iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeee….pasar enduro trail memang legit. Nggak heran Yamaha selaku pabrikan yang cukup kondang dengan WR series ataupun YZ series akhirnya secara resmi memperkenalkan generasi terbaru trail WR450F versi 2019. Motor ini disebut all new karena Yamaha benar-benar mencurahkan seluruh kemampuannya untuk membuat WR450F tetap terbaik dikelasnya. Dan satu hal yang unik pada new WR450F ini adalah silinder headnya cak. Lhooo emange nyapo silinder headnya ?????

Pada generasi terbaru 2019 cukup banyak revisi yang dilakukan Yamaha. Salah satu menjadi fokus adalah basis mesin yang nyomot dari special engine YZ450F. Desain silinder tidak seperti WR pada umumnya karena silinder head sedikit miring ke belakang (reverse cylinder head engine). Konon desain ini untuk mengoptimalkan “mass centralisation” sehingga handling makin mantap. Mayoritas komponen daleman konon juga nyomot dari special engine YZ450F. Asupan bahan bakar dan saluran pembuangan termasuk mapping full injection direvisi untuk menghasilkan RPM yang lebih merata. Jadi cak..bawah njengat atas juga bikin jabrik. Kira-kira demikian. Hanya itu ??

Eitttt sabar alon-alon jangan nafsu. Namanya wae all new jelas tidak. Yamaha juga menjejali filter udara dengan material elemen yang lebih baik untuk meningkatkan aliran udara. Power besar butuh nyedot angin yang besar pula disadari betul oleh insinyur Yamaha. Keputusan juga untuk mengimbangi revisi intake sehingga diharapkan rider akan mendapatkan karakteristik feeling yang terkontrol. Keseriusan Yamaha untuk mencangkokkan fitur serta komponen dari special engine YZ450F pada WR450F juga terlihat dari revisi plat kopling…

” Silinder head WR250F 2019 sedikit miring ke belakang (reverse cylinder head engine)…”

Yamaha mencangkokkan material plat kopling yang durable, tahan gesek serta panas dengan desain spring yang lebih ringan. Material terbaru serta revisi beberapa komponen membuat generasi 2019 diklaim anti slip. Untuk transmisi masih sama dengan gir rasio mengambil model YZ450FX….jadi 5 speed cak. Tapi sekali lagi generasi 2019 transmisi Lebih lembut dengan fokus pada akurasi pada saat shifting ataupun downshift….

Yang unik…Yamaha berusaha keras untuk mengurangi bobot motor dengan segala cara termasuk penghilangan Kickstarter. Termasuk material standar samping yang sekarang menggunakan aluminium tempa. Material ini membuat lebih ringan 100 gram dibandingkan generasi lawas. Sementara pada sisi frame atau rangka Yamaha tetap percaya diri dengan model bilateral Beam Frame seperti milik YZ450F yang terkenal handal. Hanya perbaikan pada sisi mounting supaya meningkatkan Central Mass untuk membantu handling pada segala kondisi…baik dijalalan medan berat ataupun aspal…

Tidak hanya itu. Bahkan suspensi pun pabrikan garputala mencangkokkan Upside Down milik YZ450F (lebih besar 1mm). Suspensi ini disuplai oleh Kayaba dan merupakan suspensi Fully adjustable sehingga tangguh serta fleksibel untuk menjelajahi segala kondisi. Pada generasi terbaru WR450F ini juga memiliki tangki yang lebih besar yakni mencapai 7,9 liter. Artinya ? daya jelajah meningkat karena Sampeyan tidak perlu sering mengisi bahan bakar di SPBU. Apalagi ditengah hutan cak…bakal adem dan tenang dihati jika tanki besar…

Last….Yamaha belum mengumumkan berapa mereka akan membanderol WR450F versi 2019. So…..kayaknya kita harus menunggu beberapa minggu kedepan. Btw, karena WR450F tidak masuk ketanah air, monggo sampeyan tampung wae untuk menambah pengetahuan. Tiwas bikin ngiler thok cak. Yamaha all new WR450F versi 2019 ? berikut intip beberapa foto resminya dibawah ini. Emang cakep euy…..(iwb)

Sekilas tentang Yamaha WR450F 2019

  • Rearward-slanted cylinder design featuring optimized weight distribution
  • Wet sump lubrication 
  • 18-inch rear wheel
  • Sealed O-Ring chain
  • Lightweight switch free starting system
  • Radiator cooling fan
  • Lead battery resistant to effects of changes in ambient air temperature 
  • Headlight, LED tail light
  • Speedometer, fuel level warning lamp, engine warning lamp
iklan iwb
Previous articleApa kabar project Suspensi USD SARP Suzuki GSX-150 ???
Next articleInilah Yamaha R25 facelift full colour dari samping belakang, keren puoolll !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

81 COMMENTS

  1. kalu liat rangka wrx ini….aroma kegagahan begitu tersaji dengan rapi…kalu ce er ef…..ekkkkkk …no coment….ngiah ah ah ahhhhhh

  2. ini tungangan laki laki sejati…yang menjaga arti harga diri…dari sebuah perjalanan yang terbukti dan teruji….ekkkkkk …..ce er ef no coment….ngah ah ah ahhhhhh

  3. Knapa bang moge yamaha banyak gak dijual diindo kayak kawasaki. harganya juga gak bisa kyk kawasaki. oiya MT07 katanya dibuat lokal,apa bener. sempat baca dulu dibeberapa $$$$.

    • nah semoga yamaha bs jd pionir,moge lokal neh. dlu motor 250cc jg gak ada dijalanan,,trus sekarang lumbrah. nah masak gak ad perubahan tuk cc keatas. pionirnya siapa nih. kita tunggu saja. ngarep all new suzuki bandit400 .

    • Mgkn mreka wait and see terus haha.padahal pasar indo siap nerima moge.yg mahal saja laku,masak yg kelas menengah tidak. minimal 250 4silinder lah.

  4. ini tungangan laki laki sejati…yang menjaga arti harga diri…dari sebuah perjalanan yang terbukti dan teruji….ekkkkkk …..ce er ef no coment….ngah ah ah ahhhhhh

    • @paidi

      haiyyaaa ngaku2 laki sejati tapi nunggang motor sohc yamahud waaa
      wala-wala fby telan ludah sendiri, cowok macho lelaki sejati itu naik sport mesin dohc superior waaa

      cmiw

    • Ekeke tungangan laki sejati apanya, ente aja keseharian pake metik berdaster,,,

      Kagak usah Yamaha jual di indonesia FBY lebih suka enduro tanpa kopling alias matic,, lirik xride

      Ekekek

  5. kalu liat rangka wrx ini….aroma kegagahan begitu tersaji dengan rapi…kalu ce er ef…..ekkkkkk …no coment….ngiah ah ah ahhhhhh

  6. Knapa bang moge yamaha banyak gak dijual diindo kayak kawasaki. harganya juga gak bisa kyk kawasaki. oiya MT07 katanya dibuat lokal,apa bener. sempat baca dulu dibeberapa $$$$.

    • nah semoga yamaha bs jd pionir,moge lokal neh. dlu motor 250cc jg gak ada dijalanan,,trus sekarang lumbrah. nah masak gak ad perubahan tuk cc keatas. pionirnya siapa nih. kita tunggu saja. ngarep all new suzuki bandit400 .

    • Mgkn mreka wait and see terus haha.padahal pasar indo siap nerima moge.yg mahal saja laku,masak yg kelas menengah tidak. minimal 250 4silinder lah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here