Iwanbanaran.com – Cakkkkk…..seperti yang kita ketahui satu-satunya perwakilan dari Jepang Takaaki Nakagami tercepat di Test penutup 2018 di Jerez. Ia mendapatkan Spec baru dimana RCV 18 yang di gunakan Cal Crutchlow musim ini akan dipakai Nakagami mulai musim 2019 nanti…..

Memulai debut di kelas Motogp dengan status Rookie Nakagami cukup tampil baik sepanjang musim ini cak. Dengan catatan 33 Poin serta finish terbaik posisi 6 di Valencia lalu.

Setelah mendapatkan RCV Spec 2017 yang ia pakai musim ini. Nakagami akan mendapatkan mesin Spec 2018 untuk tahun depan. Dimana ia sudah mencobanya pertama kali di Valencia 2 Minggu yang lalu. Test berakhir menempati posisi 8 dengan catatan waktu 1 Menit 31.304 Detik terpaut 0.547 dari sang pemuncak test Maverick Vinales. Langkah yang cukup baik. Dilanjut dengan Test Jerez Nakagami langsung Melesat menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 Menit 37.945 detik unggul tipis dari Marquez yang menempati posisi 2 dengan Gap 0.025 detik.

“Aku hanya menikmati motor 2018 yang digunakan Cal tahun ini, mesinnya benar-benar meningkat pesat dibanding spesifikasi 2017, Motornya mudah dikendarai, karena mesinnya memiliki tenaga melimpah. Namun pada (putaran mesin) rendah jauh lebih mudah dikendarai. Catatan waktunya jauh lebih konsisten, dan jika aku menekan, lebih mudah untuk memperbaiki catatan waktu. Saat aku menggunakan motor 2018, dari (putaran mesin) tengah ke atas meningkat pesat, mudah merasakannya.”

“Di Valencia, kami belum 100% tuntas di sisi elektronik, ada perbedaan dalam penyaluran tenaga. Kami harus melakukan pengaturan pada (putaran mesin) rendah hingga tengah. Pada motor 2018, sedikit sulit merasakan spin, feelingnya sangat manis di putaran mesin bawah, kau dapat membuka gas. Tapi (jika) kau meningkatkan tenaganya, dan mudah bagi ban belakang melintir.”

“Di sini di Jerez, hari pertama, catatan waktuku cukup kompetitif, begitupun posisinya. Namun, masih ada hal-hal kecil yang perlu ditingkatkan.”

Saat ditanya Apakah Nakagami terkejut dengan kecepatan mesin baru dan menjawab ngene cak “Tidak terkejut, (namun) ini masih tes awal. Kurasa semua rider tidak akan benar-benar menekan seperti akhir pekan balapan. Bahkan, aku juga tidak menekan seperti akhir pekan balapan.”

“Sulit memahaminya, karena beberapa pembalap melakukan tes (dengan) ban baru (sementara yang lainnya tidak). Situasinya sulit, kau tak bisa memahaminya.”

Nakagami akan berduet dengan  crew chief baru Giacomo Guidotti, kepala mekanik Dani Pedrosa musim lalu. Menggantikan posisi Ramon Aurin yang telah hijrah ke pabrikan menemani Jorge Lorenzo cak….

“Selangkah demi selangkah, kami memahami satu sama lain. Dan coba berkomunikasi lebih sering untuk mendapatkan informasi, Saya coba memberi (tahu) gaya balap saya kepada Giacomo, dan Giacomo coba memahami gaya balap saya. Selangkah demi selangkah, komunikasi kami meningkat..” tutup Nakagami….(Cc for iwb)

Advertisements