHM is a company that only hold the name of “Honda”, but sell their own product. So thats why honda thailand holds global market product for HONDA.

        • There’s nothing to be proud on AHM products. They manufactured motocycles with lower quality than AP Honda Thai did. That’s why Honda doesn’t choose AHM to distribute their products globally.

          • No we should, quality are adjustable
            They are comparable to yamaha in this case, although yamaha has better quality body paint, the rest?
            It’s so so
            It is all come to cost and price, ap honda product has higher price tag than ahm, try convert some of their product prices.
            The problem is what i said earlier profit and brand, honda will make higher profit to go by ap honda because it’s not shared company, when ahm is shared with astra as majority of ownership
            But indonesia motorcycle market are to sweet and juicy to ignored
            That’s why astra are internally struggling to maintain majority of ownership over ahm versus honda

  7. ngeri PCX Electric cakk.. ambrol celengane.
    Forza lokalisasi ampir mustahil, marketnya kecil, gak menguntungkan kalo bikin forza khusus versi lokal kayak PCX

  8. Kan mas si iwak tu kandangin aja mas.
    Ulah dia nyinyir ke merek sebelah nah jadi ribut tu ,,,

    Cuma sales plagiat itu aja asik bikin keruh kolom komentar..

Comments are closed.