iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…..Honda sepertinya memang dalam kondisi puncak. Market share mereka melonjak cukup signifikan diberbagai daerah. Termasuk Jawa Timur. Masuk dalam daerah kekuasaan PT MPM selaku main dealer, siapa menyangka pangsa pasar Honda disana meroket dibandingkan dengan masa lalu. Bener-bener ora dikasih ampun cak. Lha piye pakde….market share Honda disana membabi buta, nyaris tembus 90 persen !!! berikut penjabaran detilnya….

Bertemu dengan direktur PT MPM, awalnya IWB nggak terlalu percaya dengan celetukan pak Dandy Sean yang santai mengatakan…” wisss hampir 90 % rekkk Market share Honda disini..” selorohnya enteng. ” Ahhh mosokkk pakkkk, seriusann kiiii ? ” uber IWB. Maklum cak, IWB dan pak Dandy wis koyok konco lawas. Makanya nggak ada serius-seriusnya. Guyon thok isine. Tapi soal data market share, tentu beda cak. Dan dilalah pak Dandy mengerti betul tentang hal itu. ” Tenang rek…soal data market share aku nggak mau ngira-ngira. Besok tak bawakno (aku bawakan) data lengkapnya cak….” serunya terkekeh….

Besoknya, pria yang menjabat sebagai direktur PT Mitra Pinastika Mulia (MPM) ini sudah membawa data lengkap dengan grafik komparasi. Disini IWB langsung dikasih tunjuk dan…bener cak. IWB dibikin dlongop perbandingan antara Honda dengan kompetitor dekatnya di Jawa Timur. Bak langit dan bumi. Semua lengkap dan transparan menggunakan data dengan format PDF. ” Ini data terbaru bulan kemarin. Sampeyan bisa lihat disini. Jadi market share kita perbulan kemarin adalah kisaran 89 %. Tren terus tumbuh karena masih banyak unit inden yang belum bisa kita penuhi…” serunya. Berikut data lengkap market share Honda masing-masing segmen di Jawa Timur….

iklan iwb
iklan iwb

1. Market share Skutik menguasai 89,8 %

–  Beat (35,8%), scoopy (22.8%), vario125 (20,7%), vario 150 (18%), PCX (2.7%)

2. Market share Sport menguasai 70 %

– CB150 (47%), CBR150(36%), CRF150 (17%)

3. Market share moped atau bebek mencapai 88,3 %

– Revo (50,1 %), supra X (49,8 %) dan Blade (0.1%)

Nahhh….gamblang to cak. Wisss bener-bener kenthir ki levelnya. Market share Honda membabi buta kesurupan di Jawa Timur. Semua segmen dibabat habis bahkan segmen sport yang dulu dikuasai Yamaha kini diambil alih Honda dengan porsi mencapai 70%. Emboh….jadi sisa 30 % ki berapa kalau dibagi 3 pabrikan Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. Itu belum real cak sebab saat IWB tanya perkara inden, pak Dandy mengakui dibeberapa tipe dan warna…inden masih cukup lama bisa mencapai 1-2 bulan…

” Scoopy masih inden kurang lebih satu minggu. Tapi untuk warna merah hitam lebih lama bisa sampai 2 bulan. Sedang PCX 150 sama. Berkisar 1-2 bulanan kecuali warna gold dan white. Bisa kurang dari 1 bulan…” seru pak Dandy sambil terus membaca berdasarkan data yang tersimpan di HP. Weleh…iki jian militan tenan. Jika sudah 89 %…berarti lainnya berapa ?? taruhlah kita hitung 11 %…masih dibagi 3 brand yakni Yamaha, Kawasaki dan Suzuki. Edan tenan. Apa kunci keberhasilan MPM ?

” Semua proses dan butuh waktu waktu bertahun-tahun. Masih ingatkan pas ketemu sampeyan di Banyuwangi dulu. Jadi nggak instan cak. Kuncinya adalah edukasi…awareness dan no hard selling. Konsumen tidak bisa didikte dengan langsung jualan. Tapi edukasi secara soft dan konsisten berkesimbangungan. Kayak kemarin contohnya edukasi tentang Honda untuk para milenial. Jadikan Honda jadi bagian dari lifestyle. SDM kita bagusin. Kita pernah menang FLP, SA kedua, kontes big bike, safety riding juara di Jepang. Dan banyak lagi lainnya...” seru pak Dandy dengan logat Jawa Timuran yang cukup kental…

Last….suka atau tidak, SDM Honda memang luar biasa. Para main dealer profesional plus produk bagus adalah kunci kenapa Honda makin meroket. Strategi marketing yang merangkul banyak pihak, tanpa pandang bulu dan mengganggap semuanya sedulur bukan musuh…..itu juga kunci utama. Contohnya pak Dandy, gayanya nggak pernah berubah kendati sekarang sudah menjadi orang besar di MPM. Tidak arogan, dumulur dan ramah. Gayanya tersebut adalah refleksi keberhasilan yang dicapai MPM saat ini. Konsistensi, kegigihan serta yang terpenting mengerti kebutuhan bikers. Nah…apakah sampeyan salah satu biker Jatim yang juga nunggang Honda? selamat cak, sampeyan wis membantu PT MPM meraih market share hingga nyaris 90 %. Horaaaa umum rek-rek. Nah, kalau menurut sampeyan cak, kenapa Honda semakin meroket dan sulit dibendung? monggo berikan opininya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

145 COMMENTS

    • Desain apik2 trs gagal beli trs piye? ?
      Emg MS d ukur dr jasjesjos doang? ?
      Mw beli dsain bgus tp kuatir geol, ambles, oblak, haus oli, ngebul… ?

      Blm lg sbgian Fby g bs pke kopling d tangan kiri… Hahaha….

  1. Terlalu kuat memang Honda di jatim berbanding terbalik di Sulsel. Sepertinya ada pengaruh figur dibalik sosok brand di wilayah tersebut entah itu bigbos, rider, atau apalah. Sebuah anomali yg ga akan dirubah dalam jangka pendek.

    • Di sulsel jg ya bro?
      Memang ada cess… figur JK (toyota) yg imbasnya bantuan gono-gini untuk penetrasi sales yamimi termasuk gencarnya event disulsel..

    • Kunci kesuksesan honda ada di main dealer nya,baik MPM atau wahana mereka selalu merangkul komunitas²nya tanpa pilih kasih, bahkan sekelas wahana jkt mereka ga sungkan mempersilahkan komunitas merk lain memanfaatkan lahan sircuit nya untuk latihan safety riding, bahan wahana memfasilitasi latihan dengan memberi instruktur secara gratis tanpa biaya sepeserpun, wahana jg ga sungkan mengundang komunitas lintas merk untuk bergabung di acara safety riding,lebih gila nya lg anak TK pun di undang untuk memberi edukasi2 sedini mungkin tentang bagaimana berlalu lintas yg baik dan aman,dan itu di lakukan sudah bertahun²,kebayang kan saat anak2 TK itu nanti sudah dewasa merk apa yg akan pertama di ingat? Itu baru dari wahana,dari MPM pun lebih gila lagi dukungan mereka kepada komunitas² motor,lah wong merk lain ngadain aniv aja MPM ga sungkan kaaih suport dan fasilitas kok…

    • kemudahan untuk memiliki motor itu yg juga utama
      lihat strateginya honda mudah sekali menggapai user berbanding terbalik sama yamaha pelayanannya susah terutama saat kredit
      makanya kalau penjualan bagus honda ya wajar

    • Hahaha menghibur diri dotcom …di sulsel udah 50-50….sehebat2 ya yamaho ga bakal bisa 90%….jawa timur itu jumlah penduduknya buaaaaaaaaaaanyaaaakkkksssss crotssss

  2. Andai kawan kawan diluar jatim ngerti etos kerja pegawe maupun sales Y gak bakal heran,beda jauuuuh sama H dalam segi apapun.

  3. Lha mau beli cash kok dipaksa kredit,,,,,edan tenan sales yakamprett

    Bangkrut wae prett, preet

    Yoo mlipir dealer sebelah yg boleh bayar cash

    • Betul…teman saya orang bengkel di cikeas..mo beli NMax beli kes di Am* jay* tranayogi cibubur susahh…banyak alasan ini itu..akhirnya kredit ambil warna blue…emang kampret salesnya..ane bilang coba ambil jalur pengaduan yamaha..malesa lahh..katanya.
      Mau beli honda malesa..icikiwir
      Coba sales kirik paidi dkk bantu pencerahan..bc berenti duluu

    • Kalo mempersulit cash.. Itu bukan di yamaha aja..
      Di honda aja..ada
      Sampai ke merek mobil pun ada T,D,S,H,M dll…
      Ini kenakalan sales (marketingnya) bkn brennya.. Makannya jadi calon konsumen ya pintaran dikit.. Tgl hub kantor pusatnya.. Laporin nama sales dan shorumnya bereskan..

    • Kira kira berapa persen yg mau beli cash di tolak……? Mosok ampe 50%, jadi alasan cash susah itu hanya 0,00001 % penyebab ms kalah, cara ber iklan yamaha dulu….inget nggak ? YANG LAIN SEMAKIN KETINGGALAN……itu aja udah propokatif nggak smart…dan akhirnya jadi bumerang, banyak orang yg pakai honda ogah ganti ke yamaha…, siapa yg nggak kesel motornya dijelek jelekin….pemakai merk honda yg awalnya nggak ngefans ama honda biasa biasa aja ,gara gara lihat iklan yamaha bukanya mau beli yamaha tapi malah benci…itu fakta catat……

    • KOment atas ane nih mewakili ane banget.
      Bener bro… ane juga tadinya punya 2 brand dirumah. Tapi gara2 iklan yamimi yg kepedeannya selangit itu… “yg lain semakin ketinggalan”, ane jd ilfilll.. jijik sejijik-jijiknya buat pake brand yamimi lagi.
      Sontak ane menilai… inilah brand paling alay.. iklan paling lebay… yg perlu ane jauhin dari rumah.
      Akhirnya si jupi burhan ane lego waktu msh jaman olx.
      Puasssss..
      Wkwkwkwkwkwk

  4. Kui urusane wong Jepang lek….marai macet kendaraan ki….
    JAV yo marai merusak moral…wes pait kabeh…mantan penjajah

    • Terus mau naik apa?

      Bukan karena jepang. Tapi karena org kita suka bikin anak. Jadi pertumbuhan populasi tinggi. Palagi nggak kayak dulu, skrg punya kendaraan lebih mudah.

  5. Mau beli koq gak boleh cash…
    emang spt itukah mental sales yamimi?
    panteslah fensboy-nya pun banyakan alay sok kaya.. sok smart pula padahal kere bin bahlul
    Wkwkwkwwk

    • Kacunk ! coba analisa lagi komen anda, terlihat anda memang THOLOL, klo kita mau bandingkan secara LOGIKA antara yg beli cash dan yg kredit asumsinya adalah tentu lebih mampu secara financial yg beli kredit dong??? Kok bisa2 nya anda bilang fbnya alay sok kaya? Lebih alay dan sok kaya mana dengan yg cuma punya uang 500rb maksain buat DP mbit? Congor aje lu gedein, otak cuma seupil monyet…..FBH mah bgitu, Biar tekor asal kesohor…..Ngoahahaha….

    • Bwaaahahahahaaa..
      ketahuan ini komen sales yg sering ane getokin…
      liat noh DP miong skrg brp persen? Viksen yg juga banting harga diri..
      Ente sbg sales kan sakit hati sampe plesetin kalimat “biar tekor asal kesohor” yg sebenarnya awalnya untuk yamimi yg suka palsukan data MS. FBH sejati gak merasa tekor coyyy…
      Wong Moge-nya aja dibeli dgn senang hati..
      Bilang aja ente sirik krn sembahan ente ora payu dan dikenal banyak bobroknya…
      Wkwkwkwkwk

    • Apa???? lbh mampu yg kredit dibanding yg cash?
      Asumsi pekok darimana pula itu?
      Emanglah sales dan efbenyek tolol kwadratnya tak terkira..
      Wkwkwkwkwk

    • Wuih ada yg kesentil sampe ngamuk2…artinya dia mengakui kacungnya yahomo wekekekek…si dungu donkey menunjukan dirinya wekekek

  6. Kalau boleh jujur pertama tama yg gencar BC ,dan yg mengawali BC itu dari kubu yamaha,entah itu FBY ,FBR,atau salesnya,atau siapalah…saya nggak tau persis,mungkin dulu niatnya ingin merusak nama honda,tapi di saat itu orang yg menggunakan motor honda sudah lebih banyak….,sehingga mereka menyakiti hati banyak orang,intinya salah cara ambil hati pengguna motor merk lain,orang orang yg sakit hati itu ketika mau ganti motor yg awalnya nggak fanatik honda,tapi karena hatinya disakiti maka dia ogah pakai motor yamaha….maka dari dulu saya bilang BC itu ibarat kita minum racun BERHARAP orang lain yg mati….catatttttt….,waktu saya pingin motor sport 150 honda hanya punya megapro,yamaha waktu itu sudah jual vixion, dan aku lebih memilih megapro tanpa ada niat secuilpun beli vixion…,hingga kini nggak ada niat ganti merk yamaha,…merk lain boleh dahhhh…,nggak percaya siapa awal bc….!!
    Cek aja di blog ini artikel jadul…,atau media online lain,hampir semua diawali bc ditujukan ke honda

    • Anda harus maklum….apa yg keluar itu dari dalem…..iklan BC ada krn hasil dari pekerja2 kelas rendah yg memang gajinya rendah….ada rupa ada harga…yg pinter2 ga mau di gaji rendah , yg suka tawuran ribut2 sumbu pendek emosian alias tolol2 masuk kelas rendah yg gajinya rendah makanya mereka ngumpul semua tuh ke yamaho indo…..

      para tolol2 tsb ga bakal punya kemapuan masuk honda sekelas astra yg kita ketahui susah….nah para tolol2 tsb pemikirannya instan jangka pendek/sumbu pendek….mana kepikiran kalo iklan BCnya secara tidak langsung menyakiti konsumen lain (secara.tidak sadar)…..

    • Jempollll… !
      Kayaknya kita sama bro. Entah ente ngamati dari kapan…
      Kl ane, sejak IWB dan TMC blum setenar skrg. msh 2007 kl gak salah…
      Ane msh ingat betul pentolan gaeknya macam jaos, nobita, thole dkk..
      Betul2 militan melancarkan BC yg bikin ane makin muak dgn produk yamimi. Padahal tadinya ane demen banget pake scorpio… aplg sesuai dgn zodiak ane. Eh… pas makin tingginya slot iklan yamimi dgn slogan “Yang makin ketinggalan”itu… Ane bener2 jd muak.
      amblas dah rasa simpati ane untuk menetapkan pilihan tunggangan.
      Makanya kl yamimi mau produknya laku… silahkan basmi sendiri tuh efbenyek-nya dan buat iklan yg lbh santun. Gak usah ngotot mau jd nomor satu aplg sampai pake jargon yg menjatuhkan kompetitor.

    • Kenyataan banyak yg gitu om @akbar…

      Dan tau nggak? Semua hal di dunia ini akan “terasa lebih” nilainya jika semua itu sesuai dgn perasanya.

      Ane gk omongin motor bagus nggak, cuma omongin hal mendasar manusia yg pnya perasaan… dan kebetulan yg beli motor itu manusia, bukan robot yg hanya menilai dari ini enak nggk dikendarai.

      Banyak faktor EKSTERNAL orang beli motor, bukan hanya test ride suka feel nya dude… LOL

      No offense

    • ada benarnya juga,
      jadi ingat dulu ada sekelompok FBY yg menghina seluruh orang di provinsi Jawa Timur di online gegara produk junjungan mereka kalah saing dengan Honda di Jawa Timur.
      dan sekarang market share Y di provinsi Jawa Timur makin terpuruk saja.
      ada hubungan? atau cuma kebetulan?
      time will tell lah…..

  7. Honda memang lebih baik pelayananya disegala sisi dibanding yamaha….kebetulan kendaraan roda 2 ane pake honda & yamaha….waktu service rutin dibengkel resmi ahass dan bengkel resmi yamaha sangat jauh beda pelayananya,itu baru dari segi pelayanan service,belum yg lain2 nya….tapi klo untuk produknya,honda dan yamaha seimbang sama baiknya.masing2 punya kelebihan dan kekurangan sendiri..!!

    • Ini baru netral… kelebihan dan kekurangan.
      Gak kayak bacot sales si oncom paidi dan cangkem si paranoid..
      Muji2 sembahan melulu…
      Wkwkwkwkwk

    • Bukti gua sales mana? Suzuki aja gua puji.. Cek sana artikelnya
      Nudu gua paidi nah sene nampak lu vekok ckckckcck

      Sory gua gk cinta 1 merek kayak lu.. Bagus ya bagus jelek ya jelek..
      Cth mesin cbr 150 thai lebih bagus dari yg lokal..
      Mesin sonic 125 mirip sama cs1, ya luarnya mirip, isinya beda, dari piston aja beda.. Krn gua miara 1 sonic 125 jdi banyak tau..

  8. honda sukses karena dari awal selain jual mereka juga peduli diservice dan spare part ., nah merek lain mereka fokus penjualan contoh yss bandingkan sama ahass

  9. kalau dibilang bagian dr lifestyle dan kebanggan memang benar, karena hampir di setiap kota & provinsi, mereka punya main dealer yang mewah dan berkelas, utk menamah prestige pengguna produk mereka, + strategi dlm setiap mengeluarkan produk mereka tidak memberikan batasan berupa segmentasi atau gender, produk mereka hanya masalah selera saja, karena setiap varian dibuat utk bisa masuk semua kalangan dan segmen, yg harus dipelajari dr mereka adalah jangan membuat produk yang segmented,

  10. Padahal yo wes bantu nukoni 3 sepeda yamaha sek gak ngangkat ae cak, biyen shogun 110, bosen, ganti supra x 125, terus saiki yamaha ?

  11. Teruntuk para sales nakal.
    Orang punya uang mau beli cash kok disuruh kredit kaya orang kurang mampu, itu namanya penistaan bro hihihi..

  12. Kalau boleh jujur pertama tama yg gencar BC ,dan yg mengawali BC itu dari kubu yamaha,entah itu FBY ,FBR,atau salesnya,atau siapalah…saya nggak tau persis,mungkin dulu niatnya ingin merusak nama honda,tapi di saat itu orang yg menggunakan motor honda sudah lebih banyak….,sehingga mereka menyakiti hati banyak orang,intinya salah cara ambil hati pengguna motor merk lain,orang orang yg sakit hati itu ketika mau ganti motor yg awalnya nggak fanatik honda,tapi karena hatinya disakiti maka dia ogah pakai motor yamaha….maka dari dulu saya bilang BC itu ibarat kita minum racun BERHARAP orang lain yg mati….catatttttt….,waktu saya pingin motor sport 150 honda hanya punya megapro,yamaha waktu itu sudah jual vixion, dan aku lebih memilih megapro tanpa ada niat secuilpun beli vixion…,hingga kini nggak ada niat ganti merk yamaha,…merk lain boleh dahhhh…,nggak percaya siapa awal bc….!!
    Cek aja di blog ini artikel jadul…,atau media online lain,hampir semua diawali bc ditujukan ke honda

    • Jempollll… !
      Kayaknya kita sama bro. Entah ente ngamati dari kapan…
      Kl ane, sejak IWB dan TMC blum setenar skrg. msh 2007 kl gak salah…
      Ane msh ingat betul pentolan gaeknya macam jaos, nobita, thole dkk..
      Betul2 militan melancarkan BC yg bikin ane makin muak dgn produk yamimi. Padahal tadinya ane demen banget pake scorpio… aplg sesuai dgn zodiak ane. Eh… pas makin tingginya slot iklan yamimi dgn slogan “Yang makin ketinggalan”itu… Ane bener2 jd muak.
      amblas dah rasa simpati ane untuk menetapkan pilihan tunggangan.
      Makanya kl yamimi mau produknya laku… silahkan basmi sendiri tuh efbenyek-nya dan buat iklan yg lbh santun. Gak usah ngotot mau jd nomor satu aplg sampai pake jargon yg menjatuhkan kompetitor.

    • Anda harus maklum….apa yg keluar itu dari dalem…..iklan BC ada krn hasil dari pekerja2 kelas rendah yg memang gajinya rendah….ada rupa ada harga…yg pinter2 ga mau di gaji rendah , yg suka tawuran ribut2 sumbu pendek emosian alias tolol2 masuk kelas rendah yg gajinya rendah makanya mereka ngumpul semua tuh ke yamaho indo…..

      para tolol2 tsb ga bakal punya kemapuan masuk honda sekelas astra yg kita ketahui susah….nah para tolol2 tsb pemikirannya instan jangka pendek/sumbu pendek….mana kepikiran kalo iklan BCnya secara tidak langsung menyakiti konsumen lain (secara.tidak sadar)…..

    • Lah, baru tau suka motor gara2 sering di bc orang, dude, test ride, lu suka feelnya, ada duit, bungkus lah, bilang aja beli motor untuk dijual lagi kan? ?

    • Kenyataan banyak yg gitu om @akbar…

      Dan tau nggak? Semua hal di dunia ini akan “terasa lebih” nilainya jika semua itu sesuai dgn perasanya.

      Ane gk omongin motor bagus nggak, cuma omongin hal mendasar manusia yg pnya perasaan… dan kebetulan yg beli motor itu manusia, bukan robot yg hanya menilai dari ini enak nggk dikendarai.

      Banyak faktor EKSTERNAL orang beli motor, bukan hanya test ride suka feel nya dude… LOL

      No offense

    • Lha iya feel, pinter
      Test ride itu cuma cara salah satunya biar dapet feeling
      Lu liat motornya doang juga kan udah dapet feeling nya kalo emang cocok.
      Lu suka cewek, kan dari pandangan pertama pun bisa, gak perlu test ride kan? ?
      Susah emang kalo ngomong sama sales ??

    • ada benarnya juga,
      jadi ingat dulu ada sekelompok FBY yg menghina seluruh orang di provinsi Jawa Timur di online gegara produk junjungan mereka kalah saing dengan Honda di Jawa Timur.
      dan sekarang market share Y di provinsi Jawa Timur makin terpuruk saja.
      ada hubungan? atau cuma kebetulan?
      time will tell lah…..

  13. Harus di akui, brand honda udah mengena di masyarakat dari dulu. Di samping memang edukasi dari sales dan layanan dealer . Saya pernah kecewa ama salah satu dealer, datang niat beli motor ga di tanya tanya mentang mentang cuma pake kolor. Pas mau beli motor …. X, jelas jelas ada, katanya pesanan orang dan di suruh kredit. Seminggu motor masih ada … Akhirnya pilih ke gsx….

  14. Motor Honda mbeat dan revo juga digunakan u operasional Ekspedisi Bank swasta terbesar di Indonesia yg juga merupakan”1 bendera”dengan MPM ( pemegang saham mayoritas)

  15. AHM emang berubah. Ane dulu benci banget ama honda yg produknya bapak2 ato family oriented. Astrea dan gl pro cuma itu2 aja. Kalo yamaha dari force1 ampe fizr , rx king ampe rzr, bahkan berani ngimpor tzm kala itu bener2 pamor kencengnya nomor satu. Suzuki punya rgr yg beregenerasi. Kawak malahan ada binter ar125, monosok di indo yg pertama keliatannya tuh. Honda cuman ngandalin mesin kuat dan irit, padahal saat itu honda thailand aja dah rilis macem2 nsr. Ane dulu buenci banget ama honda walaupun motor ane astrea star black engine.
    Tapi sekarang ahm mau berubah, mulai dari tiger 1994 dan impor nsr150r hingga sekarang melokalkan cbr150. Bikin 5 motor ane honda semua.
    Di sisi lain yamaha malah nyungsep dgn facelift yg makin gak jelas seperti byson scorpio vixi, kayak mau bunuhdiri. Cobalah yimm berbenah. Segera rilis produk2 yg dah ter spyshot, jgn kelamaan, ntar malah terlanjur basi pas dirilisnya.

  16. Akhirnya bener, ga cuma ane aja yang ngerasa, kalo yamaha itu keyboard warriornya yang memulai peperangan dunia maya ini.
    Dan satu lagi yang bikin eneg, mereka ngerasa yang gak beli yamaha itu orang bodoh yang gak tau kualitas.
    Padahal 70 persen orang indo belinya honda. Sama aja ngata ngatain hampir semua orang itu.
    Jangan salah, komentar itu bukan bikin berpaling tapi jadi tambah antipati.

  17. sekarang mah, bicara market share masing2 pabrikan bebas klaim toh g ada bukti akurat..karena data AISI yang menjadi rujukan yang valid sekarang dilarang untuk membagikan data.. Mungkin pabrikan lain, datanya beda2

    • Sebenarnya bukan beda-beda… tapi upaya pembredelan karena dianggap menjatuhkan brand image mereka.
      Dan sudah diduga sejak awal munculnya PCX yg menghantam backbone andalan saat ini (nmax)..

  18. Terlalu kuat memang Honda di jatim berbanding terbalik di Sulsel. Sepertinya ada pengaruh figur dibalik sosok brand di wilayah tersebut entah itu bigbos, rider, atau apalah. Sebuah anomali yg ga akan dirubah dalam jangka pendek.

    • Hahaha menghibur diri dotcom …di sulsel udah 50-50….sehebat2 ya yamaho ga bakal bisa 90%….jawa timur itu jumlah penduduknya buaaaaaaaaaaanyaaaakkkksssss crotssss

    • Di sulsel jg ya bro?
      Memang ada cess… figur JK (toyota) yg imbasnya bantuan gono-gini untuk penetrasi sales yamimi termasuk gencarnya event disulsel..

    • kemudahan untuk memiliki motor itu yg juga utama
      lihat strateginya honda mudah sekali menggapai user berbanding terbalik sama yamaha pelayanannya susah terutama saat kredit
      makanya kalau penjualan bagus honda ya wajar

    • Kunci kesuksesan honda ada di main dealer nya,baik MPM atau wahana mereka selalu merangkul komunitas²nya tanpa pilih kasih, bahkan sekelas wahana jkt mereka ga sungkan mempersilahkan komunitas merk lain memanfaatkan lahan sircuit nya untuk latihan safety riding, bahan wahana memfasilitasi latihan dengan memberi instruktur secara gratis tanpa biaya sepeserpun, wahana jg ga sungkan mengundang komunitas lintas merk untuk bergabung di acara safety riding,lebih gila nya lg anak TK pun di undang untuk memberi edukasi2 sedini mungkin tentang bagaimana berlalu lintas yg baik dan aman,dan itu di lakukan sudah bertahun²,kebayang kan saat anak2 TK itu nanti sudah dewasa merk apa yg akan pertama di ingat? Itu baru dari wahana,dari MPM pun lebih gila lagi dukungan mereka kepada komunitas² motor,lah wong merk lain ngadain aniv aja MPM ga sungkan kaaih suport dan fasilitas kok…

  19. Andai kawan kawan diluar jatim ngerti etos kerja pegawe maupun sales Y gak bakal heran,beda jauuuuh sama H dalam segi apapun.

  20. kalau dibilang bagian dr lifestyle dan kebanggan memang benar, karena hampir di setiap kota & provinsi, mereka punya main dealer yang mewah dan berkelas, utk menamah prestige pengguna produk mereka, + strategi dlm setiap mengeluarkan produk mereka tidak memberikan batasan berupa segmentasi atau gender, produk mereka hanya masalah selera saja, karena setiap varian dibuat utk bisa masuk semua kalangan dan segmen, yg harus dipelajari dr mereka adalah jangan membuat produk yang segmented,

  21. Teruntuk para sales nakal.
    Orang punya uang mau beli cash kok disuruh kredit kaya orang kurang mampu, itu namanya penistaan bro hihihi..

  22. Padahal yo wes bantu nukoni 3 sepeda yamaha sek gak ngangkat ae cak, biyen shogun 110, bosen, ganti supra x 125, terus saiki yamaha 😂

  23. Harus di akui, brand honda udah mengena di masyarakat dari dulu. Di samping memang edukasi dari sales dan layanan dealer . Saya pernah kecewa ama salah satu dealer, datang niat beli motor ga di tanya tanya mentang mentang cuma pake kolor. Pas mau beli motor …. X, jelas jelas ada, katanya pesanan orang dan di suruh kredit. Seminggu motor masih ada … Akhirnya pilih ke gsx….

  24. Lha mau beli cash kok dipaksa kredit,,,,,edan tenan sales yakamprett

    Bangkrut wae prett, preet

    Yoo mlipir dealer sebelah yg boleh bayar cash

    • Betul…teman saya orang bengkel di cikeas..mo beli NMax beli kes di Am* jay* tranayogi cibubur susahh…banyak alasan ini itu..akhirnya kredit ambil warna blue…emang kampret salesnya..ane bilang coba ambil jalur pengaduan yamaha..malesa lahh..katanya.
      Mau beli honda malesa..icikiwir
      Coba sales kirik paidi dkk bantu pencerahan..bc berenti duluu

    • Kalo mempersulit cash.. Itu bukan di yamaha aja..
      Di honda aja..ada
      Sampai ke merek mobil pun ada T,D,S,H,M dll…
      Ini kenakalan sales (marketingnya) bkn brennya.. Makannya jadi calon konsumen ya pintaran dikit.. Tgl hub kantor pusatnya.. Laporin nama sales dan shorumnya bereskan..

    • Kira kira berapa persen yg mau beli cash di tolak……? Mosok ampe 50%, jadi alasan cash susah itu hanya 0,00001 % penyebab ms kalah, cara ber iklan yamaha dulu….inget nggak ? YANG LAIN SEMAKIN KETINGGALAN……itu aja udah propokatif nggak smart…dan akhirnya jadi bumerang, banyak orang yg pakai honda ogah ganti ke yamaha…, siapa yg nggak kesel motornya dijelek jelekin….pemakai merk honda yg awalnya nggak ngefans ama honda biasa biasa aja ,gara gara lihat iklan yamaha bukanya mau beli yamaha tapi malah benci…itu fakta catat……

    • KOment atas ane nih mewakili ane banget.
      Bener bro… ane juga tadinya punya 2 brand dirumah. Tapi gara2 iklan yamimi yg kepedeannya selangit itu… “yg lain semakin ketinggalan”, ane jd ilfilll.. jijik sejijik-jijiknya buat pake brand yamimi lagi.
      Sontak ane menilai… inilah brand paling alay.. iklan paling lebay… yg perlu ane jauhin dari rumah.
      Akhirnya si jupi burhan ane lego waktu msh jaman olx.
      Puasssss..
      Wkwkwkwkwkwk

  25. Akhirnya bener, ga cuma ane aja yang ngerasa, kalo yamaha itu keyboard warriornya yang memulai peperangan dunia maya ini.
    Dan satu lagi yang bikin eneg, mereka ngerasa yang gak beli yamaha itu orang bodoh yang gak tau kualitas.
    Padahal 70 persen orang indo belinya honda. Sama aja ngata ngatain hampir semua orang itu.
    Jangan salah, komentar itu bukan bikin berpaling tapi jadi tambah antipati.

  26. AHM emang berubah. Ane dulu benci banget ama honda yg produknya bapak2 ato family oriented. Astrea dan gl pro cuma itu2 aja. Kalo yamaha dari force1 ampe fizr , rx king ampe rzr, bahkan berani ngimpor tzm kala itu bener2 pamor kencengnya nomor satu. Suzuki punya rgr yg beregenerasi. Kawak malahan ada binter ar125, monosok di indo yg pertama keliatannya tuh. Honda cuman ngandalin mesin kuat dan irit, padahal saat itu honda thailand aja dah rilis macem2 nsr. Ane dulu buenci banget ama honda walaupun motor ane astrea star black engine.
    Tapi sekarang ahm mau berubah, mulai dari tiger 1994 dan impor nsr150r hingga sekarang melokalkan cbr150. Bikin 5 motor ane honda semua.
    Di sisi lain yamaha malah nyungsep dgn facelift yg makin gak jelas seperti byson scorpio vixi, kayak mau bunuhdiri. Cobalah yimm berbenah. Segera rilis produk2 yg dah ter spyshot, jgn kelamaan, ntar malah terlanjur basi pas dirilisnya.

  27. sekarang mah, bicara market share masing2 pabrikan bebas klaim toh g ada bukti akurat..karena data AISI yang menjadi rujukan yang valid sekarang dilarang untuk membagikan data.. Mungkin pabrikan lain, datanya beda2

    • Sebenarnya bukan beda-beda… tapi upaya pembredelan karena dianggap menjatuhkan brand image mereka.
      Dan sudah diduga sejak awal munculnya PCX yg menghantam backbone andalan saat ini (nmax)..

  28. Honda memang lebih baik pelayananya disegala sisi dibanding yamaha….kebetulan kendaraan roda 2 ane pake honda & yamaha….waktu service rutin dibengkel resmi ahass dan bengkel resmi yamaha sangat jauh beda pelayananya,itu baru dari segi pelayanan service,belum yg lain2 nya….tapi klo untuk produknya,honda dan yamaha seimbang sama baiknya.masing2 punya kelebihan dan kekurangan sendiri..!!

    • Ini baru netral… kelebihan dan kekurangan.
      Gak kayak bacot sales si oncom paidi dan cangkem si paranoid..
      Muji2 sembahan melulu…
      Wkwkwkwkwk

    • Bukti gua sales mana? Suzuki aja gua puji.. Cek sana artikelnya
      Nudu gua paidi nah sene nampak lu vekok ckckckcck

      Sory gua gk cinta 1 merek kayak lu.. Bagus ya bagus jelek ya jelek..
      Cth mesin cbr 150 thai lebih bagus dari yg lokal..
      Mesin sonic 125 mirip sama cs1, ya luarnya mirip, isinya beda, dari piston aja beda.. Krn gua miara 1 sonic 125 jdi banyak tau..

  29. honda sukses karena dari awal selain jual mereka juga peduli diservice dan spare part ., nah merek lain mereka fokus penjualan contoh yss bandingkan sama ahass

  30. Mau beli koq gak boleh cash…
    emang spt itukah mental sales yamimi?
    panteslah fensboy-nya pun banyakan alay sok kaya.. sok smart pula padahal kere bin bahlul
    Wkwkwkwwk

    • Kacunk ! coba analisa lagi komen anda, terlihat anda memang THOLOL, klo kita mau bandingkan secara LOGIKA antara yg beli cash dan yg kredit asumsinya adalah tentu lebih mampu secara financial yg beli kredit dong??? Kok bisa2 nya anda bilang fbnya alay sok kaya? Lebih alay dan sok kaya mana dengan yg cuma punya uang 500rb maksain buat DP mbit? Congor aje lu gedein, otak cuma seupil monyet…..FBH mah bgitu, Biar tekor asal kesohor…..Ngoahahaha….

    • Apa???? lbh mampu yg kredit dibanding yg cash?
      Asumsi pekok darimana pula itu?
      Emanglah sales dan efbenyek tolol kwadratnya tak terkira..
      Wkwkwkwkwk

    • Bwaaahahahahaaa..
      ketahuan ini komen sales yg sering ane getokin…
      liat noh DP miong skrg brp persen? Viksen yg juga banting harga diri..
      Ente sbg sales kan sakit hati sampe plesetin kalimat “biar tekor asal kesohor” yg sebenarnya awalnya untuk yamimi yg suka palsukan data MS. FBH sejati gak merasa tekor coyyy…
      Wong Moge-nya aja dibeli dgn senang hati..
      Bilang aja ente sirik krn sembahan ente ora payu dan dikenal banyak bobroknya…
      Wkwkwkwkwk

    • Wuih ada yg kesentil sampe ngamuk2…artinya dia mengakui kacungnya yahomo wekekekek…si dungu donkey menunjukan dirinya wekekek

  31. Kui urusane wong Jepang lek….marai macet kendaraan ki….
    JAV yo marai merusak moral…wes pait kabeh…mantan penjajah

    • Terus mau naik apa?

      Bukan karena jepang. Tapi karena org kita suka bikin anak. Jadi pertumbuhan populasi tinggi. Palagi nggak kayak dulu, skrg punya kendaraan lebih mudah.

  32. Motor Honda mbeat dan revo juga digunakan u operasional Ekspedisi Bank swasta terbesar di Indonesia yg juga merupakan”1 bendera”dengan MPM ( pemegang saham mayoritas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here