Iwanbanaran.com – Cakkkk…Honda Forza 250 akhirnya sudah mendarat di Indonesia. 800 Unit target yang dicanangkan AHM untuk segera memenuhi dibuktikan oleh mereka lewat distribusi yang sukses IWB rekam. Matic premium dengan fitur premium pula. Sebenarnya banyak yang naksir Forza 250 cak. Cuma Banderol matic ini memang lumayan tinggi karena pajak CBU yang mencekik leher. Pertanyaannya….mungkinkah Honda Forza 250 di produksi secara lokal agar banderol lebih murah ??

Pertanyaannya ini timbul mengngat Honda sudah berhasil melokalkan dua produk sekaligus yakni CBR150R serta PCX 150. Motor yang sebelumnya hanya diproduksi di Thailand ini sukses dilokalkan Honda. Praktis banderolpun jauh terkoreksi dari sebelumnya. Diawal rilis CBR150R dijual diangka 28,5 juta alias lebih murah 10 juta dari versi CBU yang saat itu dijual diangka 38 jutaan. Begitu juga PCX 150 yang kini hanya 30 jutaan dari sebelumnya 41 jutaan. Artinya melokalkan akan mampu menekan banderol dengan cukup signifikan. Pertanyannya apakah hal ini berlaku juga untuk Forza 250 dan apakah AHM ada niat untuk melokalkan Forza 250 ?

Tergantung cak. Kalau sampeyan bertanya sekarang mungkin belum karena nggak semudah itu melokal produk. Perlu survei mendalam berapa daya serap pasar terhadap produk yang akan dijual. Jika hanya segelintir, rugi bandar pakde. Karena basis produksi Forza sendiri sebenarnya sudah dilakukan di Thailand. Artinya kalau melokalkan AHM kudu berdikari sendiri….meracik seluruh komponen pendukun dengan vendor lokal. Dan untuk merangkul mereka ada minimum kuota yang harus dipenuhi dan ini akan sulit untuk produk segmented seperti Forza 250…

“Berapa banyak kita investasi tambahan untuk produksi Forza, karena kita belum pernah memproduksi matik 250 cc di Indonesia. Hanya untuk motor sport.┬áKalau kita mau menjual lebih banyak, kita harus memproduksinya di sini. Tapi masih butuh waktu. Seperti PCX, sebelumnya kami impor sekarang sudah diproduksi di Indonesia…” ujar T. Inuma (Presdir PT AHM). Dengan penuturan diatas bisa dipastikan, melokalkan terbuka jika produksi banyak. Namun jika nggak buat apa melokalkan? kira-kira demikian….

Last….beda dengan Yamaha yang menggunakan basis produksi di Indonesia untuk dieksport keseluruh negara dunia, Honda lebih menyebar tidak fokus pada satu negara. Saat inipun basis produksi global produk masih dipusatkan di Thailand ketimbang Indonesia. Selain pabrik AHM yang memang selalu penuh melayani line up produk yang ada…Thailand masih menjadi pusat RND Honda kawasan Asia. Sementara Indonesia dipandang sebagai market khusus sehingga memiliki RND sendiri. So…jangan heran ada beberapa motor AHM yang tidak dipasarkan diluar negeri seperti CB150R ataupun new CBR150R serta CBR250RR.┬áMungkinkah Honda Forza 250 di produksi secara lokal ?? IMHO cukup tipis cak selama penjualan masih berada dirange 1000 unit/bulan….(iwb)

Advertisements