iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Saat IWB longok speedometer, disaat itulah Alberto melanjutkan..” Suzuki GSX-RR memiliki 200 sensor. Sensor ini jauhhh lebih banyak dibandingkan motor produk masal 1000cc. Sebagai gambaran Suzuki GSX-R1000 hanya memiliki 8 sensor. Bisa kamu bayangkan bagaimana rumitnya Motogp bike” tukas Alberto tersenyum. Ediannnn 200 sensor. Jadi dibandingkan Superbike, Motogp masih sisa 192 sensor, opo waeeee kiiii ??? 

Sayang saat IWB tanya perihal ini, raungan mesin Moto2 merusak konsentrasi. Alberto diam lalu melanjutkan….” Iya, memang demikian. Banyak sekali dan semua harus termonitor. Oleh karena itu tidak boleh ada kesalahan sekecil apapun..” tuturnya. Dilalah saat mendekati area tanki….IWB kembali heran karena area tersebut berlubang. Lhooo koq bolong ?? kemana tankinya padahal sebentar lagi balapan ???

” Kita belum pasang tankinya..” serunya singkat. Yup…nggak mengherankan cak sebab urusan bensinpun diatur sangat ketat di Motogp. Hingga saat ini, MotoGP bike harus memiliki suhu bahan bakar maksimum 15 º C di bawah suhu sekitar (semakin rendah suhunya, semakin banyak bahan bakar yang diizinkan). Informasi tentang suhu dilaporkan 60 menit sebelum dimulainya race. Mungkin tim Suzuki mencari suhu ideal untuk mulai memasang tanki dan mengisi bahan bakar. Jlimet tenan….

iklan iwb
iklan iwb

Disaat bengong itulah Alberto menambahkan..” speedometer di Motogp juga sangat vital. Semua informasi dituangkan disini. Jadi rider bisa melihat informasi best lap yang ditorehkan, lap berapa…jumlah lap dan juga informasi tentang posisi. Hukuman atau penalti juga akan terpampang di layar speedometer. Speedo menjadi display utama untuk semuanya termasuk mapping. Kami juga bisa mengirim pesan ke rider dan akan nongol dispeedometer. So…walau ada PIT board, speedometer tetap kunci penting..

” Rider harus selalu mantau speedometer setidaknya setiap lap sekali. Jadi selain PIT Board kami juga mengandalkan speedometer untuk memberikan informasi rider diatas trek..” seru Alberto. Walahhh canggih jabang bajul tenan berarti cak. Lawong best lap rider aja juga terpampang disana. So…kalau sampeyan lemot, speedometer juga menunjukkan lambatnya lap time kita. Keren tenan. Sayang…waktu yang sangat mepet membuat IWB di PIT jadi kurang bebas. Maklum cak…suasana akan race neh…

” Alberto Gomez saat di Yamaha…”

Alberto, Suzuki cukup kencang sekarang. Aku melihat cornering speed Suzuki GSX-RR diatas rata-rata. Perkembangan juga lumayan menggembirakan. Dan aku tahu sebelumnya kamu pernah ditim selain Suzuki (dulu bersama Yamaha cak). Nah…menurutmu apa kelemahan dan kelebihan Suzuki GSX-RR Motogp ? ” tanya IWB. ” Kelebihannya dari sisi Frame !! sasis GSX-RR sangat istimewa. Sasis Suzuki memiliki reliability serta durability yang sangat baik. Itulah kenapa cornering speed kami unggul. GSX-RR sangat stabil saat masuk dan keluar tikungan…dan kami terus mengoptimalkan sisi itu…

” Sedang mesin sekarang jika melihat kiprah engine inline 4 GSX-RR yang sangat baru, performanya sudah sangat baik. Hanya perlu sedikit improve akselerasi keluar tikungan dan sedikit maximum speed (stop speed). Jadi akselerasi engine serta top speed perlu sedikiitttt ditambah (sambil memberikan isyarat tangan). Dan kami masih bekerja untuk itu..” tutup Alberto tersenyum. Wehh masih kurang wae wis mau podium terus cak. Piye kalau sempurna yak. Dilalah disaat sedang asyik, manajer Motogp Suzuki Davide Brivio mendekati kita. Doi tampak bersemangat dari tersenyum ke IWB. Pria yang juga mantan manajer Yamaha ini langsung menyapa IWB..” apa kabar? ” serunya. Waahhh ramah-ramah tenan kieeee…

” Bersama Davide Brivio….”

Singkat cerita, basa basi IWB dan tim Suzuki Motogp ECSTAR merambah pada gosip Lombok. Ternyata kabar Ezpelata di Mandalika untuk ngegolin wacana Motogp race menjadi hot gosip diarea paddock. “ Kami sudah tahu dan kami semua sangat berharap Motogp benar-benar datang ke Indonesia. Kami bersemangat…..” seru Alberto Antusias. Mendengar semangat yang luar biasa, IWB juga nimpalin. “ Iya Alberto, kita semua memiliki fans Motogp luar biasa…” kompor IWB. ” Iya, kami tahu betul itu. Makanya mari kita race di Indonesia..” tukasnya berapi-api. Gileee kii buleeee…lha koq semangatnya ngalah-ngalahin gatot kaca ngene yaaaaaa :mrgreen: ….

Last…fakta Motogp bike adalah motor tercanggih sejagad bukan omong kosong. Fakta bahwa Suzuki kini menjadi tim yang sedang bergerak naik juga bukan pemanis dibibir. Dan fakta bahwa para pemangku jabatan hingga tim Motogp sangat ingin race Motogp datang ke Indonesia juga bukan hanya retorika. Atmosphere yang ditunjukkan dari spirit mereka tak terbantahkan. Semoga cita-cita negeri ini memiliki sirkuit bagus bukan hanya dongeng belaka. Negeri yang katanya kaya, namun kekayaan tersebut seperti berada dialam ghaib. Lha piye cak..nggak terlihat je. Singkat cerita IWB pun keluar dari PIT karena balap Motogp akan segera dimulai setengah jam lagi. “ Sampai ketemu bro, kita akan ngobrol-ngobrol lagi dilain waktu...” tutur Alberto melepas IWB dan dua pejabat PT SIS keluar dari paddock belakang. Great experienced and nice people…juozzz (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

65 COMMENTS

  1. Pantesan Kaoskaki ga mau masuk motogp, lha wong Motogp sensornya aja ada 200 sensor sementara WSBK cuma 8 sensor….
    Kaoskaki males pusing mikir 200 sensor, pilih yg 8 sensor aja simple

  2. “Sasis GSX-RR sangat istimewa. Sasis Suzuki memiliki reliability serta durability yang sangat baik”

    Ini bisa diturunin ke motor mass-pro kelas 150cc gak ya?

  3. lek iwb pake bilang tercanggih sejagad pula…
    kasian anigaP
    udah ileran nunggu merk sembahannya untuk balapan lg di motoGP.
    Wkwkwkwkwk

    • Wait for the next bedah-bedah ngartikel. Hope you get enough patience since all bikes of all pabrikans is going to be bedahed.

      Salam Gitang Binaan euiyyy

    • The iklan makes no difference bro… It’s just merely sticker doangan. The machine n the rider do matter brocukkkk…..

  4. Kalo Yamaha ada 200+2 sensor sbb yg plus 2 itu sensor VVA dan tambahan 5 cc. Jadi luwih njlimet maning kang.

    • The iklan makes no difference bro… It’s just merely sticker doangan. The machine n the rider do matter brocukkkk…..

  5. Pantesan Kaoskaki ga mau masuk motogp, lha wong Motogp sensornya aja ada 200 sensor sementara WSBK cuma 8 sensor….
    Kaoskaki males pusing mikir 200 sensor, pilih yg 8 sensor aja simple

    • Wait for the next bedah-bedah ngartikel. Hope you get enough patience since all bikes of all pabrikans is going to be bedahed.

      Salam Gitang Binaan euiyyy

  6. lek iwb pake bilang tercanggih sejagad pula…
    kasian anigaP
    udah ileran nunggu merk sembahannya untuk balapan lg di motoGP.
    Wkwkwkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here