iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeee….sopo sing ora bungah jalanan lancar. Bensin lebih irit dan kepala nggak cekot-cekot karena spaneng. Dan sepertinya perberlakuan sistem ganjil genap memang efektif tenan. Jalanan lebih lancar dan titik-titik yang biasanya macet parah jadi jauh berkurang. Bukti memang mobil betul-betul membuat jalanan seret. Lhooo iki jujur lho cak…yang punya mobil jangan protes, faktanya demikian. Tapi sayang, kegembiraan bikers hanya sementara. Sebab aturan ganjil genap coba terus didorongin tidak hanya pada mobil pribadi tapi juga motor. Ikiiii sing bikin gelisah kieeee….

Keberhasilan aturan ganjil genap memang benar-benar efektif menguraikan kemacetan. Asli cak…perbedaan signifikan setelah aturan ini tidak terpatok jam dan hari. Mau libur ataupun malam hari aturan ini terus berlaku. Berkat Asian Games uji coba yang dikatakan sukses ini sedang dikaji untuk dijadikan permanen. Dan satu hal lagi adalah banyaknya masukan yang konon diterima oleh?Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) supaya motor juga diberlakukan pada kendaraan bermotor. Pertanyannya kenapa harus motor mengingat roda dua bukan penyumbang terbesar kemacetan ?

“Isu (pembatasan) motor itu bukan karena kemacetan, tapi lebih karena keselamatan. Kecelakaan roda dua itu menyumbang 60-70 persen, itu luar biasa sekali. Makanya kita coba atur.?Wacana (pembatasan motor) itu sudah ada, kami sudah ada masterplan-nya. Tapi kewenangan ada di pemda…” seru?Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono via detik. Sepertinya pelarangan juga bisa untuk persiapan menyambut ERP yang konon bakal “landing” tahun depan…

iklan iwb

Ganjil genap full day memang dianggap sukses. Menurut data evaluasi pihak-pihak terkait…. rekayasa lalu lintas selama Asian Games 2018 cukup signifikan memberikan dampak terhadap kinerja lalu lintas dan lingkungan.?”Evaluasi pelaksanaan paket kebijakan manajemen dan rekayasa lalu lintas selama Asian Games 2018 cukup signifikan memberikan dampak terhadap kinerja lalu lintas dan lingkungan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi. Berikut hasil evaluasi ganjil genap secara keseluruhan….

1. Perubahan kecepatan rata-rata lalu lintas mengalami peningkatan sebesar 44,08 persen.

2. Rasio perbandingan volume lalu lintas dengan kapasitas jalan mengalami penurunan sebesar 20,37% persen.

3. Kualitas lingkungan dengan perubahan emisi CO2 mengalami penurunan sebesar 20,30% persen.

4. Jumlah penumpang angkutan umum mengalami peningkatan rata-rata 45 persen.?Transjakarta meningkat 40% dari 2,8 juta penumpang menjadi 4 juta penumpang, kenaikan jumlah PPD sebesar 29 persen dan kenaikan bus Sinar Jaya sebesar 6 persen

Yup…itulah yang mungkin mendasari adanya kajian dan alasan roda dua juga akan dibidik agar terjaring aturan ganjil genap. Namun selain untuk menggiring menggunakan angkutan umum, alasan keamanan juga digunakan sebagai dasar untuk menggodok wacana ini. Yahh….kita sebagai bikers cuma berharap semua dikaji secara mendalam mengingat motor sudah seperti mobilitas utama yang sulit tergantikan. Disisi lain IWB justru kuatir jika aturan ganjil genap roda dua diberlakukan malah akan mendorong bikers untuk membeli motor lagi sebagai upaya mendapatkan dua plat nomer sekaligus (ganjil dan genap). Nah…kalau menurut sampeyan piye cak, setuju dengan wacana tersebut ora ki? monggo berikan opininya…..(iwb)

81 COMMENTS

  1. Comment:Kualitas udara yg meningkat cuma di jalur yang sering macet aja wak, di jalur alternstif nya malaj memburuk

  2. Sebenarnya tanpa peraturan yg aneh2 bisa membatasi kendaraan pribadi secara tidak langsung.
    Perbaiki angkutan umum,buat aman,nyaman&murah,klo biaya angkutan umum lebih murah daripada pake kendaraan pribadi,secara otomatis masyarakat pake kendaraan umum.

  3. aq biyen ketilang neng semanggi lik…. gara2 tgl genap..mobile juragan.ku plat.e R 1 MD
    .celengan 500.ewu ambrolll lik

  4. pemerintah kurang gawean. kasarnya, itu bikers biar saja jalan, kalau alasan kemanan pemotor itu sudah urusan dia, mau mati atau apa bukan urusan pemerintah. Sebagai bikers (yang kerja dengan motor. bukan alay micin) juga sudah ada perhitugannya. Pemerintah gak usah sok sibuk mikir sampai ke sana. Kejauhan.

  5. seharusnya bukan ganjil genap.. sesekali ganti kredit sama lunas.. pasti Jakarta sepi kalo pas yang diterapkan lunas hahahahaha

Comments are closed.