iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee….dua hari ini kuping IWB rada pengang mendapatkan banyaknya pertanyaan follower atas keputusan Yamaha tetap mempertahankan spek mesin sekarang. Komentar pedas walau ada juga pujian dengan porsi yang jauh lebih sedikit. IWB tahu, ekspetasi yang cukup tinggi membuat semuanya seperti lunglai cak. Empat tahun menunggu, dengkul rasane amblas ketika melihat sodoran spek dapur pacu. Soal desain sih IWB wis ora kaget karena mental kita sudah siap berdasarkan spyshot awal. Tapi spesifikasi mesin? nahh itulah yang membuat mayoritas followers IWB baik via Instagram, Facebook hingga Youtube channel ngedumel. Pertanyannya…apakah gebrakan Yamaha ini hanya sementara alias adakah agenda khusus dengan kata lain Yamaha masih menyiapkan senjata aslinya ??

Opini liar tersebut muncul disela banyaknya kritik pedas terhadap gebrakan Yamaha pada new R25. Bahkan kalau sampeyan jeli dan sudi nyambangi forum serta website luar, komentar rata-rata sama yakni Yamaha dianggap tidak nggarap new R25 secara maksimal. Desainer seperti kehilangan ide dan tidak serius beda saat mereka nggarap Yamaha new R15VVA yang jauh lebih rupawan. Masalah pertama adalah….bagian tengah kebelakang. Kritik paling kencang berasal dari sana. Banyak yang mengganggap pabrikan garputala kurang jeli dan terkesan bermain aman kalau nggak rada kurang niat mengerjakan perombakan…

Iki yang ngomong bukan IWB lho cak….tapi mayoritas followers IWB dibeberapa kanal sosial media Iwanbanaran baik Instagram, Youtube ataupun warung (monggo baca komen-komen mereka). Kritik pedas mirip saat pertama kali Yamaha new X-Ride, Scorpio-Z ataupun Byson FI datang. Yang juga lumayan mengejutkan adalah minimnya sentuhan dapur pacu. Desain mungkin selera, tapi dengan tidak melakukan apapun pada sisi mesin adalah keputusan yang sulit dimengerti. IWB wae pertama kali melihat spek new R25 sampe ngowoh. Iki tenanan poooo piyeeeee?

iklan iwb

Faktanya demikian. Simpel…disegmen ini semua sudah bermain diangka 39PS (Ninja 250FI dan CBR250RR). Nggak heran IWB sendiri berharap besar Yamaha akan berusaha keras untuk melakukan hal yang sama. Memang tidak mudah untuk mendongkrak tenaga hingga melompat 3PS. Apalagi jika mesin yang disandang notabene merupakan pengembangan era lama. Sebagai informasi mesin R25 dikembangkan diawal 2012 yang akhirnya brojol unitnya ditahun 2014. IWB masih ingat..peluncuran saat itu sekitar bulan Mei 2014 di Danau Toba dengan banderol 53 jutaan. Ternyata sudah 4 tahun berlalu….tidak ada pengembangan signifikan pada new R25. Luar biasa cak….

Mungkin Yamaha harus mengembangkan all new engine jika ingin mengangkat power R25 hingga 39-40PS. Seperti yang dilakukan Kawasaki terhadap Ninin. Sebuah project yang tentu akan menguras cost lumayan besar. Disisi lain market ini makin mengecil plus persaingan yang sangat berat. Dengan tren sport 250cc yang makin turun, ditambah legitnya pasar maxi skuter 250cc…sumber daya total untuk sport 250cc dirasa tidak memiliki urgensi. So…kalkulasi njlimet tersebut disinyalir membuat R25 jadi seperti anak tiri. Kondisi ini berbeda dibandingkan sport 150cc yang masih dipandang gurih dengan penjualan diatas 10 ribuan (gabungan). Sport 250cc? terseok-seok cak. R25 sendiri saat ini hanya terjual 90-100-an unit/bulan nasional…

Last…boleh saja kita masih menggantungkan harapan dengan menganggap Yamaha memiliki hidden agenda dengan peluncuran new R25 yang minim sentuhan dapur pacu. Namun pertanyaan awam timbul, emange yang bener-bener all new kapan lahir? tentu tidak satupun yang bisa menjawab. Tapi diatas semuanya…kita harus tetap berikan apreasiasi Yamaha terhadap new R25 dengan adanya upgrade beberapa komponen seperti USD, speedometer full digital, stang underyoke termasuk triple clamp dll dengan kenaikan banderol yang cukup tipis. Namun kembali lagi…dengan harga yang dipatok diangka 58,6 jutaan (versi standart) juga bukan jalan yang mudah sebab disana bertengger Honda CBR250RR black Freedom yang dijual Honda dikisaran 59 jutaan. Nah…kalau menurut sampeyan sendiri piye cak, apakah sampeyan salah satu bikers yang percaya Yamaha masih ada hidden agenda dengan peluncuran new R25 ? monggo berikan opininya…..(iwb)

Perubahan yang dilakukan Yamaha pada new vs OLD

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!