iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pesonanya begitu keluar dari lekuk tubuhnya. Erangan knalpot 150cc 2 taknya lebih lembut dan garing. Itulah pertama kali IWB melihat Honda NSR150 gen awal yang bawa AHM untuk mengganggu pasar Suzuki RGR150. Asli cak…..IWB pernah naksir berat Honda NSR150, motor 150cc terkencang dieranya. IWB sebut terkencang sebab motor ini memang raja bahkan musuh Suzuki RGR150 sekalipun. Ahhh mosokk ?

Disekitar tahun 1995 Honda NSR150 didatangkan Honda untuk mengganggu pasar Suzuki RGR150 yang sama sekali tak tersentuh. Pioner fairing bike dan terbesar serta terkencang dikelasnya. Saat itu cak…para pabrikan berlomba-lomba meracik motor 2Tak high perform. Yamaha sudah mulai dengan merilis RX-Z sebelum akhirnya merilis model full fairing RZR. Tapi tetap cak…pasar RGR150 bergeming…

Hal ini karena power dan kubikasi juga cukup jauh. Yamaha RZR memuntahkan tenaga hingga 20HP disaat mesin Suzuki RGR150 bermain diangka 25-26HP. Lhoo koq nggak gede-gede amat cak IWB? eeitttt jangan salah. Sampeyan jangan lihat letupan mesin doang. Tapi intip juga bobotnya yang hanya 100kg. Sedang RZR sedikit lebih berat yakni 110kg. Jadi bobot seenteng matic tapi power 25PS…wisss sampeyan bayangin wae cak. Belum lagi karakter lengkingan RPM mesin 2Tak yang nggegirisi. Jaman itu bisa dibilang raja karena nyaris tidak ada moge yang beredar dipasar. Jaranggggggg bangetttt….

iklan iwb
” Sang master hadir pertama kali….”

Hingga Honda NSR150R akhirnya diboyong Honda pada kisaran 1995. IWB masih ingat….sekota hanya satu yang punya motor ini. Dilalah teman IWB juga namanya Roni. Jiannn bejo uripe cak, doi dibelikan orang tuanya setelah sebelumnya nunggang Yamaha F1ZR dan langsung naik kelas ke Honda NSR150, opo ora misuh-misuh jal. Dan saat IWB intip sosok NSR150 langsung……Ya Allah, motor koq apik rekkk-rekkk. Ngeces horaaa wis-wis sulit untuk menahan bibir mlongo…..

Bodynya padat dan penuh. Instrumen speedometernya mengumbar hawa racing look dan terlihat mewah tenan. Ada kontrol suhu radiator….panel bar yang tidak ada pada Suzuki RGR150. Tak ayal Udin yang memiliki Suzuki RGR150 langsung menantang adu drag untuk menghibur dirinya yang ngiri ora karu-karuan. ” Asyemmm motor dadi ketok elek tenan…” serunya saat itu membuat semua ngakak. Tantangan yang disambut hangat oleh Roni. Dan bisa ditebak…siapa yang menang ?

NSR150. Suzuki RGR150 hanya mampu melayani dua gigi tapi masuk gigi 3 atau setelah masuk rentang 110 km/jam NSR150 langsung melejit. Suzuki RGR150 yang mengusung mesin lebih konvensional tanpa ada mekanisme apapun dipaksa menyerah hanya dalam sekali adu drag jalanan. Nggak mengejutkan cak…NSR150 sudah dibekali radiator pendingin serta CDI yang lebih canggih karena diprogram untuk membuka-menutup RC Valve. Dengan beberapa sentuhan jaman keemasan dieranya yakni NSR500, teknologi ini mampu membuat RPM berkitir diatas rata-arat. Terus kemana Kawasaki ? saat itu Ninja belum ada karena Kawasaki sempat stop di Indonesia….

Honda NSR 150 terus menancapkan cakarnya sebagai motor 2Tak premium hingga lahir NSR150SP yang dirilis dikisaran 2000an.?Predikat raja speed mesin 2Tak semakin kokoh sebab predikat NSR yang disematkan padanya memang bukan omong kosong. Banyak informasi yang menyatakan bahwa khusus versi SP, tenaga bisa tembus hingga 39,[email protected],500rpm. Bandingkan dengan Ninja 150rr yang hanya berkisar diangka 30ps….

Muntahan power ini dihasilkan oleh mesin 150cc, bore x stroke : 59 x 54,5 gearbox 6 speed menjadikan NSR150SP langganan juara ASEAN CUP. Jambakannya gimana???..wis jangan diragukan kalau itu. Dijamin maknyus top markotop. SP merupakan upgrade dari tipe RR. Lawong berat kosong hanya 122,4kg. Badan pasti serasa dilempar. Kelebihan NSR adalah torsi bawah hingga atas merata…..

Mungkin hanya Yamaha TZM serta Ninja 150KRR SE yang bisa meladeni ketangguhannya.? Secara fisik, swing arm telah mengadopsi monoarm sistem layaknya sang kakak MC28 NSR250. Kestabilan jangan diragukan lagi. Dan asyiknya mzbro?pada masanya, jok NSR150SP sudah terbilang maju yakni menganut split seat tidak kalah dengan motorsport jaman sekarang. Style, speed serta handling?.NSR150SP punya semuanya….

Last….Seandainya saja pabrikan sayap mengepak masih memproduksinya??.pasti bakal banyak yang tergiur. Sayang semua hanya dalam mimpi. Honda NSR150 adalah salah satu motor impian IWB yang gagal dimiliki karena harga dan jaman. Bayangin wae…ditahun 1995 harga NSR150 sudah tembus 9,5 juta disaat motor bebek masih dikisaran 2,4 jutaan Suzuki RGR150 serta Honda Tiger 2000 dijual 6,4 jutaan. Dua kali lipat. Dan ketika IWB sudah memiliki penghasilan dilalah NSR150 sudah stop produksi akibat emisi gas buang. Apakah sampeyan juga salah satu bikers yang pernah nyidam NSR150? monggo share dikolom komentar cakkk?..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!