iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….mlongo bin dlongop saat IWB menemukan fakta bahwa Honda CB1000R Neo sport Cafe ternyata sudah masuk di Indonesia. Tidak hanya bengong karena motor yang memiliki desain klasik modern ini ternyata sudah menjadi produk menggiurkan yang datang ke tanah air. Tidak hanya bikin ngiler sebab dari sisi bandrol ternyata juga miring untuk ukuran motor 1000cc. Nggak rebah biasa cak…tapi wis masuk kategori cornering (Haiyahhh). Emang piro ?

Seperti yang sampeyan tahu IWB cukup terpesona dengan kegantengan Honda CB1000R Neo sport Cafe pada saat di Malaysia dalam rangka Honda Asia Journey 2018. Gantengnya cak…jian ora ketulungan. Mau dilihat dari depan, samping belakang bahkan atas nyaris sempurna. Dijejali dengan slipper-assist clutch paket alektronik seperti ride by wire, 3 level riding mode, frame baru serta suspensi gambot Showa membuat motor menjadi hot item….

iklan iwb

Di Asia Honda Journey 2018, CB1000R Neo Sport Cafe termasuk idola cak. Semua rebutan ingin jajal dijalanan. Ngak heran sih karena sosoknya emang ganteng serius. Terutama diarea swing arm yang menganut model single arm atau bahasa kondangnya Pro ARM. Model klasik dikombinasikan dengan part modern….hasilnya? uapikkk polll…

Diarea speedometerpun sangat unik. Saat kunci dinyalakan sampeyan akan melihat negatif LCD dengan kombinasi warna warni dibagian pojok kanan. IWB nggak paham opo kuwi cak. Dan ternyata penampang speedometer tersebut lumayan kecil nggak terlalu gede. Tendangan RPM ditunjukkan pada sisi panel kiri sedang kanan kecepatan. Terus tanki yang diusung tipis dari samping namun dari atas lebar serta mengecil dibagian pangkal buat njepit paha. Istimiwirrrrrr….

Karena penasaran IWB pun langsung bertanya dengan pejabat AHM yang datang dilokasi, akankah motor ini masuk Indonesia ? berikut jawabannya….

Kemungkinan besar demikian, kami masih mempelajari karena menyangkut banyak hal. Yang jelas kami tahu banget tren pasar Neo Cafe sedang digandrungi. Kami pertimbangkan masuk ke Indonesia…” seru S. Kimura (Direktur Marketing and sales PT AHM) dihotel Sama-sama Malaysia. ” Mungkinkah tahun depan? ” tanya IWB lagi. “ Hhmm…kami belum bisa pastikan. Tapi kami yang jelas sedang pelajari. Kami sedang pelajari mana yang perlu diprioritaskan. Apakah 250, 300 atau 1000cc..” seru Kimura san lagi tersenyum….

Kuwi dari AHM cak. Masuk resmi belum bisa dipastikan. Namun bukan Indonesia kalau tidak bisa mendatangkan dengan jalan lain. Yup….kalau sampeyan naksir motor ini ternyata sang Honda CB1000R Neo Sport Cafe sudah masuk Indonesia yang disinyalir didatangkan lewat jalur non resmi. Fakta ini IWB temukan ketika melihat iklan di Instagram yang menjual CB1000R Neo Sport Cafe dengan banderol hanya 255 juta rupiah. Catat cak…hanya 255 juta rupiah. Lho koq hanya cak IWB?

Honda CB1000R neo Sport Cafe

Jelas pakde…mesin 1000cc tidak mungkin dibanderol segitu jika motor dibawa lewat jalur resmi dengan BPKB serta surat-surat lengkap. Artinya motor dijual pada kondisi no Paper (NP). Prediksi IWB jika motor dijual pada kondisi full paper bisa naik 125% dari angka tersebut alias kisaran 600 jutaan. Sadissss to pajaknya…

Last…..mahalnya pajak dinegeri ini untuk moge memang membuat jual beli moge NP berkembang subur. Hal ini karena banderol memang melonjak luar biasa. So…sebenarnya akan lebih baik ada revisi terkait pajak moge agar praktik penjualan NP bakal hilang dengan sendirinya jika pajak yang diberlakukan masih logis. Karena bagaimanapun setiap orang pasti demen surat-surat lengkap cak. Cuma karena gapnya yang nggilani tenan…..yo ngono cak ujung-ujunge, NP jadi andalan para owner moge dinegeri ini. So…nyidam Honda CB1000R Neo Sport Cafe ? jebule harga NPnya cukup miring. Weleh-weleh….(iwb)

 

Advertisements

24 COMMENTS

  1. Mending Koyo Luar Negeri, Harga Full Paper Naik 20 – 50% dari harga NP tapi pajak Tahunan 10%(atau lebih) dari harga motor.

    Menurut anda, gimana ??

    • Sebenarnya opsi tersebut lebih logis, namun tentu ada plus-minusnya.
      Plus-nya: pendapatan negara (bila pajak dibayar terus) akan lebih besar secara jumlah total yang didapat oleh negara.

      Minus-nya: bila masa pajak sudah tidak berlaku, paling kena tilang sesuai pasal yang ada. Artinya apa? pemiliknya akan lebih memilih bayar tilang dibanding bayar pajak, toh legalitas motor sudah ada; namun ijin jalan (pajaknya) kendaraan tersebut saja yang off.

  2. kalo pajak moge jadi murah, nanti semakin banyak orang SONGONG atau OKB berkeliaran di jalan cak!
    lah wong cuma punya NMAX harga 20jt-an 155cc aja banyak yang begajulan dijalan, apalagi kalo pada beli moge?
    lebih baik kaya sekarang ini aja cak..
    jalanan jadi ga banyak orang songong geber2 mesin besar dijalanan.

  3. Ealah lek.. jane sedih lho lek pajak moge diatas 100%harga motor. Bukan.y nambah pemasukan pajak malah ngurangin.. soal.y bnyak yg keberatan d pajak tpi ngidam moge.. biar keturutan ya jlur IU yg NP.. dah gtu konvoi masih d kawal lgi.. lucu.y negeriq..
    Andai setiap mau konvoi d survey dulu.. pas mau berangkat kendaraan yg mau konvoy dicek surat2.y.. cek aksesori.y.. yg ga layak jalan kandangin.. gtu kan adil..

    • ES TEH adalah istilah stnk only, itu tetep dihukumi NP, walaupun ada yang bilang itu bisa diatur tapi tetep aja bodong

  4. Sudahlaaah … gak usah ngelirik negara lain, biarkan aturan pajak moge demikian seperti sekarang paling tidak untuk sementara ini. Kalo kepemilikan moge dipermudah malah membahayakan di jalan. Mental sebagian besar masyarakat kita belum siap diberi moge secara mudah. Matic cc kecil2 aja pada pencilakan. Anak kelas 4 SD aja dah pada tongkrongan pake matic.
    Biar orang2 yang turah2 duit dan mateng safety riding aja yang bisa punya moge.

  5. NP? Gilee aja. Udah baca di kaskus yg rombongan ducati nongkrong di sency kena razia? Numpuk berapa tuh baru bisa lepas.
    Apalagi kena pas sendirian di jalan. Bisa kena vasal venadah venggelapan tuh. Masi untung moge disita doang. Kalo rider diangkut juga; mau nebus berapa tuh???

    Pokoke yg resmi2 aja; semampunya aja n disyukuri ?

  6. emang itungan pajaknya gimana kok bisa sampe 600jt?gini
    harga pokok 200 jt
    margin seller 25 jt
    harga NP 225 jt
    bea masuk 5%
    pph impor 2,5%
    PPN 10%
    PPnBM 125%
    BBN 10%
    PKB 1.5%
    total pajak dan bea 154% dari harga pokok
    200jt x 154% = 308 jt
    harga FP = 508jt
    margin dealer 20%
    harga dealer +-600juta

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama