Iwanbanaran.com – Pakdeeee…sebagai Bloggers otomotif IWB selalu mantau pergerakan harga minyak mentah dunia yang memang bergerak dinamis. Dari yang njengat naik sampai dlosor anjlok. Nah….fenomena naiknya harga BBM dan langsung direspon kenaikan memang cukup menarik ketika fase turun tidak segera disesuaikan. Tak ayal pertanyaan timbul…Harga minyak mentah dunia turun, BBM Indonesia kapan ?

Yup…betul cak, harga minyak mentah dunia memang sudah tertekan sejak hampir  sebulan lalu. Dari data yang dishare detikfinance, minyak mentah dunia melorot cukup tajam yakni mencapai $60/barel dari sebelumnya $81/barel sejak. Analis Price Futures Group, Chicago AS Phil Flynn memprediksi harga minyak masih akan terus mengalami tekanan….

Nah…kuwi dunia cak. Pertanyaannya…apakah merosotnya minyak mentah dunia bakal berpengaruh dengan harga BBM lokal? Sebagai informasi….sebelumnya PT Pertamina menaikkan banderol BBM. Kenaikannya lumayan yakni bisa tembus 1000/liter….

Pertamax dari Rp 9.500 per liter menjadi Rp 10.400. Sementara, harga BBM lain yakni Pertamax Turbo dibanderol Rp 12.250/liter, Pertamina Dex dari Rp 10.500 menjadi Rp 11.850 per liter, Dexlite Rp 10.500 per liter, dan Biosolar Non PSO Rp.9.800 per liter. Pada saat penetapan kenaikan BBM tersebut lewat Keputusan Menteri ESDM Nomor 1969 K/12/MEM/2018…

Banderol mengacu pada Harga Minyak Mentah Indonesia (ICP) September 2018, yang ditetapkan US$ 74,88 per barel. So…memang jika kita melihat harga minyak mentah dunia yang dikisaran US$ 60/barel…sudah seharusnya harga BBM ditanah air mengikuti. Bahkan kabarnya penurunan paling telat Januari 2019…

“Harga minyak dunia turun, saya sudah panggil Pertamina, AKR, Shell, Total, Vivo, Garuda Mas, mereka semua commit untuk menurunkan harga. Pertamina belum, Ada yang minggu depan, paling telat Januari 2019” seru Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto di kantornya, Senin (3/12/2018) via detik…

Dan per-artikel IWB rilis sudah ada 3 tiga badan usaha telah menurunkan harga jual BBM non subsidi yakni AKR, Vivo dan Garuda Mas. Sedang plat merah belum cak. Semoga segera. Lumayan ki kalau mudun bisa ngirit saat mudik nanti. IWB soale rencana mau mudik nyetir sendiri ke Jawa Timur kiii…suittt suittt. Kita ketemu nanti di Jawa Timur pakdeeee, okrekkkk… (iwb)

Advertisements

170 COMMENTS

  1. Kualitas manusia Indonesia yg tak kompeten n kompetitif. Bikin Indonesia kalah di semua bidang. Nilai mata uang pun ngikut negara lain. Itupun merosot terus. Dan ga akan pernah naik. Karena kita sendiri juga suka ikut-ikutan. Juga yg mendasar bangsa Indonesia terlalu lama dininabobokan kekayaan alam. Pemerintah yg milih kita sendiri. Prof doktor hukum politik tatanegara mengakui kampanye beda dengan fakta kinerjanya. Klo nuntut janji kampanye itu naif. Orang Indonesia yg pinter suka minterin orang bangsa sendiri. Di Jepang, warga nya pinter lagi pula baik n tertib.

    • Ayo buktikan….. Minimal bikin motor. Ga pake embel embel h y k s.
      Baju, kuliner, sistem pendidikan n pemerintahan saja niru negara lain gituhh

  2. Biar nutup defisit lek…nunggu musim. Jd skrg nimbun 2 bulan, lalu turun…nah..jaga2 bbm naik, mau pemilu gak boleh naik. Jd hrs siap 4 bln dg harga baru…jan-april kudu aman..

  3. I love eropah
    Long live japanese
    For Prosperous Indonesia
    Mantab Jaya Adil Makmur Sejahtera Selama-lamanya

  4. Biasa kang klo harga minyak naik..BBM di Indonesia cepet naiknya…tpi klo harga minyak turun…BBM di Indonesia lama gurunya di tahan2 biar Untung gede dulu..

  5. haiyyaaa moga pak prabowok jd presidwn ke 2019 pst bbm 4500/liter waaa
    dijamin gk ada impor barang semuwa plouwduk dlm negri waaa….
    dan gk ada lagi tampang miskin waaa
    semua ouwlang tidur di hotel bintang 5 waaa

    • Dari janji-janjinya prabowo memang sgt luar biasa. Tapi melihat hasil kerjanya, blm ada yg menandingi jokowi. Presiden yg sederhana tapi keren.

    • haiyyaaa janji janji harus tinggi waaaa
      berpikir hrs logis sprt kata mbak tiiti ttt uang 50rb bs beli apa!??
      paling dpt gorengan 5 bijik waaa

      pilih capres parabowo dijamin 50rb bs bawa pulang beat, next, lexy dp nol rupiah waaa

    • Di kandani ket bbrpa th biyen yo g mudeng2 ae… Sing pengen SMART/WARAS/KAYAH koyok Darmo dkk yo sopo?!

      Bodoh2 & kuli2 tp iso makmurno H, iso bantu cah2 cilik sklh balap nang luar… Plus bkin Blogger2 halan2 trs ???

    • Proyeknya belom kelar kang.
      Dana Haji kan udah kepake.. utang dah numpuk.. proyeknya belom kelar..

    • Makanya ..lebih irit 1 sendox teh sehari dikali sebulan dikali setahun dikali 5 tahun pemakaian ? gueeedi efisiensinya cak ?
      Makanya pilih H yang jelas dan pasti2..jangan yang bikin Susah ? noh sekarang…paidi cs lagi mengkerut ?

    • Yg hebat pak SBY, harga minyak dunia naek wajar..
      Pas turun, di turunkan Cepat Pak SBY..
      Memang beda presiden latar belakang militer, mereka lebih perasaan terhadap rayat..Wajar hidup mereka keras pas aktif..
      Skrng dana Haji di embat, Jakat mau di usulin lagi, besok” kotal amal apa mau di embat juga.. Aku merana, wong cilik bisa apa.

    • Zaman SBY subsidi 200 triliun lebih (angggaran 450 triliun untuk APBN 2015)… Pilih mana? Uang negara nguap buat pengguna kendaraan biar mereka diam, atau untuk bangun infrastruktur biar yang di daerah bisa nikmati?

    • Alasannya beberapa minggu lalu sy baca2 pas minyak dunia turun, Indonesia udah kadung beli harga lama yg paling lambat stok abis sampe januari. Nah baru abis itu kena harga baru yg udah turun, saat itulah harga bbm diturunkan. Itu sih yg ane baca. Ya emang sih pas minyak mentah naek pemerintah gk langsung katrol harga, sementara yg laen udah naek. Baru bbrpa waktu kemudian naek jg. Ada jedanya.
      Yo mandar ae pertamax mbalek maneh 8000/L hehehehehe

    • Ini bagian dari Pembelajaran..bahwa hidup itu harus dimanage ? jangan dikasih murah trus jadi Pembuangan mubazir ?
      Jangan lihat yg tersurat..tapi lihat juga yang Tersirat ??

    • masih mau di bohongin dilan ?
      dulu kau janji tak naikan bbm nyatanya 12 x naik secara diam diam
      mobil es em ka di goren goreng nyata nya goib dan tiba tiba surprais
      masih aja mau di boongin sidilan ?

    • org pada bilang pilih supsidi bensin / di pake infrastruktur nyatanya setelah proyek infrastruktur selesai malah di jual kok masih ada org milih sidia apa gk mikir infrastrukturnya yg di banggakan di jual pihak asing ? mikir woi mikir
      ayo pilih lagi supaya bbm tembus 100/liter

    • Dimanage?? Klo harga tinggi kulakan banyak sampe numpuk giliran murah malah gak kulakan sampe gak ada minyak yg didistribusikan?? Managemen apa ini??

      Naik cepet turun lambat??? Logika yg aneh

      Ikut harga pasar?? Harga pasar mana??

    • Katanya premium satuharga .?? Iya satu harga tp yang jual premium spbu mana?? Jayapura?? Buka mata kalian hitung pom bensin satu kabupaten yg jualan premium berapa biji ..dalm satu spbu ada berapa stasium pompa yg menyediakan premium??

      Silahkan buka mata kalian gak usah pencitraan !!!

    • Kalo lu ga nemu premium artinya rumah lu di tempat sampah …membuktikan kalo lu gembel asli hahahaha

  6. Gak lama lagi juga turun….bukan karena harga minyak dunia turun,tapi karna si jaenudin naciro dongok planga plongo pencitraan jelang pemilihan umum..

    • Nek clono’e Darmo yo mlorot trs ket biyen, Kang… Weteng g d iseni panganan tp Promag eh ?
      Ket biyen mlorot smpek gondal gandul kletek2 ngalor ngidul… ?

    • cepet gimana? seinget gw lebih dulu naik beberapa bulan sebelum pertamina naik. makannya pada bulan2 tersebut, gw pake turbo walaupun biasanya pake vpower. 10800 turbo vs 12350 vpower. kalau sekarang kan harganya sama. kalau enggak tau jangan fitnah lah. situ Muslim bukan?

    • Jangan lupa..beberapa kali kenaikan juga dampaknya naiknya gaji kalian bukan? Sekalipun tetap impasss. Namun level gaji kan naik, nah hitung2annya adalah kedepan. Bukan langsung dirasakan dinikmati dalam sesaat ?
      Lemburan Paidi cs lumayan lowh..naik, dah bisa makan nasi Aking ? sebelumnya makan dedax pitix ?

    • Sama mas. Nih baru cari-cari caping buat nutup sirah klo pas ngepit. Arep tak bolongi biar rada isis.

  7. Dilema, rego bbm naik, harga komoditas naik, rego bbm turun, harga komoditas tetep, rego bbm naik lagi, rego komoditas naik lagi ????

    aku yo seneng lek bbm mudun, sing gak tak senengi efek ke harga komoditasnya

  8. Kualitas manusia Indonesia yg tak kompeten n kompetitif. Bikin Indonesia kalah di semua bidang. Nilai mata uang pun ngikut negara lain. Itupun merosot terus. Dan ga akan pernah naik. Karena kita sendiri juga suka ikut-ikutan. Juga yg mendasar bangsa Indonesia terlalu lama dininabobokan kekayaan alam. Pemerintah yg milih kita sendiri. Prof doktor hukum politik tatanegara mengakui kampanye beda dengan fakta kinerjanya. Klo nuntut janji kampanye itu naif. Orang Indonesia yg pinter suka minterin orang bangsa sendiri. Di Jepang, warga nya pinter lagi pula baik n tertib.

    • G jg, bro… G smua lh.
      Prnh krja d PMA Jepun, tp syg brbanding trbalik dg yg slma ni aq bayangin… Tenaga2 ahli yg g ahli d bidangny ?
      Pengen d hormati 100% (hrs tunduk krn dtg dr Jepun) meski asliny g cerdas, ngandelin ms kerja lbh lm… Mbelgedes ?
      Sblm out y aq ttipin salam, jauh2 dr Jepun bw embel2 Tenaga Ahli tp Dungu kalian smua… Nek level ngunu ae yo uakeh arek Indonesia kene luwih pinter! ?

    • Ayo buktikan….. Minimal bikin motor. Ga pake embel embel h y k s.
      Baju, kuliner, sistem pendidikan n pemerintahan saja niru negara lain gituhh

    • Betul, wong indo itu wuakeh sing pinter ? cuma paidi cs saja yang rada duongox ?
      Indonesia itu terlalu komplikatit untuk diurus..makanya butuh waktu yg lama ,gak bisa disamakan dg negara lain..
      Sekian ribu suku bangsa yg ada di indo ..sekian ribu tingkah polah kemaunnya ? terlalu buanyak aspek yang harus dibenarkan dan diluruskan..karena indonsia ini memang unik. ? Dikasih yang asli..ehhh minta yg palsu ? unix tow …lirix Paidi cs ?

    • Indonesia ini bagai 20 negara yang diSatukan jadi 1 negara ? tuhh…rumitkan?
      Hooh..Paidi cs berasal dari belahan dunia keLima ?

  9. Biar nutup defisit lek…nunggu musim. Jd skrg nimbun 2 bulan, lalu turun…nah..jaga2 bbm naik, mau pemilu gak boleh naik. Jd hrs siap 4 bln dg harga baru…jan-april kudu aman..

  10. AKR sudah turun 100 perak
    Harga aslinya 9800
    Lumayan cak gap nya sama pertamina, ngisi 10 liter ngisi nvl, udah bisa buat beli nasi bungkus lauk telur bali sisanya wkwk.
    Jangan berharap banyak2, nanti dikatain kaum mental subsidi, males kerja, dikatain di papua blablabla ?

  11. I love eropah
    Long live japanese
    For Prosperous Indonesia
    Mantab Jaya Adil Makmur Sejahtera Selama-lamanya

  12. Biasa kang klo harga minyak naik..BBM di Indonesia cepet naiknya…tpi klo harga minyak turun…BBM di Indonesia lama gurunya di tahan2 biar Untung gede dulu..

    • Jaman voc pun mataram dibantu cina. Pertama islam di jawa dipimpin Jin Bun aka raden patah masih keturunan bro.. Cina dengan chauvinism nya akan menguasai dunia. Bangsa besar yg tergembleng oleh alamnya. Mantab Gandhozzz Jaya Mendunia.

    • Tenang..hutang k cino itu udah ada buat bayarnya ? udah d siapkan..jadi bukannya ngutang trus mikir buat ngebayarnya ?
      Kalau ngutang trus mikir ngebayarnya..sama saja dg Paidi cs sekarang ? lagi kerja Rodi buat bayar Hutang dan Bunganya ?
      Lanjutkan….!!!?

  13. Marginnya buat bayar bunga utang bangun infrastruktur masBro..
    Gw jg gitu ah kl jd presiden.. uenak, jalan2 ae.. naik motor..

    • Sudah tradisi bro. Turun temurun. Penduduk banyak. Jadi presiden nya giliran. Sayang umur ga nyampe. Janji kampanye mletot ga terealisir? Itu lumrah. Kampanye is kampanye. Pegang kuasa is berkuasa. Bedakan? Semua akan pencitraan jika sdh berkuasa. Lhawong tingkat RT aza gitu kok.. Nikmati dan ridhoi apa yg ada. Allah juga akan ridhoi ke kita.

    • Jangan melihat sebelah mata ? lihat juga dg apa yang sudah diralisasikannya…kalau d hitung secara kasar saja…apa yang sudah dibikin sekarang ,bisa memberikan keuntungan 5 x lipat nantinya yang bisa dinikmati masyarakat Indo ? jadi ..itu nanti adalah Warisan dari apa yg dilakukannya selama 5 tahun ini ??

  14. Masyarakat mesti dijelasin dan mengerti proses distribusi energi begini, biar nggak pada membabi buta nyalahin pemerintah mulu.. Di jakarta aja shell super masih 10.800 per liter, saya baru kemarin isi..

  15. Harga minyak hari ini turun nggak berarti bisa langsung turun besoknya, karena harga minyak di index brent yang digunakan sebagai acuan per hari ini biasanya adalah untuk kontrak pengiriman tiga bulan ke depan.. Pun harga hari ini mengikuti harga beberapa bulan sebelumnya, prosesnya begitu. Minyak kan nggak bisa hari ini sedot dari perut bumi trus besoknya langsung dijual di pom bensin, ada prosesnya, Mas.. panjang rantai prosesnya. CMIIW..

    Beda dengan valas yang harganya fluktuatif time to market.. tiap menit bergerak bisa kita rasakan sebagai masyarakat.. saya aja baru isi shell super di Jakarta kemarin masih Rp10.800/liter..

    • Kenapa AKR bisa segegabah itu ya kalo gitu? Satu minggu setelah ramai berita turunnya harga minyak dunia, mereka sudah nurunin harga Rp 100. Mohon pencerahannya suhu ?

  16. Sudah tradisi bro. Turun temurun. Penduduk banyak. Jadi presiden nya giliran. Sayang umur ga nyampe. Janji kampanye mletot ga terealisir? Itu lumrah. Kampanye is kampanye. Pegang kuasa is berkuasa. Bedakan? Semua akan pencitraan jika sdh berkuasa. Lhawong tingkat RT aza gitu kok.. Nikmati dan ridhoi apa yg ada. Allah juga akan ridhoi ke kita.

  17. Giliran harga minyak dunia turun pemerintah pura² budeg….
    Kaya gini mau minta 2 periode?
    Yg katanya janji ga naikin bbm malah udah 12 kali naikin harga… Udah bohong masih minta di pilih lagi?

    • Nanti sampeyan akan Rasakan Nikmatnya ? memurahkan bbm seperti maunya ente adalah hal gampang dan simple, hanya saja efeknya kebelakang akan beruntun , efek domini atau krambol ? program itu disusun secara jangka waktu/ periode ? banyak kok negara yang udah lakukan…

    • Mau ganti presiden tetep aja lu gembel…siapapun presidennya tetep aja lu gembel…bahkan kacung bisa lebih makmur dari lu krn dia rajin kerja dan tau mengukur kemampuan

    • Lho katanya harga minyak ikut pasar kog kulakan turun gak ikut turun giliran naik cepet2 naik logika darimana?

      Apalagi trus ngatain oranglain gak mampu dan mengkacung2kan orang gak sadar klo dirinya ternyata lebih rendah dari seorang kacung

    • Liay noh venezuela kayak apa sekarang.. hasil jual minyak buat subsidi rakyat ? Hah ? Buta mata ente apa gak tau wawasan ? Otak dipake mikir cerdas.. emosi gue liat komen orang yg gak bisa mikir jangka panjang.. kalo gak tau apa2 jgn asal bacot keliatan blo’on nya..

  18. Gembel2 kere lagi ngeluh…salah luh sendiri lahir miskin di tambah lagi bodoh ujung2nya miskin lagi …makanya kalo udah miskin jangan jadi bodoh…ngerti ga cung???

  19. haiyyaaa moga pak prabowok jd presidwn ke 2019 pst bbm 4500/liter waaa
    dijamin gk ada impor barang semuwa plouwduk dlm negri waaa….
    dan gk ada lagi tampang miskin waaa
    semua ouwlang tidur di hotel bintang 5 waaa

    • Dari janji-janjinya prabowo memang sgt luar biasa. Tapi melihat hasil kerjanya, blm ada yg menandingi jokowi. Presiden yg sederhana tapi keren.

    • haiyyaaa janji janji harus tinggi waaaa
      berpikir hrs logis sprt kata mbak tiiti ttt uang 50rb bs beli apa!??
      paling dpt gorengan 5 bijik waaa

      pilih capres parabowo dijamin 50rb bs bawa pulang beat, next, lexy dp nol rupiah waaa

  20. Lek nek mudik lewat jalur selatan,wonogiri,Purwantoro tak traktir tongseng mas supri yang sangat terkenal kelezatannya??

  21. Kalo lu miskin jangan sok2an beli motor…kalo lu miskin beli premium aja jangan sok2an beli pertamax.pertalite….

    kalo lu miskin jangan habisin duit lu buat beli kuota internet…kalo miskin jangan jadi bodoh….kalo lu bodoh jangan males…ngerti ga lu cung???

    • Maklum otak kampret cuma seperempy bozz.. matanya kan buta.. sinyal rusak pasti nabrak.. sg waras ngalah ae..

    • eiscell si kuli pegawai rendahan miskin makan gaji yg di taker jumlahnya makin terlihat bodohnya ….dia komplain harga bbm non subsidi ga turun2 krn tidak tau mekanisme harga berlaku…..makanya kalo gembel jangan sok2an pake pertamax…harga naik lu komplain…kemampuan lu cuma beli premium itupun hidup lu pas2an…..kalo udah gembel miskin tau diri cung ga usah gaya2an beli pertamax hanya untuk motor butut mainstream lu…..kalaupun lu kerja di perusahaan besar tapi lu cuma strata bawah yg sampe pensiun hidup lu pas2an….kalo udah gembel coba di upgrade daya pikir lu supaya ga gembel terus…memang itu sudah paket DNA lu gembel bodoh sumbu pendek

      Jadi nih saran gw buat lu si gembel belinya premium (subsidi) aja yah , yg sampe skrg harganya tetap ga ikut gejolak harga minyak dunia…..ga usah gaya2an pake bmnin subsidi apalagi komplain2 harga non subsidi…krn lu ga ngerti

      Kalo lu ga nemu premium artinya lu tinggal di tempat pembuangan limbah hahahaha

  22. Jaman pa BEYE, harga minyak dunia naik, BBM langsung naik, pas turun ya langsung turun, adil kan…
    Nah jaman pakde harga minyak dunia naik BBM langsung naik, pas turun ko lama bgt turun nya.
    Ngumpulin pundi2 utk nyalon lagi kayanya nih pakde…

    • Kata siapa.. kalo emang gitu pantes aja imbasnya di era saat ini.. sialan namanya itu bozz.. gitu kok bangga.. hkhkhk 2019 ganti otak ente

    • Kata ane om, ane dari dulu pake Pertamax plus, pas harga minyak naik harga bensin yg ane pake naek, pas minyak dunia turun ya harga ikut turun juga. Lah jaman sekarang ente ngerasain ga harga Pertamax/turbo pernah turun? Ga kan, cenderung naik terus harga nya.
      Kecuali ente dari dulu pake premium terus, jadi ga pernah ngerasain naik turun nya harga.
      Walaupun motor ane bebek dari pertama punya isi nya Pertamax/plus/turbo, sampe sekarang ane punya mobil kaleng juga masih pake Pertamax/turbo. Itu yg ane rasain selama ini.

      Ngapain ane ganti otak om, dengan otak pas2an ini, Alhamdulillah kebutuhan keluarga terpenuhi, bukan niat somboñg ya, kemaren ane ikut CPNS SKD 400+ cuma FYI aja.

      Otak ente aja om, ga perlu ganti cuma boreup dikit supaya CC nya lebih gede dikit.

  23. Nanti tinggal tunggu tanggal mainnya cak iwb, paling cepet setelah tahun barulah kalau mau nurunin harga bbm kan sayang menghadapi pergerakan natal dan tahun baru berbarengan dengan libur sekolah banyak aktifitas hilir mudik. kalau diturunin sebelum peak season tersebut kan sayang.

  24. bbm naek ribut kyk bemo dpt job gede gaji naek bonus cair pada diem sambil cengar cengir….kyk kuda gk ush beli mtr,mbl bgus klo gk sanggup beli bbmny beli yg alakadarny aj biar bisa nenggak premium gtu aj kok repot……

  25. ga usah bahas BBM lek iwb

    masih Banyak Rakyat Tolol. bukan Asam ya. tapi Rakyat Sok pinter yang jadinya Tolol ga ketulungan

    Apa hubungannya Harga BBM sama Presiden. dasar Goblok. BBM udh ga di Subsidi. Kalau Naik ya tergantung Minyak Dunia. pasti ada Jeda lah. lu baru beli Minyak harga segini pengen lu distribusi masa dengan Harga baru. Pasti stock lama yg dibeli dengan harga lama di habisin dlu lah. Tololnya jangan Mengakar.

    Sampe bawa” SBY lebih enak dan lain lain. WAJAR !! SEMUA SUBSIDI ! Program Dia apaan yang bikin Indonesia Maju selain Subsidi? klo Jokowi Subsidi terus Mau Kayak Venezuela??????? Ga usah Sok pinter. Belajar sana. Gua aja Paham Kondisi Negara krna belajar dan mengikuti Berita International. Indonesia sedang Bergerak Maju dan terus Meningkat peringkatnya di Dunia. Mau Jalan di tempat dengan Subsidi dan hidup terlalu dimanja????

    Infrastruktur di Jual???? Bukan di Jual tpi Kerjasama dengan Membagi Keuntungan. daripada Ngurus semua sendiri . Uang Perawatannya dari Mana??? mau Pajak Lu Di Gedein Buat selalu bayar perawatan???? Gak Kan??? Solusinya ya 50 50. Indonesia ttp dpt Duit dari pengolahan Infrastruktur+ perawatan sudah ada yg pegang, pemerintah cuma ngawasin doang

    Pikir Pake OTAK
    Udah Ga Jamannya Lagi Pemimpin di Pimpin Militer. Sekarang Perang Ekonomi bukan Perang Tembak tembakan. hanya orang yg mengerti Ekonomi yg bsa bertahan. Coba liat negara mana yg Pemimpinnya masih dri Militer??? sudah sedikit kan.

  26. Indonesia mau bikin kendaraan sendiri cuma mimpi, tetep aja para FB lebih suka pake kendaraan sesembahannya.

    lihat tuh komen ampe cakar-cakaran untuk membela sesembahan, bisa dikata warga kitamah masih banyak yang primitip, kaga bisa menghargai perjuangan orang.

    contoh sederhana, Topan bisa apa d moto2, cuma malu-maluin bangsa aja dll,,,, padahal kalau dibalik, lo bisa lebih baik dari Topan, kalau bisa buktikan, jangan kenceng di mulut doang.

  27. Ngakak kiat kaum peengeluh dan pemalas gak tau wawasan luas.. bisanya ngehujat aja.. coba sekali2 baca berita tentang venezuela.. ambil hikmahnya.. gitu aja pesen saya.. yg gak tau apa2 jgn bacot seenak udel.. pertanda otak anda masih lemah dalam mencerna dan berfikir..

  28. Ciri2 cebong, junjungannya gagal ngatur negara gk boleh di cela, rakyat menjerit bukannya ngasih solusi malah ngatain yg katanya males kerja, trs tugas pemerintah ngapain? Bagi2 sertifikat? Huahahaa
    Diajak debat pake fakta juga muter2 gk jelas, akhirnya kluar lagi jurus kata2 “makanya kerja jangan malas” gk ada argumen lain lagi apa? Jaman SBY kayanya gk pernah sampe ada perdebatan kaya gini, klo emang banyak yg mencela dr pada yg memuji artinya ada yg salah sma pemerintah, bukan ujung2nya cuma “bukan urusan saya” muahahahaa

  29. Kalau bisa harga bbm malah di naikkan soalnya , kan infrastruktur kita masih banyak yang belum jadi , jadi sebaiknya di naikkan lagi supaya semua infrastruktur kita berhasil

  30. Kalo lu miskin jangan sok2an beli motor…kalo lu miskin beli premium aja jangan sok2an beli pertamax.pertalite….

    kalo lu miskin jangan habisin duit lu buat beli kuota internet…kalo miskin jangan jadi bodoh….kalo lu bodoh jangan males…ngerti ga lu cung???

    • Maklum otak kampret cuma seperempy bozz.. matanya kan buta.. sinyal rusak pasti nabrak.. sg waras ngalah ae..

    • eiscell si kuli pegawai rendahan miskin makan gaji yg di taker jumlahnya makin terlihat bodohnya ….dia komplain harga bbm non subsidi ga turun2 krn tidak tau mekanisme harga berlaku…..makanya kalo gembel jangan sok2an pake pertamax…harga naik lu komplain…kemampuan lu cuma beli premium itupun hidup lu pas2an…..kalo udah gembel miskin tau diri cung ga usah gaya2an beli pertamax hanya untuk motor butut mainstream lu…..kalaupun lu kerja di perusahaan besar tapi lu cuma strata bawah yg sampe pensiun hidup lu pas2an….kalo udah gembel coba di upgrade daya pikir lu supaya ga gembel terus…memang itu sudah paket DNA lu gembel bodoh sumbu pendek

      Jadi nih saran gw buat lu si gembel belinya premium (subsidi) aja yah , yg sampe skrg harganya tetap ga ikut gejolak harga minyak dunia…..ga usah gaya2an pake bmnin subsidi apalagi komplain2 harga non subsidi…krn lu ga ngerti

      Kalo lu ga nemu premium artinya lu tinggal di tempat pembuangan limbah hahahaha

  31. Jaman pa BEYE, harga minyak dunia naik, BBM langsung naik, pas turun ya langsung turun, adil kan…
    Nah jaman pakde harga minyak dunia naik BBM langsung naik, pas turun ko lama bgt turun nya.
    Ngumpulin pundi2 utk nyalon lagi kayanya nih pakde…

    • Kata siapa.. kalo emang gitu pantes aja imbasnya di era saat ini.. sialan namanya itu bozz.. gitu kok bangga.. hkhkhk 2019 ganti otak ente

    • Kata ane om, ane dari dulu pake Pertamax plus, pas harga minyak naik harga bensin yg ane pake naek, pas minyak dunia turun ya harga ikut turun juga. Lah jaman sekarang ente ngerasain ga harga Pertamax/turbo pernah turun? Ga kan, cenderung naik terus harga nya.
      Kecuali ente dari dulu pake premium terus, jadi ga pernah ngerasain naik turun nya harga.
      Walaupun motor ane bebek dari pertama punya isi nya Pertamax/plus/turbo, sampe sekarang ane punya mobil kaleng juga masih pake Pertamax/turbo. Itu yg ane rasain selama ini.

      Ngapain ane ganti otak om, dengan otak pas2an ini, Alhamdulillah kebutuhan keluarga terpenuhi, bukan niat somboñg ya, kemaren ane ikut CPNS SKD 400+ cuma FYI aja.

      Otak ente aja om, ga perlu ganti cuma boreup dikit supaya CC nya lebih gede dikit.

    • presiden yg sekarang untuk menentukan naik atau turun harga BBM nunggu komando dulu dari kakanda, ibu suri, perdana menteri, dll

  32. Gak lama lagi juga turun….bukan karena harga minyak dunia turun,tapi karna si jaenudin naciro dongok planga plongo pencitraan jelang pemilihan umum..

    • Proyeknya belom kelar kang.
      Dana Haji kan udah kepake.. utang dah numpuk.. proyeknya belom kelar..

    • Yg hebat pak SBY, harga minyak dunia naek wajar..
      Pas turun, di turunkan Cepat Pak SBY..
      Memang beda presiden latar belakang militer, mereka lebih perasaan terhadap rayat..Wajar hidup mereka keras pas aktif..
      Skrng dana Haji di embat, Jakat mau di usulin lagi, besok” kotal amal apa mau di embat juga.. Aku merana, wong cilik bisa apa.

    • Alasannya beberapa minggu lalu sy baca2 pas minyak dunia turun, Indonesia udah kadung beli harga lama yg paling lambat stok abis sampe januari. Nah baru abis itu kena harga baru yg udah turun, saat itulah harga bbm diturunkan. Itu sih yg ane baca. Ya emang sih pas minyak mentah naek pemerintah gk langsung katrol harga, sementara yg laen udah naek. Baru bbrpa waktu kemudian naek jg. Ada jedanya.
      Yo mandar ae pertamax mbalek maneh 8000/L hehehehehe

    • Zaman SBY subsidi 200 triliun lebih (angggaran 450 triliun untuk APBN 2015)… Pilih mana? Uang negara nguap buat pengguna kendaraan biar mereka diam, atau untuk bangun infrastruktur biar yang di daerah bisa nikmati?

    • lah waktu kapan hari itu katanya bangun infrastruktur pakai duit hutang,
      sementara duit subsidi BBM entah dialihkan kemana.
      mungkin dipakai si nganu untuk bayar yg ongkang-ongkang kaki 112 juta perbulan dan kroni-kroninya.

    • Dimanage?? Klo harga tinggi kulakan banyak sampe numpuk giliran murah malah gak kulakan sampe gak ada minyak yg didistribusikan?? Managemen apa ini??

      Naik cepet turun lambat??? Logika yg aneh

      Ikut harga pasar?? Harga pasar mana??

    • Katanya premium satuharga .?? Iya satu harga tp yang jual premium spbu mana?? Jayapura?? Buka mata kalian hitung pom bensin satu kabupaten yg jualan premium berapa biji ..dalm satu spbu ada berapa stasium pompa yg menyediakan premium??

      Silahkan buka mata kalian gak usah pencitraan !!!

    • Kalo lu ga nemu premium artinya rumah lu di tempat sampah …membuktikan kalo lu gembel asli hahahaha

    • org pada bilang pilih supsidi bensin / di pake infrastruktur nyatanya setelah proyek infrastruktur selesai malah di jual kok masih ada org milih sidia apa gk mikir infrastrukturnya yg di banggakan di jual pihak asing ? mikir woi mikir
      ayo pilih lagi supaya bbm tembus 100/liter

    • Sama mas. Nih baru cari-cari caping buat nutup sirah klo pas ngepit. Arep tak bolongi biar rada isis.

  33. Sudah tradisi bro. Turun temurun. Penduduk banyak. Jadi presiden nya giliran. Sayang umur ga nyampe. Janji kampanye mletot ga terealisir? Itu lumrah. Kampanye is kampanye. Pegang kuasa is berkuasa. Bedakan? Semua akan pencitraan jika sdh berkuasa. Lhawong tingkat RT aza gitu kok.. Nikmati dan ridhoi apa yg ada. Allah juga akan ridhoi ke kita.

  34. Harga minyak hari ini turun nggak berarti bisa langsung turun besoknya, karena harga minyak di index brent yang digunakan sebagai acuan per hari ini biasanya adalah untuk kontrak pengiriman tiga bulan ke depan.. Pun harga hari ini mengikuti harga beberapa bulan sebelumnya, prosesnya begitu. Minyak kan nggak bisa hari ini sedot dari perut bumi trus besoknya langsung dijual di pom bensin, ada prosesnya, Mas.. panjang rantai prosesnya. CMIIW..

    Beda dengan valas yang harganya fluktuatif time to market.. tiap menit bergerak bisa kita rasakan sebagai masyarakat.. saya aja baru isi shell super di Jakarta kemarin masih Rp10.800/liter..

  35. Marginnya buat bayar bunga utang bangun infrastruktur masBro..
    Gw jg gitu ah kl jd presiden.. uenak, jalan2 ae.. naik motor..

    • Sudah tradisi bro. Turun temurun. Penduduk banyak. Jadi presiden nya giliran. Sayang umur ga nyampe. Janji kampanye mletot ga terealisir? Itu lumrah. Kampanye is kampanye. Pegang kuasa is berkuasa. Bedakan? Semua akan pencitraan jika sdh berkuasa. Lhawong tingkat RT aza gitu kok.. Nikmati dan ridhoi apa yg ada. Allah juga akan ridhoi ke kita.

  36. Giliran harga minyak dunia turun pemerintah pura² budeg….
    Kaya gini mau minta 2 periode?
    Yg katanya janji ga naikin bbm malah udah 12 kali naikin harga… Udah bohong masih minta di pilih lagi?

    • Mau ganti presiden tetep aja lu gembel…siapapun presidennya tetep aja lu gembel…bahkan kacung bisa lebih makmur dari lu krn dia rajin kerja dan tau mengukur kemampuan

    • Nanti sampeyan akan Rasakan Nikmatnya 😂 memurahkan bbm seperti maunya ente adalah hal gampang dan simple, hanya saja efeknya kebelakang akan beruntun , efek domini atau krambol 😂 program itu disusun secara jangka waktu/ periode 😂 banyak kok negara yang udah lakukan…

    • Lho katanya harga minyak ikut pasar kog kulakan turun gak ikut turun giliran naik cepet2 naik logika darimana?

      Apalagi trus ngatain oranglain gak mampu dan mengkacung2kan orang gak sadar klo dirinya ternyata lebih rendah dari seorang kacung

    • Liay noh venezuela kayak apa sekarang.. hasil jual minyak buat subsidi rakyat ? Hah ? Buta mata ente apa gak tau wawasan ? Otak dipake mikir cerdas.. emosi gue liat komen orang yg gak bisa mikir jangka panjang.. kalo gak tau apa2 jgn asal bacot keliatan blo’on nya..

    • Jaman voc pun mataram dibantu cina. Pertama islam di jawa dipimpin Jin Bun aka raden patah masih keturunan bro.. Cina dengan chauvinism nya akan menguasai dunia. Bangsa besar yg tergembleng oleh alamnya. Mantab Gandhozzz Jaya Mendunia.

  37. Masyarakat mesti dijelasin dan mengerti proses distribusi energi begini, biar nggak pada membabi buta nyalahin pemerintah mulu.. Di jakarta aja shell super masih 10.800 per liter, saya baru kemarin isi..

  38. Gembel2 kere lagi ngeluh…salah luh sendiri lahir miskin di tambah lagi bodoh ujung2nya miskin lagi …makanya kalo udah miskin jangan jadi bodoh…ngerti ga cung???

  39. Nanti tinggal tunggu tanggal mainnya cak iwb, paling cepet setelah tahun barulah kalau mau nurunin harga bbm kan sayang menghadapi pergerakan natal dan tahun baru berbarengan dengan libur sekolah banyak aktifitas hilir mudik. kalau diturunin sebelum peak season tersebut kan sayang.

  40. ga usah bahas BBM lek iwb

    masih Banyak Rakyat Tolol. bukan Asam ya. tapi Rakyat Sok pinter yang jadinya Tolol ga ketulungan

    Apa hubungannya Harga BBM sama Presiden. dasar Goblok. BBM udh ga di Subsidi. Kalau Naik ya tergantung Minyak Dunia. pasti ada Jeda lah. lu baru beli Minyak harga segini pengen lu distribusi masa dengan Harga baru. Pasti stock lama yg dibeli dengan harga lama di habisin dlu lah. Tololnya jangan Mengakar.

    Sampe bawa” SBY lebih enak dan lain lain. WAJAR !! SEMUA SUBSIDI ! Program Dia apaan yang bikin Indonesia Maju selain Subsidi? klo Jokowi Subsidi terus Mau Kayak Venezuela??????? Ga usah Sok pinter. Belajar sana. Gua aja Paham Kondisi Negara krna belajar dan mengikuti Berita International. Indonesia sedang Bergerak Maju dan terus Meningkat peringkatnya di Dunia. Mau Jalan di tempat dengan Subsidi dan hidup terlalu dimanja????

    Infrastruktur di Jual???? Bukan di Jual tpi Kerjasama dengan Membagi Keuntungan. daripada Ngurus semua sendiri . Uang Perawatannya dari Mana??? mau Pajak Lu Di Gedein Buat selalu bayar perawatan???? Gak Kan??? Solusinya ya 50 50. Indonesia ttp dpt Duit dari pengolahan Infrastruktur+ perawatan sudah ada yg pegang, pemerintah cuma ngawasin doang

    Pikir Pake OTAK
    Udah Ga Jamannya Lagi Pemimpin di Pimpin Militer. Sekarang Perang Ekonomi bukan Perang Tembak tembakan. hanya orang yg mengerti Ekonomi yg bsa bertahan. Coba liat negara mana yg Pemimpinnya masih dri Militer??? sudah sedikit kan.

  41. bbm naek ribut kyk bemo dpt job gede gaji naek bonus cair pada diem sambil cengar cengir….kyk kuda gk ush beli mtr,mbl bgus klo gk sanggup beli bbmny beli yg alakadarny aj biar bisa nenggak premium gtu aj kok repot……

  42. Ngakak kiat kaum peengeluh dan pemalas gak tau wawasan luas.. bisanya ngehujat aja.. coba sekali2 baca berita tentang venezuela.. ambil hikmahnya.. gitu aja pesen saya.. yg gak tau apa2 jgn bacot seenak udel.. pertanda otak anda masih lemah dalam mencerna dan berfikir..

  43. Indonesia mau bikin kendaraan sendiri cuma mimpi, tetep aja para FB lebih suka pake kendaraan sesembahannya.

    lihat tuh komen ampe cakar-cakaran untuk membela sesembahan, bisa dikata warga kitamah masih banyak yang primitip, kaga bisa menghargai perjuangan orang.

    contoh sederhana, Topan bisa apa d moto2, cuma malu-maluin bangsa aja dll,,,, padahal kalau dibalik, lo bisa lebih baik dari Topan, kalau bisa buktikan, jangan kenceng di mulut doang.

  44. Ciri2 cebong, junjungannya gagal ngatur negara gk boleh di cela, rakyat menjerit bukannya ngasih solusi malah ngatain yg katanya males kerja, trs tugas pemerintah ngapain? Bagi2 sertifikat? Huahahaa
    Diajak debat pake fakta juga muter2 gk jelas, akhirnya kluar lagi jurus kata2 “makanya kerja jangan malas” gk ada argumen lain lagi apa? Jaman SBY kayanya gk pernah sampe ada perdebatan kaya gini, klo emang banyak yg mencela dr pada yg memuji artinya ada yg salah sma pemerintah, bukan ujung2nya cuma “bukan urusan saya” muahahahaa

  45. Kalau bisa harga bbm malah di naikkan soalnya , kan infrastruktur kita masih banyak yang belum jadi , jadi sebaiknya di naikkan lagi supaya semua infrastruktur kita berhasil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here