Iwanbanaran.com – Mumet bin heran cak. Dokter Xavier Mir yang membongkar bahu Marc Marquez sampe garuk-garuk kepala melihat betapa parahnya cedera bahu yang dialami Marc. Bahkan Dr. Mir mengakui operasi bahu kiri Marc lebih besar dari yang diprediksi diawal menilik penampilan Marc di MotoGP. ” Aku bingung bagaimana Marc bisa meraih juara dunia dengan kondisi seperti ini…” seru Dr. Mir pasca sukses lakukan operasi….

Dr. Xavier Mir dibantu assistennya yakni Víctor Marlet dan Teresa Marlet mengakui betapa parahnya cedera bahu Marc. menurutnya operasi yang dilakukan juga lebih rumit dari yang diperkirakan. Nggak heran Dr. Mir sampai keheranan dengan kemampuan Marc menahan cedera yang seharusnya sudah mendapatkan penanganan sejak awal….

Ini lebih rumit, yang mengherankan dia bisa menahan sakitnya sepanjang musim.  Aku hampir tidak mengerti bagaimana dia bisa memenangkan Piala Dunia dengan cedera bahu seperti itu. Pada kasus Marc, kepala humerus (istilah medis) keluar ke segala arah. Kami telah melakukan dua hal….pertama, operasi terbuka, meletakkan tulang atas di depan.  Kemudian dengan arthroscopy, kami telah memperbaiki ligamen bagian tersebut….

” Kedua teknik itu digabungkan dan itu sangat rumit. Kami harus menghubungkan dua jenis operasi dalam cedera ini.  Memang tidak menjamin berhasil 100 persen tetapi setelah operasi dia tertidur dan saat itulah kami melakukan tes stabilitas. Kami mencoba menggerakkan bahu ke segala arah dan ternyata tidak terkilir. Ini adalah pertanda baik..” tukas dokter Mir….

Setelah operasi Marc akan terus diawasi. Proses rehabilitasi nggak singkat cak. Marc sendiri belum boleh banyak melakukan gerakan pada bahu…so hanya gerakan kecil disiku. Kemarin Marc sudah dipulangkan karena lukanya sembuh dengan baik.  Pada hari Senin ia akan kembali ke Rumah Sakit Quirón Dexeus untuk pengecekan dan minggu depan doi baru boleh melakukan gerakan ringan pada bahunya di bawah pengawasan fisioterapis pribadinya, Carlos García….

Last…rehabilitasi Marc diperkirakan membutuhkan waktu hingga 6 minggu. Diharapkan pemulihan akan bisa dilakukan dengan cepat sehingga Marc bisa mengikuti tes Sepang pada tanggal 6-8 Februari 2019. Marc Marquez ? bahu keseleo wae iso juara dunia, piye kalau fit 100 persen yo cak, garuk-garuk alis euy 🙄 …...(iwb)

Advertisements