iklan iwb

Iwanbanaran.com – Sugeng enjing selamat pagi cakkkk…..semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, iman serta rejeki yang melimpah. Amin YRA. Pakde…diartikel ini mungkin IWB rada nyleneh sebab judule adalah “Review pemakaian motor setelah setahun pakai” . Yup…jika biasanya review produk baru maka diartikel ini IWB akan sharing sebuah artikel berjual?Review Yamaha Byson FI setelah setahun pemakaian. Sekali lagi produknya juga nggak lazim yakni Yamaha Byson FI…produk yang cukup jarang pasca versi karbu disuntik mati. So…inilah Review Yamaha Byson FI setelah setahun pemakaian by follower setia Iwanbanaran cak Adnan Zaki…..

Assalamu?alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Halo kang Iwan, perkenalkan nama saya Adnan Zaki, silent rider blog kang Iwan dari Bekasi. Saya mau sekedar share pengalaman saya selama menggunakan motor saya yaitu Yamaha Byson FI setelah satu tahun pemakaian. Saya tertarik untuk menulis ini karena sangat jarang saya temui artikel tentang pemakaian Byson FI dalam jangka waktu yang sudah cukup lama. Dan kebetulan, populasi motor ini sangat sedikit sehingga memang jarang sekali yang mau bahas. Oke langsung saja berikut review saya terhadap Byson FI serta pengalaman penggunaan motor ini.

iklan iwb

1. Desain

Desain memang soal selera cak, dan ada sebagian biker Byson karbu yang kurang sreg dengan desain Byson FI. Tapi bagi saya pribadi, desain Byson FI sangat memanjakan mata, seksi dan eye-catching. Dan dari sekian banyak orang yang saya temui dan melihat motor saya, semuanya memuji alias no complaint dengan desainnya cak. Dan dengan sedikit sentuhan pada sisi tampilan, motor ini jadi makin gagah.

Di sini saya cuma menambahkan tubular dan cover engine, dan hasilnya memuaskan cak! Intinya kalo soal desain, saya sangat puas. Ditambah lagi memang tidak saya pungkiri dimensi dari Byson FI sedikit terlihat lebih ramping dari Byson karbu. Untuk saya yang hanya berpostur 162 cm dan berat 56 kg, motor ini gak terlalu kegedean.

2. Performa

Untuk urusan performa, Byson FI biasa banget cak, gak ada galak-galaknya kalo dibandingkan motor sekelasnya wkwk.. tapi kalo dibandingkan dengan motor 125 cc ya jelas lebih jozzz. Untuk tarikan awal kalah dikit dari CB 150 R, kebetulan teman saya punya itu motor dan kita pernah coba main tarik-tarikan, hasilnya memang CB 150 R jelas unggul. Tapi untuk kecepatan 0-60 km/jam, Byson FI masih bisa ngikutin cak, jadi gak malu-maluin banget. Untuk top speed saya belum pernah coba sampe mentok, paling kenceng cuma 116 km/jam, namun selisih 6 km/jam dengan GPS speedometer, alhasil kalo di GPS cuma 110 km/jam waktu itu….

Di kecepatan segitu, motor masih enteng alias gak jerit minta diturunin gasnya, cuma sayang keburu ketemu lampu merah dan jalanan juga agak rame. Maklum cak, sekarang kota Bekasi makin ramai kendaraan, apalagi kalo jam sibuk, bikin mumet. Kalau di video youtube, saya lihat ada yg test top speed sampe mentok cuma sampai 121 km/jam. Walah… kalah sama Vario wkwkw.. tp kalo buat saya kecepatan segitu udah cukup, toh di perkotaan kecepatan maksimal paling cuma 60-80 km/jam (saking macetnya Bekasi), kalo touring juga ga kebut-kebutan cuma mentok di 100an km/jam.

3. Handling

Nah ini yang paling saya suka dari Byson FI, handlingnya bikin temen saya yang punya CB 150 R aja ngiri cak. Posisi riding nyaman, suspensi empuk dan stabil, stang lebar, kombinasi ini menjadikan Byson FI sebagai salah satu motor 150 cc dengan handling terbaik. Motornya gampang ditekuk, meliuk-liuk di keramaian bukan sesuatu yang sulit. Pokoknya untuk handling Byson FI juara cak.

4. Durability

Fyi cak, saya sudah 2x jatoh bareng si kebo. Yang pertama di jalan raya Narogong, nabrak pengendara motor yang nyebrang sembarangan, padahal dia bisa nyebrang di lampu merah dan kebetulan saya baru keluar lampu merah gak jauh dari lokasi. Tabrakan yang cukup keras membuat suspensi depan peyang cak dan harus dipress. Begitu juga dengan stang yang penyok. Yang kedua jatuh di jalan raya Puncak, kali ini gara-gara teman depan saya nabrak mobil dan saya cuma beberapa meter di belakang dia.

Udah ngerem tapi gak kena, akhirnya nabrak temen yang tersungkur di tengah jalan. Tapi alhamdulillah, meskipun sudah crash sampai 2x, motor ini masih jozzz tenan. Dipakai touring ke daerah Krui di Pesisir Barat, Lampung dengan jarak tempuh PP lebih dari 1.000 km juga weenaaakkk tenan…. setahun pemakaian kayak gak berasa perbedaannya, pokoknya untuk urusan durabilitas, Byson FI memang jozzz.

5. Kesimpulan

Well, saya bukan fansboy fanatik Honda atau Yamaha. Tapi jujur, Byson FI ini memang pas banget buat saya. Terutama desain yang saya jatuh cinta banget dengan motor ini, jadi walaupun derasnya gempuran motor baru saat ini, saya masih oke dengan Byson FI. Kalaupun ada yang bisa bikin kesemsem, ya jelas new MT-15 cak hihihi. Yang kedua adalah handling yang bikin nagih…

Untuk urusan performa memang biasa banget ni motor, tapi buat saya sudah cukup, karena saya bukan tipe yang berangasan kalau riding. Apalagi kalo bonceng calon istri cak, lari 60 kpj aja udah diteriakin wkwkw.. sekian review dari saya, semoga bermanfaat, mohon maaf kalo ada kekurangan, silakan dikoreksi kalau ada yang typo cak hehehe… salam jozz gandozzz…

Juozz gandozz cak Adnan. Yup…sebuah testimoni jujur dari bikers yang ternyata cukup puas dengan Byson FI. Nah…semua yang dituturkan cak Adnan klop pakde. Semuanyaaaa…..makanya IWB muat. Koq IWB tahu ? lawong IWB punya sikebo blue angel Karbu Lansiran 2010. Lha itu masih IWB pelihara dirumah….

Last..kelebihan Byson adalah handling yang “Superb”. Enteng, nurut dan bantingannya ringan. Begitu juga mesinnya…aluzzzzzzz. Seandainya saja matic Yamaha bisa mengadopsi kehalusan Byson pasti mantappp. Tapi performa memang biasa saja…..masih okelah buat harian. Sedang keawetan, dan sekali lagi IWB setuju. Nggak banyak rewel kecuali untuk karbu biasanya karet vacum karbu yang rada butuh perhatian. Nah….ngono cak. Piye…sampeyan punya testimoni motor lain ? kirim kewarung IWB nanti IWB muat dengan terlebih dahulu IWB cek untuk memastikan sampeyan bukan fansboy akut dalam menuturkan sebuah testimoni :mrgreen: . Soal ini IWB sih ahlinya pakde sampeyan termasuk fansboy akut atau bukan wkwkwk. Eh disini ada penunggang Byson FI juga nggak ki ? (iwb)

162 COMMENTS

    • Kok malah motor lawas bang? Mt15 new nya mana?
      Ayo donk bang dikoco-koco lagi biar keluar artikel mt15 new nya.

      Malah bison. Piye jeee….???

    • Makannya shock depan byson laku banget…
      Sampai yg Kw nya betebaran.. Krn sangkin lakunya shock byson ori (jgn kw gk ada nyamannya)…udah besar stabil lagi.. Dri 1,8 jt set ori tu shock. Mala jadi naek 2 jt an..

      Dari.. Yg naek cb 150, Tiger, mega pro, verza, vixion, scorpio, rx king pun banyak yg comot, shock byson… ( tidak semua org suka ganti shock ke USD ya bro)
      Shock depan byson sangat” laku di pasaran..

    • Penuturan ngibul
      Motor kopling banci..
      Powek sak’icirit , gampang jebol!
      dijual susah, masih mahalan mbit sama nex ??????

    • Kalau cuma andalkan 150cc..pasti gak jauh2 dari mbit larinya ? sekalipun borenya bisa bikin 24 ps ?

    • Ekekekek
      Motor buat pelampiasan epbeha
      Maklum cbr nya epbeha kalah telak dijalan raya sama r15 dan gsx
      Obeng mana obeng
      Ekekekek

    • Ane termasuk yg suka byson krn lek iwb memilikinya (skrg masih ada or udh dilego?) , gegara lek iwb kepincut byson ane jadi ngeh kegagahan byson karbu. Bysin fi jg lek iwb pernah ulas bhw tsrikannya lebih ngacir dari byson fi , smooth ngak lemot kata lek iwb , terbukti cuma kalah tipis tarikannya dari cb150r yg lebih ramping dan bisa ngikutin cb s.d 60 kpj , cukup banget speed segitu di jalan raya

    • Kita juga harus tau diri bro..
      Saya gk bela apa pun la ya..
      Vario 125 kalo di adu sama byson.. Vario nya juga kalah bro..
      Matic vs kopling.. Apa lagi Beat yg cuma 108 cc. Dpt 90 km/jam aja lama bro..

    • kalo jalanan lurus atau sirkuit udh pasti keok matic std.. tp kalo di jalan raya mah ane yakin masih bisa di adu bahkan sama r155,cbr150 soalnya speed paling mentok 80-90. cuman ya masalahnya alay dan membahayakan pengendara lain..

  1. likkk aq rep kirim rivew pemakaian jupiter z robot manual cluth selama 7 tahun pemakaian….olih po ra kie ?

    • Yg punya h2 di Indonesia cuma arek Kalimantan. Elo ojo ngapusi banget2 pred.
      Kuwalat elo ntar. Dikasih kawa h2 beneran langsung edan. Ga bisa bayar pajeg. Mbungahi di jalan nabrak divider keplithes kontainer.

  2. Josss..ane punya lansiran 2017 awal sampai sekarang masih ok aja padahal hbis crash, yg kalah pelg sampai pecah, hebatnya shock depan malah gk kenapa2..posisi nyruduknya leter T ?

  3. mpean yen poto ro motor yamaha gantenge koq malah nambah kang wawan….beda kalu bawa motornya efbeha….gantengnya berasa terdzolimi ekkkkkkkkkkk

  4. Pengennya Vi-xion aja, tapi mampunya bertahan di Beat nya honda.
    Soal tarikan Emang Yamaha lebih oke, soalnya motor pertama saya F1Zr ya tau sendiri kayak gimana, cukup bengis dan boros.
    kalau buat harian Beat lebih Oke.
    Sesuai sama kebutuhan.
    salam Ganduozz.
    .
    Mohon penilaian atas artikel pengalaman saya yang ini cak apakah saya terlihat fanboy ataukah terlihat adanya keterpaksaan hingga memilih Beat dikarenakan itu pilihan paling masuk akal.

    dekafirhansyah94.blogspot.com/2018/07/memulai-perjalanan-dengan-si-putih.html?m=1

    • Baru kali ni saya denger F1Zr boros…
      Padahal ini motor paling hemat konsumsi oli samping dan bbmnya 1-30 an lebih juga dpt..mirip kayak metic skrng rata”
      Bebek 2 tak paling boros ya satria.. Kuat minum oli samping dan minyak.

    • Ya kalau dibandingkan sama Beat kira2 untuk dapat jarak yang sama F1Zr harus isi bensin 2 kali lipat, tapi itu motor juara soal perawatan, cukup rajin isi oli samping aman,

  5. kalo pake motor lambat emang hawanya males ngebut, karena diajak ngebut juga ga asik, jadi ya nyantei bawaannya. Di rumah ane punya nmp fi & pulsar 220, kalo pas pake nmp fi karena lemot (baik akselerasi maupun top speed) ya emang jd nyantei bawanya, gear 4 buat nyampe 70kpj aja mesin dah ngeraung ngeden, ditambah ridingnya tegak jadi rileks hawanya. Beda kalo pas lagi bawa pulsar 220, akselerasi apalagi top speed jauh, posisi duduk sedikit bungkuk, jadi bawanya pengen kenceng, karena gas sedikit aja gear 4 gampang banget nyentuh 80kpj (nafas jg masih panjang)..

    jadi kadang motor yang dipakai mempengaruhi riding style rider juga

  6. Klo liat byson dri dlu cm satu dlm pikiran, knp yamaha tidak bikin scorpio secakep byson karbu, gampangnya coba si kebo biru itu dicangkoki mesin scorpio.. iso njengat

  7. Motor kekar performa hello kitty…
    cukup dikentutin pake Vario..
    Kl ketemu vario, pasti lek iwan jadi sering pura2 melipir ke penjual es cendol.
    Wkwkwkwkwkwk

  8. . Apalagi kalo bonceng calon istri cak, lari 60 kpj aja udah diteriakin wkwkw…

    itu maksudnya apa lek? Mau nambah istri kah?
    Wkwkwkwkwk

  9. Desainnya lumayan sih, tapi saya lebih suka verza aja. Lebih langsing dan lincah buat manuver.

  10. Bisa di jadikan tandem buat warung IWB tuh pakde. Kayak wak taufik & nugie.. Secara bahasa tulisan mas adnan udah iwb banget..hehe

  11. Kalo pendapat saya lek, design Byson harusnya jadinya cantik, cuma sisi buritan lah yg mencederai design keseluruhan itu padahal dilihat mulai dr depan ke tengah udah mantap si Kebo ini… sayang pas pindah ke area buritan jd kesannya nanggung dan aneh g nyatu ama design depannya. semoga ada update Byson Fi v.3 yg designnya lebih keren

  12. Inget yak kang iwan bukan fansboy sebuah merk, kang iwan aja punya motor kawasaki, yamaha, honda, dan suzuki kok ??

  13. Motor kekar performa hello kitty…
    cukup dikentutin pake Vario..
    Kl ketemu vario, pasti lek iwan jadi sering pura2 melipir ke penjual es cendol.
    Wkwkwkwkwkwk

  14. . Apalagi kalo bonceng calon istri cak, lari 60 kpj aja udah diteriakin wkwkw…

    itu maksudnya apa lek? Mau nambah istri kah?
    Wkwkwkwkwk

  15. Usul aja, YIMM bikin motor retro dari mesin Byson, mgkn malah bs laris manis.

    Ngomong2, kapan nih FZ25 diboyong ke sini?
    #ngarep

  16. Setuju cak, dulu saya punya Byson karbu, handling dan alus mesinnya memang jozz .
    Sekarang sudah beralih ke p200ns, kalo cornering nggk berani semiring seperti sewaktu memakai byson

  17. Sebagai pengguna byson FI sejak akhir 2015 saya konfirmasi bahwa mesin biasa aja, malu mau kebut kebutan masa iya disalip matic n supra wkwk, top speed 117 udah nunduk udah ngabisin jalan jogja solo ga naik naik lagi haha. Tapi overall nyaman dan irit.

  18. Usul aja, YIMM bikin motor retro dari mesin Byson, mgkn malah bs laris manis.

    Ngomong2, kapan nih FZ25 diboyong ke sini?
    #ngarep

  19. Yups…
    Sy setuju….
    Sy pernah tes byson… menurutku mesin nya halus..gk ada vibrasi berlebihan.. handling super stabil..(menurutku itu kelebihan utamanya)

    Dan menurutku performa nya gk bisa jg di bilang lemot… mungkin lebih tepatnya smooth… karna mau di bilang jg lambat top speed nya bisa nyentuh 120 an itu sdh luar biasa…. karna speedometer byson itu penyimpangan nya kecil….

  20. Nih motor ana bilang nyaman, ngk pantes buat ngebut stay nyaman max 60km, lbh enak byson karbu tenaga lbh keluar dikit, masalah selera subjektif – lbh enak pulsar 200 irit kenceng tapi berat, klw dikelas gl lbh enak di entengnya n part ?, banding matic , bebek lain kelas n fungsinal krn dijalan rezeki masing 2x n respect ke pengguna jln lain , jln umum bkn buat balapan ???

  21. Yups…
    Sy setuju….
    Sy pernah tes byson… menurutku mesin nya halus..gk ada vibrasi berlebihan.. handling super stabil..(menurutku itu kelebihan utamanya)

    Dan menurutku performa nya gk bisa jg di bilang lemot… mungkin lebih tepatnya smooth… karna mau di bilang jg lambat top speed nya bisa nyentuh 120 an itu sdh luar biasa…. karna speedometer byson itu penyimpangan nya kecil….

Comments are closed.