iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee…..seringkali kita disuguhi embel-embel boso marketing yang super muluk-muluk namun setelah dijajal produknya semelekethe ora enak tenan. Tapi tidak dengan Michelin Road 5 yang menemani IWB bersama si Green Tukijo. Tidak terasa hampir setengah tahun IWB menggunakan ban asal Perancis yang dipercaya oleh Dorna sebagai supplier tunggal Motogp tersebut. Dan memang cak…dari hati paling dalam (haiyaahhh :mrgreen; )…IWB puassss puolllllll ! 

Seperti yang sampeyan tahu pada bulan April 2018 IWB pasang Michelin Road 5…ban baru yang dirilis PT Michelin Indonesia (MI) untuk sport 150 dan 250cc. Kebetulan IWB jajal buat green Tukijo Ninja 250 FI anyar. Biasa cak….IWB melihat urgensinya lebih dibandingkan motor lain. Dengan speed tinggi pasti butuh traksi lebih mumpuni. Makanya IWB mengawinkan Michelin Road 5 dengan sang Ninin (kuwi ada ban OEM Ninin masih 99 % baru banget kalau ada yang mau beli 1 juta sepasang IWB lego tuh :mrgreen: )…..

Baca juga :

iklan iwb

– Horeeee Michelin Road 5 untuk Ninja 250 sudah datang cakkk !!
– Sosok new Kawasaki Ninja 250 FI dijejali ban Michelin Road 5, makin ganteng !!

Seperti yang sudah IWB terangkan pada artikel sebelumnya…ukuran ban standart sininin sebenarnya sudah cukup besar yakni 110 depan dan 140 belakang. Tapi IWB berpikir, dengan body yang memiliki dimensi sebesar Ninja 250 Fi sepertinya akan menarik jika ban di upgrade. Maklum cak…body asli Ninja sedikit bongsor karena untuk menyesuaikan dimensi versi 400cc-nya. Dan pilihan pun jatuh pada Michelin Road 5. Kenapa ?

Michelin Road 5 masih sangat baru. Produk ini merupakan pengembangan dari Michelin Road 4 dengan orientasi lebih untuk turing. Makanya cocok ki cak. Dan resmi Michelin Road 5 telah dirilis kepasar tanah air per 3 April 2018. Terus kenapa harus Michelin Road 5 ? traksi dan keawetannya pakde. IWB cukup tergiur sebab Michelin Pilot series wis kondang. Apalagi Road 5 merupakan suksesor produk sebelumnya Road 4 yang mengusung beberapa teknologi seperti….

2CT dan 2CT+, XST Evo siping, serta ACT+. Panganan opo ikiii ? Sebagai informasi teknologi 2CT, 2CT+ dan ACT+ diklaim memberikan traksi konsisten baik di jalan basah dan stabilitas di permukaan aspal kering. Sementara teknologi XST Evo siping memastikan agar pengereman bakal tetap prima meskipun telah digunakan lebih dari 5.000 kilometer. Yang IWB sukai adalah ban tersebut diracik untuk turing oriented yang butuh mileage tinggi namun traksi tetap terjaga. Pertanyannya….gimana setelah pemakaian selama hampir setengah tahun lamanya?

Puasssss puoll cak. Yang paling meningkat traksi saat hujan…..bener-bener meningkat pesat dibandingkan versi OEM. Hal ini IWB buktikan saat turing bersama lek Aripitstop dari Jakarta ke Depok melewati sebuah terowongan yang aspalnya diberi cover plat besi lebar melintang (penutup selokan) kondisi hujan deras posisi sedikit nikung dengan kecepatan sekitar 80km/jam. Lek Ari yang nunggang Suzuki GSX-S150I ngikutin IWB dari belakang ternyata ngesot dan nyaris jatuh. Padahal jalur yang dilewatin sama. ” Haduh mz, hampir jatuh saya ngesot. Licin jalurnya..” serunya membuat IWB bengong. Lawong IWB nggak merasa apa-apa dan memang cak…

Saat hujan dan jalur licin Michelin Road 5 nggak menjual gimmick. Traksi tetap terukur dan memberikan feedback positif. Kan terasa cak traksi tunggangan. Ngambang atau lengket….sebagai biker kita pasti merasakan. Jelas dengan traksi melimpah safety pun meningkat. Selain mumpuni pada lintasan basah, satu poin yang juga membuat IWB puas adalah cornering ability. Saat sampeyan rebah….gejala slide cukup minim. Padahal iki ban turing lho pakde. Jiann makyozzz tenan. Praktis handling motor juga terbantu dimana kini melakukan manuver kiri kanan jadi lebih mantap dan lincah. Padahal cuma ban lho….koq feeling jadi berubah semua…juozzzzz tenan…

Last…..memang tidak murah untuk mendapatkan Michelin Road 5. Harga dipasaran berkisar 1,5 jutaan termurah dengan ukuran paling kecil 120. IWB memilih ukuran tersebut untuk ban depan dan 160 belakang (banderol 2 jutaan). So…sampeyan harus merogoh kocek sekitar 3,5 jutaan untuk memboyong satu set Michelin Road 5. Tapiiiii….duit yang sampeyan keluarkan sebanding dengan performa yang ditawarkan. Presisi, mantap dan bikin pede. Btw….Michelin Road 5 Tubeless saat ini tersedia ukuran 120/60 R17 dan 120/70 R17  (ban depan)…..150/70 R17, 160/60 R17, 180/55 R17, 190/50, dan 190/55 R17 belakang. So…Michelin Road 5 ?? rekomen buat sampeyan yang mencari ban turing rasa bak ban kompetisi. Lengkettt cakkkkkk :mrgreen: …(iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!