iklan iwb
” Revisi depan termasuk spion dudukan bawah kayak CBR250RR…”

Iwanbanaran.com – Cakkkk…akhirnya IWB bisa santai ngetik informasi buat sampeyan setelah seharian dijalanan. Dan pada artikel ini IWB akan menjawab seluruh pertanyaan sampeyan perihal Honda new CBR150R MY2019. Sebuah kode project K45N yang sudah IWB beberkan kesampeyan dan ternyata kelahiran sang fairing lebih cepat dari yang IWB duga. Perombakan fisik yang ternyata juga dibarengi beberapa tambahan fitur termasuk suspensi depan yang kini bisa disetel kekerasannya. Nahhh….penasaran to. Yuk kita kupas tuntas apa saja perbedaan?Honda new CBR150R baru dibandingkan generasi sebelumnya…

Honda memang tidak banyak merombak desain?Honda new CBR150R. Tindakan ini mirip seperti yang mereka lakukan terhadap new CB150R. Alasannya satu…desain motor ini sudah disukai pasar serta laris manis. Walau dari detil fitur masih menggunakan suspensi teleskopik, siapa menyangka AHM melakukan beberapa gebrakan berbeda dibandingkan kompetitornya. Salah satunya adalah….penyetelan suspensi depan !

Tidak seperti beberapa suspensi USD kelas 150cc yang tidak bisa disetel, AHM menawarkan fitur preload suspension pada suspensi teleskopiknya. Penyetelan ini akan membuat CBR150R fleksibel digunakan pada kondisi apapun. Mau handling mantap tinggal disetel pada posisi 1 (preload 5 level). Dilevel satu maka suspensi bakal lebih stiff sehingga bantingan motor makin mantap….

iklan iwb

Pada level 1, suspensi depan akan lebih keras. Semakin tinggi angkanya maka suspensi akan makin empuk. Ada 5 level yang kita tawarkan pada CBR150R baru. Dan pada kondisi standart pabrik (default) posisi load suspensi berada pada level 3 untuk mengejar kenyamanan...” seru pak Endro (teknis division PT AHM). Wihhh mantap juga kieee. Terus gimana cara nyetel suspensi tersebut ? apakah bisa dilakukan sendiri ?…

” Suspensi terbaru Honda new CBR150R 2019…”

Bisa banget. Drat preload suspensi ada garis indikator. Penyetelan bisa menggunakan obeng minus jadi sangat mudah. Sedang belakang…monoshocknya juga bisa disetel kekerasannya. Jadi CBR150R terbaru jauh lebih fleksibel dan mumpuni. Fitur ini turunan big bike.” tukas pak Endro lagi. Wahh jebule nggak hanya revisi desain doang cak. Terus, gimana soal fitur lain yakni ABS & new Emergency Stop signal ?

Itu adalah fitur Gold Wing yang diturunkan pada CBR150R. Jadi ketika pengendara melaju kencang diatas 50km/jam melakukan panic brake…maka lampu hazzard akan menyala. Tapi nyalanya cepat ya…nggak seperti hazzard biasa yang kedipnya seperti lampu sein. Untuk hazzard?Emergency Stop signal CBR150R akan berkedip cepat. Hazzard ini akan non aktif seiring dengan dilepasnya tuas rem. Fitur ini untuk meningkatkan safety dijalan….

” Tujuannya untuk memberitahukan pengendara dibelakang bahwa rider didepan sedang ada situasi emergency alias rem mendadak. Jadi fitur bisa meminimize biker ditubruk dari belakang. Fitur ini terintegrasi dengan rem ABS. Jadi untuk versi standart fitur Emergency Stop signal belum ada..” tambah pak Endro lagi. Oalahhh ngono to. Sampai detil begitu cak…ediannn !. Jadi dengan keterangan tersebut berikut beberapa perombakan yang dilakukan AHM terhadap CBR150R MY2019….

– Revisi fairing dan windshield depan
– ABS dual channel dan New Emergency Stop signal
– Dudukan spion berubah seperti milik CBR250RR
– Pelk palang berubah seperti CB150R Exmotion
– Rem cakram model wave
– Suspensi Monoshok bisa disetel
– Suspensi depan bisa disetel (Preload)
– Panel speedometer model negatif LCD

Nahhh…wis clear yo cak. Jadi ternyata lumayan banyak yang dirubah oleh AHM pada generasi terbaru CBR 150R jersey 2019. Satu kabar baik lagi buat sampeyan para penunggang old CBR150R, fairing depan ternyata bisa diaplikasikan secara PNP sebab dudukan dan mounting sama plek. Termasuk pelk dan diskbrake. Mantappp to. Pertanyaannya…kenapa Honda terkesan enggan merombak total seperti yang dilakukan Yamaha terhadap R15VVA ? yahhh…jawabannya simpel cak, karena produk ini masih tetap laris manis. Lha kalau terbukti disukai pasar kenapa harus dirombak total ?…mungkin demikian pikiran Honda. Kecuali penjualan wis ” ngap-ngapan” dan facelift tidak banyak ubahan…kuwi sing kebacut. Dengan lahirnya new CBR150R facelift, terjawab sudah misteri K45N yang telah IWB bahas diartikel masa lalu…

Last….Honda CBR150R baru memiliki 4 varian warna untuk masing-masing tipe. Matte Black dan Victory Black Red dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) Jakarta Rp 33.800.000,- untuk tipe STD dan Rp 37.800.000,- untuk tipe ABS. Sementara pilihan warna Honda Racing Red dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 34.500.000,- untuk tipe STD dan Rp 38.500.000,- untuk tipe ABS. Sedangkan warna MotoGP Edition dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 34.700.000,- untuk tipe STD dan Rp 38.700.000 untuk tipe ABS. Dari sini wis gamblang yo pakde. Honda New CBR 150R? Piyeeee…. menggoda celengan ora Ki?? :mrgreen: …..(iwb)

Spesifikasi resmi Honda CBR150R 2019

Tipe Mesin 4-Langkah, DOHC – 4 Katup
Kapasitas Mesin 149,16 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Diameter X Langkah 57,3 x 57,8 mm
Tipe Tranmisi Manual, 6 kecepatan
Rasio Kompresi 11,3 : 1
Daya Maksimum 12,6 kW (17,1 PS / 9.000 rpm )
Torsi Maksimum 14,4 Nm (1.47 kgf.m / 7.000 rpm )
Tipe Starter Elektric Starter
Tipe Kopling Wet
Sistem Pendingin Mesin Liquid Cooled with Auto FAn
Pola Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5-6

Tipe Rangka Diamond (Truss) Frame
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link)
Ukuran Ban Depan 100/80 – 17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 17 62P(Tubeless)
Rem Depan Cakram Hidrolik
Rem Belakang Cakram Hidrolik

Panjang X Lebar X Tinggi 1.983 x 694 x 1.038 mm
Tinggi Tempat Duduk 787 mm
Jarak Sumbu Roda 1.311 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 166 mm
Curb Weight 135 kg

Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas 1,1 Liter
ipe Baterai Atau Aki MF Wet 12V 5Ah
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!