Iwanbanaran.com – Moncrotttt cakkk….bener-bener mumet ketika IWB mendengar kabar bahwa Sentul Circuit terancam akan dicoret dari kalender Asia Road Racing Championship (ARRC) mulai tahun depan. Hal ini karena menurut komisi safety, Sentul berbahaya dan kurang memenuhi kualifikasi jika digunakan untuk balap Superbike ARRC. Waduhhh….

Seperti yang sampeyan tahu, Sentul sudah menjadi langganan Asia Road Racing Championship (ARRC) selama 15 tahun. Catet cak….15 tahun, waktu yang nggak singkat. Namun karena semakin lama kondisi semakin mengkuatirkan khususnya kondisi aspal yang bumpy, para rider mengungkapkan hal itu dimedia terbuka. Contohnya pembalap Malaysia Zulfahmi Khairuddin…

Rider Malaysia yang berlaga dikelas SS600 dengan Kawasaki di ARRC sampai melemparkan guyonan via IG….” Treknya edian bener, Seharusnya aku nunggang KX450 (trail) bukan ZX6R..” serunya. Zulfahmi Khairuddin mengungkapkan rasa terkejutnya saat turun disirkuit Sentul. Sebagai pembalap yang membela tim Kawasaki Malaysia dan baru pertama kali nyicipin sirkuit tanah air, doi langsung shock cak….

Mlongo, dlongop menjadi satu karena kondisi aspal yang sangat bumpy. Aspal yang banyak rontok sepertinya membuat doi ciut nyali. Zulfahmi Khairuddin sendiri terseok-seok karena diluar alasan skill, doi perlu mengumpulkan keberanian untuk ngepush maksimal disirkuit yang menurutnya cocok dilibas menggunakan motor trail….

” This is my first time riding at Sentul Circuit. The track is so crazy I think I should ride a KX450 instead of ZX6R (Aku baru pertama membalap disirkuit Sentul. Sirkuit ini bener-bener gila. Aku seharusnya membalap menggunakan KX450 (motor trail) bukan ZX6R..” serunya langsung direspon tawa para follower Indonesia. ” Welcome the real difficult race track in the world bro…Never give up ” seru pembalap Kawasaki Manual Tech Ahmad Yudhistira….

IWB nggak terkejut Zulfahmi Khairuddin bakal shock. Kenapa ? sebab Sentul memang jauhhh kalau dibandingkan Malaysia. Sebagai Blogger yang pernah jajal keduanya, Sentul bak langit dan bumi dibandingkan Sepang. Zulfahmi Khairuddin yang dibesarkan dan digembleng disana pasti kaget cak lihat aspal Sentul. Sentul butuh keberanian dan setingan suspensi khusus….

Karakter yang bumpy namun juga belokan tajam menuntut setingan yang cenderung keras. Masalahnya ketika terlalu keras, vibrasi akan cukup terasa pada motor. Makanya kudu balance cak.Terbukti pada race pertama ini Zulfahmi Khairuddin hanya mampu finish ke 13. Mumet tenan wisss. Mungkin karena alasan itulah pihak direktur Two Wheel Motor Racing, promotor balapan Asia yang bertemu di MotoGP Malaysia, Sabtu lalu (3/11/2018) sedang mengkaji untuk mencoret Sentul dari kalender ARRC 2019 jika tidak ada perubahan…

“Ini menyangkut safety. Banyak pembalap memberikan masukan kepada saya untuk tahun depan. Tahun depan 600cc akan digantikan 1000cc. Nah….untuk 1.000 cc superbike pasti lebih besar tenaganya dan lebih kencang. Sirkuit Sentul enggak memenuhi syarat dijadikan sirkuit untuk 1.000 cc. Kecil peluangnya sirkuit Sentul akan kami pilih untuk balapan Asia kalau masih seperti sekarang ini kondisinya. Semua ini demi safety...” tutup Ron via M+. Sebuah kabar yang jelas kurang menyenangkan cak…

Last…kita berharap dengan konfirmasi diatas, maka Sentul akan berbenah untuk melakukan pengaspalan ulang. Sebab saat ini pengelola belum banyak melakukan pembenahan memadai untuk meningkatkan kualitas Aspal. Semoga saja tidak terjadi cak…semoga ARRC tetap di Sentul tahun depan. Oalahh kalau beneran ora seru soalnya para rider merah putih biasa jago-jago kalau main dikandang sendiri, iyo ora pakde…(iwb)

Advertisements