Iwanbanaran.com – Pakdeeee….ternyata Suzuki nggak mau kalah di ajang IMOS 2018. Mereka kabarnya juga akan bergabung diajang Indonesia Motorcycles Show 2018 yang akan dilangsungkan di JCC. Selain bergabung….isunya PT SIS sudah menyiapkan produk kejutan buat sampeyan semua. Yup…kejutan Varian terbaru sport fairing GSX-R150. Lhooo opo manehhhh ikiiii ? eittt tenang cak…alon-alon tiwas keselek nanti. Minum dulu dan yukkkkk….kita lanjuttttt….

PT SIS memang beda dibandingkan dulu. Kendati masih belum maksimal usaha mereka luar biasa berbeda khususnya dari sisi strategi marketing. Agresif cak sekarang…..mereka antusias dan terus bergerak. Setelah NEX II yang lumayan mendapatkan sambutan sangat baik karena skutiknya emang enak dan cakep plus terjangkau…kemudian Bandit 150. Yah…mungkin untuk Bandit 150 belum maksimal tapi untuk sport fairing mereka yakni GSX-R150 termasuk konsisten penjualannya. Maklum pakdeeee….the fastest bike 150cc sport fairing. Sopo nggak keranjingan dengan putaran atas DOHC Overborenya….

Nahhh….untuk GSX-R150 sampeyan pasti tahu Suzuki sudah menawarkan dua varian berbeda. Yang pertama adalah versi shutter key dan yang kedua keyless. Untuk shutter key menggunakan kunci manual namun dengan penutup magnet. Wisss kayak umumnya kunci yang dipakai motor sekarang cak. Dan yang kedua keyless…fitur ini ampuh membuat maling klepek-klepek sebab sampai sekarang belum ada ceritanya keyless dibobol. Keduanya menjadi opsi cerdas yang sekarang ditawarkan Suzuki. Lhaaa terus yang akan dirilis PT SIS ini varian GSXR mana lageee kiii? kan sudah lengkap?

Ini yang menarik cak karena pabrikan S untuk pertama kalinya dikelas 150cc menawarkan sebuah fitur keamanan yang menjadi standart safety internasional pada sport 150 fairingnya. Maksudnya ? jadi gini cak…jika tidak salah menerawangSuzuki disinyalir sudah menyiapkan GSX-R150 versi Anti Lock Brake System. Jadi nantinya GSX-R150 akan dibekali fitur ABS untuk versi tertingginya. Jelas ini akan menjadi gebrakan dan patut kita tunggu. Praktis jika terbukti maka GSX-R150 bakal jalan beriringan dengan Honda CBR150R yang juga baru dirilis versi ABS. Mantaapp kieee…

Posisi dari Suzuki GSX-R150 ABS diprediksi akan menjadi versi tertinggi GSX-R150. Artinya GSX-R150 ABS akan dijejalkan pada versi Keyless yang sekarang dijual diangka 30 jutaan. Yang menarik adalah…berapa Suzuki akan memasang banderol versi ABS. Sebab jika PT SIS mampu memasang dibawah 35 jutaan dengan ABS, GSXR150 jelas akan menjadi produk yang menggiurkan mengingat ABS sangat signifikan bisa menyelamatkan pengendara ketika melakukan panic brake (rem dadakan) atau kondisi licin. Sangat signifikan cak sebab ABS akan mencegah ban terkunci sehingga crash bisa dihindari…

Last….kalau ada yang mengatakan mesin 150cc nggak perlu ABS, kuwi opini menyesatkan. Karena ketika speed diatas 50km/jam dan sampeyan melakukan panic brake ada orang nyebrang misalnya…potensi dlosor terbuka lebar. Laaahhh mesin 150cc sekarang kan bisa ngacir diatas 120km/jam…jadi sangat penting pakde. Di Eropa sendiri ABS mampu menekan angka kecelakaan hingga 70-78 % (Data Bosch ABS). Nggak heran ABS sekarang menjadi standart baku perangkat safety yang harus dijejalkan pada seluruh kendaraan di Eropa. Nah…penasaran perbedaan motor ABS vs non ABS? ketimbang banyak khutbah, sampeyan intip wae video simulasi berikut ini. Piyeee…masih bilang ABS hanya gimmick? (iwb)

Motor ABS vs non ABS

 

Advertisements