Iwanbanaran.com – Sugeng enjing selamat pagi cakkkk…..semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, iman serta rejeki yang melimpah. Amin YRA. Pakde…diartikel ini mungkin IWB rada nyleneh sebab judule adalah “Review pemakaian motor setelah setahun pakai” . Yup…jika biasanya review produk baru maka diartikel ini IWB akan sharing sebuah artikel berjual Review Yamaha Byson FI setelah setahun pemakaian. Sekali lagi produknya juga nggak lazim yakni Yamaha Byson FI…produk yang cukup jarang pasca versi karbu disuntik mati. So…inilah Review Yamaha Byson FI setelah setahun pemakaian by follower setia Iwanbanaran cak Adnan Zaki…..

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Halo kang Iwan, perkenalkan nama saya Adnan Zaki, silent rider blog kang Iwan dari Bekasi. Saya mau sekedar share pengalaman saya selama menggunakan motor saya yaitu Yamaha Byson FI setelah satu tahun pemakaian. Saya tertarik untuk menulis ini karena sangat jarang saya temui artikel tentang pemakaian Byson FI dalam jangka waktu yang sudah cukup lama. Dan kebetulan, populasi motor ini sangat sedikit sehingga memang jarang sekali yang mau bahas. Oke langsung saja berikut review saya terhadap Byson FI serta pengalaman penggunaan motor ini.

1. Desain

Desain memang soal selera cak, dan ada sebagian biker Byson karbu yang kurang sreg dengan desain Byson FI. Tapi bagi saya pribadi, desain Byson FI sangat memanjakan mata, seksi dan eye-catching. Dan dari sekian banyak orang yang saya temui dan melihat motor saya, semuanya memuji alias no complaint dengan desainnya cak. Dan dengan sedikit sentuhan pada sisi tampilan, motor ini jadi makin gagah.

Di sini saya cuma menambahkan tubular dan cover engine, dan hasilnya memuaskan cak! Intinya kalo soal desain, saya sangat puas. Ditambah lagi memang tidak saya pungkiri dimensi dari Byson FI sedikit terlihat lebih ramping dari Byson karbu. Untuk saya yang hanya berpostur 162 cm dan berat 56 kg, motor ini gak terlalu kegedean.

2. Performa

Untuk urusan performa, Byson FI biasa banget cak, gak ada galak-galaknya kalo dibandingkan motor sekelasnya wkwk.. tapi kalo dibandingkan dengan motor 125 cc ya jelas lebih jozzz. Untuk tarikan awal kalah dikit dari CB 150 R, kebetulan teman saya punya itu motor dan kita pernah coba main tarik-tarikan, hasilnya memang CB 150 R jelas unggul. Tapi untuk kecepatan 0-60 km/jam, Byson FI masih bisa ngikutin cak, jadi gak malu-maluin banget. Untuk top speed saya belum pernah coba sampe mentok, paling kenceng cuma 116 km/jam, namun selisih 6 km/jam dengan GPS speedometer, alhasil kalo di GPS cuma 110 km/jam waktu itu….

Di kecepatan segitu, motor masih enteng alias gak jerit minta diturunin gasnya, cuma sayang keburu ketemu lampu merah dan jalanan juga agak rame. Maklum cak, sekarang kota Bekasi makin ramai kendaraan, apalagi kalo jam sibuk, bikin mumet. Kalau di video youtube, saya lihat ada yg test top speed sampe mentok cuma sampai 121 km/jam. Walah… kalah sama Vario wkwkw.. tp kalo buat saya kecepatan segitu udah cukup, toh di perkotaan kecepatan maksimal paling cuma 60-80 km/jam (saking macetnya Bekasi), kalo touring juga ga kebut-kebutan cuma mentok di 100an km/jam.

3. Handling

Nah ini yang paling saya suka dari Byson FI, handlingnya bikin temen saya yang punya CB 150 R aja ngiri cak. Posisi riding nyaman, suspensi empuk dan stabil, stang lebar, kombinasi ini menjadikan Byson FI sebagai salah satu motor 150 cc dengan handling terbaik. Motornya gampang ditekuk, meliuk-liuk di keramaian bukan sesuatu yang sulit. Pokoknya untuk handling Byson FI juara cak.

4. Durability

Fyi cak, saya sudah 2x jatoh bareng si kebo. Yang pertama di jalan raya Narogong, nabrak pengendara motor yang nyebrang sembarangan, padahal dia bisa nyebrang di lampu merah dan kebetulan saya baru keluar lampu merah gak jauh dari lokasi. Tabrakan yang cukup keras membuat suspensi depan peyang cak dan harus dipress. Begitu juga dengan stang yang penyok. Yang kedua jatuh di jalan raya Puncak, kali ini gara-gara teman depan saya nabrak mobil dan saya cuma beberapa meter di belakang dia.

Udah ngerem tapi gak kena, akhirnya nabrak temen yang tersungkur di tengah jalan. Tapi alhamdulillah, meskipun sudah crash sampai 2x, motor ini masih jozzz tenan. Dipakai touring ke daerah Krui di Pesisir Barat, Lampung dengan jarak tempuh PP lebih dari 1.000 km juga weenaaakkk tenan…. setahun pemakaian kayak gak berasa perbedaannya, pokoknya untuk urusan durabilitas, Byson FI memang jozzz.

5. Kesimpulan

Well, saya bukan fansboy fanatik Honda atau Yamaha. Tapi jujur, Byson FI ini memang pas banget buat saya. Terutama desain yang saya jatuh cinta banget dengan motor ini, jadi walaupun derasnya gempuran motor baru saat ini, saya masih oke dengan Byson FI. Kalaupun ada yang bisa bikin kesemsem, ya jelas new MT-15 cak hihihi. Yang kedua adalah handling yang bikin nagih…

Untuk urusan performa memang biasa banget ni motor, tapi buat saya sudah cukup, karena saya bukan tipe yang berangasan kalau riding. Apalagi kalo bonceng calon istri cak, lari 60 kpj aja udah diteriakin wkwkw.. sekian review dari saya, semoga bermanfaat, mohon maaf kalo ada kekurangan, silakan dikoreksi kalau ada yang typo cak hehehe… salam jozz gandozzz…

Juozz gandozz cak Adnan. Yup…sebuah testimoni jujur dari bikers yang ternyata cukup puas dengan Byson FI. Nah…semua yang dituturkan cak Adnan klop pakde. Semuanyaaaa…..makanya IWB muat. Koq IWB tahu ? lawong IWB punya sikebo blue angel Karbu Lansiran 2010. Lha itu masih IWB pelihara dirumah….

Last..kelebihan Byson adalah handling yang “Superb”. Enteng, nurut dan bantingannya ringan. Begitu juga mesinnya…aluzzzzzzz. Seandainya saja matic Yamaha bisa mengadopsi kehalusan Byson pasti mantappp. Tapi performa memang biasa saja…..masih okelah buat harian. Sedang keawetan, dan sekali lagi IWB setuju. Nggak banyak rewel kecuali untuk karbu biasanya karet vacum karbu yang rada butuh perhatian. Nah….ngono cak. Piye…sampeyan punya testimoni motor lain ? kirim kewarung IWB nanti IWB muat dengan terlebih dahulu IWB cek untuk memastikan sampeyan bukan fansboy akut dalam menuturkan sebuah testimoni :mrgreen: . Soal ini IWB sih ahlinya pakde sampeyan termasuk fansboy akut atau bukan wkwkwk. Eh disini ada penunggang Byson FI juga nggak ki ? (iwb)

Advertisements