” Palang model Y tegak CB150R Exmotion….”

Iwanbanaran.com – Selamat pagiii sugeng enjing cakkkk….isuk-isuk IWB wis dibikin cekot-cekot sejak kemarin malam. Lha piye pakde…bau-bau sport misterius Honda kembali tercium. Kendati ditutup super rapat, nyuwun sewu…ilmu kanuragan kabut tunggal nggak bisa dibendung. Nggak akan IWB beberkan blak-blakan, namun yang jelas IWB menemukan part misterius yang lumayang membingungkan. Kenapa ? sebab salah satu part mirip dengan Honda CB150R Exmotion. Inikah Honda new CBR150R ???

Honda CB150R sudah sukses dirilis ditanah air. Generasi ketiga yang mendapatkan sentuhan kecil dengan tetap mempertahankan model gen kedua. IMHO tindakan tepat karena desain ini memang sudah cakep. Sedang CBR150R ? sekilas lihat lelakon motor ini….Honda dalam sejarahnya memang lumayan unik karena mereka selalu melakukan penetrasi produk dari CBU yang kemudian dilokalkan. Seperti halnya Honda CBR150R saat itu PT AHM mendapatkan tekanan dengan kehadiran Yamaha R15….

Mendatangkan CBR150R dari Thailand motor dibandrol cukup tinggi yakni 38 jutaan. Sementara R15 yang sudah di racik lokal hanya dijual di angka 28 jutaan. Tentu saja kehadirannya menampar eksistensi CBR150R versi Thailand. Jomplang cak… bandrol terpaut cukup jauh membuat CBR150R CBU seperti stagnan di tengah jalan. Sebaliknya Yamaha R15  pelan namun pasti menunjukkan tren positif. Lumayan cak. Alhasil Honda mulai menunjukkan keinginan untuk melokalkan CBR150R. Mengusung Project K45A saat itu….lahirlah CBR150R versi lokal generasi pertama..

Namun ternyata generasi ini hanyalah mampir sebentar karena diam-diam Honda sudah meracik CBR150R generasi kedua. 2nd gen ini melompat jauh dari generasi pertama soal desain. Mengusung kode project K45G… motor sport fairing Honda ini pun sukses berat. Penjualan Laris manis dan tetap kokoh Kendati Yamaha merilis generasi terbaru R15 dengan segudang fitur. Desain yang enak dilihat serta posisi riding yang sangat nyaman untuk ukuran motor sport fairing membuat CBR150R tetap menjadi idola….

Pada titik ini harus kita akui bahwa secara fitur CBR150R cukup jauh dibandingkan dengan Yamaha new R15. Khususnya perkara suspensi dimana kompetitor sudah menggunakan model USD (upside down). Termasuk model swing arm atau lengan Ayun. Honda CBR150R tetap dipercayakan dengan model kotak bukan banana seperti halnya Yamaha R15. Namun hal ini tidak membuat bikers Lantas meninggalkan CBR150R. Justru penjualan perbulan motor ini selalu di atas kompetitor. Namun life cycle harus tetap ada…

Yup…itulah yang sedang IWB tangkap saat ini. Umur 3 tahun memang sudah waktunya direfresh. Sayang semua terasa samar dan sulit tapi untungnya tetap berpola. Betul cak, IWB dibuat terkejut karena menemukan trial komponen misterius dan mengarah pada varian new sport yang diduga CBR150R. Contohnya adalah pelk. Saat pertama kali menerawang, IWB menemukan adanya pelk dengan shape pole sangat mirip dengan Honda CB150R Exmotion sedang trial di vendor Indonesia. Palang lima dengan desain Y. Beda dengan current CBR150R yang identik dengan CB150R dimana Y nya sedikit miring…Y yang IWB temukan ini tegak banget. Wiss pokoke identik dengan CB Exmotion cak (terlampir). Inilah yang membuat IWB bingung. Atau jangan-jangan AHM memang sedang nyiapin model Exmotion buat pasar tanah air?

Emboh….soalnya serba samar dan proteksinya ampun jabang bajul ketat tenan. Semua hanya bisa dijabarin dengan kata-kata cak…tapi tidak untuk gambar. Jika untuk Exmotion IWB juga masih ragu. Kenapa ? karena pelk bentuk shape ala CB150 Exmotion ini warna pelknya dilabur orange Repsol. Mosok CB150R Exmotion dilabur Repsol, hayooo opo ora mumet jal. Saat IWB kerahkan ilmu lebih dalam…IWB hanya bisa menangkap kode project K**Y, angka ditengah beda dari CBR150R. Makin bingung. Dari sini IWB kembali ragu karena CBR150R dalam sejarahnya selalu menggunakan kode K45 baik A atau G. Sedang ini bukan cak. Artinya memang masih misterius dan perlu kita tunggu beberapa saat lagi biar gamblang….

Last….yang mengejutkan seluruh komponen yang IWB temukan bisa dibilang masuk pre produksi masal yang ini artinya siap dilempar kepasar. Sayang…sulitnya minta ampun untuk melakukan pengecekan silang. Rapinya proteksi Honda tidak lepas dari ketatnya peraturan yang diberlakukan pada seluruh vendor mereka. Jika dulu masih bebas membawa HP masuk lingkungan project dan hanya ditutup stiker dibagian kamera, sekarang kelasnya wis sita dan kudu masuk loker. Itulah kenapa bocoran bener-bener minim. Tapi seketat apapun, IWB masih berusaha keras menggunakan ilmu njengking mlumah murep untuk mendapatkan satu dua titik ceceran informasi agar sampeyan nggak terlalu ketinggalan. Dan IWB pastikan pada artikel ini Honda memiliki project baru yang sedang berjalan dengan kode K**Y dengan dugaan sementara adalah Honda new CBR150R facelift. So…tunggu dan pantau terus update info dari diwarung ini. Honda ? Jiannn bener-bener misterius rekkkkkk (iwb)

” Bentuk pelk CB150R Exmotion….”
” Bentuk palang pelk CBR150R…”
Advertisements