iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….merinding namun penasaran, mungkin itulah yang IWB rasakan ketika mengunjungi Benteng Pendem. Benteng yang dibangun Belanda pada tahun 1861 ini masih menyisakan keangkeran sebagai tempat yang menjadi saksi sejarah jaman kolonial abad 18 hingga 19. Ngilu cak…asli ngilu. Apalagi ketika datang kesana banyak sekali bumbu-bumbu mistis termasuk masih seringnya suara pasukan berkuda disekitar lokasi pada jam-jam tertentu. Weittttt……bikin penasaran kieeee…

IWB dan teman-teman Bloggers serta Vloggers diajak Honda mengunjungi tempat bersejarah Benteng Pendem. Benteng era abad 18 yang dibangun Belanda dengan nama Kustbatterij op de Landtong te Cilacap ini awalnya kurang menarik karena didepan seperti bangunan buatan. Tapi setelah masuk kedalam…baru terasa hawa menyengat sisa-sisa kekejaman jaman kolonial. Sebagai informasi seperti IWB sadur dari Wikipedia…

Benteng Pendem adalah peninggalan Belanda yang berlokasi di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1861. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektare secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986….

Kalau melihat sejarah cak….Benteng ini dulunya berfungsi untuk menahan serangan yang datang dari arah laut bersama dengan Benteng Karang Bolong, Benteng Klingker, dan Benteng Cepiring. Benteng Pendem digunakan hingga tahun 1942. Ketika perang melawan pasukan Jepang, benteng ini berhasil dikuasai Jepang. Tahun 1945, Jepang meninggalkan benteng ini karena kota Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh sekutu sehingga benteng ini diambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah….

Nah…dari sini IWB sempat bertanya pada pak Andi selaku Guide di Benteng Pendem, sampai kapan Benteng ini digunakan TNI?. Doi menjawab…” kalau nggak salah sekitar 1965 mz…” serunya. Setelah itu Benteng luput dari perhatian dan terkubur pasir namun kembali digali untuk dijadikan tempat wisata. Yang IWB lumayan merinding ketika masuk keruang penjara cak. Disini IWB merasakan bagaimana ruangan yang begitu sempit ini hawanya ora enak blassss (video IWB coba lampirkan di IG)…

” Dulu tempat ini pernah dijadikan uji nyali oleh salah satu stasiun TV, tapi nggak ada yang lulus..” seru pak Andi. ” Emang ada apa pak didalam ?” tanya IWB. ” Kalau disini orang tua laki-laki. Tapi nggak ganggu koq..” serunya santai. ” Yang paling kuat di Penjara yang sebelah sana. Disitu wanita, dia sering menangis..” pak Andi terdiam sejenak. Doi seperti tertegun….tampak matanya menerawang jauh. IWB langsung merinding ketika melihat bangunan dari batu bata tua sudah berlumut dan lembab yang diberi label penjara. ” Kasihan sih….wanita tersebut tidak bisa menyelamatkan anaknya yang dipenjara. Penyesalan luar biasa…” tukas pak Andi Lagi. Weleh jebule banyak cerita mistis tenan cak….

Kalau diperhatikan….bangunan benteng pendem terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh hingga kini. Namun, sejak awal ditemukan, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya diketahui. Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru. Ada pula yang menyatakan bahwa dalam benteng tersebut terdapat terowongan menuju benteng-benteng lain dan sejumlah gua di pulau Nusakambangan. Namun, hingga kini hal itu belum sepenuhnya terbukti….

Terowongan sekarang nggak bisa dimasukin karena tertutup air. Kalau maksa masuk tingginya bisa seleher. Sekarang pintu masuk juga ditutup dengan besi. Padahal kalau mau lihat base camp pusat disana.” tutur pak Andi lagi. Hingga IWB dan rombongan akhirnya tiba dilokasi yang cukup tinggi. Diatas ada warung kecil yang tidak ada penjualnya alias tutup. “ Penjual nggak berani terlalu malam buka. Karena setiap menjelang Maghrib sering banget terdengar pasukan berkuda melintas disini. Seperti refleksi masa lalu. Nggak ganggu sih…maksudnya nggak pernah nongol dalam bentuk penampakan. Hanya suara saja…” tutup Pak Andi lagi…

Last…nggak terasa Benteng sudah kita kelilingi dari ujung depan hingga belakang. Sebuah saksi bisu betapa kejamnya jaman kolonial dan betapa beratnya perjuangan para pejuang merah putih masa lalu untuk meraih kemerdekaan. Dan ketika tempat tua masih berdiri tegar, selalu saja cerita mistis mengiringi. Sudah nggak heran cak…sebut saja Lawang Sewu Semarang. Pesan moral artikel ini, mari kita cinta negeri ini dengan sepenuh hati karena kita beruntung tidak lahir dalam era kolonial. Era yang penuh dengan tangis, darah dan nyawa hanya untuk merdeka. Kita ? kadang IWB sendiri sering sedih hanya karena masalah politik bahkan motor antar saudara setanah air sendiri saling maki dengan kata-kata kotor, menghasut, debat kusir tak berkesudahan yang tak segan-segan menggunakan kata menyakitkan tak bertanggung jawab. So….merenunglah, dan mari kita bawa merah putih ini menjadi negeri yang besar, kompak serta menjunjung tinggi rasa persaudaraan. Salam dari Kustbatterij op de Landtong te Cilacap !! (iwb)

 

Advertisements

66 COMMENTS

    • Tempo hari pabrikan yg dibilang kelas gurem…ngajakin blogger jalan² ke Jepang.
      Disusul lagi ngajakin pembeli motor yg beruntung nonton motogp di Malaysia.
      Itu pabrikan gurem !!

  1. Bang , katanya ada penampakan hantu bawa motor pcx lokal , arwahnya gentayangan karena motor masih baru sudah gredeg gredeg dan skokny meletot dan konon katanya di dunia ghaib motor honda g ada peminatnya apa bener bang iwan mbah dukun yang jos gandos?

  2. Aku wong cilacap e yo wedi koh likk iwan..angker pokoke , mlipir ngetan maning sepanjg pantai laut selatan likk wetan benteng pendem pantai Bunton wetan maning Srandil pertapaane SEMAR wetane maning sodong wetane maning widara payung wetane maning pantai ayah alias ligending ..kuwe temt rekreasi kabeh likk ..ngalorr kang logending bates kebumen gua Jatijajar sing ana belut putieh ..ja lali gawa oleh oleh tempe mendoane lik gwr bali jakarta ya..go ibu negara hehe.

    • H sudah makmur sehat bahagia
      Y masih tangiss darah tragis kerja paksa – rod dicokoki hutang Rentenir kayaraya ?

  3. Bang , katanya ada penampakan hantu bawa motor pcx lokal , arwahnya gentayangan karena motor masih baru sudah gredeg gredeg dan skokny meletot dan konon katanya di dunia ghaib motor honda g ada peminatnya apa bener bang iwan mbah dukun yang jos gandos?

  4. Wahh kapan k benteng pendem cak? Tau lagi d benteng pendem saya kesitu pengen ketemu sama cak iwb.. Saya orang Cilacap kebetulan rumah deket situ

  5. Acara HBD kayak gini… memanusiakan semua Manusia ?? memberikan keMakmuran tiada batas buat semua, dg adanya acara sept ini, rakyat kecil disekitar juga mendapatkan rezeki melimpah, yang jualan bakso bakmi kerupuk singkong pete goreng ikut menikmati hasil ??damoaknya ASLI positif ?

  6. Haiyyaaa kata ratu elizabeth yg jajah bukan belanda waaa
    Tp voc perusahaan dagang swasta

    Au ahhhh
    SuamploXxxx LinggiZzz

  7. Aku wong cilacap e yo wedi koh likk iwan..angker pokoke , mlipir ngetan maning sepanjg pantai laut selatan likk wetan benteng pendem pantai Bunton wetan maning Srandil pertapaane SEMAR wetane maning sodong wetane maning widara payung wetane maning pantai ayah alias ligending ..kuwe temt rekreasi kabeh likk ..ngalorr kang logending bates kebumen gua Jatijajar sing ana belut putieh ..ja lali gawa oleh oleh tempe mendoane lik gwr bali jakarta ya..go ibu negara hehe.

  8. Yg lebih ngeri ya …tau neo cafe racer pakai headlamp bengkoang

    Nasib lintah darat heheh gak logis

    Motor kok pakai bengkoang hehehe

    Yg bikin y prestasi yamaha The King of ekspor

  9. Pantesan ilmu trawangnya joss..dolane nang panggon angker je..btw itu t4 dilarang ngucapin kata “lada” kalo gak salah..tp yo mboh nek lek iwan sing ngomong mungkin demite langsung sungkem kabeh yak e..hhhhh

  10. Cobak… Klo dulu kita nurut sama pemerintah kolonial… So pasti negara maju n sejahtera setarap eropah…. Apalagi klo nurut sama nippon….. Dah berapa level biker kita termanjakan…. Ga cuma sunmori-sunmorian….. Wkwkwkwkwk

  11. Blogger katrok. Ngga paham sejarah. Bacaannnya dulu cuma buku pelajarang di sekolah. Otaknya udah dicuci habis. Seolah2 zaman kolonial yg ada hanya kekejaman. Hasil manipulasi penulisan sejarah. Memang nya siapa yg membangun jaringan rel kereta, jalan2 raya, lapangan2 udara, gedung2 pemerintah?

  12. Hmm saya coba memahami relevansi ini dengan otomotif, mungkin kuda itu menggunakan 4 silinder segaris dohc 1200cc

  13. Haiyyaaa kata ratu elizabeth yg jajah bukan belanda waaa
    Tp voc perusahaan dagang swasta

    Au ahhhh
    SuamploXxxx LinggiZzz

  14. Yg lebih ngeri ya …tau neo cafe racer pakai headlamp bengkoang

    Nasib lintah darat heheh gak logis

    Motor kok pakai bengkoang hehehe

    Yg bikin y prestasi yamaha The King of ekspor

    • Pasti bau H.. yang terdaftar datang 25 rbu 😂 tambah yang gak terdaftar 10 rbu 😂

  15. Pantesan ilmu trawangnya joss..dolane nang panggon angker je..btw itu t4 dilarang ngucapin kata “lada” kalo gak salah..tp yo mboh nek lek iwan sing ngomong mungkin demite langsung sungkem kabeh yak e..hhhhh

Monggo sharing dibawah tanpa menghina Ras, Suku dan Agama