iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…akhirnya berlaku juga aturan tegas dari pihak kepolisian. Setelah sebelumnya hanya wacana, kini seperti dilansir Detik dipastikan bahwa aturan Aturan Tidak Bayar Pajak Kendaraan Jadi ‘Bodong’, Resmi Berlaku! Konfirmasi ini dilayangkan Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu Pratama Gubunagi via detik yang memastikan sudah menyosialisasikan aturan ini. Waaa ikiiiii…

Mulai sekarang sampeyan harus betul-betul waspada dan teliti untuk selalu membayar pajak kendaraan bermotor tepat pada waktunya. Kenapa ? karena regulasi terbaru dipastikan tegas menindak Para pemilik kendaraan bermotor yang lalai memperpanjang STNK dan tidak membayar pajak. Bahkan ancamannya tidak main-main yakni motor yang tidak memperpanjang STNK selama 2 tahun akan dihapus registrasinya. Efeknya opo?

Jelas hilang cak…motor Sampeyan tidak terdaftar alias jadi motor bodong. Tentu saja ancaman ini membuat ciut nyali mengingat Ketika itu terjadi maka akan sulit bagi kita untuk mengurus kembali. Lha piye cak…motor tidak bersurat. Seolah-olah sampeyan memiliki motor tersebut secara ilegal. Bahkan menurut polisi, bisa saja kendaraan tersebut tidak bisa diurus kembali. Opo ora moncrot cak…

Aturan konsekuensi sudah ada di UU dan bisa saja tidak dapat diregistrasi kembali. Kalau kendaraan tidak dapat diregistrasi, kendaraan itu sudah tidak memiliki nilai ekonomi dan jual lagi,” seru Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu Pratama via detik…

” Aturan itu sudah ada di Undang-undang Lalu Lintas 2009, teknis mekanismenya sudah diatur dalam Perkap (Peraturan Kapolri) Nomor 5 2012. Jadi aturan penghapusan itu sudah jelas, memang bisa, tapi di situ ada aturan-aturan persyaratan atas permintaan pemilik atau pejabat yang berwenang…

“Karena Pemprov DKI memiliki data ranmor yang tidak aktif, artinya tidak membayar pajak selama lebih dari 7 tahun atau 10 tahun. Ini diajukan kepada kami oleh Pemprov DKI untuk dihapuskan, dan ini membutuhkan sosialisasi di sudut jakarta. Agar masyarakat bisa tertib dalam melakukan pembayaran pajak, karena pajak kan bisa ikut menambah pemasukan bagi pemerintah daerah…” tutup Bayu…

Nah…untuk melakukan penghapusan, menurut pak Kompol Bayu pihak kepolisian berpatokan pada undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2009. Serta tambahan undang (UU) No. 22 Tahun 2009 pasal 74 ayat (2) tertuang soal penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan. Yang isinya adalah…

Penghapusan registrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dapat dilakukan jika:

a. Kendaraan Bermotor rusak berat sehingga tidak dapat dioperasikan atau
b. pemilik Kendaraan Bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku STNK.

Yup…wis kuat cak. Artinya ini tidak main-main dan undang-undang akan diimplementasikan secara tegas. Untuk sementara aturan ini masih diberlakukan di Jakarta dan jika tidak ada aral melintang akan menjamah secara nasional. Sebenarnya tindakan tegas ini ada sisi karena akan mempersulit ruang gerak. So…. selama kita tertib administrasi aman cak…

Ketegasan ini tentu berdampak signifikan bagi sampeyan-sampeyan yang mungkin meremehkan enggan memperpanjang STNK. Tidak membayar pajak tahunan PKB mungkin hanya denda. Namun jika tidak memperpanjang STNK selama 2 tahun ancamannya registrasi motor akan dihapus selamanya. ” Kalau sudah dihapuskan itu sudah tidak bisa lagi didaftarkan, tujuannya untuk tertib administrasi dan menjaga kualitas serta akurasi data ranmor yang ada di jalan dan sebagainya…” seru pak Bayu…..

Last…..jika sampeyan salah satu bikers yang termasuk meremehkan perpanjangan STNK monggo mulai sekarang lebih awas dan waspada. Teliti cak biar nggak kelewatan. Untungnya tenggang waktu yang diberikan cukup panjang yakni 2 tahun. Tidak bayar pajak nomer registrasi kendaraan ?? siap-siap akan menjadi kendaraan bodong cak…hayooo teliti STNK sampeyan sekarang pakdeeee..(iwb)

Advertisements
  • Rejim utang kesulitam duit gini caranya cari duit. Pinter dikit jok. Utang negara banyak buka kasus buku merah tiko babutaipan, bukanya nyusahin rakyat

    Kalo mau pajek motor lanjay kasih kemudahan. Biar di urus. Bukanya di giniin. Giliran cina cina ngemplang panak diadain tax amnesty. Jok jok. Otak lu kebalik

    • Ga pernah bayar pajak jadi ga tau ya…
      Bayar pajak ga sulit, bank, Atm bisa.
      Jg sok belagu beli kendaraan kl ga mau bayar pajak. Ngotak dikit napa

    • Emangnya ngurus pajak motor dipersulit om?
      Peraturan ini kan buat yg ga suka bayar pajak.

      Kalo sampeyan bayar pajak lancar ngapain takut?
      Udah tau beli motor ya wajib bayar pajak, kalo gak mampu bayar pajak jangan belaga sok2an beli motor.

      Kritis boleh, kritik boleh, govllok jangan sob.

    • dasar pecinta hoaks
      Undang2 nya tahun 2009
      Perkap nya tahun 2012
      yang disalahin presiden terpilih 2014
      otak siapakah yang terbalik???

    • Rakyat kecil diminta tertib bayar pajak dan tetek bengeknya, sementara pejabat nya banyak yg korupsi,,,,,,,,eh petugas anti korupsi malah disiram air keras

      Pak Jokowi, dapet salam dari pak Novel Baswedan,,,,,pak Novel pesen sama bapak Jkw,,segera tuntaskan kasus nya, yg menyerang pak Novel siapa,,,,,jangan mengelak itu bukan domain bapak Jkw, Kepolisian itu kan dibawah bpk Jkw,,,,,dan Kapolri itu bawahannya bpk Jkw, kan bpk Jkw yg memilih dan melantik Kapolri

  • Boleh aja bikin aturan gini, tapi bikin aturan juga boleh sekali bayar 5 tahun biar gak lupa.

    Jadi sekalian ganti plat sekalian bisa bayar 5 tahun langsung 🙂

    • Lek ngana cara negara mengurangi pendapatan dari denda.

      Tolong diingat cak, pendapatan negara juga termasuk denda telat bayar mirip kartu kredit.

  • Untuk meraup pajak maksimal dari pembayaran pajak motor dan yg diuntungkan dinas pajak.
    Alokasi pajak motor tsb kemana???
    Kurang jelas dan tidak ada penjelasan.
    Masih enak jaman dulu pajak motor berlaku 5 tahun sekali.

  • HARUS NYA GANTI PRESIDEN. JANGAN APA-APA DI PAJAKIN MELULU. CARI DUIT SUSAH CAK. TUNGGU NABI ISA AS TURUN MENGHAPUS PAJAK YA

    • Isa as sebutan islam. Hapus dosa jesus diplesetin hapus pajak. Ancen asshyuu si motor madein japan

    • Bawa2 nabi. Kurang ajar tenan cakkkk….
      Loe tu benturin agama islam n nasrani taukkk???
      Isa AS ntu sebutan islam. Hapus dosa loe plesetin bapus pajak. Dasar badjangin loe cukkkk…..
      Samplukk tensioner klotok-klotok kapok loe cukkkkk

  • Kalo buat moge sama mobil2 mewah gimana nih, polisi berani menindak ga ya? 🤗🤗. Semua sama dimata hukum. O iya kenapa kalo mocil kalo pake knalpot aftermarket ditilang tapi moge ngga ya ? Tolong mas Iwan tanyakan dong

  • Setuju-setuju saja untuk peningkatan Penerimaan Pajak dari Sektor Non Migas..
    yang menjadi masalah adalah Kondisi Kelaikan jalan Umum (Non Tol) seringkali tidak berbanding lurus…
    Kecuali Daerah dengan Pemimpin yang “Lurus”…..

    • Apanya yg dah bagus semua, liat noh pelosok provinsi banten, jembatan aja pake tali ato nyemplung kali buat sekolah

    • Situ jangan banyak HOAX dan bodohi masyarakat!
      jalan tol aja digedein, kenapa jalan lingkar luar brebes tegal dibiarkan mangkrak??
      dasar Bong200

    • Kamu minim kuota,
      Coba luangkan waktu sedikit buat jelajahi internet, seberapa besar peningkatan infrastruktur era jokowi ini dari sabang sampai merauke?? Tol tol mangkrak yang sekarang diambil alih dan di muali ulang pembangunannya, coba cek kesamaan harga bahan baku di jawa dan diluar jawa bandingkan era sebelum dan sesudah jokowi, era tekhnologi sudah maju jangn manggut manggut dikasih hoaxxss.

  • Kalo gk mau bayar pajak gk usah beli motor …
    Ikutin aja apa yg di minta kepolisian …
    So itu kan buat diri sendiri …
    Hanya setengah jam aja urus stnk gk ada waktu apa …
    Ente pada masuk kerja tiap hari ….

  • Becak terbang : pertanyaan lu sama kaya gw, soalnya ini gw ada 1 cub 2 metik 1 mobil gak ada yg kena progresif, harusnya cub sama metik gw yg ke 3 kena progresif tp ini enggak, mungkin yg kena 250cc ke atas kali ya?

    • emangnya rakyatmu makmur dan kaya telat pajak langsung jadi kendaraan bodong hidup tidak cuma ngurus kendaraan saja banyak kebutuhan lain2 jokodok jokoplak jokowicodot aturan aneh2 saja

    • Makanya kalau gak mampu bayar pajak gak usah banyak gaya beli motor. Jual tu motor.

      Makan tuh gaya.

      Pakek otak dikit ngapah?

    • Enakto NKRI harga mati, pajak, pajak, pajak. Tambqh gemuk wereng coklat, giliran kena kasus korum buku merah bisa di apus. Negri mayoritas mualim, sumber alam kaya, tapj bayar pajak. Padahsl islam mengharamkan pajak terhadap kaum muslimin dam Allahelaknat pdnaeik pajak beserta yg terkait lainnya.

    • cuma cebo’ong yg sok kaya cuma cebo’ong yg sok tegar si puan aja nangis2 sby naikin harga bbm makan tuh janji2 ..wkwk

    • Katanya cinta negara.. Disuruh bayar pajak untuk negara yg setahun sekali aja gak mampu?? Malah nyalahkan pemerintah?? Jual aja sepedamu

    • Aturan tahun piro? Aturan tahun 2009, tapi yg disalahkan pemimpin tahun 2014. Lu kampret opo koplak?

    • Motor mahal lariss maniss
      Motor Murahan Mangkrak manis
      Nah kalau yang mahal lariss, artinya sanggup bayar pajax..yang Murahan Mangkrak manis pasti susah bayar pajak ? wong sanggupnya tuku Murahan ?

    • Disini emang sarangnya orang2 D’ungu bahaha, udah dijelasin itu aturan sudah ada dari tahun berapa tapi yg disalahkan presiden yg menjabatnya jauh setelah aturan itu dibuat kan kocak :v

      Lagi pula peraturan begituan bukan presiden yg buat om, susah emang kalo hati udah penuh dengki ditambah lagi baperan padahal kalau ngomongin agama paling jago dah haha 😀

    • Maaf nih kang..dikorea selatan pajak kendaraan + asuransi dibayar tiap bulan..nunggak satu bulan aja udh dianggap bodong..bisa diurus walau nunggak lama..tp klo gk diurus ketangkep polisi kendaraan disita.(pengalaman pribadi?)

    • Jadi motor bodong ? NO PROBLEM

      Yg penting motor masih bisa buat cari duit,,,,

      Yg problem itu motor tiba-tiba membelah diri, mesin klothok-klothok, cat body cepet kusem,,,,,bodi gak tahan lama alias cepet ambyar,,,,spare part muahall ngakunya murah

    • kalau mau tau kenapa baru sekarang tegas narik2 pajak karena negara banyak hutang dan cuma cebo’ong yg sok kaya selama perut kenyang jilat terus junjungan tipikel cebo’ong yg penting perut sendiri kenyang tidak mikir orang lain meski ekonomi nyatanya makin susah harga naik dikit aja rakyat kecil terasa berat nah

    • dari pada telat bayar pajak kendaraan jadi bodong mendingan udel cebo’ong aja yg jadi bodong lo kira mudah beli motor maen bodongin aja kabanyakan di masyarakat kita belinya kredit termasuk gue soalnya beli 250cc berat juga beli cash nah

  • Rejim utang kesulitam duit gini caranya cari duit. Pinter dikit jok. Utang negara banyak buka kasus buku merah tiko babutaipan, bukanya nyusahin rakyat

    Kalo mau pajek motor lanjay kasih kemudahan. Biar di urus. Bukanya di giniin. Giliran cina cina ngemplang panak diadain tax amnesty. Jok jok. Otak lu kebalik

    • Emangnya ngurus pajak motor dipersulit om?
      Peraturan ini kan buat yg ga suka bayar pajak.

      Kalo sampeyan bayar pajak lancar ngapain takut?
      Udah tau beli motor ya wajib bayar pajak, kalo gak mampu bayar pajak jangan belaga sok2an beli motor.

      Kritis boleh, kritik boleh, govllok jangan sob.

    • Ga pernah bayar pajak jadi ga tau ya…
      Bayar pajak ga sulit, bank, Atm bisa.
      Jg sok belagu beli kendaraan kl ga mau bayar pajak. Ngotak dikit napa

    • Rakyat kecil diminta tertib bayar pajak dan tetek bengeknya, sementara pejabat nya banyak yg korupsi,,,,,,,,eh petugas anti korupsi malah disiram air keras

      Pak Jokowi, dapet salam dari pak Novel Baswedan,,,,,pak Novel pesen sama bapak Jkw,,segera tuntaskan kasus nya, yg menyerang pak Novel siapa,,,,,jangan mengelak itu bukan domain bapak Jkw, Kepolisian itu kan dibawah bpk Jkw,,,,,dan Kapolri itu bawahannya bpk Jkw, kan bpk Jkw yg memilih dan melantik Kapolri

    • dasar pecinta hoaks
      Undang2 nya tahun 2009
      Perkap nya tahun 2012
      yang disalahin presiden terpilih 2014
      otak siapakah yang terbalik???

  • Boleh aja bikin aturan gini, tapi bikin aturan juga boleh sekali bayar 5 tahun biar gak lupa.

    Jadi sekalian ganti plat sekalian bisa bayar 5 tahun langsung 🙂

    • Lek ngana cara negara mengurangi pendapatan dari denda.

      Tolong diingat cak, pendapatan negara juga termasuk denda telat bayar mirip kartu kredit.

  • Haiyyaaa coba cek tu pemilik harley banyakan no papper waaa
    Otomatis tu ouwlang gk prnh byr pajak waaa tp di jln sok penting n arogan waaa

  • Untuk meraup pajak maksimal dari pembayaran pajak motor dan yg diuntungkan dinas pajak.
    Alokasi pajak motor tsb kemana???
    Kurang jelas dan tidak ada penjelasan.
    Masih enak jaman dulu pajak motor berlaku 5 tahun sekali.

  • HARUS NYA GANTI PRESIDEN. JANGAN APA-APA DI PAJAKIN MELULU. CARI DUIT SUSAH CAK. TUNGGU NABI ISA AS TURUN MENGHAPUS PAJAK YA

    • Bawa2 nabi. Kurang ajar tenan cakkkk….
      Loe tu benturin agama islam n nasrani taukkk???
      Isa AS ntu sebutan islam. Hapus dosa loe plesetin bapus pajak. Dasar badjangin loe cukkkk…..
      Samplukk tensioner klotok-klotok kapok loe cukkkkk

    • Isa as sebutan islam. Hapus dosa jesus diplesetin hapus pajak. Ancen asshyuu si motor madein japan

  • Kalo buat moge sama mobil2 mewah gimana nih, polisi berani menindak ga ya? ??. Semua sama dimata hukum. O iya kenapa kalo mocil kalo pake knalpot aftermarket ditilang tapi moge ngga ya ? Tolong mas Iwan tanyakan dong

  • Setuju-setuju saja untuk peningkatan Penerimaan Pajak dari Sektor Non Migas..
    yang menjadi masalah adalah Kondisi Kelaikan jalan Umum (Non Tol) seringkali tidak berbanding lurus…
    Kecuali Daerah dengan Pemimpin yang “Lurus”…..

  • Lek tanya beneran nih, bukan spam yak…
    kalau motor yg udah dijual dan tidak balik nama, berarti khan bodong tuh
    kalau aturan ini diterapkan apakah masih perlu blokir berkas supaya tidak kena pajak progresif ??
    tolong dijawab

    • Nah ini yg ane alami.. 6 bulan sudah ane gk ada motor ( motor lama ane jual).. Giliran beli motor baru.. Urusan beres tgl nunggu surat” nya jadi…dpt tlpn dri shorum.. Di suruh bayar lagi krn atas nama ane buka motor pertama.jatuhnya motor ke 2..

      Kayak mana ni..yg beli nya motor lama ane 6 bulan lalu berarti gk baliknama dia.. Aduh jadi repot aja.. Foto copy stnk lama gk ada pula lagi..

    • Laporkan ke samsat atas kendaraan yg sudh tidak dimiliki, misalnya karena dijual. Di samsat ada format surat pernyataan, isi data kita dan kendaraan yg udh dijual antara lain data no polisi, tahun perolehan, jenis dan merk kendaraan, lalu ttd diatas materai. Lampirkan fotocopy KTP.
      Selain utk menghapus pajak progresif, juga agar tidak kena beban tanggung jawab saat nanti diberlakukan e-tilang.
      Repot klo orang yg pernah beli kendaraan kita kena e-tilang, terus malah kita yg dikirimin tagihan denda tilang.

    • Ketika beli kendaraan lagi bilang aja sekalian untuk blokir kendaraan atas nama kita, saya seperti itu. Ga kena progresif

  • Maaf mas iwan saya mau sedikit cerita,.
    Satu tahun lalu saya beli motor seken plat B DKI seharga 3,5jt, pajak tahunan mati satu thn dan pas saya beli sudah wkt nya bayar pajak tahunan dan 5thn an,..
    Saya putuskan untuk bayar pajak sekalian balik nama,.
    Berhubung wkt itu saya ngga punya KTP DKI jd saya balik nama pake KTP saudara yg kebetulan KTP nya DKI,.. Saat itu abis biaya 1,3jt kurang dikit via biro jasa,banyak yg bilang kemahalan,tp gpp yg pntg pajak motor jd hidup,..
    Kebetulan bulan depan motor wkt nya bayar pajak lagi lek,di sini saya ada gendala yg mayan bikin mumet, saudara yg KTP nya saya pake buat balik nama ternyata KTP nya udah pindah daerah ke kampung istrinya wonogiri dan sudah menetap di sana,
    Masa iya saya harus balik nama lagi atau mutasi? Keluar duit banyak lagi hanya untuk motor seharga 3,5jt..??
    Saya mohon kepada pihak terkait tolong jangan terlalu kaku kalau bikin aturan,banyak orang nunggak pajak bukan mereka malas bayar pajak, tp terkendala aturan KTP itu,..

    • Seharusnya dari awal pakai KTP sendiri, gpp musti dimutasi dahulu ke daerah tujuan biarpun bukan DKI. Yang penting ada STNK dan BPKB atas nama sendiri, jadi biarpun pindah-pindah alamat biayanya lebih murah untuk kedepannya karena nama sendiri.

    • Terus salah aturannya? Knp ga dari awal diurus mutasinya. Motor situ yg beli kok ya pake nama orang lain kan bikin repot. Jgn cuma nyalahin pihak lain atas kesalahan yg kita perbuat brooo…
      Ga berkah.

  • Haiyyaaa disaat masyarakat semangat lunasi tunggakan pajak karena ada pemutihan… Kok skrg malah kek gini

    SuamploXxxx LinggiZzz waaa

    • Ini soal perpanjang stnk bkn cuma bayar pajaknya. Baca lagi tong! Jgn guoooblog!!! Lagian dah dikasih waktu tenggang 2 tahun. Klo semangat lunasin tunggakannya artinya ga usah takut kena sanksi penghapusan registrasi. Yg penting ga lewat 2 tahun.

  • Moncrot teko endi e wan? 2 taon iku suwi, 1 taon wae iku jek suwi jek iso leyeh2 mangan gedang goreng karo ngopi rokokan. Moncrot iku nek 6 bulan gak bayar dihapus registrasine iku baru moncrot. Sak wulan telat bayar wajar iso wae sibuk, 2 wulan telat bayar iso wae gak iso mole ngurus e nek wes 3 wulan menduwur telat iku jenenge asu kirik!

  • Bukan meremehkan cak, bpkb lg di jaminkan, sedangkan ktp kudu pindah alamat. Ahuhuhu mau pinjem bpkb sbntr buat balik nama ora iso cak. Niat mah ada buat bayar pajak. Sedangkan jika stnk tidak sm dengan alamat di KTP tidak dapat perpanjang stnk

    • mutasi, cak
      namanya mutasi

      mutasi keluar dari area (samsat) lama,alamat yg tertera pd ktp lama
      lalu mutasi masuk ke area (samsat) sesuai alamat yg tertera di ktp baru motor habis 1,3 jutaan saya kmren, cak ..parahhhh

  • motorku skydrive 2011,gk payar pajak dr 2013,total tunggakan pajak,1,7 jt.
    kalau dijual motornya cuma laku 2,5 jt.
    trus aku kudu piye?

    • Wkwkwkw.. Di kilokan lah ujung” nya..
      Kayak ane mau jual nouva sonic 125.. Thn 2001.. Jualnya susah amat gk laku” giliran ada yg nelpon nawar seenak nya aja 2 jt la, 3 jt lah 4 jt lah…
      Terakir ane cincang tu motor dpt 7 jt geram aku…

    • Haiyyaaa harga skydrive 2.5 dipotong pajak 1.7
      Jd lu ouelang terima bersih 200rb waaa itu blm nego bensin waaa

    • wkwkwk.. 8bln lalu motorku si bosok Thunder 125, pajak gk bayar 4tahun. ditawar 1jt. kalo dibayari pajaknya 800++denda bisa abis 1juta. sbulan yg lalu bln 9 stnk habis ,malah ditawar 900rb
      aneh..

  • Ora urus arep bodong ke. Tuku motor rego 3.5 juta nek di urus surat surate plus bayar pajak enteke 2.5 juta. Yo mending ora usah di urus. Wkwkkkk…

    • Sorry mas bro, r2 berkurang tapi r4 meraja lela yakin malah tambah macet,
      Perbandingan 1 r4= 3-4 r2
      Sekarang jalan tol aja yang khusus r4 keatas bisa macet padahal ga ada r2
      Coba jalan umum ga ada r4 dan cuman ada r2??? Ga banyak makan tempat

    • Kamu minim kuota,
      Coba luangkan waktu sedikit buat jelajahi internet, seberapa besar peningkatan infrastruktur era jokowi ini dari sabang sampai merauke?? Tol tol mangkrak yang sekarang diambil alih dan di muali ulang pembangunannya, coba cek kesamaan harga bahan baku di jawa dan diluar jawa bandingkan era sebelum dan sesudah jokowi, era tekhnologi sudah maju jangn manggut manggut dikasih hoaxxss.

    • Apanya yg dah bagus semua, liat noh pelosok provinsi banten, jembatan aja pake tali ato nyemplung kali buat sekolah

    • Situ jangan banyak HOAX dan bodohi masyarakat!
      jalan tol aja digedein, kenapa jalan lingkar luar brebes tegal dibiarkan mangkrak??\
      dasar Bong200

  • ayo paidi, gintanggintung, shok mletot, mbah darmo dan kawan2 merapat perkeruh komentar. saya sumpek liat komentar cebong vs kampret mulai masuk ke blog nya lek iwan ?

  • Dan jgn lp utk melaporkan ke samsat atas kendaraan yg sudh tidak dimiliki, misalnya karena dijual. Selain utk menghapus pajak progresif, juga agar tidak kena beban tanggung jawab saat nanti diberlakukan e-tilang.
    Repot klo orang yg pernah beli kendaraan kita kena e-tilang, terus malah kita yg dikirimin tagihan denda tilang.

    • Ga cuman hukum, disemua bidangnpun seperti itu
      Kalo anda kaget, anda belum terbiasa dg tekanan,
      Ngopi dulu cak

  • Bagus… Asal hukum nya ditegakkan seadil2nya..
    Disini banyak manusia mental “semau gue”.
    Beli kendaraan bisa, tp ga pernah bayar pajak..

    • Memang mental seperti itu yang harus diberangus
      Mental seperti itu yang mudah disumpelih hoaxkss
      Mental seperti itu yang mau diajak orasi tanpa dasar yang jelas
      Biasanya orang orang seperti itu yang hanya bisa mengkritik orang lain tapi tak pernah berkaca pada diri sendiri
      Selalu taat pajak broh