Iwanbanaran.com – Cakkkkk….. Selamat pagi Sugeng enjing kepada seluruh para follower iwanbanaran dimanapun sampeyan berada. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan Iman serta keberkahan di penghujung tahun 2018 ini. Aminnn YRA. Cakk…. di hari terakhir 2018 karena besok sudah masuk tahun 2019 ini IWB ingin ngeshare obrolan IWB dengan salah satu pejabat tinggi PT Kawasaki Motor Indonesia. Obrolan yang sempat menyinggung eksistensi mesin 2 tak. Motor yang sebenarnya masih disukai dan siapa menyangka sebenarnya Kawasaki masih tetap ingin memasarkan Ninja 2tak jika memungkinkan. Wihhhh menarikkkk kiiieeee…..

Siapa yang tidak kenal dengan Kawasaki Ninja 2 tak. Motor yang memiliki bobot cukup enteng Namun mampu meledakaan tenaga hingga 30 PS tersebut sempat menjadi idola di Blantika roda dua tanah air. Dari generasi ke generasi selalu diburu karena harga yang cukup terjangkau tapi menawarkan power yang cukup tinggi. Belum lagi sensasi lengkingan RPM atas yang tidak bisa kita temukan pada mesin 4 tak…..

Namun sayang….secara resmi Kawasaki Indonesia telah menyetop produksi Ninja 150 2 tak berakhir 2015. Bahkan penghentian produksi dilakukan dengan ceremony khusus kecil-kecilan pada tanggal 31 Juli 2015. Ninja 150 2tak gagal lolos dari aturan standar emisi Euro III sehingga produksi mesin SKIPS baik RR mau R berakhir pada tanggal 31 Juli 2015….

Menurut informasi yang diungkapkan Michael C Tanadhi saat itu (Deputy Head Sales Departement Marketing and Sales Division Kawasaki Motor Indonesia) jumlah stock yang tersisa dipasar mencapai 9,000 unit….cukup sedikit mzbro. Alhasil sang ninin menjadi rebutan dan dalam jangka waktu 2 bulan motor tersebut ludes terjual….

“ Penjualan sepeda motor Ninja 250 RR Mono akan lebih kita genjot lagi. Sebagai pengganti kakaknya Ninja RR yang sudah stop produksi. Nampaknya stok (9000 unit) akan habis, apalagi saat ini stastusnya bisa dibilang barang koleksi, karena sudah tidak akan ada lagi. Jadi hanya dalam waktu pasti habis. Saya sendiri sudah pesan Ninja RR  2tak dan sedang cari nomer rangka yang bagus untuk dikoleksi..” serunya seperti dilansir Kompas saat itu…

3 tahun telah berlalu namun nama Ninja 150 masih melekat di benak para Bikers tanah air. Kawasaki Ninja Mono sejauh ini mungkin masih belum bisa mengganti eksistensi dari mesin Skips Ninja 2 Tak. Artinya mesin 2 tak memang tidak tergantikan. ” Iya…. Kawasaki Ninja 150 Memang luar biasa. Peminatnya tidak pernah sepi…” seru pak Michael saat berbincang santai dengan IWB. Pernyataan yang memberikan indikasi bahwa Kawasaki sadar betul Ninja 150 merupakan produk favorit yang seharusnya tidak di stop produksinya. Pertanyaannya bisa dan mungkinkah motor legendaris tersebut diproduksi kembali?

” Kalau bisa sih maunya begitu…mau banget. Tapi sulit karena terbentur dengan emisi gas buang euro 3….” seru pak Mic terkekeh. Nahhh…. poin dari sini memberikan kita kesimpulan bahwa sebenarnya Kawasaki ingin Ninja 150 2 tak diproduksi kembali. Dengan catatan Seandainya bisa. Dari sisi pabrikan tentu hal yang menyenangkan seandainya bisa memproduksi produk yang laku seperti Ninja 150. Akan tetapi regulasi merupakan aturan yang Tentu saja tidak boleh dilanggar dan tidak ada tawar menawar. Praktis kans tersebut hilang karena tidak mungkin bisa dilakukan….

Kawasaki Ninja 150 diputuskan stop produksi pada tahun 2015 setelah aturan emisi gas buang Euro 3 diberlakukan di tanah air. Walaupun sudah dibekali dengan catalic converter serta sistem Skips yang akan membuat emisi gas buang jauh lebih ramah lingkungan namun keterbatasan mesin 2 tak membuat pabrikan memutuskan tiarap karena biaya yang semakin mahal jika dipaksa ke Euro 3. So….. sepertinya mesin 2 tak akan betul-betul mati kecuali mesin ini melangkah lebih modern dengan beberapa sentuhan yang akan membuat harga jual juga melambung tinggi….

Last….Cukup banyak pabrikan yang berusaha keras untuk menghidupkan 2stroke engine seperti KTM contohnya. Sayang sekali lagi karena masalah harga membuat mesin ini pun layu sebelum berkembang. Kawasaki kembali memasarkan Ninja 150 2 tak? IWB yang akan antri duluan untuk beli cak, piye dengan sampeyan :megreen: …(iwb)

Advertisements