Iwanbanaran.com – Cakkkkk…menjadi basis produksi dan andalan Yamaha Global, YIMM masih menjadi raja eksport roda dua tanah air. Pabrikan yang memiliki slogan ” Semakin di Depan” ini mengapalkan setidaknya 281.620 unit motor keluar negeri dibulan Januari – Oktober 2018. Sedang Honda juga tidak mau kalah sebab pabrikan grup Astra ini diam-diam terus merangkak naik dengan pertumbuhan yang juga mencengangkan. Namun dari semua Suzuki adalah pabrikan yang termasuk kenaikannya melejit dipasar eksport. Weehhh bikin penasaran kieee. Berikut porsi detilnya….

Yamaha terus menggenjot penjualan produknya keluar negeri ditahun 2018. Pabrikan ini berhasil menorehkan eksport produk sebanyak 281.620 unit dari Januari – Oktober 2018. Dengan angka tersebut YIMM menguasai 55,15 persen market share eksport dan dipastikan masih menjadi raja eksport di tanah air…

Sementara itu Honda yang sebelumnya fokus pada pasar lokal kini juga mulai memecah strategi untuk memasarkan motor-motornya keluar negeri. AHM terus menggeliat dan juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding sebelumnya. Terbukti dari catatan terbaru Honda berhasil mengapalkan produknya keluar negeri sebanyak 144.803 unit diperiode yang sama…

Ini artinya AHM sukses meningkatkan angka eksport sebanyak 51,24 persen….edian cak kenaikannya. Praktis AHM menguasai 28,36 persen market eksport dibelakang Yamaha. Sedang mengisi posisi runner up adalah Suzuki. Pabrikan PT SIS ternyata nggak kalah agresif dipasar eksport. Ditopang produk-produk anyar mumpuni seperti GSX series dan NEX II, PT SIS berhasil mengeksport sebanyak 42.138 unit atau meningkat 93,42 persen. Ini lebih kenthir melejit cak. Suzuki menguasai pasar eksport sebanyak 8,25 persen diposisi ketiga….

Dibelakang Suzuki buntuti masing-masing TVS dengan 29.382 unit (5,75 persen) tumbuh 13,38 persen, dan terakhir adalah Kawasaki yang berhasil mengksport sebanyak 12.667 unit (2,48 persen). Geng ijo mungkin terlihat sedikit namun jika dibandingkan eskport sebelumnya bener-bener kayak kesetanan cak. Lha piye…terjadi peningkatan hingga  313,68 persen. Opo ora edian jal….

Last…..dengan seluruh data praktis para pabrikan berhasil mengeksport sebanyak 510.610 unit secara total di Januari-Oktober 2018. So…terjadi pertumbuhan yang juga meningkat pesat alias naik 45,53 persen. Dalam eksport masing-masing pabrikan masih didominasi produk matic khususnya Yamaha dan Honda…..(iwb)

Advertisements