iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….pengalaman adalah hal yang luar biasa. Berkat dari pengalamanlah kita akan tahu seperti apa sih fakta sesungguhnya setelah kita merasakan sendiri. Seperti yang IWB alami saat ngisi bensin di negeri jiran Malaysia disela Turing Honda Asia Journey 2018. Sebelum menuju Cameron Highland sebuah dataran tinggi yang memiliki kebon strawbery dan teh, IWB dan rombongan melipir disalah sau SPBU Malaysia untuk memastikan bensin kendaraan selalu terisi penuh. Dan disinilah IWB terkejut. Lhooo nyapoooo ??

Rombongan berjumlah sekitar 28 motor tentu lumayan membuat SPBU jadi begitu ramai. IWB yang nunggang CB500X sempat ngantri didepan teman-teman lain yang sudah selesai mengisi bensin. Dari jauh terlihat sibapak menggunakan kaos hijau dengan celemek pelindung warna hijau terang nampak sibuk terus menjalankan tugasnya. Di SPBU Malaysia memang ada dua model cak. Ada yang mengaplikasi self servis….dimana sampeyan kudu mengisi sendiri dengan terlebih dahulu membeli via kasir didalam area mini market SPBU. Dan satunya dilayani petugas…nahh ini seperti yang IWB sedang lakukan sekarang….

Akhirnya tiba giliran IWB yang segera memajukan motor didepan dispenser. Disana petugas SPBU dengan senyum mengembang langsung membuka perbincangan menanyakan tujuan IWB. Disinilah perbedaan signifikan dibanding tanah air. Lha piye cak…sosoknya yang biasa banget jadi berubah saat membuka omongan karena doi langsung menggunakan bahasa Inggris fasih. Wihhhh. ” Mau kemana ? ” serunya. ” Ke Cameron highland. Jauh nggak, berapa kilometer dari sini? ” jawab IWB sambil tanya balik….

iklan iwb
iklan iwb

” Kira-kira kurang dari 200 km. Kalau aku mungkin butuh dua jam tapi kamu paling hanya 1,5 jam. Jaga badanmu…” seru doi sambil tersenyum. Keramahan yang tulus dan satu poin yang membuat IWB terkejut, ketika doi menarik nozzle tangannya langsung nadahin untuk mencegah ceceran bensin kena tanki motor. Uikkkkkk….keren neh. IWB nggak nyangka doi akan melakukan itu. Lha piye cak, pengalaman di tanah air, IWB malah pernah kecipratan kena celana saking cueknya petugas. Asyemm tenan….

IWB nggak tahu apakah ini adalah standart operational di Malaysia atau hanya inisiatif sibapak, ora paham. Pokoke keren cak…pelayanannya juozz gandozzz. Yang membuat IWB terkejut kedua kalinya adalah harga. Yup….ternyata harga bensin oktan 95 juga miring tenan RM 2,2/liter. So…jika dikonversi kerupiah maka jatuhnya adalah Rp. 7,600. Ohhh noooooo….iki setara Pertamaxplus lho rekkkk. Jebule cuma Rp. 7,600/liter. Bandingkan dengan oktan 92 ditanah air yang sudah diatas 10 rupiah/liter. Gile juga kiee Malaysia….

Last….fakta diatas menjadi bukti bahwa kita memang harus mengejar ketertinggalan dengan negeri tetangga. Iri jelas namun jadikan iri justru untuk memacu kita supaya makin maju. Mungkin murahnya BBM Malaysia karena mereka berdikari sendiri tanpa perlu import BBM keluar negeri. Sedang kita, permintaan lebih besar dari hasil tambang sehingga untuk memenuhi kebutuhan nasional harus import BBM. Inilah yang membuat banderol terkerek naik. Apapun itu, dari sisi ini plus pelayanan petugas yang begitu perduli terhadap motor kita dengan mencegah tetesan BBM ke tanki menggunakan tangan adalah tindakan luar biasa. Keren pakcikkkkkk :mrgreen: ….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

199 COMMENTS

    • Klo kata cebong yg nhiri harga minyak negri jiran katanya suruh pindahbkesana aja …. prrtamini selama ini jual minyak harga mahal padahal nyrdot banyak ditanah sendiri tp masih aja jual mahal.ma rakyat sendiri ..udah gitu ngakunya rugi. … diperparah lagi sukanya import ..biar ada cipratan ke kantong pribadi

    • Kebutuhan lebih banyak dari produksi sendiri sudah dibahas kang wawan
      Jadi kalau biker milih calin persiden sing koar2 gak akan impor apapun termasuk bbm opo motormu arep kok sorong????

    • Harga murah.. ngimpi
      1. Minyak Mentah Bumi Indonesia dijual ke Pertamina dengan Harga ICP.. harusnya bahan baku dari pemerintah Rp0 Nihil, jadi yg dibebankan ke rakyat cuma biaya olah n kirim aja..
      2. gg ada beban kewajiban jual BBM solar premium dengan harga sama ke daerah pelosok dan pulau terpencil terluar (biaya ongkir tidak diganti pemerintah, dibebankan ke produk nonsubsidi pertamax n dex).

    • Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke bung ?
      Kalau bisa pertamax mah 15000 per L biar premium 1 harga diseluruh Pelosok Indonesia ?

    • Malay gedenya seberapa sih ? bandingkan dg Indonesia yang begitu besar..jangan di samakan ?
      Makanya bayar Pajak ?
      Maunya yang ‘ murahan ‘ dan ngelez bayar pajax ?

    • Harga premium sama sabang sampae merauke tl sekarang yg jual premium dari satu kabupaten cuma 1-2 biji doang.. itu aja udah antri sama OKB naik mobil tp ngisinya premium

    • Parabeha pada ngibul, masa motor honbul irit bensin, jaiakakakakakaka pada tutup mata.. Parabeha beli bensin d eceran mintanya setengah botol, sisanya di kredit kali ya… Bung iwb, kok lihat motor2nya ga sedap dipandang ya, khas honbul..? Trus desainnya acak2an, kayanya yg penting lancip2, bulat2, tapi wagu dan kaku, tp parabeha mbeat mbeot..

    • Orang sableng beli bensin pengennya mahal.
      Padahal malaysia pendapatan per kapitanya lebih gede dari indonesia, tapi bensin justru bisa lebih irit.
      Cebong sok kaya

    • Bayar pajak?
      Tiap barang yg gua beli tu ada pajaknya!!
      Motor, indomie, baju, ciki, semua dipajakin.
      Masih bilang orang pada kaga bayar pajak?…kepinteran elu nya.
      Pajak makin gila, udah gitu subsidi sedikit2 diilangin.
      Cebong, idup susah tapi belaga kaya

    • Masi ada bandingin negara kecil atau gede ckckcck..

      Ni bahasa awam nya negara kecil kue nya juga kecil di bagi” sama 1 negara.. Negara besar kue nya besar di bagi” 1 negara.. Tapi kenapa maju malaysia… Yg negara kecil… Sampai kita ngirik Buruh kasar mencari hidup sampai ke sana… Ada gak pembantu di indo org malaysia?
      Krn Melayu yg mimpin gitu.. Maju jadinya..
      Saya bangga Melayu sumatera.. Saudara kandung Malaya
      Kami kaya sampai pesawat pertama dan emas monas dari bumi sumatera..

    • Kalo motor Honda tumpah ada saluran khusus bwt kebawah …kalo Yamaha tumpah tangkinya plastik lngsng meletot kena bensin

    • Di indo udah pertamax harga e mahal. meteran e ga jujur lagi.
      Dorong supra kerna kehabisan sehabis2nya bensin pas isi full tank jadi 4.6liter. Padahal standar tangki supra 3.8 liter.
      Buat sedulur n rekan2. Kalo isi di pom bensin. Ga usah pae yg mahal2. Bikin sakit hati ma meterannya. Biar ga kecewa banget mendingan isi premium aja
      Kecuali di pom yg udah internatioal.
      Buat pemilik pom bensin hati2 aja. Ga berkah. Ntar di akhirat brapa bayak orang yg anda tipu. Harus anda pertanggung jawabkan
      Yg nipu bensin paling mqti nya juga ga jauh2 dari bensin..hehe

  1. disini malah terkadang yg njancuki itu justru konsumennya, sering liat org ngisi bensin ga mau matiin mesin motor/mobil, kadang jg sambil telpun, tp mestinya petugas jg berhak negur sihh

  2. saya ngisi bensin di Pertamina 99% tumpah entah setengah sendok, setetes, jarang sekali ngisi tanpa bensin tumpah kena samping lubang tangki. bahkan kalau motor pasti saya siapkan lap/tisu di dekatnya. sudah tabiat. saya juga pernah negur petugas karena mendahulukan orang yang tidak antri, malah petugasnya nyolot macam preman,

  3. Haiyyaaa jd ingat owe waktu ninja h2 isi premium di japan
    Petugas : anata wa kurutta otoko ?
    Owe : yutakana hitobito !!!

    SuamploXxx nozzle

  4. Gak usah heboh lek.. indonesia masih termurah ke 3. di asean. pertama emang malaysia krna petronas kan lebih besar dan sponsor di banyak event. wajar

    Mengutip data Global Petrol Prices terbaru, per 25 Juni 2018, harga BBM di Indonesia termurah ke-3 di ASEAN. Secara rata-rata harga BBM Indonesia tercatat sebesar USD 0,67 atau setara Rp 9.639 per liter (Rp 14.386 per USD).

    Posisi teratas untuk harga BBM termurah ditempati oleh Malaysia dengan nilai USD 0,55 atau setara Rp 7.913 per liter. Di tempat kedua ditempati oleh Myanmar dengan harga USD 0,62 atau Rp 8.920 per liter.

    Di bawah Indonesia, atau posisi keempat, ditempati Vietnam dengan harga USD 0,94 atau Rp 13.525 per liter. Dilanjutkan dengan Filipina USD 1,05 atau Rp 15.105 per liter.

    Posisi keenam ditempati Kamboja dengan harga USD 1,06 atau Rp 15.254 per liter. Posisi ketujuh ialah Thailand dengan harga USD 1,11 atau Rp 15.967 per liter.

    Posisi kedelapan ialah Brunei dengan harga USD 1,16 atau Rp 16.686 per liter. Posisi kesembilan ialah Laos dengan harga USD 1,25 atau Rp 17.981 per liter.

    Terakhir atau negara ASEAN dengan harga BBM termahal ialah Singapura dengan nilai USD 1,61 atau setara Rp 23.160 per liter.

    ga usah komplen presidennya jelek atau apa, Petronas sama Pertamina beda sumber dan beda jalan. ga usah protes berlebih ktia masih termurah ke 3.

    • Gak boleh pukul rata bgt juga cara menilainya, karena menjadi bias dan tidak obyektif. Cara yang lebih tepat mengukur mahal murahnya bbm adalah berdasarkan persentasi harga bbm terhadap pendapatan percapita.

      contoh:
      Pendapatan perkapita singapura 60.000 us dollar sekitar rp 900 juta pertahun atau rp 75 juta perbulan

      Pendapatan perkapita indonesia 4.000 us dollar pertahun atau rp 60 juta pertahun atau 5 juta perbulan.

      dengan asumsi rataan orang singapura mengkonsumsi 5 liter bensin seharga rp 23 rebu per liter maka perhari rp 115 ribu atau rp 3.45 juta perbulan. Diperoleh persentase bbm thd income adalah (3.45/75) x 100 % = 4.6 persen

      dengan asumsi rataan orang di indonesia mengkonsumsi 5 liter pertalite perhari seharga rp 7 rebu maka perhari rp 35 rebu atau rp 1.05 juta perbulan. Diperoleh persentase bbm thd income adalah (1.05/5) x 100 % = 21 persen

      Kesimpulan: dengan menggunakan standar singapura, harga bbm di indonesia = 21/4.6 = 4.5 kali lipat lebih mahal daripada di singapura.

      Untuk perhitungan lbh detail, harus dilibatkan parameter pajak, indeks nilai tukar pekerja, indeks daya beli, indeks harga komoditi dll.

  5. pendidikan + sopan santun ya jadinya begitu deh..Malaysia salah satu negara dengan tingkat pendidikan dan literasi terbaik di asia tenggara, jangan ditanya konusmsi protein dan gizinya salah satu yang terbaik…di sini?hehehe yg naik impor dan harga melulu, kemiskinan aja bisa turun karena angka batasnya diturunin…

  6. Memang iya lekk…ning malay nek tuku bensin lgsung meng casier mbayar rep tuku piro liter baru casier aweh tiket ene nomer loket dispenser pengisian tempate ..baru awadewe menuju lokete iku trus ngisi dewe sesuai pesenan mau piro litere…yo ene juga lgsung petugase dewe tapi rata rata ya kebanyakan ning malay lgsung meng casier tuku jumlah literan e tembe di nei carcise baru ngisi bensin ning nozlee mesin tinggal pencet sesuai pesanan .

  7. Biarpun lebih murah tetap aja rakyat sana ngamuk2 kalo bbm naik, padahal masih jauh lebih murah daripada disini. Gak ada bedanya

    • Gak beda gimana sekarang mana ada disini yg ngamuk2 bbm naik terakhir tuh sioneng yg nangis2 bbm naik 500 perak lah sekarang premium malah mulai hilang dari pom bensin nguik nguik nguik

      Yg sering demo dulu sekarang perutnya udah kenyang makanya tidur pulas

      Rakyat asli yg jerit2 ditekan biar gak teriak2.. klo ada yg teriak langsung amankan

    • Nah….!! Sependapat…!!! Inggris meskipun menjajah, mereka mau mendidik dan membuat pintar orang2 dinegeri jajahannya. Contoh, Malaysia, Brunei Darussalam, Hongkong, Afrika Selatan (terlepas dari isu rasialisme). Beda dengan Belanda. Belanda kalau menjajah hanya mau membajak hasil buminya. Mereka tak mempedulikan kesejahteraan dan pendidikan masyarakat jajahannya. Belanda malah menanamkan kesenjangan serta politik adu domba. Coba lihat nasib negara2 bekas jajahan Belanda. Suriname contohnya.

    • Itu pendapat dipermukaan saja, Indonesia itu sangat majemuk..kita bisa bersatu ,itu adalah suatu hal yg luar biasa ?
      One heart ?

  8. Lha pie indonesia kok luwih larang jare minyak dunia regane munggah lha iki kok tetep luwih murah, opo disubsidi ya lek

  9. Harga Minyak Hari ini 61 USD/ Barel

    1 USD = 15.000 IDR

    Jadi 1 Barel = 915 IDR

    1 Barel = 159Liter

    jadi harga internasional = 915 : 159 = Rp 5.754/liter

    Subsidi darimana?

    • Itu kan minyak mentah. Diubah jadi bbm masih perlu penyulingan dan distribusi.

      Lagian harga 61 usd juga kemahalan kok. 10 usd dah cukup utk biaya produksi. Tp nanti para produsen minyak gak bisa hidup mewah.

    • Harga minyak mentah, ya bro? Buset….!!! Harga Pertamax Rp. 10.800/liter. Buat yang pakar masalah perminyakan, apa memang segitu nilai pengolahan minyak mentah menjadi Pertamax. Selisihnya sekitar 70 hingga 80 persen?

    • Itu harga minyak mentah/crude oil bosque, belum diolah/didestilasi di oil refinery. Minyak mentah jg macem2 beda harga tergantung asalnya, laut utara, atlantik, timurtengah dsb.

    • Klo lu hitung harga minyak mentahnya mengikuti harga dunia dan USD (mata uang amerika) per barelnya, kelihatannya emang murah harga BBM disini. Tp klo lu hitung harga minyak bukan pakai USD (dalam arti mengolah sendiri dari hulu smp hilir) jelas terlihat harga BBM disini sangat gila dan ga masuk akal. klo kita mau mengolah sendiri pasti harga BBM bisa murah. knp ane bisa klo mau? karena indonesia pasti bisa mengolah sendiri, tinggal ada kemauan atau engga dari elit2 petinggi negara. koment ane jgn di politisasi ya, salam damai

    • Oh jadi si eiscel gembel ternyata wkwkw…kasta bawah dia…pendidikan rendah…kismin item bau…di kantornya juga pegawai rendahan….cuma trima gaji receh……gembel kampret ngeluh terus kenapa dari lahir jadi gembel

    • Beh gw lihat di spbu banyak tukang ojek sama entong2 item bau kismin juga isi pertamax…gaya2an cuma motor murah ngah ngah ngah…tapi mang bener sih ..ga tau kenapa kalo di perhatikan itu kampret kasta low sumbu pendek…pengusahanya pun juga low di banding pengusaha lain…apalagi si kuli eiscel golongan 1 kebawah ngah ngah ngah

  10. Jangan ngomongin harga kang Iwan. Udah tahu Indonesia banyak hutang. Wajar jadi mahal. Buat bayar hutang intinya. Masalah sopan santun emang jauh sekarang anak jaman sekarang atau now di banding anak jaman old alias dulu. Tata Krama anak jaman sekarang udah luntur karena udah terkontaminasi barat walaupun pun kita di bilang orang timur. Lihat saja anak sekarang kalo lewat di depan orang tua jalan nya pecicilan atau mungkin cuek bedakan jaman dulu. Kalo lewat depan orang tua pasti nunduk sambil mengucapkan permisi. Kalo ga percaya lagi lihat saja kolom komentar kang Iwan. Pasti banyak anak jaman now yang komentar pake bahasa terminal/pasar bahkan sampai kebun binatang keluar semua.

    • Setujuuu banget …anak jaman now ada orang tua duduk2 dianya lewat pura2 ataupun seolah2 dia tidak melihat orang tua lg pada duduk disitu

  11. Harga bensin di indonesia klo mau harga jujur ya .. Sesuai yg kwik kian gie katakan

    Itung2annya tau dia .. Dibuka ke publik wew bisa heboh

    Klo udah untung banyak dan bisa di bagi2 dan dipertahankan knp harus jujur – oknum

  12. semakin banyak kita ke luar negeri, akan semakin tau bahwa indonesia sudah sangat ketinggalan
    terutama di SDM nya, ga ada tuh yg namanya pungli dan sesuatu yg sifatnya sembarangan.

  13. Kita bisa sebenarnya kalo mau harga segitu, wong dari dulu sudah menyuling minyak bumi jadi bensin di cilacap, tapi kan negara kita ini penuh rekayasa dari dulu…
    Kuik kian gie pernah memberi masukan dijan SBY bagaimana cara menurunkan harga premium menjadi rp3000/liter, tapi gak pernah didengar sampai sekarang ganti rezim pun, kalo didengar dan diaplikasikan maka mafia impor hilang ladang uangnya, padahal dari dulu sampai sekarang yang namanya mafia2 itu menjadi salah satu penyandang dana kampanye terbesar para capres, makanya dari dulu sampai sekarang ya cuma gini2 saja gak ada perbaikan

  14. Kalau bensin beredar di sini, ora paham belinya dari mana… Dari Angola dan zimbabwe mungkin.. Ada biaya tangker dan pengawalan.. 😀

  15. kami cinta pakde, makanya tar pilih lagi, kan semakin mahal harga BBM, semakin kaya raya pejabat migas dan pemilik pertamina, rakyat kecil ga usah diurusin, biar urus sendiri..

  16. semua gara2 jokowi…mulut besar janji sana sini… pencitraan kanan kiri jadinya omong kosong…presiden otak gosong yan jokowi! silahkan cebong serang gue ??

  17. disini presiden ngomong nya merugi terus, padahal harga dah naik gk kira kira,,
    gk listrik, air, bbm semuanya merugi wkwkwk

  18. Karena sampeyan pakai moge cak …coba sampeyan isi bensin pakai motor matic/ Bebek..pasti yo biasa sj sikap nya..lah motir larang cak.
    Petugas SPBU nya juga mikir2..hehehhe..

  19. Gara gara negara banyak utang rakyat ditekan n diperas. Cebong mana ngerti otaknya dongok kuadrat dikasih fakta juga gak paham. ??

  20. Gak usah heboh lek.. indonesia masih termurah ke 3. di asean. pertama emang malaysia krna petronas kan lebih besar dan sponsor di banyak event. wajar

    Mengutip data Global Petrol Prices terbaru, per 25 Juni 2018, harga BBM di Indonesia termurah ke-3 di ASEAN. Secara rata-rata harga BBM Indonesia tercatat sebesar USD 0,67 atau setara Rp 9.639 per liter (Rp 14.386 per USD).

    Posisi teratas untuk harga BBM termurah ditempati oleh Malaysia dengan nilai USD 0,55 atau setara Rp 7.913 per liter. Di tempat kedua ditempati oleh Myanmar dengan harga USD 0,62 atau Rp 8.920 per liter.

    Di bawah Indonesia, atau posisi keempat, ditempati Vietnam dengan harga USD 0,94 atau Rp 13.525 per liter. Dilanjutkan dengan Filipina USD 1,05 atau Rp 15.105 per liter.

    Posisi keenam ditempati Kamboja dengan harga USD 1,06 atau Rp 15.254 per liter. Posisi ketujuh ialah Thailand dengan harga USD 1,11 atau Rp 15.967 per liter.

    Posisi kedelapan ialah Brunei dengan harga USD 1,16 atau Rp 16.686 per liter. Posisi kesembilan ialah Laos dengan harga USD 1,25 atau Rp 17.981 per liter.

    Terakhir atau negara ASEAN dengan harga BBM termahal ialah Singapura dengan nilai USD 1,61 atau setara Rp 23.160 per liter.

    ga usah komplen presidennya jelek atau apa, Petronas sama Pertamina beda sumber dan beda jalan. ga usah protes berlebih ktia masih termurah ke 3.

    • Gak boleh pukul rata bgt juga cara menilainya, karena menjadi bias dan tidak obyektif. Cara yang lebih tepat mengukur mahal murahnya bbm adalah berdasarkan persentasi harga bbm terhadap pendapatan percapita.

      contoh:
      Pendapatan perkapita singapura 60.000 us dollar sekitar rp 900 juta pertahun atau rp 75 juta perbulan

      Pendapatan perkapita indonesia 4.000 us dollar pertahun atau rp 60 juta pertahun atau 5 juta perbulan.

      dengan asumsi rataan orang singapura mengkonsumsi 5 liter bensin seharga rp 23 rebu per liter maka perhari rp 115 ribu atau rp 3.45 juta perbulan. Diperoleh persentase bbm thd income adalah (3.45/75) x 100 % = 4.6 persen

      dengan asumsi rataan orang di indonesia mengkonsumsi 5 liter pertalite perhari seharga rp 7 rebu maka perhari rp 35 rebu atau rp 1.05 juta perbulan. Diperoleh persentase bbm thd income adalah (1.05/5) x 100 % = 21 persen

      Kesimpulan: dengan menggunakan standar singapura, harga bbm di indonesia = 21/4.6 = 4.5 kali lipat lebih mahal daripada di singapura.

      Untuk perhitungan lbh detail, harus dilibatkan parameter pajak, indeks nilai tukar pekerja, indeks daya beli, indeks harga komoditi dll.

  21. Memang iya lekk…ning malay nek tuku bensin lgsung meng casier mbayar rep tuku piro liter baru casier aweh tiket ene nomer loket dispenser pengisian tempate ..baru awadewe menuju lokete iku trus ngisi dewe sesuai pesenan mau piro litere…yo ene juga lgsung petugase dewe tapi rata rata ya kebanyakan ning malay lgsung meng casier tuku jumlah literan e tembe di nei carcise baru ngisi bensin ning nozlee mesin tinggal pencet sesuai pesanan .

  22. disini presiden ngomong nya merugi terus, padahal harga dah naik gk kira kira,,
    gk listrik, air, bbm semuanya merugi wkwkwk

  23. Sekedar info kang…Keuntungan Pertamina itu setor ke negara buat support APBN…beda dg Petronas malaysia..keuntungannya buat ekspansi perusahaan …makanya harganya beda jauh..harga minyak dunia itu skrg hanya Rp 4500/lt..jadi hitung sendiri deh…untungnya pertamina

    • yang bener…????? jadi maksudnya meski Petronas BUMN…. dimodalinya pakai duit negara….. bisa sesukanya belanjain duitnya???? come on……. kita juga mesti fair….. bahwa pengelolaan keuangan negara kita selama ini, khususnya BUMN… memang lebih buruk dari mereka…. yang penting kita harus berubah!!! jangan pernah kehilangan sikap positif.

  24. Operator spbu minimal s1 toefl 600.oalah ktny indonesia trmsk murah se asean.trnyta ada yg lbh murah.mgkn krn hrg kendaraanny mahal bensinny jd murah

  25. Karena sampeyan pakai moge cak …coba sampeyan isi bensin pakai motor matic/ Bebek..pasti yo biasa sj sikap nya..lah motir larang cak.
    Petugas SPBU nya juga mikir2..hehehhe..

  26. Lha pie indonesia kok luwih larang jare minyak dunia regane munggah lha iki kok tetep luwih murah, opo disubsidi ya lek

  27. Harga Minyak Hari ini 61 USD/ Barel

    1 USD = 15.000 IDR

    Jadi 1 Barel = 915 IDR

    1 Barel = 159Liter

    jadi harga internasional = 915 : 159 = Rp 5.754/liter

    Subsidi darimana?

    • Harga minyak mentah, ya bro? Buset….!!! Harga Pertamax Rp. 10.800/liter. Buat yang pakar masalah perminyakan, apa memang segitu nilai pengolahan minyak mentah menjadi Pertamax. Selisihnya sekitar 70 hingga 80 persen?

    • Itu kan minyak mentah. Diubah jadi bbm masih perlu penyulingan dan distribusi.

      Lagian harga 61 usd juga kemahalan kok. 10 usd dah cukup utk biaya produksi. Tp nanti para produsen minyak gak bisa hidup mewah.

    • Oh jadi si eiscel gembel ternyata wkwkw…kasta bawah dia…pendidikan rendah…kismin item bau…di kantornya juga pegawai rendahan….cuma trima gaji receh……gembel kampret ngeluh terus kenapa dari lahir jadi gembel

    • Itu harga minyak mentah/crude oil bosque, belum diolah/didestilasi di oil refinery. Minyak mentah jg macem2 beda harga tergantung asalnya, laut utara, atlantik, timurtengah dsb.

    • Klo lu hitung harga minyak mentahnya mengikuti harga dunia dan USD (mata uang amerika) per barelnya, kelihatannya emang murah harga BBM disini. Tp klo lu hitung harga minyak bukan pakai USD (dalam arti mengolah sendiri dari hulu smp hilir) jelas terlihat harga BBM disini sangat gila dan ga masuk akal. klo kita mau mengolah sendiri pasti harga BBM bisa murah. knp ane bisa klo mau? karena indonesia pasti bisa mengolah sendiri, tinggal ada kemauan atau engga dari elit2 petinggi negara. koment ane jgn di politisasi ya, salam damai

    • Beh gw lihat di spbu banyak tukang ojek sama entong2 item bau kismin juga isi pertamax…gaya2an cuma motor murah ngah ngah ngah…tapi mang bener sih ..ga tau kenapa kalo di perhatikan itu kampret kasta low sumbu pendek…pengusahanya pun juga low di banding pengusaha lain…apalagi si kuli eiscel golongan 1 kebawah ngah ngah ngah

  28. Jangan ngomongin harga kang Iwan. Udah tahu Indonesia banyak hutang. Wajar jadi mahal. Buat bayar hutang intinya. Masalah sopan santun emang jauh sekarang anak jaman sekarang atau now di banding anak jaman old alias dulu. Tata Krama anak jaman sekarang udah luntur karena udah terkontaminasi barat walaupun pun kita di bilang orang timur. Lihat saja anak sekarang kalo lewat di depan orang tua jalan nya pecicilan atau mungkin cuek bedakan jaman dulu. Kalo lewat depan orang tua pasti nunduk sambil mengucapkan permisi. Kalo ga percaya lagi lihat saja kolom komentar kang Iwan. Pasti banyak anak jaman now yang komentar pake bahasa terminal/pasar bahkan sampai kebun binatang keluar semua.

    • Setujuuu banget …anak jaman now ada orang tua duduk2 dianya lewat pura2 ataupun seolah2 dia tidak melihat orang tua lg pada duduk disitu

  29. Harga bensin di indonesia klo mau harga jujur ya .. Sesuai yg kwik kian gie katakan

    Itung2annya tau dia .. Dibuka ke publik wew bisa heboh

    Klo udah untung banyak dan bisa di bagi2 dan dipertahankan knp harus jujur – oknum

    • Kebutuhan lebih banyak dari produksi sendiri sudah dibahas kang wawan
      Jadi kalau biker milih calin persiden sing koar2 gak akan impor apapun termasuk bbm opo motormu arep kok sorong????

    • Harga premium sama sabang sampae merauke tl sekarang yg jual premium dari satu kabupaten cuma 1-2 biji doang.. itu aja udah antri sama OKB naik mobil tp ngisinya premium

    • Bayar pajak?
      Tiap barang yg gua beli tu ada pajaknya!!
      Motor, indomie, baju, ciki, semua dipajakin.
      Masih bilang orang pada kaga bayar pajak?…kepinteran elu nya.
      Pajak makin gila, udah gitu subsidi sedikit2 diilangin.
      Cebong, idup susah tapi belaga kaya

    • Harga murah.. ngimpi
      1. Minyak Mentah Bumi Indonesia dijual ke Pertamina dengan Harga ICP.. harusnya bahan baku dari pemerintah Rp0 Nihil, jadi yg dibebankan ke rakyat cuma biaya olah n kirim aja..
      2. gg ada beban kewajiban jual BBM solar premium dengan harga sama ke daerah pelosok dan pulau terpencil terluar (biaya ongkir tidak diganti pemerintah, dibebankan ke produk nonsubsidi pertamax n dex).

    • Parabeha pada ngibul, masa motor honbul irit bensin, jaiakakakakakaka pada tutup mata.. Parabeha beli bensin d eceran mintanya setengah botol, sisanya di kredit kali ya… Bung iwb, kok lihat motor2nya ga sedap dipandang ya, khas honbul..? Trus desainnya acak2an, kayanya yg penting lancip2, bulat2, tapi wagu dan kaku, tp parabeha mbeat mbeot..

    • Masi ada bandingin negara kecil atau gede ckckcck..

      Ni bahasa awam nya negara kecil kue nya juga kecil di bagi” sama 1 negara.. Negara besar kue nya besar di bagi” 1 negara.. Tapi kenapa maju malaysia… Yg negara kecil… Sampai kita ngirik Buruh kasar mencari hidup sampai ke sana… Ada gak pembantu di indo org malaysia?
      Krn Melayu yg mimpin gitu.. Maju jadinya..
      Saya bangga Melayu sumatera.. Saudara kandung Malaya
      Kami kaya sampai pesawat pertama dan emas monas dari bumi sumatera..

    • Orang sableng beli bensin pengennya mahal.
      Padahal malaysia pendapatan per kapitanya lebih gede dari indonesia, tapi bensin justru bisa lebih irit.
      Cebong sok kaya

  30. disini malah terkadang yg njancuki itu justru konsumennya, sering liat org ngisi bensin ga mau matiin mesin motor/mobil, kadang jg sambil telpun, tp mestinya petugas jg berhak negur sihh

    • Kalo motor Honda tumpah ada saluran khusus bwt kebawah …kalo Yamaha tumpah tangkinya plastik lngsng meletot kena bensin

    • Di indo udah pertamax harga e mahal. meteran e ga jujur lagi.
      Dorong supra kerna kehabisan sehabis2nya bensin pas isi full tank jadi 4.6liter. Padahal standar tangki supra 3.8 liter.
      Buat sedulur n rekan2. Kalo isi di pom bensin. Ga usah pae yg mahal2. Bikin sakit hati ma meterannya. Biar ga kecewa banget mendingan isi premium aja
      Kecuali di pom yg udah internatioal.
      Buat pemilik pom bensin hati2 aja. Ga berkah. Ntar di akhirat brapa bayak orang yg anda tipu. Harus anda pertanggung jawabkan
      Yg nipu bensin paling mqti nya juga ga jauh2 dari bensin..hehe

  31. saya ngisi bensin di Pertamina 99% tumpah entah setengah sendok, setetes, jarang sekali ngisi tanpa bensin tumpah kena samping lubang tangki. bahkan kalau motor pasti saya siapkan lap/tisu di dekatnya. sudah tabiat. saya juga pernah negur petugas karena mendahulukan orang yang tidak antri, malah petugasnya nyolot macam preman,

  32. Haiyyaaa jd ingat owe waktu ninja h2 isi premium di japan
    Petugas : anata wa kurutta otoko ?
    Owe : yutakana hitobito !!!

    SuamploXxx nozzle

  33. pendidikan + sopan santun ya jadinya begitu deh..Malaysia salah satu negara dengan tingkat pendidikan dan literasi terbaik di asia tenggara, jangan ditanya konusmsi protein dan gizinya salah satu yang terbaik…di sini?hehehe yg naik impor dan harga melulu, kemiskinan aja bisa turun karena angka batasnya diturunin…

    • Nah….!! Sependapat…!!! Inggris meskipun menjajah, mereka mau mendidik dan membuat pintar orang2 dinegeri jajahannya. Contoh, Malaysia, Brunei Darussalam, Hongkong, Afrika Selatan (terlepas dari isu rasialisme). Beda dengan Belanda. Belanda kalau menjajah hanya mau membajak hasil buminya. Mereka tak mempedulikan kesejahteraan dan pendidikan masyarakat jajahannya. Belanda malah menanamkan kesenjangan serta politik adu domba. Coba lihat nasib negara2 bekas jajahan Belanda. Suriname contohnya.

  34. Biarpun lebih murah tetap aja rakyat sana ngamuk2 kalo bbm naik, padahal masih jauh lebih murah daripada disini. Gak ada bedanya

    • Gak beda gimana sekarang mana ada disini yg ngamuk2 bbm naik terakhir tuh sioneng yg nangis2 bbm naik 500 perak lah sekarang premium malah mulai hilang dari pom bensin nguik nguik nguik

      Yg sering demo dulu sekarang perutnya udah kenyang makanya tidur pulas

      Rakyat asli yg jerit2 ditekan biar gak teriak2.. klo ada yg teriak langsung amankan

  35. Kita bisa sebenarnya kalo mau harga segitu, wong dari dulu sudah menyuling minyak bumi jadi bensin di cilacap, tapi kan negara kita ini penuh rekayasa dari dulu…
    Kuik kian gie pernah memberi masukan dijan SBY bagaimana cara menurunkan harga premium menjadi rp3000/liter, tapi gak pernah didengar sampai sekarang ganti rezim pun, kalo didengar dan diaplikasikan maka mafia impor hilang ladang uangnya, padahal dari dulu sampai sekarang yang namanya mafia2 itu menjadi salah satu penyandang dana kampanye terbesar para capres, makanya dari dulu sampai sekarang ya cuma gini2 saja gak ada perbaikan

  36. Sekedar info kang…Keuntungan Pertamina itu setor ke negara buat support APBN…beda dg Petronas malaysia..keuntungannya buat ekspansi perusahaan …makanya harganya beda jauh..harga minyak dunia itu skrg hanya Rp 4500/lt..jadi hitung sendiri deh…untungnya pertamina

    • yang bener…????? jadi maksudnya meski Petronas BUMN…. dimodalinya pakai duit negara….. bisa sesukanya belanjain duitnya???? come on……. kita juga mesti fair….. bahwa pengelolaan keuangan negara kita selama ini, khususnya BUMN… memang lebih buruk dari mereka…. yang penting kita harus berubah!!! jangan pernah kehilangan sikap positif.

  37. Kalau bensin beredar di sini, ora paham belinya dari mana… Dari Angola dan zimbabwe mungkin.. Ada biaya tangker dan pengawalan.. 😀

  38. Operator spbu minimal s1 toefl 600.oalah ktny indonesia trmsk murah se asean.trnyta ada yg lbh murah.mgkn krn hrg kendaraanny mahal bensinny jd murah

  39. semakin banyak kita ke luar negeri, akan semakin tau bahwa indonesia sudah sangat ketinggalan
    terutama di SDM nya, ga ada tuh yg namanya pungli dan sesuatu yg sifatnya sembarangan.

  40. kami cinta pakde, makanya tar pilih lagi, kan semakin mahal harga BBM, semakin kaya raya pejabat migas dan pemilik pertamina, rakyat kecil ga usah diurusin, biar urus sendiri..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here