Iwanbanaran.com – Erangan motor alus diselingi sedikit siulan membuat mata berbinar. Setiap jengkal bodynya memang luar biasa merupakan master piece hasil karya engineering Honda yang selalu detil dan tidak main-main. Yup…itulah Honda RC213V-S….motor yang menggunakan material kelas wahid. Lha piye cak…titanium dan karbon menjadi penghias motor yang konon jika dijual di Indonesia mencapai 6 Milyar. Dan IWB sudah pernah mencicipinya, sebuah memory tak terlupakan !!!

Ngimpi cak…benar-benar seperti mimpi IWB rasanya bisa mencicipi motor produksi masal termahal di Indonesia bahkan mungkin didunia yakni RC213V-S. Motor yang diracik dengan sangat serius sebagai racing produk ini mampu membuat IWB melek….bahwa racing dengan standart sangat jauh berbeda. Siulan erangan engine….tekukan dan respon motor saat ditekuk nyaris “perfect” tanpa cela. Kedua sisi baik mesin dan handling superrrrrr ringannn edan njaran tenan…

Untuk menembus bisa jajal motor kembaran Motogp bike versi masal ini tidak mudah. Pabrikan melakukan screening sangat ketat. Mengerahkan Dimas Ekky untuk melihat kecakapan peserta, AHRT meneliti kemampuan braking dan penguasaan motor plus emosi. Tim safety riding fokus pada keselamatan serta keamanan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Maklum cak….selain keselamatan, motor ini banderolnya nggak main-main. Luaranggg tenan….6 Milyar, kuwi duit opo godong yak….

Untunglah IWB sudah berpengalaman pegang superbike seperti CBR1000RR SP ataupun BMW S1000RR sehingga dengan mudah lolos dan masuk kualifikasi hijau mendapatkan restu jajal motor ini. Oke….mari kupas satu persatu…

Ergonomi

Lupakan posisi riding menyiksa…jujur saat pertama kali IWB nongkrong diatas RC213V-S lumayan terkejut. Koq malah lebih bongkok CBR1000RR yak?. Posisi badan rileks dengan jarak jangkauan stang pendek. Tindakan Honda ini membuat badan terasa menyatu. Badan seperti mampu mengontrol tiap jengkal bagian body dari sang Superbike. Fot peg ditarik kebelakang dengan pandangan mata yang clear menyapu dashboard….

Nah untuk dashboard sendiri tidak banyak ornamen aneh-aneh. Speedometer kotak full digital jelas terbaca pada kondisi apapun. Stang underyokenya ditekuk kedalam dengan derajat kemiringan yang terasa pas. Nyaman tenan cak untuk ukuran racing. Total kontrol inipun bukan isapan jempol ketika kita geber di sirkuit Sentul yang akan kita bahas dibawah ini….

Engine

Race replica bike ini dibekali mesin 1000cc V4 yang mampu memuntahkan tenaga hingga 157HP secara standart dan berpotensi meningkat menjadi 211 HP lewat racing kit yang disediakan oleh Honda. Penurunan tenaga dari RCV213V versi Motogp (output tenaga hingga lebih dari 230HP)……sebab mereka kudu memikirkan reliability serta absennya pneumatic-valves…..seamless shift gearbox, serta knalpot legal yang kudu memikirkan output desibel plus emisi gas buang….

Honda mengatakan ada 80 % part Motogp bike RC213V ada pada RC213V-S. Ini yang membuat motor istimewa. Nah…kembali kemesin, motor tidak menggunakan kunci kontak alias keyless. Jadi selama kunci kontak berada dalam jangkauan, sampeyan tinggal nekan tombol start. Dan saat dinyalakan…..asli, suara mesin motor ini seksi habis. Tidak seperti motor Honda lain…..RC213V-S rada dalam dan mendesing. Lalu saat IWB geber-geber gas…..letupan mesinnya super entengggg. Cicak bin kadal tenan…

Yup..itu adalah sekilas kesan IWB, sebuah memori tak terlupakan 2 tahun lalu ketika awal pertama kali AHM membawa sang kuda besi ketanah air. Kesempatan langka yang tidak semua orang bisa merasakan bahkan orang luar negeri sekalipun. Dilalah kesempatan tersebut dibuka AHM untuk sampeyan semua. Tidak perlu bayar cak….hanya tinggal ikutin Motogp-Street Experienced disini yakni upload foto sampeyan nunggang CBR, berikan testimoni dll via www.motogp-streetexperience.com. Ingat cak…tinggal besok (27/11/2018) terakhir. Mending sampeyan segera daftar dan rasakan nunggang motor seharga 6 Milyar…sekali seumur hidup rekk…iso diceritakan keanak cucu (haiyahhh). Gazzzzzzzzz !! (iwb)

Advertisements