iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….penjualan Yamaha di Amerika mengalami penurunan yang cukup signifikan. Fakta ini cukup mengejutkan mengingat beberapa pabrikan lain justru mengalami peningkatan. Anjloknya penjualan Yamaha di negeri paman SAM ini tentu cukup mengejutkan mereka agresif membanjiiri produk disegala segmen khususnya supersport dan naked….

Seperti dilansir Asphaltrubber Amerika memang mengalami penurunan penjualan roda dua selama 12 bulan terakhir. Tapi seharusnya penurunan ini banyak disumbang oleh Harley Davidson akibat masalah dengan penguasa. Penurunan mencapai 8 % secara nasional. Ternyata dari kalkulasi dan data….Yamaha menjadi pabrikan yang mengalami penurunan cukup signifikan….

Memasuki pertengahan 2018, penjualan moge Yamaha (500cc keatas) secara mengejutkan turun hingga 19% selama 12 bulan terakhir berturut-turut, dibandingkan dengan 12 bulan sebelumnya. Jika dibandingkan dengan merek Jepang lainnya Yamaha satu-satunya yang mengalami penurunan cukup tinggi. Sebagai informasi justru penjualan Honda naik tipis (+ 2%), Kawasaki (+ 1%), dan terbesar adalah Suzuki (+ 7%)…

iklan iwb
iklan iwb

Dari analisa yang dishare oleh Asphaltrubber, penurunan penjualan Yamaha konon disumbang oleh FZ-07/MT 07. Maklum cak, sales Yamaha terbesar di Amerika ditopang oleh MT07. Dengan tren permintaan yang menurun….sales Yamaha pun juga goyang. Yang kedua adalah permintaan superbike YZF-R1 yang juga mulai menurun. Termasuk YZF-R6 yang sepertinya mendapatkan tekanan dari para kompetitornya. Kendati tidak mutlak. Kenapa?

Sebab banyak produk-produk Yamaha lain yang juga mengalami tekanan secara masif di Amerika. Tren turun disaat pabrikan Jepang lain naik dinilai tidak wajar. Apa yang salah? kemungkinan besar kurang agresifnya tim marketing atau terjadi penurunan kualitas SDM yang bercokol di Yamaha Amerika. Sayang Asphaltrubber tidak menyebut pasti angka gamblangnya. Mereka hanya menyebut penurunan 19% dan ini dinilai luar biasa….

Last….produk jempolan jika tidak didukung SDM handal memang tidak akan maksimal. So..keduanya harus saling bersinergi saling mendukung. Bisa jadi setelah penurunan sales yang nyaris mencapai 20 % disaat lainnya naik akan memaksa Yamaha Iwata memperhatikan Yamaha Amerika agar tidak makin terpuruk mengingat kompleksnya masalah di negeri paman SAM. So…market roda dua Amerika ? jebule yang malah ngacir Suzuki cak….naik 7% lumayan juga tuh mengingat lainya hanya 1-2%  …..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

161 COMMENTS

  1. Waktu ane di Amrik emang aneh kok bang Iwan…dr semua pabrikan Jepang ternyata moge Suzuki yg banyak wara-wiri…Honda Yamaha jarang …….dominan Harley dan merek eropa

    • Kayaknya akan lebih dari 25 deh. Mengingat musim ini kondisi M1cin lagi bosok bosok nya

  2. ALKISAH RINGKAS..
    Sebut saja 10 tahun lalu , dimana ymh global BANGKRUT. Pion yg bertahan hanya ada di Indo, dana yg tersisa diputar disini.semakin lama semakin berat, penjualan seluruh poduksi hingga suling pun tak mampu menutupi Klep corong keUangan yang bocor. Akhirnya..Infus dana segar pun diterima melalui pihak ketiga, dari siapa Infus dana segar? Dialah raksasa yg memiliki Kasta Tertinggi.. dialah teman ataupun lawan ( tak perlu disebut ).

  3. Bukan Rahasia lagi.. mereka pabrikan2 japun tsb ( motor ) punya assosiasi sendiri, punya serikat, punya persatuan kalau boleh disebut dg bahasa standart :
    ‘ Persatuan Pabrikan Motor Japun ‘ … Mereka punya Mou sendiri..mereka punya kode etik sendiri. Kartel dibesar besarkan? Knp baru sekarang? Sedari dulu Persatuan mereka tsb telah membentuk kartel . Tak ubahnya dg perusahaan2 indo yg ada diluar. Udah sangat biasa. Didalam Persatuan Mereka..mereka punya Kesepakatan dan Keputusan Bersama. Baik itu inovasi, model, pemasaran dan harga, Pahami lebih dalam ya..kalau diuraikan akan sangat panjang.

  4. Hal yg penting dalam bisnis Jual beli adalah Margin atau keuntungan. Gak penting itu mata duitan eh..Mata uang. Mau dapet rupiah dollar euro yuan Yen ect… Percuma mau berkipas kipas dg mata uang diatas..jika margin yg didapat sangat kecil, bahkan tak mampu melawan Keutungan produk murah dg keuntungan sangat besar sept..( keuntungan 1 biji motor yg paling banyak- no1 lariz di indo ) yg perlu disukuri dengan kipas2 adalah, bahwa masih bisa bertahan dan sedikit demi sedikit bisa cicil hutang dan membangun kembali kehancuran yg sempat dialami.

  5. Penguasa Kasta tertinggi tak perlu jumawa, kasta kedua ketiga keempat dst gak usah berlagak euforia.
    Andai memang mereka bermusuhan, hanya 1 jentikan jari..hanya dalam 1 menit , sang Penguasa bisa membinasakan rival2nya .
    Tapi..mereka bekerja sama membangun bangsa dan negara mereka ( Jepun ) , dan lihat…disini kita kenapa???
    Salam juozz gandozzz

    • Emang disini malah pasukan kere makin memperlihatkan ketololannya dengan ribut salung hujan saling ejek menjatuhkan.. padahal apa yang didapat ? Gak inget waktu penjajahan jepang dulu ? Dasar mental bobrok. Disaat negara lain maju.. kita malah mundur karena mental penghuninya sangat sakit.. itu fakta

  6. Marketing suzuki r2 Indonésia yg justru SDM nya anjlok, produk bagus sampai ga laku itu aneh.. Malah discontinue.. Shogun 125…

  7. Se anjlok-anjloknya Yamaha di Amerika ..tapi justru dr semua pabrikan pabrikan Jepang yamaha dan Kawasaki,Suzuki yg paling besar penjualannya di Amerika bro..Honda cuma di urutan 6 bro penjualannya ….heheheh

    • Ini salah satu alasan kenapa Yamaha ngotot ngelarang data AISI dipublish.
      Biar bisa mengklaim seenak udelnya sendiri seperti ente ini.

  8. kamg iwan. saya rasa benar adanya. youtuber Motovlogger di luar negeri sudah banyak yang megang CBR1000rr terbaru( kebanyakan yg hitam doff ) dan jg CB1000r neo sport cafe.. jarang motovloger luar sana pake produk yamaha

  9. Dg makin anjloknya penjualan di luar bisa bisa kacung yamama dimari makin dipecutin buat nutupin kerugiannya.kan yamama disini 100% kacung

  10. Jadi pengen ketawa…
    Banyak yg bilang Katanya yamaha kipas2 dolar, berarti kalo penurunan di mamarika, kipas2 dolar nya dolar Zimbabwe berarti…
    *UPS…

  11. Suzuki di amrik sono di AMA Superbike punya nama cak, di road legalnya. Di Garuk tanah Suzuki RM series jga ga kalah bnyk fans nya.. Hehehe

  12. Jadi kalo pada koar2 suzuki bangkrutlah.. jelek lah.. alay la.. mohon otaknya di periksa siapa tau kena tumor ganas ampe gak bisa mikir lagi.. orang mikir kualitas beda segmen dengan yg mikir harga jual

  13. Konsumen indonesia sangat unik (kalo gak mau dibilang bodoh).. harga mahal kualitas kemrosak rembes icikiwir bocor prothol ngorok malah larisss.. yg jelas2 kualitas teruji dan awet dwngan harga lebih murah malah nyungsep.. wekekekekkk paraahh..

    • Teruji dgn kualitas dari mata lu yg picek?
      mata yg ketusuk garpu karat?
      Knlpot ngebul dibilang teruji.. komstir oblak dibilang berkualitas..
      Kualitas dari zimbabwe???
      Wkwkwkwkwk

    • @Fufi
      Modelnya suzuki kurang d terima bro
      Bukan apa ya kualitas okelah
      Desainnya gak masuk selera sini, udh banyak contoh motor desain gagal gak laku, mw suzuki, yamaha, honda, kawasaki
      Smw sudah pernah ngerasain produk desain gagal d terima pasar
      Sekarang smw orang mengakui motor honda makin matang desainnya, makin banyak yg suka, entah knp smw produk honda yg facelift memang keren2, fiturnya yg matik jga bejibun ya wajarlah menguasai market, starter tanoa getaran n suara itu pertama kali honda punya n smw orang pada suka, makanya kalau cari matik sebagian besar pasar pasti merujuk k Honda, AHM memang pintar membaca pasar, gak cuma sekedar merk sayap saja terlalu dangkal analisa ente.

  14. Produk bagus SDM perlu ditingkatkan, itu Yamaha Amerika dan Indonesia. Lha produk jelek SDM tumpah ruah dimana2 tp bego beserta parabehanya, itu honbul amerika dan indonesia.. Khusus di Indonesia, kualitas alakadarnya tp dibeli fan dibangga2kan oleh parabehanya, dan parabehanya sukanya teriakin maling ke yg lain padahal mereka rajanya maling..

  15. Nih sales yamimi atas ane entah lulusan SD mana ya?
    Kl baca komentarnya selalu ngikutin kata “maling teriak maling”…
    Apaan??? jangan2 dia punya profesi maling beneran.
    Woeeyyy! Ane kasih tau yaa… buka tuh mata lebar2 biar ente bisa liat tuh penyakit2 yamimi sembahan ente di forum2. Emang mata ente gak liat apa produk2 yamimi yg dijual rata2 mesti dibeliin aftermarket saking bosoknya tuh material, haaa?
    Dasar tolol kwadrat.. kiriker gemblung..
    Wkwkwkwkwkwk

  16. Yamaha mah basisnya di eropa yg rame. Pasar amerika produk jepun juga kecil marjinnya, kebanyakan milih moge harley ducati dll

  17. Nih sales yamimi atas ane entah lulusan SD mana ya?
    Kl baca komentarnya selalu ngikutin kata “maling teriak maling”…
    Apaan??? jangan2 dia punya profesi maling beneran.
    Woeeyyy! Ane kasih tau yaa… buka tuh mata lebar2 biar ente bisa liat tuh penyakit2 yamimi sembahan ente di forum2. Emang mata ente gak liat apa produk2 yamimi yg dijual rata2 mesti dibeliin aftermarket saking bosoknya tuh material, haaa?
    Dasar tolol kwadrat.. kiriker gemblung..
    Wkwkwkwkwkwk

  18. Yamaha mah basisnya di eropa yg rame. Pasar amerika produk jepun juga kecil marjinnya, kebanyakan milih moge harley ducati dll

  19. Se anjlok-anjloknya Yamaha di Amerika ..tapi justru dr semua pabrikan pabrikan Jepang yamaha dan Kawasaki,Suzuki yg paling besar penjualannya di Amerika bro..Honda cuma di urutan 6 bro penjualannya ….heheheh

    • Ini salah satu alasan kenapa Yamaha ngotot ngelarang data AISI dipublish.
      Biar bisa mengklaim seenak udelnya sendiri seperti ente ini.

  20. Produk bagus SDM perlu ditingkatkan, itu Yamaha Amerika dan Indonesia. Lha produk jelek SDM tumpah ruah dimana2 tp bego beserta parabehanya, itu honbul amerika dan indonesia.. Khusus di Indonesia, kualitas alakadarnya tp dibeli fan dibangga2kan oleh parabehanya, dan parabehanya sukanya teriakin maling ke yg lain padahal mereka rajanya maling..

  21. Jadi kalo pada koar2 suzuki bangkrutlah.. jelek lah.. alay la.. mohon otaknya di periksa siapa tau kena tumor ganas ampe gak bisa mikir lagi.. orang mikir kualitas beda segmen dengan yg mikir harga jual

  22. Konsumen indonesia sangat unik (kalo gak mau dibilang bodoh).. harga mahal kualitas kemrosak rembes icikiwir bocor prothol ngorok malah larisss.. yg jelas2 kualitas teruji dan awet dwngan harga lebih murah malah nyungsep.. wekekekekkk paraahh..

    • Teruji dgn kualitas dari mata lu yg picek?
      mata yg ketusuk garpu karat?
      Knlpot ngebul dibilang teruji.. komstir oblak dibilang berkualitas..
      Kualitas dari zimbabwe???
      Wkwkwkwkwk

    • @Fufi
      Modelnya suzuki kurang d terima bro
      Bukan apa ya kualitas okelah
      Desainnya gak masuk selera sini, udh banyak contoh motor desain gagal gak laku, mw suzuki, yamaha, honda, kawasaki
      Smw sudah pernah ngerasain produk desain gagal d terima pasar
      Sekarang smw orang mengakui motor honda makin matang desainnya, makin banyak yg suka, entah knp smw produk honda yg facelift memang keren2, fiturnya yg matik jga bejibun ya wajarlah menguasai market, starter tanoa getaran n suara itu pertama kali honda punya n smw orang pada suka, makanya kalau cari matik sebagian besar pasar pasti merujuk k Honda, AHM memang pintar membaca pasar, gak cuma sekedar merk sayap saja terlalu dangkal analisa ente.

  23. kamg iwan. saya rasa benar adanya. youtuber Motovlogger di luar negeri sudah banyak yang megang CBR1000rr terbaru( kebanyakan yg hitam doff ) dan jg CB1000r neo sport cafe.. jarang motovloger luar sana pake produk yamaha

  24. Jadi pengen ketawa…
    Banyak yg bilang Katanya yamaha kipas2 dolar, berarti kalo penurunan di mamarika, kipas2 dolar nya dolar Zimbabwe berarti…
    *UPS…

  25. Dg makin anjloknya penjualan di luar bisa bisa kacung yamama dimari makin dipecutin buat nutupin kerugiannya.kan yamama disini 100% kacung

  26. Suzuki di amrik sono di AMA Superbike punya nama cak, di road legalnya. Di Garuk tanah Suzuki RM series jga ga kalah bnyk fans nya.. Hehehe

  27. Waktu ane di Amrik emang aneh kok bang Iwan…dr semua pabrikan Jepang ternyata moge Suzuki yg banyak wara-wiri…Honda Yamaha jarang …….dominan Harley dan merek eropa

  28. Marketing suzuki r2 Indonésia yg justru SDM nya anjlok, produk bagus sampai ga laku itu aneh.. Malah discontinue.. Shogun 125…

  29. ALKISAH RINGKAS..
    Sebut saja 10 tahun lalu , dimana ymh global BANGKRUT. Pion yg bertahan hanya ada di Indo, dana yg tersisa diputar disini.semakin lama semakin berat, penjualan seluruh poduksi hingga suling pun tak mampu menutupi Klep corong keUangan yang bocor. Akhirnya..Infus dana segar pun diterima melalui pihak ketiga, dari siapa Infus dana segar? Dialah raksasa yg memiliki Kasta Tertinggi.. dialah teman ataupun lawan ( tak perlu disebut ).

  30. Hal yg penting dalam bisnis Jual beli adalah Margin atau keuntungan. Gak penting itu mata duitan eh..Mata uang. Mau dapet rupiah dollar euro yuan Yen ect… Percuma mau berkipas kipas dg mata uang diatas..jika margin yg didapat sangat kecil, bahkan tak mampu melawan Keutungan produk murah dg keuntungan sangat besar sept..( keuntungan 1 biji motor yg paling banyak- no1 lariz di indo ) yg perlu disukuri dengan kipas2 adalah, bahwa masih bisa bertahan dan sedikit demi sedikit bisa cicil hutang dan membangun kembali kehancuran yg sempat dialami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here