Iwanbanaran.com – Cakkkkk…asli IWB ora paham dengan keputusan designer Yamaha. Mereka seakan lagi demen mempertahankan buntut lawas dan hanya melakukan revisi bagian depan. Lek boso jowone ngarep didandanin buntutin ora cak. Setelah terjadi pada R25 kemudian MX King ternyata Penyakit ini kembali nongol pada generasi terbaru Yamaha Byson. Fakta ini bisa kita lihat dari Spyshot terbaru yang nongol di India terlampir diatas. Hadehhh buntute rekkkk….

Pada spyshot terbaru yang dirilis oleh beberapa media India bisa kita pastikan Yamaha ternyata sedang mempersiapkan generasi ketiga FZ16 yang di tanah air kita sebut sebagai Byson. Pada generasi ketiga ini Yamaha sedikit melakukan sentuhan di area depan. Monggo intip headlamp yang sedikit berubah. Designer Yamaha juga merevisi area tangki khususnya pada bagian shroud. Gebrakan ini mampu membuat fell padat dan kekar….

Kemudian di area bawah kita akan menemukan cover engine membuat generasi Byson ketiga atau di India disebut sebagai FZ16 ini semakin terlihat jantan. Namun sayang seribu sayang gebrakan ini tidak menjamah bagian area buritan. Jadi kalau sampeyan perhatikan secara seksama nyaris di bagian tersebut masih identik dengan generasi kedua yang menurut IWB malah menghancurkan desain pertama yang sudah keren. Generasi karburator yang menurut IWB adalah desain terkeren FZ16 tidak tersisa setelah muncul generasi 2 dan kini malah diteruskan pada generasi ketiga. Kenapa?

Sebab masalah utama Justru malah bagian tersebut.  bagian buritan yang menurut IWB terlalu norak ora karu-karuan. Kalau boleh jujur area depan generasi kedua pun sebenarnya sudah cukup keren. Tidak perlu dirubah pun akan membuat tampilan FZ16 generasi 2 rupawan. Bahkan yang seharusnya dirombak belakang tadi cak…lha iki kebalik….

Perbedaan Byson atau FZ16 versi India adalah hadirnya mudguard di bagian belakang sehingga membuat tampilan jadi lebih keren. Belum ada keterangan pasti perihal mesin yang digendong. Namun dari beberapa sumber diduga dapur pacu masih identik dengan generasi sebelumnya yakni 150cc SOHC dua katup berpendingin udara 5 speed. Yang menggembirakan Yamaha memberikan double disk brake pada generasi ketiga ini. Selain itu kabarnya mereka akan merilis versi ABS sehingga dari sisi safety motor ini akan jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi kedua….

Last…. Yamaha Byson generasi ketiga atau FZ16 ini diduga akan dirilis pada April 2019. Belum ada keterangan apapun Apakah generasi tersebut bakal dibawa oleh PT YIMM ke tanah air. Namun saran IWB sih jangan ketimbang nasibnya tidak berbeda jauh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. So…new Yamaha Byson? Piye cak…kira-kira sampeyan tertarik nggak kalau dibawa kesini? Jawab jujurrr hayooooo…(Iwb)

Advertisements