iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pesonanya begitu keluar dari lekuk tubuhnya. Erangan knalpot 150cc 2 taknya lebih lembut dan garing. Itulah pertama kali IWB melihat Honda NSR150 gen awal yang bawa AHM untuk mengganggu pasar Suzuki RGR150. Asli cak…..IWB pernah naksir berat Honda NSR150, motor 150cc terkencang dieranya. IWB sebut terkencang sebab motor ini memang raja bahkan musuh Suzuki RGR150 sekalipun. Ahhh mosokk ?

Disekitar tahun 1995 Honda NSR150 didatangkan Honda untuk mengganggu pasar Suzuki RGR150 yang sama sekali tak tersentuh. Pioner fairing bike dan terbesar serta terkencang dikelasnya. Saat itu cak…para pabrikan berlomba-lomba meracik motor 2Tak high perform. Yamaha sudah mulai dengan merilis RX-Z sebelum akhirnya merilis model full fairing RZR. Tapi tetap cak…pasar RGR150 bergeming…

Hal ini karena power dan kubikasi juga cukup jauh. Yamaha RZR memuntahkan tenaga hingga 20HP disaat mesin Suzuki RGR150 bermain diangka 25-26HP. Lhoo koq nggak gede-gede amat cak IWB? eeitttt jangan salah. Sampeyan jangan lihat letupan mesin doang. Tapi intip juga bobotnya yang hanya 100kg. Sedang RZR sedikit lebih berat yakni 110kg. Jadi bobot seenteng matic tapi power 25PS…wisss sampeyan bayangin wae cak. Belum lagi karakter lengkingan RPM mesin 2Tak yang nggegirisi. Jaman itu bisa dibilang raja karena nyaris tidak ada moge yang beredar dipasar. Jaranggggggg bangetttt….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb
” Sang master hadir pertama kali….”

Hingga Honda NSR150R akhirnya diboyong Honda pada kisaran 1995. IWB masih ingat….sekota hanya satu yang punya motor ini. Dilalah teman IWB juga namanya Roni. Jiannn bejo uripe cak, doi dibelikan orang tuanya setelah sebelumnya nunggang Yamaha F1ZR dan langsung naik kelas ke Honda NSR150, opo ora misuh-misuh jal. Dan saat IWB intip sosok NSR150 langsung……Ya Allah, motor koq apik rekkk-rekkk. Ngeces horaaa wis-wis sulit untuk menahan bibir mlongo…..

Bodynya padat dan penuh. Instrumen speedometernya mengumbar hawa racing look dan terlihat mewah tenan. Ada kontrol suhu radiator….panel bar yang tidak ada pada Suzuki RGR150. Tak ayal Udin yang memiliki Suzuki RGR150 langsung menantang adu drag untuk menghibur dirinya yang ngiri ora karu-karuan. ” Asyemmm motor dadi ketok elek tenan…” serunya saat itu membuat semua ngakak. Tantangan yang disambut hangat oleh Roni. Dan bisa ditebak…siapa yang menang ?

NSR150. Suzuki RGR150 hanya mampu melayani dua gigi tapi masuk gigi 3 atau setelah masuk rentang 110 km/jam NSR150 langsung melejit. Suzuki RGR150 yang mengusung mesin lebih konvensional tanpa ada mekanisme apapun dipaksa menyerah hanya dalam sekali adu drag jalanan. Nggak mengejutkan cak…NSR150 sudah dibekali radiator pendingin serta CDI yang lebih canggih karena diprogram untuk membuka-menutup RC Valve. Dengan beberapa sentuhan jaman keemasan dieranya yakni NSR500, teknologi ini mampu membuat RPM berkitir diatas rata-arat. Terus kemana Kawasaki ? saat itu Ninja belum ada karena Kawasaki sempat stop di Indonesia….

Honda NSR 150 terus menancapkan cakarnya sebagai motor 2Tak premium hingga lahir NSR150SP yang dirilis dikisaran 2000an. Predikat raja speed mesin 2Tak semakin kokoh sebab predikat NSR yang disematkan padanya memang bukan omong kosong. Banyak informasi yang menyatakan bahwa khusus versi SP, tenaga bisa tembus hingga 39,[email protected],500rpm. Bandingkan dengan Ninja 150rr yang hanya berkisar diangka 30ps….

Muntahan power ini dihasilkan oleh mesin 150cc, bore x stroke : 59 x 54,5 gearbox 6 speed menjadikan NSR150SP langganan juara ASEAN CUP. Jambakannya gimana??…..wis jangan diragukan kalau itu. Dijamin maknyus top markotop. SP merupakan upgrade dari tipe RR. Lawong berat kosong hanya 122,4kg. Badan pasti serasa dilempar. Kelebihan NSR adalah torsi bawah hingga atas merata…..

Mungkin hanya Yamaha TZM serta Ninja 150KRR SE yang bisa meladeni ketangguhannya.  Secara fisik, swing arm telah mengadopsi monoarm sistem layaknya sang kakak MC28 NSR250. Kestabilan jangan diragukan lagi. Dan asyiknya mzbro…pada masanya, jok NSR150SP sudah terbilang maju yakni menganut split seat tidak kalah dengan motorsport jaman sekarang. Style, speed serta handling….NSR150SP punya semuanya….

Last….Seandainya saja pabrikan sayap mengepak masih memproduksinya…….pasti bakal banyak yang tergiur. Sayang semua hanya dalam mimpi. Honda NSR150 adalah salah satu motor impian IWB yang gagal dimiliki karena harga dan jaman. Bayangin wae…ditahun 1995 harga NSR150 sudah tembus 9,5 juta disaat motor bebek masih dikisaran 2,4 jutaan Suzuki RGR150 serta Honda Tiger 2000 dijual 6,4 jutaan. Dua kali lipat. Dan ketika IWB sudah memiliki penghasilan dilalah NSR150 sudah stop produksi akibat emisi gas buang. Apakah sampeyan juga salah satu bikers yang pernah nyidam NSR150? monggo share dikolom komentar cakkk…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

43 COMMENTS

  1. Tapi, sayang ane ada new NSR RR astra di pakek cuma sekali”.. Sejak 2008 udah gk bisa inden part suku cadang lagi… Alhasil maen sama bengkel” atau komunitas utk masalah part, tapi itu harganya jadi selangit oi.. Blok nya aja jadi 5-9 jt an ..ini sejak tak bisa inden lagi di Honda, suku cadangnya di bawak perorangan dari thai, ya jadi mahal sesuka jidat patok harga..
    Mohon AHM, tolong di bantu lagi inden part nya, yg pelastik kayak body buih mahal nya 1 set bisa dpt beat bekas “ori, alhasi bikin dewek dari fiber utk meminim harga, tapi jadi berat

  2. Alhamdulillah saya sudah pernah mencicipi meski hanya 3 tahun saja. Untuk mencapai 150km/ jam tidak butuh waktu lama. Untuk konsumsi BBM nya juga tergolong lumayan irit kang( 32km/ ltr) dari motor 250cc 2 cylinder Fi sekarng.

  3. Alhamdulillah , ane termasuk salah satu orang yang pernah punya motor ini, warnanya ungu, ane jual tahun 2003 harganya msh diatas 10 juta, alasannya spare parts sdh susah di cari, kalo boros sih relatif

  4. Hasyeeeeem caaaaaak. Peyan mengingatkanku pada masa lalu yang hanya bisa ndomblong.
    kalo nyong lebih ekstrim cak, karena motor itu ( jaman itu ) bener2 jarang, sampe2 yen ada motor itu lagi parkir, inyong sempet2in berenti buat melototin itu motor. karna terlalu ngiler saat itu cak.

  5. Jaman aku sekolah Di kotaku gak pernah ada lihat motor nsr lewat di jalan. Cuma pernah lihat NSR repsol ijo sepisan di pajang di mall sri ratu mediun. Wis gumunku ra entek2.. Biasane cuma bisa lihat gambare di tabloid motorplus.

  6. Iya lek waktu SMA ada teman yg punya NSR 150… Sak sekolahan gur siji sing due… Tapi isone gur numpak Astrea Grand yo ditompo ae lek…. ???

  7. Coba kalo waktu itu Suzuki mau impor RG Gamma 150, bakalan tamabh bikin ndomblong kita orang Indonesia. Lha wong saat NSR150R lagi tren di sini, di Thailand motor ini dah buat ojek.
    Mereka dah terbiasa ama NSR RR/SP, TZM, RG Gamma, KR. Di sini masih ubleg NSR R, RGR, RXZ, RZR, bahkan Binter AR

  8. Mengingatkan jaman jelang krismon. Tapi jarang lihat. Paling sering ya RGR. TZM saja cuma lihat di Makrab cakk…. (Makrab = Mandala Krida Parkir Barat) rekkk….. Itu yg ngenalin ponakan yg super gahul. Mantab Gintang Gandhozzz Jambakan Syetannn cakkk…..

  9. Alhamdulillh ane jg msh bs merasakan sensasi RGR tahun ’95 dibandrol 5jt diPRJ waktu beli Alm.Bapak. Sampe udah dimodif ke body NSR SP dng airbrush loreng kopassus Karena Alm.kebetulan kopassus juga. Ganti knalpot PDK, Gas spontan Kitaco+dikohar jg. Dan dijual karena pindah rumah tahun 2002.

  10. Nyidam sepertinya sich ho oh cak….. Xixixi….
    Tapi Alhamdulillah….

    Ada kawan yang dibelikan, namun belum berani bawa motor, jadi kalau service ke dealer, atau dulu ke kampus, ana yang driver.
    Itu motor, meskipun hujan, agak macet, mesti temperatur naik.
    Agak lancar, jarum suhu turun lagi.

    Mesin ga enak di putaran bawah, koyo ndredet², begitu kosong, tarik gas…… Humm, mumtaz cak!!

    Saiki wis ra wani, balung tuwo……. Hehehe….

  11. NSR 150 putih polos team AKAS, joki Alex Hermawan, ngosak ngasik bikin kewalahan team Suzuki pabrikan di kejuaraan road race legendaris Bentoel Road Race tahun 1995/1996, di kelas sport tune up 155cc, sayang beliau cidera,tak jadi lihat duel vs Ninja di 1997 saat Ninja CMS sudah turun arena

  12. tonggoku biyen enek seng duwe SP lek..
    iku aku sek SD,wonge pelaut soale..
    tp saiki menyesal setengah mati NSR SP di jual..

  13. Saya sebenarnya jg naksir TZM sam. Tapi sygnya gak masuk Indonesia. Cmn bisa liat iklannya di TV Malaysia. Jaman itu bisa liat TV3 dan RTM lwt parabola. 🙂

  14. jadi gini, NSR 150 R lahir, di Thailand sudah ada NSR 150RR, waktu itu (1996-1997) ada toko asesoris di kebon Jeruk 3 (Kota) menawarkan paket upgrade NSR R ke RR , bodi set full fairing+lampu-lampu,pelek enkei palang 6 depan/belakang,komplit waktu itu sepaket 5-6juta deh, Federal Motor jual NSR 150RR kisaran 1998, pas liat motornya langsung lemes…piye jal ,la wong garis bodinya mirip banget sama NSR-nya Doohan ..tambah lemes,masih sekolah ,cuma pengen tok gak iso tuku Lek

  15. pertama kali nonton film andy lau full throttle gw langsung naksir sama motor ini. gak peduli dengan motor sport 250cc jaman skr. NSR tetap dihati sampai skr. 2stroke never die !!

  16. sejak nonton film andy lau yg full throttle gw langsung naksir sama nih motor. gak peduli dengan motor 250cc skr NSR tetap dihati. 2 stroke never die!!

  17. Alhamdulillah kesampean pernah nyicipin semua variannya.. handling superb, bawah sedikit lambat d bandingkan ninja rr, tapi tarikan atasnya jgn di Tanya.. nafasnya ga ga habis”.. pengalaman pribadi loh yaa.. pastinya berbeda dengan user yg lain

  18. Pengalaman ane dengan NSR ini, adalah :

    1. Punya temen yang terkenal sampai detik ini dipanggil “Ari NSR”, karena saat itu, cuma doi doang yang nyekul pake motor NSR 150 R.
    2. Pernah hampir tuker guling dengan motor NSR 150 SP yang ngejongrok lama disalah satu bengkel di Meruya. Informasinya pemilik sudah Almarhum karena sakit. Bahkan orang bengkelnya sampe bilang, sekalian bininya bos, baru 3 bulan nikah. Akhirnya nggak dikasih sama Ibu dan adiknya karena kenang2an almarhum. Oh iya kalo jadi, dapet 2 mesin , yang ori dan yang racikan. Gileee bener… cuy
    3. Tetap berdoa dan berusaha, semoga ada rejeki untuk bisa bokul NSR 150 SP atau CBR 250RR.

    Love u All

  19. Motor impian cak mau minang RR apa daya ta sanggup, mau beli Sp ya waktu itu 40jt jadinya ambil Ninja R sekarang naik matic aja umur ng boong perut mentok tangki hahahaaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here