iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeeee….sopo sing ora bungah jalanan lancar. Bensin lebih irit dan kepala nggak cekot-cekot karena spaneng. Dan sepertinya perberlakuan sistem ganjil genap memang efektif tenan. Jalanan lebih lancar dan titik-titik yang biasanya macet parah jadi jauh berkurang. Bukti memang mobil betul-betul membuat jalanan seret. Lhooo iki jujur lho cak…yang punya mobil jangan protes, faktanya demikian. Tapi sayang, kegembiraan bikers hanya sementara. Sebab aturan ganjil genap coba terus didorongin tidak hanya pada mobil pribadi tapi juga motor. Ikiiii sing bikin gelisah kieeee….

Keberhasilan aturan ganjil genap memang benar-benar efektif menguraikan kemacetan. Asli cak…perbedaan signifikan setelah aturan ini tidak terpatok jam dan hari. Mau libur ataupun malam hari aturan ini terus berlaku. Berkat Asian Games uji coba yang dikatakan sukses ini sedang dikaji untuk dijadikan permanen. Dan satu hal lagi adalah banyaknya masukan yang konon diterima oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) supaya motor juga diberlakukan pada kendaraan bermotor. Pertanyannya kenapa harus motor mengingat roda dua bukan penyumbang terbesar kemacetan ?

“Isu (pembatasan) motor itu bukan karena kemacetan, tapi lebih karena keselamatan. Kecelakaan roda dua itu menyumbang 60-70 persen, itu luar biasa sekali. Makanya kita coba atur. Wacana (pembatasan motor) itu sudah ada, kami sudah ada masterplan-nya. Tapi kewenangan ada di pemda…” seru Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Bambang Prihartono via detik. Sepertinya pelarangan juga bisa untuk persiapan menyambut ERP yang konon bakal “landing” tahun depan…

iklan iwb
iklan iwb

Ganjil genap full day memang dianggap sukses. Menurut data evaluasi pihak-pihak terkait…. rekayasa lalu lintas selama Asian Games 2018 cukup signifikan memberikan dampak terhadap kinerja lalu lintas dan lingkungan. “Evaluasi pelaksanaan paket kebijakan manajemen dan rekayasa lalu lintas selama Asian Games 2018 cukup signifikan memberikan dampak terhadap kinerja lalu lintas dan lingkungan,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi. Berikut hasil evaluasi ganjil genap secara keseluruhan….

1. Perubahan kecepatan rata-rata lalu lintas mengalami peningkatan sebesar 44,08 persen.

2. Rasio perbandingan volume lalu lintas dengan kapasitas jalan mengalami penurunan sebesar 20,37% persen.

3. Kualitas lingkungan dengan perubahan emisi CO2 mengalami penurunan sebesar 20,30% persen.

4. Jumlah penumpang angkutan umum mengalami peningkatan rata-rata 45 persen. Transjakarta meningkat 40% dari 2,8 juta penumpang menjadi 4 juta penumpang, kenaikan jumlah PPD sebesar 29 persen dan kenaikan bus Sinar Jaya sebesar 6 persen

Yup…itulah yang mungkin mendasari adanya kajian dan alasan roda dua juga akan dibidik agar terjaring aturan ganjil genap. Namun selain untuk menggiring menggunakan angkutan umum, alasan keamanan juga digunakan sebagai dasar untuk menggodok wacana ini. Yahh….kita sebagai bikers cuma berharap semua dikaji secara mendalam mengingat motor sudah seperti mobilitas utama yang sulit tergantikan. Disisi lain IWB justru kuatir jika aturan ganjil genap roda dua diberlakukan malah akan mendorong bikers untuk membeli motor lagi sebagai upaya mendapatkan dua plat nomer sekaligus (ganjil dan genap). Nah…kalau menurut sampeyan piye cak, setuju dengan wacana tersebut ora ki? monggo berikan opininya…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

81 COMMENTS

    • SE7, tapi dispensasi untuk Opang, Ojol, Opel, Oter, Odong2. Ra” macet ra” ono duit e. Ojo golek duit nang dalanan dech, resiko : Tabrakan, ketilang, kepanasan, stroke & impotensi. Piye ki pak presiden KAI, Tol, TJ iseh ono lowongan gak .. sing akeh jukir, calo ama tuti … Heeeee

    • SE7, tapi dispensasi untuk Opang, Ojol, Opel, Oter, Odong2. Ra” macet ra” ono duit e. Ojo golek duit nang dalanan dech, resiko : Tabrakan, ketilang, kepanasan, stroke & impotensi. Piye ki pak presiden KAI, Tol, TJ iseh ono lowongan gak .. sing akeh jukir, calo ama tuti … Heeeee

  1. Kalo berlaku juga utk tukang ojek ndase cekot2 to lik, bagi mereka sumber penghasilan lho kui, kudu mikir nasibe wong cilik juga ojo mung mikir udele dewe

  2. Intinya, yang banyak duit tidak pengaruh, karena bisa beli kendaraan sekaligus order nomer plat.

    Namun bagi wong cilik (hadehhhhhh… Ketahuan dech, cuma punya motor 1, xixixi) sedikit mempersulit.

    Tumpul ke atas tapi tajam ke bawah.
    Harusnya, tajam ke segala arah.

    • Maap maap nih, mobil udeh kena bang. Emang udeh dasarnya aja mau mobil mau motor kalo ganjil-genap tinggal beli lagi (yg duitnya bejibun).

  3. Ora setuju pak dhe.. lha aku tukang ac.. mosok y gawa ac, alat2 kerjo karo numpak busway.. mari ngunu mlaku nang lokasi serpis ac.. dorong kerjo wes remex awak.e…
    Jal… kon meker… seng nggawe aturan…
    Kudune ad pengecualian.. buat usaha2 tertentu yg mobilitas e g iso d ganti numpak angkutan umum…

  4. Dan celah korupsi aparat jual beli nomor ganjil genap. Kalau di database cuma punya nomor genap, minta nomor ganjil pasti ada sesuatunya, mungkin lo ya, kan bisa jd seperti itu,

  5. seharusnya bukan ganjil genap.. sesekali ganti kredit sama lunas.. pasti Jakarta sepi kalo pas yang diterapkan lunas hahahahaha

  6. polisi lebih baik urusi begal, maling, jambret, genk motor, motor bodong dll.. jgn usik perut rakyat kecil yg pengen rezeki halal, ude kebanyakan peraturan hidup di jakarta ini.

  7. Sebenarnya tanpa peraturan yg aneh2 bisa membatasi kendaraan pribadi secara tidak langsung.
    Perbaiki angkutan umum,buat aman,nyaman&murah,klo biaya angkutan umum lebih murah daripada pake kendaraan pribadi,secara otomatis masyarakat pake kendaraan umum.

  8. Ora setuju pak dhe.. lha aku tukang ac.. mosok y gawa ac, alat2 kerjo karo numpak busway.. mari ngunu mlaku nang lokasi serpis ac.. dorong kerjo wes remex awak.e…
    Jal… kon meker… seng nggawe aturan…
    Kudune ad pengecualian.. buat usaha2 tertentu yg mobilitas e g iso d ganti numpak angkutan umum…

  9. Setuju saja dg aturan ganjil genap. Mau permanen kek, mau seumur hidup kek. Asal PKB nya jd setengah juga. Setahun 8 juta, cuma bisa di pakai setengah tahun, kan ngehe

  10. kualitas udara dan lingkungan lebih baik?
    itu cuma mindah polusi ke jalan alternatif. kalau mau udara lebih baik mau tidak mau harus mengurangi jumlah penduduk. karena setiap penduduk menyumbang polusi karbon (kendaraan, makanan, dsb). kecuali setiap orang yang lahir ditanamkan 4 pohon kayu keras yang bisa besar, di daerah tropis, dan tidak ditebang selama dia hidup.

  11. pemerintah kurang gawean. kasarnya, itu bikers biar saja jalan, kalau alasan kemanan pemotor itu sudah urusan dia, mau mati atau apa bukan urusan pemerintah. Sebagai bikers (yang kerja dengan motor. bukan alay micin) juga sudah ada perhitugannya. Pemerintah gak usah sok sibuk mikir sampai ke sana. Kejauhan.

  12. kalo cara nya cuma berupa buat aturan “DILARANG” “DILARANG MELINTAS” “DILARANG MASUK” “DILARANG LEWAT”

    lulus SD pun juga bisa jd pemerintah, ga ada IDE terobosan nya sama sekali.
    skalian aja tutup jalanannya dijamin ga ada kendaraan melintas (ga macet)

  13. daripada bikin ganjil genap motor malah bikin gak karu2an, mending bangun deh tuh jalur khusu motor, jadi ga kealingan sama mobil….

  14. Motor ga perlulah diberlakukan ganjil genap, yg penting diawasi lg para pemotornya biar tertib & ga suka langgar aturan. Kan tujuannya utk mengurangi angka kecelakaan jadi cukup tertibkan bagi yg melanggar. Bila perlu bagi pemotor yg melanggar lalin langsung gunting sim nya plus denda tilangnya minimal sejuta. Biar pada mikir klo mo langgar lalin. Tp semua tergantung polisinya jg sih, bisa tegas ga di lapangan wkwkwkwkwk

  15. Berarti bayar pajaknya kalo lagi tahun ganjil yg genap ga bayar dulu ya..n sebaliknya
    Kalo emang ga boleh lewat batesin aja produksi kendaraan bermotor sekalian…
    Biar ga kebablasan makin rapet jalanan….
    Pajek di embat terus… fasilitas ga ditambah.malah di batesin…hah..yasudah lah…Indonesia..

  16. Lek Iwan, saran aja, kayaknya lebih efektif aturan ‘nyicil-lunas’. Yg nyicil gaboleh lewat kecuali weekend. Sepi dah tuh jalanan. Wkwkwkwk

  17. Orang naik motor juga biar pengeluaran lebih irit, lah ini dibatesin juga orang bawa motor, kesian tuh yang orang kerja dijakarta tapi rumahnya di luar jakarta, pasti lebih banyak pengeluarannya dia.

  18. Orang naik motor juga biar pengeluaran lebih irit, lah ini dibatesin juga orang bawa motor, kesian tuh yang orang kerja dijakarta tapi rumahnya di luar jakarta, pasti lebih banyak pengeluarannya dia.

  19. Ganjil genap gak ngaruh buat horang kayah, tinggal beli lagi mobil yang beda nomor plat yang ganjil / genap, yang seneng mah pihak pabrikan yang jualan mobil

  20. Ganjil genap gak ngaruh buat horang kayah, tinggal beli lagi mobil yang beda nomor plat yang ganjil / genap, yang seneng mah pihak pabrikan yang jualan mobil

  21. Lek Iwan, saran aja, kayaknya lebih efektif aturan ‘nyicil-lunas’. Yg nyicil gaboleh lewat kecuali weekend. Sepi dah tuh jalanan. Wkwkwkwk

  22. Berarti bayar pajaknya kalo lagi tahun ganjil yg genap ga bayar dulu ya..n sebaliknya
    Kalo emang ga boleh lewat batesin aja produksi kendaraan bermotor sekalian…
    Biar ga kebablasan makin rapet jalanan….
    Pajek di embat terus… fasilitas ga ditambah.malah di batesin…hah..yasudah lah…Indonesia..

  23. Motor ga perlulah diberlakukan ganjil genap, yg penting diawasi lg para pemotornya biar tertib & ga suka langgar aturan. Kan tujuannya utk mengurangi angka kecelakaan jadi cukup tertibkan bagi yg melanggar. Bila perlu bagi pemotor yg melanggar lalin langsung gunting sim nya plus denda tilangnya minimal sejuta. Biar pada mikir klo mo langgar lalin. Tp semua tergantung polisinya jg sih, bisa tegas ga di lapangan wkwkwkwkwk

  24. daripada bikin ganjil genap motor malah bikin gak karu2an, mending bangun deh tuh jalur khusu motor, jadi ga kealingan sama mobil….

  25. Dan celah korupsi aparat jual beli nomor ganjil genap. Kalau di database cuma punya nomor genap, minta nomor ganjil pasti ada sesuatunya, mungkin lo ya, kan bisa jd seperti itu,

  26. Intinya, yang banyak duit tidak pengaruh, karena bisa beli kendaraan sekaligus order nomer plat.

    Namun bagi wong cilik (hadehhhhhh… Ketahuan dech, cuma punya motor 1, xixixi) sedikit mempersulit.

    Tumpul ke atas tapi tajam ke bawah.
    Harusnya, tajam ke segala arah.

    • Maap maap nih, mobil udeh kena bang. Emang udeh dasarnya aja mau mobil mau motor kalo ganjil-genap tinggal beli lagi (yg duitnya bejibun).

  27. Kalo berlaku juga utk tukang ojek ndase cekot2 to lik, bagi mereka sumber penghasilan lho kui, kudu mikir nasibe wong cilik juga ojo mung mikir udele dewe

  28. polisi lebih baik urusi begal, maling, jambret, genk motor, motor bodong dll.. jgn usik perut rakyat kecil yg pengen rezeki halal, ude kebanyakan peraturan hidup di jakarta ini.

  29. Setuju saja dg aturan ganjil genap. Mau permanen kek, mau seumur hidup kek. Asal PKB nya jd setengah juga. Setahun 8 juta, cuma bisa di pakai setengah tahun, kan ngehe

  30. kualitas udara dan lingkungan lebih baik?
    itu cuma mindah polusi ke jalan alternatif. kalau mau udara lebih baik mau tidak mau harus mengurangi jumlah penduduk. karena setiap penduduk menyumbang polusi karbon (kendaraan, makanan, dsb). kecuali setiap orang yang lahir ditanamkan 4 pohon kayu keras yang bisa besar, di daerah tropis, dan tidak ditebang selama dia hidup.

  31. Sebenarnya tanpa peraturan yg aneh2 bisa membatasi kendaraan pribadi secara tidak langsung.
    Perbaiki angkutan umum,buat aman,nyaman&murah,klo biaya angkutan umum lebih murah daripada pake kendaraan pribadi,secara otomatis masyarakat pake kendaraan umum.

  32. pemerintah kurang gawean. kasarnya, itu bikers biar saja jalan, kalau alasan kemanan pemotor itu sudah urusan dia, mau mati atau apa bukan urusan pemerintah. Sebagai bikers (yang kerja dengan motor. bukan alay micin) juga sudah ada perhitugannya. Pemerintah gak usah sok sibuk mikir sampai ke sana. Kejauhan.

  33. seharusnya bukan ganjil genap.. sesekali ganti kredit sama lunas.. pasti Jakarta sepi kalo pas yang diterapkan lunas hahahahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here