iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…..merah putih berhasil mempertahankan piala ARRC AP250. Balap Asia Road Racing Championship yang selalu dimenangkan oleh Thailand ini direbut pasukan Indonesia lewat Astra Honda Racing Team. Bahkan tahun ini pun tidak mampu direbut Anupab Sarmoon (Yamaha Thailand) yang sebelumnya menjadi juara bertahan (tahun 2016). Rheza Danica dan Mario SA mendominasi balapan ARRC AP250 2018. Herannya kondisi puncak tersebut kemungkinan akan sedikit terganggu dimasa depan karena muncul wacana untuk oprek regulasi dengan penggunaan single ECU dikelas ini. Hhmm….koq jadi aneh yo cak, kayak motor prototype wae euy…

Isu wacana single ECU dikelas ARRC AP250 muncul disekitar paddock ARRC Sentul kemarin lusa. Wacana ini konon sedang digodok dengan alasan untuk membuat balapan lebih seimbang. Wacana single ECU yang disuarakan dimasa depan ini muncul ketika Rheza Danica dipastikan sudah mengunci gelar Juara Asia dimusim 2018. Praktis pasukan AHRT-Honda CBR250RR tidak terpatahkan sejak 2017 hingga 2018. Fakta yang sebenarnya tidak mengejutkan. Kenapa ?

Sebab dari sisi manapun CBR250RR memang diatas rata-rata baik fitur, handling ataupun power. Sebagai motor yang diracik dengan filosofi ” Total control…” IWB harus akui CBR250RR adalah paket komplit yang digarap dengan racing oriented. Nggak heran cukup sulit bagi para lawan mereka jabanin ketangguhan CBR250RR diatas lintasan. Yang menjadi masalah saat ini adalah…pengembangan motor fairing versi produksi masal kedua pabrikan beda filosofi. Sport fairing tapi touring bike purpose….

iklan iwb

Disisi lain pengembangan sepertinya sudah mentok jika dengan produk yang sudah ada sekarang. Kecuali Ninja yang bisa terus berkembang karena mengusung mesin baru. Ironisnya Yamaha yang menjadi raja dikelas seperempat liter dimasa lalu kehilangan tahta dan direbut pasukan AHRT sejak 2016, justru memutuskan tetap menggunakan mesin lawas pada new R25 MY2019. Keputusan yang tentu saja tidak menguntungkan kiprah mereka diajang balap Asia 250cc karena bagaimanapun potensi engine motor ini sudah mentok. Lawong mesin 2014….bisa jabanin CBR250RR wae wis juozzz kuwiii…

Nahh kembali ke soal ARRC AP250…dari sinilah IWB tergelitik, kenapa harus menggunakan single ECU jika kompetisi melibatkan motor produksi masal bukan prototype seperti Motogp? justru dengan menggunakan ECU pabrikan bisa menjadi representatif real produk tersebut. IWB berharap pabrikan akan berlomba-lomba memberikan yang terbaik untuk produk masalnya. Yah…mirip WSBK atau WSSP300 cak. Mengembangkan produk terbaik yang dijual kepasar dengan power mumpuni supaya saat kompetisi makin juozzz….

Yang menjadi masalah, dari beberapa interview IWB dengan para mekanik AHRT, ECU Honda CBR250RR memang lebih lengkap dan canggih dibandingkan lainnya. Dengan hadirnya perangkat elektronik Riding Mode serta Throttle by wire, mekanik dipastikan lebih fleksibel dalam menyeting motor untuk mendapatkan profile sesuai karakter sirkuit. Semua jadi lebih presisi serta cerdas. So….IWB nggak tahu, apakah wacana single ECU ada hubungannya dengan dominasi CBR250RR yang tak terpatahkan selama 2 tahun berturut-turut atau hanya faktor kebetulan ? nggak paham cak. Apalagi semua masih sebatas isu diarea paddock. Tapi sebagai orang awam, tentu sulit untuk membuang pikiran kesana mengingat ide yang dikeluarkan terasa tidak masuk akal. Single ECU kayak Motogp disaat kompetisi balapan disebut Asia Production (AP) 250 alias motor produksi masal ?

Last…berikan best produk untuk masspro product supaya memberikan impact pada performa diajang balap. IWB takut justru dengan tindakan tersebut akan membuat pabrikan enggan all out dalam berkompetisi menelurkan produk terbaiknya dipasar. Cukup dengan menciptakan image kencang diarena balap bukan versi masspro, wis cukup. Lak yo sobek. Btw…semua memang masih wacana yang belum tentu naik level menjadi confirmed. So…kita lihat saja perkembangan selanjutnya. Nah…kalau sampeyan sendiri piye cak, setuju nggak dengan adanya penyeragaman ECU dibalap ARRC AP250 ?? monggo berikan opininya…..(iwb)

 

265 COMMENTS

  1. Andalan FBY “Kipas2 Dollar, Kualitas Ekspor, Laku di Eropa, bla bla bla….”. Padahal Yamaha digebukin Honda sampe bonyok gak bersisa di ARRC. Mau lihat fakta di MOTOGP lebih mengenaskan lagi dimana sejak Assen 2017 sama sekali puasa kemenangan. Yamaha “SEMAKIN DI DEPAK”.

  2. Mo pake single ECU ato apalah, sy kira nggak ngaruh ke penjualan. CBR250 menang 2 thn brturut2, tp nyatanya jg ndak bisa mendongkrak penjualan.
    Penjualannya masih kalah dibanding ninja 250.

  3. Dan yg legend soal koar2 oprek regulasi adalah ymha. Team yg satu ini di motogp saja sudah gak bisa mandiri(butuh rossi) rajin koar2 soal regulasi. Team yg paling bikin muak, selalu saja pengen data, pengen kesimbangan, skrg lagi ngerasain karma di motogp. Tanpa rossi ancur. makanya pakai pamor rossi biar bisa oprek2 regulasi. Akui saja kalo memang gak setara honda-ducati, gak usah bermain pakek pamor rossi.

  4. Yang harus dioprek bukan regulsasi soal ECUnya wak tapi mental dan otak para FBY yg mesti dioprek biar gak pecundang n tolol lagi…kebangeten tolol n gobloknya FBY dapat dilihat dari komen2nya…

    • wkwkwk gak salah tong?
      liat aja sales2 mu yang bacot tanpa mikir,,
      kasian tuh jatah nasi bungkusnya gak dapet

    • Salam 150cc DOHC meledug di tanjakan conggg…
      Suruh sembahanmu belajar bikin mesin lg gihhh…
      Wkwkwkwkwkwk

  5. nak kalah ki yo mbok berusaha nyetting mesin ben menang, ora kok malah nyetting regulasi. dasar yahomo.. yahomo.. ckckckck

  6. Terbukti Cebong 250 yg terbaik dikelasnya, gak kaya pabrikan geng ijo yg menang tongkrongan doank opppssss
    Real motor sport , bukan sport touring haha

  7. Kasian gua sama paidi, di artikel ini keliatan tololnya hahahaha. Malah fbyek gaada yg bantuin lagi wkwkwkwk

  8. sales mahonda mana tahu, kalo si rcv menang karna ada regulasi single ecu?
    emang bener si fbh ini kumpulan orang dungu wkwkwwk
    belum lagi pembalapnya si markues ,, pembalap kampungan ,otak bocah

    • Padahal sebelum aturan singel ECU Honda menang 12 seri berturut2 lho (2014)

      Setelah ada aturan single ECU gelar juara jatuh ke tangan Yamaha (2015)

      Klo lihat fakta spt itu siapa yg diuntungkan bro?

    • Ngeeekkkkkkkk…
      justru kl pake ECU masing2… tuh sembahanmu udah bonyok diinjak-injak Honda. Wong Ducati aja baru bisa bersaing lagi dgn Honda setelah ECU-nya dilarang pake.
      Tolollll…!!!

    • Waduuuuuh … Ternyata begini toh wawasan beyek, pantes gak pinter n kalahan mulu. Coba gih baca2 sejarah jamannya aturan ecu tunggal. Gara2 aturan itu honda jadi dipaksa mundur teknologinya 10 tahun ke blkg. Bikin honda terseok2 tapi akhirnya bisa selesaikan masalah. Fillipo tossi diboyong honda.
      Ducati dah kerjasama magmar dari pertama ikut motogp, jadinya gak begitu masalah. Yamaha songong gak mau ahli dari luar jepang, padahal rossi bolak balik minta ahli magmar.
      Beyek emang nyata tuluuuuuuuuuul

    • Ngmng untuk diri sendiri ya? Ymha tanpa rossi dan embel2 rosai jadi sampah! Yg model begitu dianggap setara ducati-honda? Ngakak!

  9. ECU ganti ngak akan ngaruh. cbr 250rr tetap bakal juaranya. sport racing(bukan sport touring)HP dan torsinya tinggi.

    • Comment:

      Oprex terus sampai Yamaha menang

      Pokoknya regulasi baru bisa diaggap adil klo yang menang itu Yamaha

      Klo Yamaha kalah itu artinya regulasinya belum adil

      Begitu kira2 buku primbon kanzeunx zuraganz

    • Akibat jual motor penuh kepalsuan

      Air ram palsu, deltabox palsu

      gitu kok pengen menang

      ya ngimpiiii

    • menurutkut rangka harus diganti dengan deltabox….biar selaras….nah pertanyaanya hahem bisa bikin gak…..ekkkkkkkk

    • Pistonnya Gimana itu Bang…???

      Ya pasti naek toron laaagh….. Mak slok oselok oselok gituu mbokdheeee

      Wahh…. Asikk itu Banggg…..

      Yo.. iyo jelas to mbokdheeee…

    • Regulasi baru akan dianggap adil klo Yamaha yg menang.

      Contoh Indoprix kelas unggas dan 150 cc

      Yamaha menang terus ga ada yg mewek minta oprex regulasi tuh

  10. Ane tuh pengen banget liat yamimi bikin 150cc DOHC lho..
    Mereka bisa gak sih? Atau jangan2 mmg baru belajar bikin mesin?
    Soalnya yg sempat meledug di tanjakan blum ada gantinya tuh…
    Wkwkwkwkwkwkwk

  11. menurutkut rangka harus diganti dengan deltabox….biar selaras….nah pertanyaanya hahem bisa bikin gak…..ekkkkkkkk

    • Statement konyol apaan?
      Dibanding statemen konyol sembahan ente yg bilang “knalpot ngebul 8000 rpm itu normal”..
      Hellooo…!!! ingat gak itu?
      Wkwkwkwkwkwkwk

    • lebih mapu lagi kalo gak recall malah bikin statement konyol macem petinggi honda,,
      belum lagi salesnya tolol2 modal bacot
      wkwkkw

    • baru usul regulasi ecu aja udah merasa terdzolimi….apalagi usul rangka harus delta box…yimi cetakan tinggal ngambil lah hahem…..ekkkkkkkkk

  12. Gagal paham gw perkara single ECU ini. Lha wong perangkat elektronik tiap2 pabrikan blm tentu sama, colokan & jalur kabel2nya blm tentu sama, kok mau diseragamkan? Klo korslet gimana?

    Sotoy mode: Berserk

  13. menurutku….kalu cuman masalah ecu….hahem mah ences….yang jadi masalah itu jika tralis diganti….dektabox… itu baru hahem klonjotan…..ngah ah ah ahhhhhhh

    • koar bego lagi, cari dolo sana deltabox itu hak paten nya siapa dan knp pabrikan lain tdk bs menggunakan rangka deltabox, belajar lg ya nak,ngahahaha….ngakak gue.

  14. Ga aneh kalau honda menang yang regulasi lah yang ditambah bobot lah…yamaha menang ga ada yg protes…aman…

  15. BERULANG KALI KUKATAKAN !!!!!
    Inilah untungnya merek yg mau berbagi “kekuasaan” pada tanah yg ditumpanginya. Honda beri 50% saham ke astra, jadinya indonesia bisa ikut mutusin urusan teknis produksi. Orang Indonesia minta motor 250 hebat, dikasih. Bahkan hasilnya melebihi ekspektasi, selalu menang balap lagi.
    Lha kalo yg “kipas2 dolar” mah gak bisa apa2. Di sini cuman dijadiin tumpangan produksi. Urusan teknis, dikasih desain mulut nganga ya nurut. Dikasih teknologi alakadarnya ya nurut. Dikasih power kalahan ya nurut. Dikasih ampas ya nurut. Budak banget deh

  16. Comment: mesin boleh ttp,,
    tp coba amati prgntian aerodinamika new R25,,
    fairing baru kec beda 8km/jm dgn old 25
    usd shock jelas beda on track vs old 25
    air scoop mendinginkan radiator+meningkatkan prforma,
    amati best lap cbr250rr vs old R25..beda tipis, dgn 3 prbedaan diatas kyaknya next year bakal imbang.

  17. Malah ada yang bangga bikin motor sport 125 cc, tapi gak bisa beli di sini. Cuma bisa ngowoh nonton ekspor doang

  18. Paitttttttt itu seperti paitttttttdi…..
    Minum racun dikira minum madu…
    Wkwkwkwkwkwkwkkkkkk…
    Sok mleot pun …..malas nongol…jadi lurus dah soknya

  19. Andalan FBY “Kipas2 Dollar, Kualitas Ekspor, Laku di Eropa, bla bla bla….”. Padahal Yamaha digebukin Honda sampe bonyok gak bersisa di ARRC. Mau lihat fakta di MOTOGP lebih mengenaskan lagi dimana sejak Assen 2017 sama sekali puasa kemenangan. Yamaha “SEMAKIN DI DEPAK”.

  20. Mo pake single ECU ato apalah, sy kira nggak ngaruh ke penjualan. CBR250 menang 2 thn brturut2, tp nyatanya jg ndak bisa mendongkrak penjualan.
    Penjualannya masih kalah dibanding ninja 250.

  21. Dan yg legend soal koar2 oprek regulasi adalah ymha. Team yg satu ini di motogp saja sudah gak bisa mandiri(butuh rossi) rajin koar2 soal regulasi. Team yg paling bikin muak, selalu saja pengen data, pengen kesimbangan, skrg lagi ngerasain karma di motogp. Tanpa rossi ancur. makanya pakai pamor rossi biar bisa oprek2 regulasi. Akui saja kalo memang gak setara honda-ducati, gak usah bermain pakek pamor rossi.

  22. Coba kalo penyeragaman ukuran diameter klep pasti bakal merata, soalnya yg kita tau kalo ukuran diameter klep gak sama. Kalo penyeragaman ukuran klep gak bisa ya pembatasan rpm tapi juga gak pengaruh banyak juga sih menurut ane. Pie lek penerawangan sampean. Kalo penyeragaman ECU kayaknya gak sebanding sih, malah gak seru jadinya. Atau solusi lain mungkin ECU yg dipakai wajib yg dijual dipasaran bisa jadi solusi hehehe.

  23. ganti balapannya aja jangan asian production, lucu amat
    .
    bukan memihak tapi coba ditelaah dari dasar dah ini balapan tujuannya apa.

Comments are closed.