iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….IWB dlongop bin mlongo saat membaca penjualan Suzuki Hayabusa 1300 yang meroket di India. Jumlah yang terjual termasuk edian untuk ukuran Hyperbike yang seharusnya….” banderol” cukup mahal? nahhh inilah yang rada bikin “broken heart” cak. Sebab ternyata dinegeri bollywood kata mahal ini nggak berlaku buat Hayabusa 1300. Suzuki memasang diangka yang sangat strategis….mungkin bisa dibilang sebagai Hyperbike termurah dinegeri Bollywood. Emange piro sihhh banderolnya ????

Siapa yang nggak kenal Suzuki Hayabusa. Hyperbike “tergurih” serta “tersegar” akibat besetan enginenya yang nggegirisi. Suzuki Hayabusa pertama kali dirilis sekitar tahun 1999. Ditahun itu Hayabusa langsung membuat geger dunia karena menjadi satu-satunya motor produksi masal yang mampu menembus top speed 325 km/jam. Tidak heran media luar saat itu menyebut sebagai ” The fastest of any bird!”

Beberapa Hyperbike ketika itu rata-rata memiliki top speed lebih rendah 16-23 km/jam dari Hayabusa. Pertama kali meluncur Suzuki Hayabusa langsung mengalahkan sang legendaris Honda CBR1100XX serta Kawasaki Ninja ZX-11 yang terkenal kencang. Yang paling menarik perhatian dari Hayabusa ini adalah tidak sekedar kencang. Namun Hyperbike Suzuki juga memiliki handling nurut. Tidak mengejutkan karena sang creator saat itu yakni…

iklan iwb

Koji Yoshiruan menggunakan konsep pengembangan Hayabusa harus memenuhi beberapa unsur seperti best acceleration, safety, power, riding ability serta original styling. Untuk mewujudkan hal itu Suzuki menjejali mesin yang terkenal halus vibrasinya. Disumbang balancer mumpuni serta sasis yang sangat kuat (rigid) model twin beam frame…Hayabusa sukses menjadi the fastest mass production bike in the world sebelum Ninja H2 dengan superchargernya plus regulasi Eropa-Jepang yang mengatur batas top speed. Yup…itulah sekilas sejarah Suzuki Hayabusa 1300….

Seluruh fakta tersebut sepertinya disadari betul oleh para bikers India. Penjualan meroket sehingga membuat Suzuki tersenyum. Terbukti hanya dalam 9 bulan penjualan, Hyperbike Suzuki ini tembus 154 unit. Nahhhh…edian to. Ini artinya setiap bulan Suzuki berhasil menjual 17 unit…sebuah angka yang istimewa untuk Hyperbike. Pertanyaannya…kenapa motor ini begitu laris disana? analisa utama jelas banderol…

Yup…harga yang dipasang Suzuki pada Hayabusa 1300 di India hanya sekitar 1,3 jutaan rupe atau berkisar 280 jutaan rupiah. Angka ini jauh dibandingkan Indonesia yang berkisar 400 jutaan. Yahhh….pajak memang membuatnya beda cak. Bener-bener membuat negeri ini tidak logis untuk moge. Jadi nunggang GSX-R150 wae wis cukup rekkkk. Miring harganya….kencang untuk sport dikelasnya dan yang pasti aman dari jarahan maling. Iyooo oraaaa. So…Hayabusa 1300 dijual 280 jutaan? mung iso ngowoh lan doweh.  Pertanyaane duwe celengan oraaaa kiiieee :mrgreen: ?? …..(iwb)

Gimana reaksi sampeyan cakkk !!
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
Advertisements

82 COMMENTS

  1. satu lagi kalau mau ditambahkan, desain. desain khas suzuki itu cocok sekali dengan selera india. mungkin kalau desainnya lancip2 macam h2r tidak sesukses desain macam hayabusa, buktinya motor2 pasar india rata2 desainnya begitu.

  2. YAMAHA R1M dari beberapa sumber bisa tembus 320kpj berarti gak jauh2 bgt yah.. segmentasi ini lebih cocok ke H2R, ZX-14R.. 1000cc up lah yah..

  3. Wkwkwk

    Tongos mang habitatnya di negri aca aca cak iwa.
    Mangkanya alayer marzuki dimari mending di export ke indihe biar gak norak

    Wkwkwk

  4. satu lagi kalau mau ditambahkan, desain. desain khas suzuki itu cocok sekali dengan selera india. mungkin kalau desainnya lancip2 macam h2r tidak sesukses desain macam hayabusa, buktinya motor2 pasar india rata2 desainnya begitu.

  5. YAMAHA R1M dari beberapa sumber bisa tembus 320kpj berarti gak jauh2 bgt yah.. segmentasi ini lebih cocok ke H2R, ZX-14R.. 1000cc up lah yah..

  6. Wkwkwk

    Tongos mang habitatnya di negri aca aca cak iwa.
    Mangkanya alayer marzuki dimari mending di export ke indihe biar gak norak

    Wkwkwk

  7. Seperti biasaaaa…
    Honda hanya kalah kencang ketika yang lain pake setelan lebih boros.
    Apalagi yamimi? Sejak kapan bisa lebih kencang sekaligus lbh irit?
    adanya cuma dicongor efbenyek alias HOAX…
    Wkwkwkwkwkwk

  8. Mantappp,, brarti dulu motor yg pernah saya liat sekitaran Cibatok lewiliang itu si hayabusa warna putih yg dari belakang mirip scoopy, edann sugih bener tuh orang
    400 jt coy bisa beli embit brapa puluh biji ya

  9. Seng komen ngawur ngasal yo ra sah di sauri.. melu goblok sampeyan.. meneng tok sambil manggut2 ae lurr.. wes mentok iku utekke dek e.. ancen pekokk

  10. Orang india punya selera tinggi .. India memang keren pny nuklir sndiri, dan ceo google pun di pimpin oleh org india ..
    Mantap seleranya … Suzuki

  11. Orang india punya selera tinggi .. India memang keren pny nuklir sndiri, dan ceo google pun di pimpin oleh org india ..
    Mantap seleranya … Suzuki

  12. Seng komen ngawur ngasal yo ra sah di sauri.. melu goblok sampeyan.. meneng tok sambil manggut2 ae lurr.. wes mentok iku utekke dek e.. ancen pekokk

  13. Mantappp,, brarti dulu motor yg pernah saya liat sekitaran Cibatok lewiliang itu si hayabusa warna putih yg dari belakang mirip scoopy, edann sugih bener tuh orang
    400 jt coy bisa beli embit brapa puluh biji ya

  14. Seperti biasaaaa…
    Honda hanya kalah kencang ketika yang lain pake setelan lebih boros.
    Apalagi yamimi? Sejak kapan bisa lebih kencang sekaligus lbh irit?
    adanya cuma dicongor efbenyek alias HOAX…
    Wkwkwkwkwkwk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here