iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…..Honda sepertinya memang dalam kondisi puncak. Market share mereka melonjak cukup signifikan diberbagai daerah. Termasuk Jawa Timur. Masuk dalam daerah kekuasaan PT MPM selaku main dealer, siapa menyangka pangsa pasar Honda disana meroket dibandingkan dengan masa lalu. Bener-bener ora dikasih ampun cak. Lha piye pakde….market share Honda disana membabi buta, nyaris tembus 90 persen !!! berikut penjabaran detilnya….

Bertemu dengan direktur PT MPM, awalnya IWB nggak terlalu percaya dengan celetukan pak Dandy Sean yang santai mengatakan…” wisss hampir 90 % rekkk Market share Honda disini..” selorohnya enteng. ” Ahhh mosokkk pakkkk, seriusann kiiii ? ” uber IWB. Maklum cak, IWB dan pak Dandy wis koyok konco lawas. Makanya nggak ada serius-seriusnya. Guyon thok isine. Tapi soal data market share, tentu beda cak. Dan dilalah pak Dandy mengerti betul tentang hal itu. ” Tenang rek…soal data market share aku nggak mau ngira-ngira. Besok tak bawakno (aku bawakan) data lengkapnya cak….” serunya terkekeh….

Besoknya, pria yang menjabat sebagai direktur PT Mitra Pinastika Mulia (MPM) ini sudah membawa data lengkap dengan grafik komparasi. Disini IWB langsung dikasih tunjuk dan…bener cak. IWB dibikin dlongop perbandingan antara Honda dengan kompetitor dekatnya di Jawa Timur. Bak langit dan bumi. Semua lengkap dan transparan menggunakan data dengan format PDF. ” Ini data terbaru bulan kemarin. Sampeyan bisa lihat disini. Jadi market share kita perbulan kemarin adalah kisaran 89 %. Tren terus tumbuh karena masih banyak unit inden yang belum bisa kita penuhi…” serunya. Berikut data lengkap market share Honda masing-masing segmen di Jawa Timur….

iklan iwb

1. Market share Skutik menguasai 89,8 %

-? Beat (35,8%), scoopy (22.8%), vario125 (20,7%), vario 150 (18%), PCX (2.7%)

2. Market share Sport menguasai 70 %

– CB150 (47%), CBR150(36%), CRF150 (17%)

3. Market share moped atau bebek mencapai 88,3 %

– Revo (50,1 %), supra X (49,8 %) dan Blade (0.1%)

Nahhh….gamblang to cak. Wisss bener-bener kenthir ki levelnya. Market share Honda membabi buta kesurupan di Jawa Timur. Semua segmen dibabat habis bahkan segmen sport yang dulu dikuasai Yamaha kini diambil alih Honda dengan porsi mencapai 70%. Emboh….jadi sisa 30 % ki berapa kalau dibagi 3 pabrikan Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. Itu belum real cak sebab saat IWB tanya perkara inden, pak Dandy mengakui dibeberapa tipe dan warna…inden masih cukup lama bisa mencapai 1-2 bulan…

” Scoopy masih inden kurang lebih satu minggu. Tapi untuk warna merah hitam lebih lama bisa sampai 2 bulan. Sedang PCX 150 sama. Berkisar 1-2 bulanan kecuali warna gold dan white. Bisa kurang dari 1 bulan…” seru pak Dandy sambil terus membaca berdasarkan data yang tersimpan di HP. Weleh…iki jian militan tenan. Jika sudah 89 %…berarti lainnya berapa ?? taruhlah kita hitung 11 %…masih dibagi 3 brand yakni Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. Edan tenan. Apa kunci keberhasilan MPM ?

” Semua proses dan butuh waktu waktu bertahun-tahun. Masih ingatkan pas ketemu sampeyan di Banyuwangi dulu. Jadi nggak instan cak. Kuncinya adalah edukasi…awareness dan no hard selling. Konsumen tidak bisa didikte dengan langsung jualan. Tapi edukasi secara soft dan konsisten berkesimbangungan. Kayak kemarin contohnya edukasi tentang Honda untuk para milenial. Jadikan Honda?jadi bagian dari lifestyle. SDM kita bagusin. Kita pernah menang FLP, SA kedua, kontes big bike, safety riding juara di Jepang. Dan banyak lagi lainnya...” seru pak Dandy dengan logat Jawa Timuran yang cukup kental…

Last….suka atau tidak, SDM Honda memang luar biasa. Para main dealer profesional plus produk bagus adalah kunci kenapa Honda makin meroket. Strategi marketing yang merangkul banyak pihak, tanpa pandang bulu dan mengganggap semuanya sedulur bukan musuh…..itu juga kunci utama. Contohnya pak Dandy, gayanya nggak pernah berubah kendati sekarang sudah menjadi orang besar di MPM. Tidak arogan, dumulur dan ramah. Gayanya tersebut adalah refleksi keberhasilan yang dicapai MPM saat ini. Konsistensi, kegigihan serta yang terpenting mengerti kebutuhan bikers. Nah…apakah sampeyan salah satu biker Jatim yang juga nunggang Honda? selamat cak, sampeyan wis membantu PT MPM meraih market share hingga nyaris 90 %. Horaaaa umum rek-rek. Nah, kalau menurut sampeyan cak, kenapa Honda semakin meroket dan sulit dibendung? monggo berikan opininya….(iwb)

145 COMMENTS

  1. AHM emang berubah. Ane dulu benci banget ama honda yg produknya bapak2 ato family oriented. Astrea dan gl pro cuma itu2 aja. Kalo yamaha dari force1 ampe fizr , rx king ampe rzr, bahkan berani ngimpor tzm kala itu bener2 pamor kencengnya nomor satu. Suzuki punya rgr yg beregenerasi. Kawak malahan ada binter ar125, monosok di indo yg pertama keliatannya tuh. Honda cuman ngandalin mesin kuat dan irit, padahal saat itu honda thailand aja dah rilis macem2 nsr. Ane dulu buenci banget ama honda walaupun motor ane astrea star black engine.
    Tapi sekarang ahm mau berubah, mulai dari tiger 1994 dan impor nsr150r hingga sekarang melokalkan cbr150. Bikin 5 motor ane honda semua.
    Di sisi lain yamaha malah nyungsep dgn facelift yg makin gak jelas seperti byson scorpio vixi, kayak mau bunuhdiri. Cobalah yimm berbenah. Segera rilis produk2 yg dah ter spyshot, jgn kelamaan, ntar malah terlanjur basi pas dirilisnya.

  2. sekarang mah, bicara market share masing2 pabrikan bebas klaim toh g ada bukti akurat..karena data AISI yang menjadi rujukan yang valid sekarang dilarang untuk membagikan data.. Mungkin pabrikan lain, datanya beda2

    • Sebenarnya bukan beda-beda… tapi upaya pembredelan karena dianggap menjatuhkan brand image mereka.
      Dan sudah diduga sejak awal munculnya PCX yg menghantam backbone andalan saat ini (nmax)..

  3. Honda memang lebih baik pelayananya disegala sisi dibanding yamaha….kebetulan kendaraan roda 2 ane pake honda & yamaha….waktu service rutin dibengkel resmi ahass dan bengkel resmi yamaha sangat jauh beda pelayananya,itu baru dari segi pelayanan service,belum yg lain2 nya….tapi klo untuk produknya,honda dan yamaha seimbang sama baiknya.masing2 punya kelebihan dan kekurangan sendiri..!!

    • Ini baru netral… kelebihan dan kekurangan.
      Gak kayak bacot sales si oncom paidi dan cangkem si paranoid..
      Muji2 sembahan melulu…
      Wkwkwkwkwk

    • Ane kan ngegamparin ente dan teman2 ente..
      bukan muji2 produk.
      Ente tersinggung krn ente sales..
      Wkwkwkwk

    • Bukti gua sales mana? Suzuki aja gua puji.. Cek sana artikelnya
      Nudu gua paidi nah sene nampak lu vekok ckckckcck

      Sory gua gk cinta 1 merek kayak lu.. Bagus ya bagus jelek ya jelek..
      Cth mesin cbr 150 thai lebih bagus dari yg lokal..
      Mesin sonic 125 mirip sama cs1, ya luarnya mirip, isinya beda, dari piston aja beda.. Krn gua miara 1 sonic 125 jdi banyak tau..

  4. honda sukses karena dari awal selain jual mereka juga peduli diservice dan spare part ., nah merek lain mereka fokus penjualan contoh yss bandingkan sama ahass

  5. Mau beli koq gak boleh cash…
    emang spt itukah mental sales yamimi?
    panteslah fensboy-nya pun banyakan alay sok kaya.. sok smart pula padahal kere bin bahlul
    Wkwkwkwwk

    • Kacunk ! coba analisa lagi komen anda, terlihat anda memang THOLOL, klo kita mau bandingkan secara LOGIKA antara yg beli cash dan yg kredit asumsinya adalah tentu lebih mampu secara financial yg beli kredit dong??? Kok bisa2 nya anda bilang fbnya alay sok kaya? Lebih alay dan sok kaya mana dengan yg cuma punya uang 500rb maksain buat DP mbit? Congor aje lu gedein, otak cuma seupil monyet…..FBH mah bgitu, Biar tekor asal kesohor…..Ngoahahaha….

    • Apa???? lbh mampu yg kredit dibanding yg cash?
      Asumsi pekok darimana pula itu?
      Emanglah sales dan efbenyek tolol kwadratnya tak terkira..
      Wkwkwkwkwk

    • Bwaaahahahahaaa..
      ketahuan ini komen sales yg sering ane getokin…
      liat noh DP miong skrg brp persen? Viksen yg juga banting harga diri..
      Ente sbg sales kan sakit hati sampe plesetin kalimat “biar tekor asal kesohor” yg sebenarnya awalnya untuk yamimi yg suka palsukan data MS. FBH sejati gak merasa tekor coyyy…
      Wong Moge-nya aja dibeli dgn senang hati..
      Bilang aja ente sirik krn sembahan ente ora payu dan dikenal banyak bobroknya…
      Wkwkwkwkwk

    • Wuih ada yg kesentil sampe ngamuk2…artinya dia mengakui kacungnya yahomo wekekekek…si dungu donkey menunjukan dirinya wekekek

  6. Kui urusane wong Jepang lek….marai macet kendaraan ki….
    JAV yo marai merusak moral…wes pait kabeh…mantan penjajah

    • Terus mau naik apa?

      Bukan karena jepang. Tapi karena org kita suka bikin anak. Jadi pertumbuhan populasi tinggi. Palagi nggak kayak dulu, skrg punya kendaraan lebih mudah.

  7. Motor Honda mbeat dan revo juga digunakan u operasional Ekspedisi Bank swasta terbesar di Indonesia yg juga merupakan”1 bendera”dengan MPM ( pemegang saham mayoritas)

Comments are closed.