iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Atap tercabik. Tembok-tembok retak dan motor berserakan seperti dadu dilempar dari tangan. Suzuki NEX II yang berjejer rapi roboh dan bahkan sebuah GSX-R150 warna black Predator tampak tersungkur berdebu tanpa satu orangpun yang perduli. Semua penduduk Palu yang masih hidup sekarang hanya memikirkan bagaimana bisa menemukan sanak saudaranya yang kini tidak diketahui posisinya. Dealer Suzuki ini menjadi saksi betapa dahsyatnya gempa Palu !

Foto dramatis ini diambil disebuah dealer Suzuki Sinar Galesong Mandiri Palu. Gempa berkekuatan hingga 7,4SR mengguncang Donggala dan Palu Sulawesi Tengah membuat dealer sudah tidak terurus ditinggal pemiliknya. Hingga berita ini diturunkan tercatat sudah lebih dari 900 orang meninggal dunia karena terhantam gelombang, terseret arus lumpur ataupun tertimpa reruntuhan bangunan. Yang cukup menyedihkan lagi….ternyata masih banyak korban dibawah reruntuhan hidup namun tidak juga mendapatkan pertolongan karena nihilnya alat berat….

Yup, betul cak…saat IWB di Makassar kemarin….obrolan teman-teman disana mengatakan korban yang masih dibawah reruntuhan berusaha menyalakan lampu HP dengan harapan penolong tahu lokasi dan segera dievakuasi. Teriakan minta tolong lirih terdengar dari bawah reruntuhan. Sebuah harapan yang tinggal hanya harapan sebab besarnya korban tidak seimbang dengan tim penyelamat yang seperti tidak mampu berbuat banyak. ” Akses semua putus mz. Makanya nggak bisa ngapa-ngapain..” seru cak Zan HC3 Makassar saat ngobrol dengan IWB. Duhhhh gek kepriyeeee…

Yang menggembirakan, TNI sudah mengerahkan pesawat Hercules untuk membawa alat-alat berat kemarin. Setidaknya sudah ada harapan bakal datang peralatan untuk mengangkat puing-puing dengan fokus terbesar mencari korban yang masih hidup. Air bersih dan makanan menjadi kendala terbesar teman-teman di Palu yang didera bencana. Entahlah…ada apa dengan negeri ini cak. Bencana seakan tidak pernah berhenti dan datang silih berganti. Setelah Lombok kini teman-teman kita di Palu mengalami bencana tidak kalah dahsyat. Bahkan dibanding Lombok, korban Jiwa di Palu termasuk paling menyedihkan….

Dari data beberapa media, tercatat korban meninggal sudah tembus diatas 900 jiwa dan terbuka terus bertambah karena masih banyak korban yang berada dibawah reruntuhan. Masifnya korban memang masih menjadi perdebatan. Dari beberapa media luar mereka fokus pada minimnya peringatan Tsunami saat bakal menghantam Palu. BMKG sempat mengeluarkan warning Tsunami namun setelah itu dicabut. Itulah yang membuat korban jiwa luar biasa besar karena tanpa ada bunyi sirene sama sekali. Prediksi korban bisa tembus diatas 1000 karena pencarian terus dilakukan. Yang membuat IWB rada mengerutkan dahi adalah komentar dari Ilmuwan asing asal Amerika…

Jason Patton, seorang ahli geofisika yang bekerja di perusahaan konsultan Temblor, dan mengajar di Humboldt State University di California cukup heran dengan besarnya Tsunami karena jika melihat profile gempa seharusnya Tsunami tidak sebesar diPalu kemarin yang mencapai 5-6 meter. ” Kami memang menduga ada potensi tsunami, tapi tidak pernah membayangkan sebesar itu. Kita mungkin menemukan hal-hal yang belum pernah kami amati sebelumnya (dari bencana Palu)..” serunya Via liputan6…

Menurutnya gempa yang terjadi di Palu dan Donggala pada hari Jumat disebut strike-slip, di mana gerakan bumi sebagian besar horizontal. Gerakan semacam itu biasanya tidak akan menciptakan tsunami. Tapi itulah kuasa Allah SWT cak. Jika sang khalik sudah berkehendak…apapun bisa terjadi. Mungkin bencana ini sebagai teguran kita semua untuk selalu eling dan tidak hanya memikirkan duniawi semata. Baik kita sebagai masyarakat ataupun para elit politik yang sekarang seakan saling cakar hanya untuk kekuasaan duniawi semata. Miris tenan. Doa kita, semoga teman-teman di Palu diberikan ketabahan dan bencana ini adalah yang terakhirnya kalinya dinegeri tercinta ini. #PrayforPalu, Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji’un…..(iwb)

https://www.youtube.com/watch?v=3RNccCeXzYE

iklan iwb
Previous articleKomunitas Honda Malang Bersih – Bersih Pantai Kondang Merak
Next articleHonda CRF150L warna baru 2019 sudah tiba di Boyolali, emang ganteng pakdee !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

66 COMMENTS

    • Air sumur pasti pada keruh tuhh…. Atau malah mampet airnya. Jadi yg ga jadi korban akan kesulitan air. Gempa jogja saja ada yg tiba-tiba kering sumurnya.

  1. ….bumi gonjang ganjing….langit kelap kelap….mugo samsoyo eling lan terus insyaf soko tumindak durjono…sejatine kui pepling saking …Gusti Kang Akaryo Jagad….semoga sodara ku di sana tetap tabah dan kuat dalam menjalani cobaan ini…amin

    • Aamiin… Suwun umm Paid sampun ngelingaken… Mila mekaten.
      Sejatosipun boten wonten musibah menopo malih bencana. Sedaya wau fitrah… Batin kulo panjenengan sedoyo kemawon ingkang boten narimo lan nyebat kedadeyan prastowo wau musibah.

  2. Untuk itu mari perbanyak amalan kebaikan. Gempa di mana mana itu juga mengingatkan hidup kita untuk tetap berada di jalan yang benar

    • Waspada Ancaman MEGATHRUST di pulau Jawa masbrodab…… Hari ini lombok gempa tiga kali dgn kekuatan 7 SR. Klo rangkaian gerak lempengan ini terus terjadi MEGATHRUST pulau jawa kemungkinan besar akan terjadi.
      Bukan nakutin brodab sekalian. Meski saya dewe juga takut.
      Siapkan tas utk simpan surat2 penting. N keperluan darurat. Banyak doa masbrodab!!

    • Lombok dalam sehari ini sudah dilanda Gempa sebanyak 3x dengan kekuatan 6,5 – 6,0 – 7,0 SR jika Gempa berkelanjutan hingga besok maka perkiraan BMKG mengenai MEGATHRUST Pulau Jawa sangat mungkin terjadi khsusnya Jakarta yg diperkirakan besarnya mencapai 8,9SR.
      Hati2…selalu waspada, siapkan surat2 dan segala yg penting dalam satu tas…bila terjadi gempa segera keluar dari bangunan kearah lapangan, kalau gak sempat lgsg diem dibawah meja..

      Hari ini :
      Gempa hawai 8.2
      Gempa jepang di Fiji 8.2
      Gempa jepang 6.4
      Gempa Lombok 7.0
      Smuanya hari ini..

      Ring of Fire
      Lempeng bergerak efek domino..muterrrrr seluruh penjuru dunia
      #TerusBerdoa!!!

      Peneliti Asing Prediksi Indonesia Bisa Dilanda Gempa Maha Dahsyat Sampai 9,5 SR! $$$$$://m.wartaekonomi.co.id/berita150014/peneliti-asing-prediksi-indonesia-bisa-dilanda-gempa-maha-dahsyat-sampai-95-sr.html

    • Tau gua susahnya itu org disana..
      Owe org sumatera bagian utara juga perna ngerasainnya, sumatera lagi doyan gempa..+ rawan tsunami..

      Tapi penjarahannya tu bikin miris di sana.. Kalo makanan ya bisa di maklumin.. (lht di untup toko elektronik, ada yg ambil tv dll) toko sparepart ambil ban dll.. Beda dgn kami di sumatera..pas kenak tsunami.. Emas di mayat korban aja bnyak yg kami temukan, utk di ambil gk ada niat sama sekali..terakir mayat di kubur dgn emas emasnya… Sama sama susah jgn lah kita menjarah hartanya sodara.

    • Heii bro ooncom…. Gue dah ready nehhh…. Kardus aqua dah gue tempelin print out peduli gempa nehhh…. Bentar lagi meluncur dari lamer ke lamer yg laen…. Mayan bro minimal bisa mapuluh rebu…. Nasi rendang es teh plus rokok bro… Mantab Jiwa Goyang Lidah Gizi Terjamin bro…..

    • Air sumur pasti pada keruh tuhh…. Atau malah mampet airnya. Jadi yg ga jadi korban akan kesulitan air. Gempa jogja saja ada yg tiba-tiba kering sumurnya.

  3. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun….

    Qadarullah wa masya’a fa’al…..
    Semoga Allah Azza wa Jala berikan “teguran” yang tidak besar lagi….

    Back to Allah Azza wa Jala and sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

  4. ….bumi gonjang ganjing….langit kelap kelap….mugo samsoyo eling lan terus insyaf soko tumindak durjono…sejatine kui pepling saking …Gusti Kang Akaryo Jagad….semoga sodara ku di sana tetap tabah dan kuat dalam menjalani cobaan ini…amin

    • Aamiin… Suwun umm Paid sampun ngelingaken… Mila mekaten.
      Sejatosipun boten wonten musibah menopo malih bencana. Sedaya wau fitrah… Batin kulo panjenengan sedoyo kemawon ingkang boten narimo lan nyebat kedadeyan prastowo wau musibah.

  5. Indonesia itu berada di ring of fire alias supermarket gempa.
    Siap2 aja dengan yg namanya gunung meletus, gempa bakalan terus ada di indonesia. Ga bakal ada habisnya.
    Kita cuma lebih bersiap diri. Alat peringatan tsunami ya jangan dicolong batrenya. Itu yg nyolong, dosanya gede banget terhadap korban di palu.

    Buat relawan ati2 aja. Dipalu sekarang hukum rimba berlaku. Banyak yg manfaatin buat merampok, menjarah. Temen yg jadi relawan dipalu kemarin cerita, temennya dia 3 truk barang donasi disikat, drivernya tinggal baju aja yg tersisa. Yermasuk dompet,hp dan truknya disikat

  6. Lombok dalam sehari ini sudah dilanda Gempa sebanyak 3x dengan kekuatan 6,5 – 6,0 – 7,0 SR jika Gempa berkelanjutan hingga besok maka perkiraan BMKG mengenai MEGATHRUST Pulau Jawa sangat mungkin terjadi khsusnya Jakarta yg diperkirakan besarnya mencapai 8,9SR.
    Hati2…selalu waspada, siapkan surat2 dan segala yg penting dalam satu tas…bila terjadi gempa segera keluar dari bangunan kearah lapangan, kalau gak sempat lgsg diem dibawah meja..

    Hari ini :
    Gempa hawai 8.2
    Gempa jepang di Fiji 8.2
    Gempa jepang 6.4
    Gempa Lombok 7.0
    Smuanya hari ini..

    Ring of Fire
    Lempeng bergerak efek domino..muterrrrr seluruh penjuru dunia
    #TerusBerdoa!!!

    Peneliti Asing Prediksi Indonesia Bisa Dilanda Gempa Maha Dahsyat Sampai 9,5 SR!

    Buat yg lg d pulau jawa atau ada keluarga di jawa..
    PERBANYAK DO’A…TETAP WASPADA…

    Lempeng Jawa Terus Bergerak, LIPI Ingatkan Potensi Gempa

    LIPI mewaspadai akan terjadinya gempa dengan kekuatan skala besar khususnya di Pulau Jawa beberapa waktu ke depan. Hal ini akibat meningkatnya aktifitas seismik dengan seringnya terjadi subduksi atau pergerakan lempeng selatan mulai dari Selat Sunda hingga timur Pulau Jawa.

    Untuk Masyarakat di Kawasan Bandung Utara dan Jakarta.
    Waspadai gempa di wilayah Kawasan Bandung Utara dan Jakarta.
    Kita tidak pernah mengetahui kapan terjadi pergeseran lempeng sesar Lembang dan sesar Cimandiri.

    Siapkan di 1 tas besar sebaiknya ransel
    1. Surat penting
    – Senter dan Baterai Cadangan
    – Alat masak darurat (kompor lapangan, misting/tranggia, tabung gas kecil dan lainnya
    – Handuk dan peralatan mandi
    – Pakaian dalam tissue basah.
    – Sleeping bag/selimut
    – Jaket dan masker
    – Biskuit
    – Gula Aren
    – Penyuling air bersih dan Galon ukuran 2 – liter air
    – Peralatan medis pribadi anak dan keluarga
    – Peluit
    – Dan sebagainya yg dianggap penting

    Simpan dalam 1 tas yang mudah di jangkau jika tiba – tiba terjadi gempa.
    Siaga dan Waspada.
    Latihlah anak batita dan balita dan para sahabat difabel cara menyelamatkan diri dari gempa dalam bentuk permainan dan simulasi secara berkala.

    Semoga kita sekeluarga selalu dalam lindungan Tuhan. Amin. ?

  7. Semoga saudara kita yang berada si donggala, palu dan lombok diberi kekuatan yang lebih dan diberi ketabahan yang lebih pula dalam kejadian bencana alam ini.

    inilah salah satu peringatan dari Sang Maha Kuasa, perbanyak amal dan ibadah jangan terus dimasukkan dalam politik. Karena sesungguhnya Allah Murka dengan Para Elit politik yang memainkan agama

    wallahu alam

  8. Turut berduka cita atas bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, semoga tidak ada lagi bencana di negeri ini, Semoga saudara2 kita di Palu bs melawati semua ini dengan sabar dan ikhlas, semoga korban yg belum ditemukan bs bertahan dan bs ditemukan dan kembali ke keluarga dengan selamat dan korban meninggal mendapat ampunan dan surga disisi Tuhan Yang maha kuasa.. Aamin YRA

  9. Hanya artikel yang seperti ini yang bersih dari para fans boy yang saling cakar cakaran…semoga saudara kita di sulawesi diberi ketabahan dan semoga kita dilindungi dari bencana, Aaminn

  10. Ga berarti lagi apa itu design. Tapi mungkin pecinta speed bisa lolos dari peristiwa kek gini. Wallahu a’lam bishawab

  11. Untuk itu mari perbanyak amalan kebaikan. Gempa di mana mana itu juga mengingatkan hidup kita untuk tetap berada di jalan yang benar

  12. Kebiasaan org sini tu klo ad musibah lngsng bnyk yg muncul prihatin2,,minta2sumbangan&mendadak ngmngin Tuhan…klo g ad musibah pd ngapain ajeee????

  13. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun….

    Qadarullah wa masya’a fa’al…..
    Semoga Allah Azza wa Jala berikan “teguran” yang tidak besar lagi….

    Back to Allah Azza wa Jala and sunnah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

  14. Semoga saudara kita yang berada si donggala, palu dan lombok diberi kekuatan yang lebih dan diberi ketabahan yang lebih pula dalam kejadian bencana alam ini.

    inilah salah satu peringatan dari Sang Maha Kuasa, perbanyak amal dan ibadah jangan terus dimasukkan dalam politik. Karena sesungguhnya Allah Murka dengan Para Elit politik yang memainkan agama

    wallahu alam

  15. gak kebayang kalau turun Dukhon (kabut asap) gimana kepanikan yang terjadi….. satu bumi gelap gulita selama 40 hari 40 malam…. teknologi punah…. listrik punah….. setelah dukhon selesai langsung disambung kemarau panjang selama 3 th berturut2…. makanan gak ada…. minuman gak ada…. sesama tetangga bisa berebut makanan….

  16. Kebiasaan org sini tu klo ad musibah lngsng bnyk yg muncul prihatin2,,minta2sumbangan&mendadak ngmngin Tuhan…klo g ad musibah pd ngapain ajeee????

  17. innalillahi wa inna illaihi rodzi’un.. smoga kluarga yg jd korban diberi kesabaran dan ketabahan menerima cobaan , turut belasungkawa yg sedalam-dalam nya…

  18. innalillahi wainnaillahi rajiun.. semoga di berikan keihlasan dan kesabaran.. dan semoga bencana ini yg terakhir kalinya di negara tercinta ini aamiin allahumma aamiin.

  19. gak kebayang kalau turun Dukhon (kabut asap) gimana kepanikan yang terjadi….. satu bumi gelap gulita selama 40 hari 40 malam…. teknologi punah…. listrik punah….. setelah dukhon selesai langsung disambung kemarau panjang selama 3 th berturut2…. makanan gak ada…. minuman gak ada…. sesama tetangga bisa berebut makanan….

  20. Gempa jogja 2006 wae ngerih kang. Sy bs jg merasakan rumah rata tanah. Semoga ini menjadi momentum kita taubat terlebih eling pada pemimpin yg dzalim. Amin
    #2019gantipit

  21. innalillahi wa inna illaihi rodzi’un.. smoga kluarga yg jd korban diberi kesabaran dan ketabahan menerima cobaan , turut belasungkawa yg sedalam-dalam nya…

  22. Turut berduka cita atas bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, semoga tidak ada lagi bencana di negeri ini, Semoga saudara2 kita di Palu bs melawati semua ini dengan sabar dan ikhlas, semoga korban yg belum ditemukan bs bertahan dan bs ditemukan dan kembali ke keluarga dengan selamat dan korban meninggal mendapat ampunan dan surga disisi Tuhan Yang maha kuasa.. Aamin YRA

  23. Indonesia itu berada di ring of fire alias supermarket gempa.
    Siap2 aja dengan yg namanya gunung meletus, gempa bakalan terus ada di indonesia. Ga bakal ada habisnya.
    Kita cuma lebih bersiap diri. Alat peringatan tsunami ya jangan dicolong batrenya. Itu yg nyolong, dosanya gede banget terhadap korban di palu.

    Buat relawan ati2 aja. Dipalu sekarang hukum rimba berlaku. Banyak yg manfaatin buat merampok, menjarah. Temen yg jadi relawan dipalu kemarin cerita, temennya dia 3 truk barang donasi disikat, drivernya tinggal baju aja yg tersisa. Yermasuk dompet,hp dan truknya disikat

  24. Hanya artikel yang seperti ini yang bersih dari para fans boy yang saling cakar cakaran…semoga saudara kita di sulawesi diberi ketabahan dan semoga kita dilindungi dari bencana, Aaminn

  25. Ga berarti lagi apa itu design. Tapi mungkin pecinta speed bisa lolos dari peristiwa kek gini. Wallahu a’lam bishawab

  26. innalillahi wainnaillahi rajiun.. semoga di berikan keihlasan dan kesabaran.. dan semoga bencana ini yg terakhir kalinya di negara tercinta ini aamiin allahumma aamiin.

  27. Gempa jogja 2006 wae ngerih kang. Sy bs jg merasakan rumah rata tanah. Semoga ini menjadi momentum kita taubat terlebih eling pada pemimpin yg dzalim. Amin
    #2019gantipit

    • Tau gua susahnya itu org disana..
      Owe org sumatera bagian utara juga perna ngerasainnya, sumatera lagi doyan gempa..+ rawan tsunami..

      Tapi penjarahannya tu bikin miris di sana.. Kalo makanan ya bisa di maklumin.. (lht di untup toko elektronik, ada yg ambil tv dll) toko sparepart ambil ban dll.. Beda dgn kami di sumatera..pas kenak tsunami.. Emas di mayat korban aja bnyak yg kami temukan, utk di ambil gk ada niat sama sekali..terakir mayat di kubur dgn emas emasnya… Sama sama susah jgn lah kita menjarah hartanya sodara.

    • Heii bro ooncom…. Gue dah ready nehhh…. Kardus aqua dah gue tempelin print out peduli gempa nehhh…. Bentar lagi meluncur dari lamer ke lamer yg laen…. Mayan bro minimal bisa mapuluh rebu…. Nasi rendang es teh plus rokok bro… Mantab Jiwa Goyang Lidah Gizi Terjamin bro…..

    • Waspada Ancaman MEGATHRUST di pulau Jawa masbrodab…… Hari ini lombok gempa tiga kali dgn kekuatan 7 SR. Klo rangkaian gerak lempengan ini terus terjadi MEGATHRUST pulau jawa kemungkinan besar akan terjadi.
      Bukan nakutin brodab sekalian. Meski saya dewe juga takut.
      Siapkan tas utk simpan surat2 penting. N keperluan darurat. Banyak doa masbrodab!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here