iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…sampeyan tahu Norton? pasti pakde…lek ora yo jiannn kebacut. Nah…pabrikan Inggris ini mulai unjuk gigi dengan menciptakan superbike Limited Edition berlabel SS V4 yang diperkenalkan dua tahun lalu. Disebut V4 karena konfigurasi mesin adalah 4 silinder model V sepertinya halnya Honda RC213V, Ducati Panigale atapun Aprilia RSV..saat itu motor masih konsep. Nah…sekarang setelah waktu berlalu bisa dipastikan Norton akan mulai memproduksi sang superbike. Dan yang membuatnya istimewa adalah jumlah produksi yang sangat terbatas yakni 200 unit only seluruh dunia. Ediannn…emang kayak apa sih sosoknya ?

Tidak banyak publikasi siapa menyangka produsen motor Inggris Norton ternyata masih aktif dan melakukan inovasi-inovasi brilian di bidang roda dua dunia. Hal ini dibuktikan dengan dimulainya fasilitas produksi untuk menciptakan Superbike terbaru berlabel V4 SS. Motor ini cukup Istimewa karena Norton hanya memproduksi sebanyak 200 unit secara global. Tidak heran mereka menyebutnya sebagai limited edition yang nantinya akan diproduksi di Donington Hall Inggris….

Norton V4SS cukup Istimewa karena hampir seluruh komponen yang melekat merupakan buatan tangan.?Beda dengan beberapa superbike yang bertebaran di dunia, Norton V4 mengandalkan frame atau sasis model tubular. Edannya cak… untuk menekan bobot Norton V4 SS menggunakan material sasis aluminium buatan tangan. Frame ini hasil pengembangan berdasarkan data yang digunakan Norton pada saat terjun di ajang balap Isle Man of TT. Dan dari informasi yang beredar Norton secara khusus akan melapisi frame V4SS dengan Chrome mengkilap….

iklan iwb

Sementara untuk mesin sendiri, Norton V4SS menganut konfigurasi V4 dengan kubikasi cukup besar yaitu 1200 cc yang kemungkinan akan mampu? memuntahkan tenaga hingga 200 HP. Fitur pun juga luar biasa untuk ukuran motor sekarang yakni kehadiran IMU 6 Axis,? traksi kontrol yang bisa disetting,? launch control seperti MotoGP bike, riding mode, on Board Data Logging serta yang paling edan adalah Cruise control. Sadizzz cakkk…

Norton

Tidak lupa untuk melengkapi motor limited edition ini Norton menjejali fairing material carbon.? sementara untuk sistem suspensi juga tidak main-main sebab Norton V4 SS telah dicangkokin suspensi Upside Down Ohlins NIX30 dibagian depan dan TTXGP dibelakang.? Norton Rencananya akan meracik V4 SS pada dua gelombang yaitu dipasarkan di Inggris sebanyak 100 unit baru setelah itu akan dikirim ke beberapa kantong-kantong market Global sebanyak 100 unit….

Last…..dari informasi yang beredar Norton V4 SS kemungkinan besar akan dijual pada kisaran 51 ribu Euro atau setara dengan 840 jutaan rupiah. Kuwi harga luar cak. Kalau masuk Indonesia tinggal tambahkan 125%. Selain itu Norton juga akan merilis versi murah dari V4 SS dengan harga pada kisaran 32.000 Euro atau separuh dari sebelumnya. Diharapkan Norton V4SS sudah mengaspal resmi dikisaran awal 2019. Berikut spek sementara Norton V4SS….(iwb)

Norton V4SS

ENGINE:
Type:?Norton 72-degree liquid-cooled V4, 1200cc. Chain-driven cams with idler gear for reduced engine height. Titanium inlet valves. Slipper clutch
Bore x Stroke:?82mm x 56.8mm
Compression Ratio:?13.6:1
Power:?200bhp + @ 12,500rpm
Torque:?130Nm @ 10,000rpm
Fuel injection:?Electronic fuel-injection system. Constantly variable inlet tracts. 8-fuel injectors. Full drive-by-wire system independent of front and rear banks of cylinders for ultimate control and feel.
Euro 4:?Full compliance including oil thermostat, knock sensors, secondary air injection and EVAP

ELECTRONIC EQUIPMENT:
INSTRUMENTS:?Full-colour 7-inch display with multiple functions. Engine mode adjustability including: Road, Track and Pro-Race. Road modes include rear-view camera.
QUICKSHIFT:?Full quickshift system and auto down blipper
ELECTRONIC AIDS:?Multi-setting traction-control, wheelie control, launch control and cruise control. Uses six-axis Inertial Measurement Unit (IMU)
BUILT-IN DATALOGGER:?Full data-logging capability including: lap times, max lean angle, max speed, max throttle, and max braking force.
ENGINE MODES:?Road, Sport, Pro-Race
IGNITION:?Keyless ignition system

CHASSIS:
TYPE:?Polished aluminium twin tube Shotgun chassis.
ADJUSTABLE GEOMETRY:?Chassis is fully-adjustable including swing arm pivot and adjustable rake angle. 23.9 degree steering head angle as standard set-up.
SINGLE-SIDED BILLET SWINGARM:?570mm long. Braced and underslung design developed in conjunction with SG5 TT race bike. Billet machined from 7020 billet aluminium.
WHEELBASE:?1,430mm
DRY WEIGHT:?179kg
FRONT SUSPENSION:?Ohlins NIX30 system front fork. Fully-adjustable.
REAR SUSPENSION:?Ohlins TTXGP Norton bespoke fully-adjustable rear shock.
STEERING DAMPER:?Ohlins damper
FORK YOKES:?Billet machined top and bottom
FRONT WHEEL:?Choice of carbon or forged wheels depending on spec
REAR WHEEL:?Choice of carbon-fibre or forged wheels depending on spec/colour
FRONT BRAKE:?2 x 330mm full-floating discs. Radially-mounted Brembo Monobloc calipers. Brembo discs, and Brembo master cylinder
REAR BRAKE:?Single 220mm disc. Brembo caliper and master-cylinder
BODYWORK & STYLING:?Full-carbon-fibre bodywork. Available in either bare carbon-fibre, or chrome with air-brushed Union Jack on the tail unit.
LIGHTING:??Full LED lighting system including super bright low beam & high beam, angel eye DRLs, rear lamps and indicators
FUEL TANK:?MotoGP-style 18-litre fuel tank is all carbon-fibre, with Kevlar reinforcement and chemically coated internally to meet fuel resistance standards. Underside of tank forms part of upper airbox.
FOOTRESTS:?Billet foot rests, billet pedals and billet sprocket cover supplied on SS model. Forged foot controls on the V4 RR.

15 COMMENTS

  1. Klo g salah emng norton pas poduksi retro ini workshopnya kecil.. ky garasi gtu bukan pabrik besar semacam ducati dll

  2. cakepp tenan cakk.. tapi kalo Norton emang mau bangkit wajib bikin motor cc kecil under 500.

    kenyataannya pasar udah bergeser ke India, Cina dan Asia umumnya termasuk di sini, dan gak perlu cc gede2, liat langkah yg diambil KTM n BMW, Aprilia n Ducati bahkan HD mungkin jg akan ngikuti

    pilih jualan ‘pride’ ke western world yg lagi krisis dan mau geser ke electric vehicle? apa memperbesar volume dengan jualan ke negara2 Asia yg emerging market?

Comments are closed.