iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….IWB dlongop bin mlongo saat membaca penjualan Suzuki Hayabusa 1300 yang meroket di India. Jumlah yang terjual termasuk edian untuk ukuran Hyperbike yang seharusnya….” banderol” cukup mahal? nahhh inilah yang rada bikin “broken heart” cak. Sebab ternyata dinegeri bollywood kata mahal ini nggak berlaku buat Hayabusa 1300. Suzuki memasang diangka yang sangat strategis….mungkin bisa dibilang sebagai Hyperbike termurah dinegeri Bollywood. Emange piro sihhh banderolnya ????

Siapa yang nggak kenal Suzuki Hayabusa. Hyperbike “tergurih” serta “tersegar” akibat besetan enginenya yang nggegirisi. Suzuki Hayabusa pertama kali dirilis sekitar tahun 1999. Ditahun itu Hayabusa langsung membuat geger dunia karena menjadi satu-satunya motor produksi masal yang mampu menembus top speed 325 km/jam. Tidak heran media luar saat itu menyebut sebagai ” The fastest of any bird!”

Beberapa Hyperbike ketika itu rata-rata memiliki top speed lebih rendah 16-23 km/jam dari Hayabusa. Pertama kali meluncur Suzuki Hayabusa langsung mengalahkan sang legendaris Honda CBR1100XX serta Kawasaki Ninja ZX-11 yang terkenal kencang. Yang paling menarik perhatian dari Hayabusa ini adalah tidak sekedar kencang. Namun Hyperbike Suzuki juga memiliki handling nurut. Tidak mengejutkan karena sang creator saat itu yakni…

iklan iwb

Koji Yoshiruan menggunakan konsep pengembangan Hayabusa harus memenuhi beberapa unsur seperti best acceleration, safety, power, riding ability serta original styling. Untuk mewujudkan hal itu Suzuki menjejali mesin yang terkenal halus vibrasinya. Disumbang balancer mumpuni serta sasis yang sangat kuat (rigid) model twin beam frame…Hayabusa sukses menjadi the fastest mass production bike in the world sebelum Ninja H2 dengan superchargernya plus regulasi Eropa-Jepang yang mengatur batas top speed. Yup…itulah sekilas sejarah Suzuki Hayabusa 1300….

Seluruh fakta tersebut sepertinya disadari betul oleh para bikers India. Penjualan meroket sehingga membuat Suzuki tersenyum. Terbukti hanya dalam 9 bulan penjualan, Hyperbike Suzuki ini tembus 154 unit. Nahhhh…edian to. Ini artinya setiap bulan Suzuki berhasil menjual 17 unit…sebuah angka yang istimewa untuk Hyperbike. Pertanyaannya…kenapa motor ini begitu laris disana? analisa utama jelas banderol…

Yup…harga yang dipasang Suzuki pada Hayabusa 1300 di India hanya sekitar 1,3 jutaan rupe atau berkisar 280 jutaan rupiah. Angka ini jauh dibandingkan Indonesia yang berkisar 400 jutaan. Yahhh….pajak memang membuatnya beda cak. Bener-bener membuat negeri ini tidak logis untuk moge. Jadi nunggang GSX-R150 wae wis cukup rekkkk. Miring harganya….kencang untuk sport dikelasnya dan yang pasti aman dari jarahan maling. Iyooo oraaaa. So…Hayabusa 1300 dijual 280 jutaan? mung iso ngowoh lan doweh.  Pertanyaane duwe celengan oraaaa kiiieee :mrgreen: ?? …..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!