iklan iwb

Iwanbanaran.com – Tertegun cak….IWB lumayan termenung ketika Yamaha resmi meluncurkan Yamaha all new YZF R125. Sebuah desain yang IWB anggap legend karena disanalah gambaran desainer Yamaha berhasil membuat mata siapapun terpana. Setiap jengkal lekuk tubuhnya menjadi bahan inspirasi bagi seluruh modifikator lokal. Tidak berlebihan karena memang nyaris perfect. Namun sayang, desain indahnya yang legend tersebut harus digeser dengan sosok baru yang ternyata identik dengan Yamaha new R15 V3. Sebuah keputusan yang kembali membuat IWB tertegun…..sayang sekali…

Secara resmi beberapa jam yang lalu Yamaha Eropa merilis generasi terbaru Yamaha new R125. Sport fairing low entry Eropa ini akhirnya mendapatkan sentuhan setelah hampir satu dekade lamanya bentuk desainnya bertahan cukup lama. Maklum cak…desain legendarisnya adalah garapan tahun 2007 yang kemudian hanya mendapatkan beberapa sentuhan minor seperti headlamp pada tahun 2014. Kendati demikian desainnya yang everlasting dan tetap ganteng seperti tidak lekang oleh waktu. Tapi jaman terus berputar…

Akhirnya perhari ini Yamaha Eropa mengumumkan peluncuran Yamaha all new R125. Sebuah revisi besar-besaran dari mesin dan desain. Untuk mesin YZF R125 sudah dibekali dengan variable valve actuation (VVA) termasuk swing arm yang memang baru. Mesin baru ini membuat?Yamaha all new YZF R125 mampu memuntahkan tenaga hingga 14,7HP….jelas not bad at all. Tapi IWB sedikit mengerutkan dahi ketika spek yang diumbar menyebut bobot?Yamaha all new YZF R125 ini mencapai 142kg, waahhh…lumayan juga cak. Pasti ngaruh di PWR-nya neh….

iklan iwb

IWB nggak mengatakan desain sekarang buruk…tidak cak. Tapi desain yang sebenarnya nyomot dari all new R15 ditanah air secara mentah-mentah memang membuat identitas?Yamaha YZF R125 seperti hilang. Auranya yang berkelas, elegan serta angker seperti tenggelam oleh desain sekarang. Kenapa ? karena jujur IWB lebih menyukai versi sebelumnya dibandingkan nyomot dari R15. Differensiasi yang dilakukan Yamaha dimasa lalu sudah tepat untuk desain 125…150 dan 250cc. Sedang sekarang? 125 dan 150cc sama plek. Sayang tenan….

Last….Yamaha all new YZF R125 saat masih belum diumumkan berapa banderol yang akan dipasang Yamaha. Termasuk kapan motor ini siap didealer….harus kita tunggu cak. Sebagai gambaran komparasi, berikut mega gallery Yamaha all new R125 yang bisa dibilang kembarannya R15V3 (hanya beda kubikasi) vs old gen dari sang fairing. Nahhh…kalau sampeyan demen mana cak? monggo berikan opininya.?Selamat tinggal “the legend” desain !!! (iwb)

New YZF R125 MY2019

Old Yamaha YZF R125

2019 Brand model spec

Price TBA
Expected in dealers TBA
Power 14.7bhp (11kW) @ 9,000rpm
Torque 9.1lb-ft (12.4Nm) @ 8,000rpm
Tank size 11 litres
Seat height 825mm
Wet weight 142kg
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!