iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…walau diam tidak banyak menelurkan berita motor listrik GESIT, IWB sebenarnya terus mantau pergerakan motor yang diklaim hasil karya anak negeri ini. Dari awal diumumkan sejak 2016…gembar-gembor ini terpelihara hingga 2018 akhir. Artinya wis berjalan hampir 3 tahun cak. Hebatnya, walau belum dirilis menurut pengakuan Chief Executive Officer Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah…motor listrik GESIT sudah dilirik negara lain. Wihhhhh…..

Konfirmasi diliriknya GESIT oleh negara lain dilontarkan Chief Executive Officer Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah yang mengatakan motor listrik ini setidaknya sudah diminati tiga negara. Hebatnya cak…satu negara yang melirik berasal dari benua EROPA. Waaaaahhhh cadazzzz. ” Kan cita-citanya bukan hanya untuk pasar lokal, untuk ekspor juga. Saya enggak bisa sebut detailnya, tapi dua dari negara Asia Tenggara dan satu Eropa. Ini yang serius ya, kalau yang datang lihat doang sih banyak,” serunya via Viva (Selasa 30 Oktober 2018)….

GESIT memang proyek yang diklaim sebagai karya anak bangsa ini memang lumayan menjanjikan. Bahkan Motor listrik nasional hasil racikan Garansindo Elektrik Scooter ITS (Gesits) ini berhasil di tes turing hingga jarak 1500 km dengan status accomplish. Testing yang dilakukan pada tahun 2016 silam Disambut menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Moh Nasir dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan jajaran pimpinan DPRD Bali…..

Saat itu Gesits digeber dari Jakarta menuju Bali dengan kecepatan rata-rata 60-80 km/jam dan top speed kisaran 100 km/jam. Butuh waktu 5 hari bagi motor listrik garapan ITS ini untuk tiba dipulau dewata. Menurut informasi….….kinerja baterei serta kelistrik bekerja dengan baik. Kendati diguyur hujan deras…motor apik-apik wae cak. Hal ini dikarena posisi kabel dan kelistrikan sudah dihitung sedemikian rupa. Wah…keren juga yak…

Tapi memang tidak semua berjalan mulus. Tim sempat mengalami masalah overheat saat melewati kota Cirebon. “Kendala awal overheat motor waktu ke arah Cirebon. Tapi, dari Cirebon sampai Surabaya tanggal 10 November 2016, mesin normal. Kecepatan maksimal 100 km/jam tapi kita jaga antara 60-80 km/jam. Sekitar 12 kali ganti baterai, lithium ion, karena kita juga kontrol, stop dan istirahat. Tanjakan aman, nggak ada kendala, aman semua..” seru salah seorang rider…..

Baterei lithium (daya 6Kwh) Gesits dalam sekali pengisian membutuhkan waktu dari 1,5-3 jam bisa digunakan menjelajah hingga 80-100 km…..lumayan jauh rek. Dijual dengan harga kisaran 15 jutaan dipastikan motor listrik ini secara bulat akan diproduksi tahun 2017. Catet cak…tahun 2017 saat itu. Sontak keberhasilan Gesits menjelajah hingga 1500 km tanpa kendala mendapatkan apresiasi dari Menristekdikti Mohamad Nasir yang bertekad akan mengawal agar produksi anak bangsa ini bisa gol dengan baik…

“Saya sudah bicara dengan Pak Menteri Perindustrian, Pak Menteri Perhubungan dan Pak Menteri Perdagangan. Jangan sampai produk anak bangsa ini ketinggalan karena regulasi. Mudah-mudahan motor listrik ini terwujud jadi barang produksi, bukan lagi prototipe tapi industri…”ujar pak Menteri. Seluruh penjabaran diatas adalah berita tahun 2016 cak. Tiga tahun berlalu motor listrik yang digadang-gadang sebagai motor anak bangsa ini hanya menghiasi berita media tanpa melihat wujudnya wira-wiri dijalanan. Lawong emang belum masspro cak…

Last….pernyataan GESIT dirilik negara lain tentu membanggakan kita sebagai anak bangsa. Namun kita berharap motor listrik ini benar-benar bisa terwujud dengan produksi masal alias bukan hanya diberita. Mungkin tidak mudah untuk melakukannya. Tapi dengan dukungan kita berdoa semoga GESIT betul-betul lahir dengan status mass production. kabar terakhir sih akan diproduksi 60 ribu unit pertahun atau 5000 perbulan. Kita tunggu saja cak….(iwb)

Spesifikasi Motor Listrik Gesits

Body
Panjang X Lebar X Tinggi 1.910 mm x 695 mm x 1.110 mm
Tipe Suspensi Depan Telescopic
Tipe Suspensi Belakang Swing Arm, Mono-Shock
Roda Depan 80/90-14
Roda Belakang 90/90-14
Rem Depan Hidrolic Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol
Berat Kosong 120 kg
Mesin
Tipe Mesin Motor 10kW 96VDC brushless permanent magnet berpendinginan udara
Baterai Li-ion 1,98 kWh, 97.2 VDC
Kecepatan Max 110 km/j
Torsi 15 Nm
Transmisi chain/belt
Jarak tempuh 85-100 km/charge
iklan iwb
Previous articleSambut musim 2019, Yamaha pastikan rombak tim teknis Motogp !!
Next articlePart 1 : Bedah sistem persneling Motor Motogp, ternyata tidak ada Neutral cak !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

113 COMMENTS

    • Hati kecil para blohher otorodadua kondang papan atas jelas menolak.
      Motor dinamo senyap. Motor tamiya. Motornya para bantjie.

    • Esemka kendalanya di uji emisi cuk.. Regulasi emisi gak boleh tebang pilih. Inget kasus Audi (VW Group) yg didenda 4,3 milyar dollar karena ngakali uji emisi? Atau CBR600RR yang musti Honda suntik mati karena cost untuk ngembangin agar lulus uji emisinya gak sebanding dengan benefit/profitnya.

    • tolong deh dlu ini motor rilis gak ad yg lirik skrg sudah mau kampanye baru di kejar, dulu kemana aja lo mukidi? rakyat sudah cerdas ! mobil selo juga sama anehnya dulu gak lulus emisi!!! dimana pemerintah ? katanya dukung $$$$$$$$ negri, kepedulian muncul ketika kampanye telah tiba, !!!!! jangan kira kayal mobil esemka tiba tiba surprise !!!!!!

    • sontoloyo lagi lagi politisasi rakyat udah cerdas masih mau di kibulin ? dulu kemana aja ? mobil selo bagaimana nasibnya? udh deket kampanya baru si kejar dasar sontoloyo

    • dulu kemana aja sontoloyo, udh deket kampanye baru di kejar mobil selo gimana nasibnya, sampe di beli malaysia sontoloyo oh sontoloyo rakyat sudah cerdas masi ada yang mau dikibulin mobil esemka ? gak jelas tiba tiba surprais ?

    • Contoh otaknya isinya pupuk kandang.. komen gak pake data.. hujat sana sini ngaca oi.. ente bisa apa buat negara ??? Dasar sampah.. cuihh

    • Hati2 pencitraan… ingak ingak pilpres sudah dekat…
      Esemka katanya oktober diproduksi masal tapi ternyata zonk…

    • Motor ga pake piston n silinder. Najis buat dibahas para bikers…. Palagi blohher otorodadua kondang papan atas Indonesia. Cuihhhhhh…….. Najis pake bingitz……

  1. Segera dijual aja. Desain bisa lah diperbaiki. Hargai karya bangsa. Jgn bawa2 politik. Motor ya motor. Politik ya politik. Org $$$$$$ bawa2 politik disemua bidang.

  2. Aaaammiiinnnn cak..semoga jadi produk $$$$$$$$ andalan dalam negri dan di contoh pabrikan lain..suatu saat ad jaman di mana..”eh numpang cas donk..ok..gw tinggal kebelakang dulu ya..pattzz..tau2 mati listrik..pas balik..eh busettttt ngecas motor luu..kirain ngecas hp..habis pulsa listrik gw buat cas motor luu..kira2 donk cas motor gak bilang2″

  3. Berat 120 kg, untuk ukuran scooter apa gak keberatan ya ? Aerox yg gambot aja gak seberat itu, nanti takut nya jadi segmented (gak semua bisa make), tau sendiri kan orang pas beli scooter model gitu buat fungsionalitas terutama bikers cewek

  4. Kalo sudah di produksi, 1 tahun sekali ganti model, biar buat kompetisi para jawara design indonesia…. Siapa yang selalu diterima masyarakat itu yang harus dipertahankan…..

    • Kita ga bisa lepas dari politik bro. Ncen ahsyuu sekali tuh politik. Dunia yg penuh dgn para badj_ng_n. Karean menurut prof. Sahetapy politikus adalah badj_ng_n.

  5. bang $$$, itu selama perjalanan kn 12 ganti battery, itu mksdnya batteryny emang perlu diganti jarak km tertentu, atw krn c owner males nge charge??

  6. Motor dinamo. Motor tamiya. Motornya para banci. Super najis banget….. Ciyuhhhhhhhh…… Sangat ga recomendit bagi bikers macho. Blohher otorodadua kondang papan atas Indonesia kudu menolak produk ini. Kecuali blohher “cari aman”

  7. Kebanyakan cm bisa jalan di berita aja, terlalu bangga tuh si bos gesit cm bs ngisi kolom media tanpa ada unit d jalan,wakakak….diminati sih diminati tp kl kelamaan konsumen juga kabur om
    Dah ga musim jaman skrg cuma ngiklan ngasi harapan, gaya gini nih gaya 20 taun yg lalu

  8. Ciri kemunduran suatu bangsa justru elu-elu yang ngga menghargai karya anak bangsa.

    Suatu saat kendaraan listrik bakal jadi kebutuhan. Nantinya mesin bakar bakal di tinggalin kek platina yang diganti cdi, kek karburator yang sekarang sudah jadi minoritas diganti injektor.

    Tapi mbuh kapan ilangnya mesin bakar. Mbuk kita ngalamin apa ngga jaman itu…

    Bahas aja terus lek… motor listrik patut di bahas blogger papan atas. Peduli amat komentar-komentar orang ngga mutu kek gitu.

    • Ya emang mundur terus bro.. dari bikin pesawat desain sendiri siap jual.. Mundur jadi bikin emblem mobil, sekarang turun lagi derazatnya cuma bikin emblem motor..

  9. Kasian ya Viar Q1, padahal sama2 kerjasama dengan anak negeri, yang dibahas Gesits terus. Udah ah nanti dikatain gak menghargai karya anak negeri ?

  10. intinya pengisian daya listrik harus sudah siap juga di berbagai penjuru.. kecepatan pengisian pun harus cepat.. masa iya kita harus bawa2 batrei atau nylonong cari colokan listrik… pokonya harus lebih efektif dan lebih efisien dari bbm.. satu lagi tugas PLN nih klo motor jadi beredar.. jangan sering padam..

  11. @john
    Wkwkwk.. ngakak liat komen orang $$$$$ busanya cuma ngehujat cari bahan celaan. Orang $$$$$ aja yg gak bangga punya motor dan mobil nasional. Inget ya bentar lg tuh jadu kenyataan bukan ghaib2. Situ aja yg $$$$$ dia pikir bikin mobil motor segampang dia nyela kali.. dasar manusia gak waras. Cabut aja lo dari NKRI kalo kerjalo cuma menghujat pemerintah. Mau nebar hoax lagi ?? Rakyat dah cerdas bung.. para kampret dah insyaf dgn ketololannya.. tobat makanya, dikasih nasi bungkus aje koar2 gak mutu.. cuihh

    • silahkan dibeli motornya bro, karena direncanakan masspro 2017, harusnya sudah ada kan sekarang?
      itulah kenapa banyak dihujat. saya kurang tahu apakah PR (public relation) gesit atau media yang memblow up, tapi seandainya gesit tidak menjanjikan kapan bisa dijual, mungkin respon masyarakat beda. bukan masalah karya anak bangsanya, tapi politiknya. sama juga smk, diblow terus demi sesuatu. tapi barangnya juga masih ghoib. seandainya tidak dimanfaatkan buat sesuatu, saya yakin banyak yang mengapresiasi. apalagi sekarang tahun politik. segala sesuatu yang berhubungan dengan politik pasti diserang lawan politik,

  12. pabrikan manapun gampang kalo buat motor listrik, la wong cuma bikin baterai dan dinamo
    tapi ga semuanya bisa bikin motor yang nyaman,sasis yang nyaman, dan keahlian menciptakan kendaraan yang nyaman dan aman hanya dimiliki oleh pabrikan besar

  13. pabrikan manapun gampang kalo buat motor listrik, la wong cuma bikin baterai dan dinamo
    tapi ga semuanya bisa bikin motor yang nyaman,sasis yang nyaman, dan keahlian menciptakan kendaraan yang nyaman dan aman hanya dimiliki oleh pabrikan besar

  14. motor listrik 15 jutaan mengharapkan topspeed 110 km/jam, daya jelajah 85-100 km,
    itu viar sj harga setara sport 250 cc, topspeed 70an, daya jelajah?
    silahkan bermimpi, eh, berpolitik,

  15. Segera dijual aja. Desain bisa lah diperbaiki. Hargai karya bangsa. Jgn bawa2 politik. Motor ya motor. Politik ya politik. Org $$$$$$ bawa2 politik disemua bidang.

    • bener bung….tapi jangan lupa strategi londo yang memperalat efbeha agar lama njajah disini…yaitu politik adu kambing….ngah ah ah ahhhhhhh

    • mau tidak mau pasti dihubungkan dengan politik. karena sudah bawa-bawa nama presiden.
      dan kalau dilihat dari ciri-cirinya sih memang isu politik:
      – ekspos media terlalu berlebihan.
      – cuma prototipe doang, realisasinya mundur terus.
      – punya ‘hubungan’ dengan rezim penguasa.
      – petinggi perusahaannya baperan & anti kritik, kalau dikritik langsung pundung & nuduh para pengkritik ini itu lah.
      – dst.

      mirip lah kasusnya sama mobil Foday yg kemarin

  16. Kalo sudah di produksi, 1 tahun sekali ganti model, biar buat kompetisi para jawara design indonesia…. Siapa yang selalu diterima masyarakat itu yang harus dipertahankan…..

  17. bang $$$, itu selama perjalanan kn 12 ganti battery, itu mksdnya batteryny emang perlu diganti jarak km tertentu, atw krn c owner males nge charge??

    • Kita ga bisa lepas dari politik bro. Ncen ahsyuu sekali tuh politik. Dunia yg penuh dgn para badj_ng_n. Karean menurut prof. Sahetapy politikus adalah badj_ng_n.

    • ciri-cirinya sih isu politik.
      – ekspos media terlalu berlebihan.
      – cuma prototipe doang, realisasinya mundur terus.
      – punya ‘hubungan’ dengan pemerintah.
      – petinggi perusahaannya baperan, kalau dikritik langsung pundung & nuduh para pengkritik ini itu lah.
      – dst.

      mirip lah kasusnya sama mobil Foday KW yg kemarin.

  18. intinya pengisian daya listrik harus sudah siap juga di berbagai penjuru.. kecepatan pengisian pun harus cepat.. masa iya kita harus bawa2 batrei atau nylonong cari colokan listrik… pokonya harus lebih efektif dan lebih efisien dari bbm.. satu lagi tugas PLN nih klo motor jadi beredar.. jangan sering padam..

  19. @john
    Wkwkwk.. ngakak liat komen orang $$$$$ busanya cuma ngehujat cari bahan celaan. Orang $$$$$ aja yg gak bangga punya motor dan mobil nasional. Inget ya bentar lg tuh jadu kenyataan bukan ghaib2. Situ aja yg $$$$$ dia pikir bikin mobil motor segampang dia nyela kali.. dasar manusia gak waras. Cabut aja lo dari NKRI kalo kerjalo cuma menghujat pemerintah. Mau nebar hoax lagi ?? Rakyat dah cerdas bung.. para kampret dah insyaf dgn ketololannya.. tobat makanya, dikasih nasi bungkus aje koar2 gak mutu.. cuihh

    • silahkan dibeli motornya bro, karena direncanakan masspro 2017, harusnya sudah ada kan sekarang?
      itulah kenapa banyak dihujat. saya kurang tahu apakah PR (public relation) gesit atau media yang memblow up, tapi seandainya gesit tidak menjanjikan kapan bisa dijual, mungkin respon masyarakat beda. bukan masalah karya anak bangsanya, tapi politiknya. sama juga smk, diblow terus demi sesuatu. tapi barangnya juga masih ghoib. seandainya tidak dimanfaatkan buat sesuatu, saya yakin banyak yang mengapresiasi. apalagi sekarang tahun politik. segala sesuatu yang berhubungan dengan politik pasti diserang lawan politik,

    • Motor ga pake piston n silinder. Najis buat dibahas para bikers…. Palagi blohher otorodadua kondang papan atas Indonesia. Cuihhhhhh…….. Najis pake bingitz……

    • proyek mobil listrik sudah sukses dikriminalisasi.
      alasannya gegara itu proyek rezim pemerintah yg sebelumnya.
      dan seperti kita semua sudah tahu kalau salah satu target dari rezim pemerintah sekarang ini adalah mendiskreditkan rezim pemerintah sebelumnya semaksimal mungkin.

  20. Kebanyakan cm bisa jalan di berita aja, terlalu bangga tuh si bos gesit cm bs ngisi kolom media tanpa ada unit d jalan,wakakak….diminati sih diminati tp kl kelamaan konsumen juga kabur om
    Dah ga musim jaman skrg cuma ngiklan ngasi harapan, gaya gini nih gaya 20 taun yg lalu

  21. Berat 120 kg, untuk ukuran scooter apa gak keberatan ya ? Aerox yg gambot aja gak seberat itu, nanti takut nya jadi segmented (gak semua bisa make), tau sendiri kan orang pas beli scooter model gitu buat fungsionalitas terutama bikers cewek

  22. Ciri kemunduran suatu bangsa justru elu-elu yang ngga menghargai karya anak bangsa.

    Suatu saat kendaraan listrik bakal jadi kebutuhan. Nantinya mesin bakar bakal di tinggalin kek platina yang diganti cdi, kek karburator yang sekarang sudah jadi minoritas diganti injektor.

    Tapi mbuh kapan ilangnya mesin bakar. Mbuk kita ngalamin apa ngga jaman itu…

    Bahas aja terus lek… motor listrik patut di bahas blogger papan atas. Peduli amat komentar-komentar orang ngga mutu kek gitu.

    • Ya emang mundur terus bro.. dari bikin pesawat desain sendiri siap jual.. Mundur jadi bikin emblem mobil, sekarang turun lagi derazatnya cuma bikin emblem motor..

  23. motor listrik 15 jutaan mengharapkan topspeed 110 km/jam, daya jelajah 85-100 km,
    itu viar sj harga setara sport 250 cc, topspeed 70an, daya jelajah?
    silahkan bermimpi, eh, berpolitik,

    • dan klaim mereka, battery 6kWh / 6000Wh mereka bisa di charge sampai full cuma dalam waktu 1.5 jam.
      sangat2 hebat sekali. perusahaan kelas berat semacan Sony, Samsung dan Apple saja tidak bisa melakukan itu.
      battery HP yg ukurannya cuma 3000mah (sekitar 30~40Wh) saja masih butuh lebih dari 1 jam untuk charge dari kosong sampai full, itu juga sudah pakai fast charger.
      dan dengan kondisi itu beberapa kali ada kasus HP meleduk gara-gara battery.

      nah ini gak bisa ngebayangin safety dari battery 6kWh yg.bisa di charge full dalam waktu 1.5 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here