iklan iwb

Iwanbanaran.com – Pakdeee….menjadi pabrikan dengan market share kecil memang tidak menguntungkan. Setiap pergerakan harus dihitung betul investasi yang dikeluarkan supaya tidak membuat jalan makin terseok-seok. Seperti Suzuki yang sebenarnya sudah sangat tertarik untuk memasarkan trail di Indonesia setahun yang lalu. Namun perkembangannya project dual purposes pabrikan S ini semakin berat. Kans mengecil karena beberapa hal yang bisa IWB jabarkan berikut ini…

Sebelumnya, IWB mendapatkan bocoran yang menyoroti niat Suzuki Indonesia meracik mesin trail ditanah air. Kuat cak…keinginan mereka cukup kuat. Apalagi Suzuki merupakan salah satu brand kondang yang pernah memiliki trail tangguh Suzuki TS. Motor trail 2 tak yang diperkenalkan sekitar tahun 1971 ini terus diproduksi hingga 2015. Suspensi yang mantap, mesin yang powerfull serta bobot ringan plus nggak rewel membuat nama TS cukup disegani…

Dengan mesin 125ccnya, TS mampu memuntahkan tenaga hingga 13KW atau sekitar 18HP. Semua makin terasa sempurna karena dengan bobot yang hanya 102 kg?.top speed trail 125cc bisa menembus 138 km/jam. Mumpuni cak?.asli juoz tenan untuk ukuran trail. Sayang karena emisi gas buang, mesin 2Tak terpaksa dibunuh dan kita tidak lagi mendengar perihal trail Suzuki kecuali DR200?

iklan iwb

Tren naiknya Kawasaki KLX150 dan CRF150 diperhatikan Suzuki. Bahkan rumornya lagi, Yamaha sudah siap-siap dengan WR150nya. Indikasi tersebut kuat sekali dan IWB juga mencium geliat mereka. Memang sangat rapi dan halus, namun Yamaha sudah sudah dorongin diam-diam. Update mereka perlu kita pantengin semester 2? tahun depan mengingat segmen ini memang tidak perlu buru-buru. Terus piye dengan Suzuki ?

Dari terawangan ilmu njengking mlumah murep IWB, Suzuki sebenarnya sudah mempelajari segmen tersebut. Isunya project langsung dilakukan di Hamamatsu Jepang dengan dua opsi engine yang akan dipilih mereka yakni SOHC atau DOHC.?Mereka tidak mencoret opsi engine DOHC GSX series untuk dijejalkan pada mesin calon trail barunya. Itulah yang IWB dapatkan diawal tahun ini. Analisa dan prediksi termasuk bocoran sebab IWB mendapatkan selentingan ini langsung dari orang penting di tubuh PT SIS. Tapi masuk kepenghujung tahun 2018…dilalah tren berubah….

Semakin kesini IWB melihat kansnya semakin kecil. Isunya karena alasan produksi yang membuat pabrikan harus melakukan investasi cukup besar. Jadi cak, pabrikan harus membuat casting dan line up baru dengan biaya yang cukup besar. Dengan market dual purposes yang cenderung terus mengkerut….akan berat bagi pabrikan mengembalikan modal mereka. Cukup dimaklumi mengingat sekarang pasar trail hanya berkisar 4000-5000 unit perbulan dibagi dua pabrikan sekaligus yakni Honda dan kawasaki. Belum lagi Yamaha yang diduga bakal nyemplung dikelas ini tahun depan. So…itulah kenapa secara kalkulasi produksi, bukan untung yang didapatkan tapi malah buntung….

Last….status Suzuki yang memiliki market kecil memang berat sebab mereka tidak bisa melakukan subsidi silang. Statusnya sedikit beda dengan Kawasaki dimana basis produksi dibagi dua yakni Thailand dan Indonesia (KLX 150BF) yang nantinya dieksport secara global. Dan jikapun PT SIS memaksa, market trail yang kecil baik pasar lokal ataupun eksport membuat mereka maju mundur. Kondisi ini beda dengan maxi skuter yang memiliki pasar besar so jika investasi dilakukan proses balik modal juga akan cepat. Ini artinya jika kans trail mengecil maka sebaliknya Suzuki Burgman 180 dipastikan tetap jalan dengan potensi mencapai 85 %. Jadi ada isu pahit tapi juga manis. Btw semua hanya analisa dan semoga kedepan manis semua cak, semoga saja… (iwb)

 

76 COMMENTS

  1. Budek sih di bilangin….? Coba aja sebelum peluncuran gsx series denger masukan konsumen yg ingin mesin powerfull dengan tampang rupawan. Yakin dah MS pasti naik……
    Ini malah buat desain yg ancur2an….

  2. Suku cadang yg di impor, dibayar dengan dollars, orang2 beli motor pakai rupiah, ke valas pasti beli dollars udah 15 rb. Waras mau ngeluarin product baru untuk Indonesia, kecual untuk export ya

  3. yg penting desain lambo harga lcgc. pasti sangat2 diminati. yg penting desain sesuai sketsa dan harga bisa dibawah r25.

  4. Budek sih di bilangin….? Coba aja sebelum peluncuran gsx series denger masukan konsumen yg ingin mesin powerfull dengan tampang rupawan. Yakin dah MS pasti naik……
    Ini malah buat desain yg ancur2an….

  5. Batal lah, setelah pesta Asian games dollars bakal menyentuh 15rb, Hutang Naik menjadi 50 trilyun, jatuh tempo thn 2019…. Menkeu pusing, pengusaha pusing, buruh pusing…. Rakyat pushing,

    • Yg ga pusing cuman PNS. Karena dari jaman mbahku ga ada yg namanya PNS turun gaji. Gitu aja mereka masih ngiri, yg laki pengen poligami nya diakui hukum. Dasar otak k*NT*l

    • Bener.. Makin ngeri aja Dollars..
      Pengusaha pusing.. Mukul ke buruh (alias di rumahkan).. Nasip buruh kasihan Dapur terancam ngebul.. Anak istri gk bisa makan.. Ya Tuhan jgn balikkan lagi thn 98 ke indonesia..

      Siap kan uang utk 6 bln ke depan.. Lebih baik sedia payung dari pd kehujanan.. Beli lah yg penting” Rupiah lagi di tekan

    • Dollar ga bakal turun. Selama nya naek terus. Itu sdh disetting. Mulai orba hingga sekarang naeknya dah 3000%. Pinjaman IMF disebut pemasukan negara. Bukan LOAN. Lebih 60 tahun yg lalu sdh dimulai pembangkrutan nkri. Menteri keu yg gagal dilindungi, diangkat jadi petinggi bank dunia atau apa, saya lupa.. Sri mulyano dulu itu, skenarionya sdh ada sejak orba, yg bikin imf.

  6. Suku cadang yg di impor, dibayar dengan dollars, orang2 beli motor pakai rupiah, ke valas pasti beli dollars udah 15 rb. Waras mau ngeluarin product baru untuk Indonesia, kecual untuk export ya

  7. Knp ga bangunin lagi Thunder 250 yah? Padahal penggemar Thunder 250 banyak banget, sampai2 harga sekennya lebih mahal dari Thunder keluar dulu

  8. usul aja buat suzuki daripada buat trail mending buat model tracker atau scrambler yg belum tersentuh pabrikan jepang lain dengan basis mesin DR200 kayaknya menarik, buka pasar baru kayak kawak dengan w175nya,

    • Masukin intruder 150 dari india, di ckd aja biar agak murah, inveatasi tidak besar, pasarnya jelas ada.
      Bikin lawan kawasaki w175 dengan mesin gsx 150, model jadul fitur modern.
      Shogun 150 , jok rata kayak shogun 125, mesin satria fi 150.
      Bagasi gede ,tangki di depan aja.
      Kalau perlu tanpa kopling manual

    • Nanti pasti ada yg ngekor,,,,,,siapa lagi kalo bukan si sayap,,,,,,,sayap ber ekor,,,,,,,ekekekekekek

  9. Tak liyat”, indo dijejalin trus produk baru.
    Dan mmg gila ada beberapa merek n jenis motor.
    Ampe pasar lesu pun, tetep dijejelin produk baru trus.
    Apakah segitunya indo mmg ladang pasar motor yg sangat subur ?
    Mengingat populasi motor di indo sudah menumpuk gak karuan.
    Trus segmen yg mna lagi yg dituju ?

    • Memang disengaja. Sdh dirancang jaoh-jaoh hare. Itu sejak tumbangnya Soekarno. Jaman Orba pinjaman IMF disebut pemasukan negara. Bukan LOAN(pinjaman). Hingga kapan pun dollar akan terus naek. Mending serahkan saja semua kekayaan alam Indonesia ke jepang or eropa. Kaum muda digratisin motor2 keren. Minimal 250cc. Pasti mereka okay. Kita juga heppi.

    • ancene wonge koplak opomaneh sing koar2 motor kudu kopling kudu 250cc
      padahal sing penting kebutuhane wis kecukupan ora perlu gengsi opomaneh ambisi

    • Memang sengaja itu. Sejak Soekarno tumbang dan ganti orba. Pinjaman IMF disebut pemasukan negara. Bukan LOAN. Dollar akan selalu terus naik. Mending dijajah or kita serahkan semua alam Indonesia ini ke jepang or eropa saja. Kita dikasihnya motor2 berkualitas. Mereka pasti mau. Kita heppi semua. Dan pasti mereka mampu ngelola alam Indonesia. Nasionalisme itu bohong. Yg ga bohong itu “mana yg mbateni/mana yg nguntungkan”.

    • Di eropa mulai jor2an motor listrik, cina dah dr sulu motor listrik, jepng jg ikutan, nah market motor bengson ya dimanalagi klo ga negara ke 3, indoneaia, india ama amerika selatan , wakwaw

  10. yg penting desain lambo harga lcgc. pasti sangat2 diminati. yg penting desain sesuai sketsa dan harga bisa dibawah r25.

  11. suzuki punya model Bandit 400 didiemin. inazuma malah ngambil model B king yg g laku banyak dan dpt predikat desain jlk dr media luar.coba kluarin model kyk gtu.bila perlu main 4silinder 400cc lagi.pasti laris.

    • iya mgkn bs pke 250cc. klopun pke yg 400 klo bs lokalkan mgkn bs lbh terjangkau. BTW nih motor hobby,Goldwing aj laku. Bandit 400 klo diupgride teknology jg bakal sam. meski dijual diatas 100jt.

  12. Klo menurut pengalaman pribadi sebagai pengguna gsx 150, keadaan darurat yg harus segera ditangani oleh Suzuki adalah aftersales service atau fasilitas bengkel resmi. Dan kalau memang serius mau bangkit sektor tersebut harus ditangani langsung oleh pusat.

  13. Dolar meroket masbro..
    Solusi pemerintah blm kliatan .
    Tuh anggota dewan pada cengengesan ktangkep korupsi..
    Mdh2n ada perubahan jgn kmbali ke taun 98.
    Yg penting gas rem tipis2?

  14. Comment sok kepinter, cuma hanya ngelepas unek2x , punya duit beli ngk punya y nghayal n ngOceh, ngk punya bekal ekonomi luas, hanya jiplak katanya yg dikatakan ahli tapi ngk punya jln keluar?

  15. suzuki punya model Bandit 400 didiemin. inazuma malah ngambil model B king yg g laku banyak dan dpt predikat desain jlk dr media luar.coba kluarin model kyk gtu.bila perlu main 4silinder 400cc lagi.pasti laris.

    • iya mgkn bs pke 250cc. klopun pke yg 400 klo bs lokalkan mgkn bs lbh terjangkau. BTW nih motor hobby,Goldwing aj laku. Bandit 400 klo diupgride teknology jg bakal sam. meski dijual diatas 100jt.

  16. Klo menurut pengalaman pribadi sebagai pengguna gsx 150, keadaan darurat yg harus segera ditangani oleh Suzuki adalah aftersales service atau fasilitas bengkel resmi. Dan kalau memang serius mau bangkit sektor tersebut harus ditangani langsung oleh pusat.

  17. Batal lah, setelah pesta Asian games dollars bakal menyentuh 15rb, Hutang Naik menjadi 50 trilyun, jatuh tempo thn 2019…. Menkeu pusing, pengusaha pusing, buruh pusing…. Rakyat pushing,

    • Yg ga pusing cuman PNS. Karena dari jaman mbahku ga ada yg namanya PNS turun gaji. Gitu aja mereka masih ngiri, yg laki pengen poligami nya diakui hukum. Dasar otak k*NT*l

    • Bener.. Makin ngeri aja Dollars..
      Pengusaha pusing.. Mukul ke buruh (alias di rumahkan).. Nasip buruh kasihan Dapur terancam ngebul.. Anak istri gk bisa makan.. Ya Tuhan jgn balikkan lagi thn 98 ke indonesia..

      Siap kan uang utk 6 bln ke depan.. Lebih baik sedia payung dari pd kehujanan.. Beli lah yg penting” Rupiah lagi di tekan

    • Dollar ga bakal turun. Selama nya naek terus. Itu sdh disetting. Mulai orba hingga sekarang naeknya dah 3000%. Pinjaman IMF disebut pemasukan negara. Bukan LOAN. Lebih 60 tahun yg lalu sdh dimulai pembangkrutan nkri. Menteri keu yg gagal dilindungi, diangkat jadi petinggi bank dunia atau apa, saya lupa.. Sri mulyano dulu itu, skenarionya sdh ada sejak orba, yg bikin imf.

  18. Knp ga bangunin lagi Thunder 250 yah? Padahal penggemar Thunder 250 banyak banget, sampai2 harga sekennya lebih mahal dari Thunder keluar dulu

  19. usul aja buat suzuki daripada buat trail mending buat model tracker atau scrambler yg belum tersentuh pabrikan jepang lain dengan basis mesin DR200 kayaknya menarik, buka pasar baru kayak kawak dengan w175nya,

    • Nanti pasti ada yg ngekor,,,,,,siapa lagi kalo bukan si sayap,,,,,,,sayap ber ekor,,,,,,,ekekekekekek

    • Masukin intruder 150 dari india, di ckd aja biar agak murah, inveatasi tidak besar, pasarnya jelas ada.
      Bikin lawan kawasaki w175 dengan mesin gsx 150, model jadul fitur modern.
      Shogun 150 , jok rata kayak shogun 125, mesin satria fi 150.
      Bagasi gede ,tangki di depan aja.
      Kalau perlu tanpa kopling manual

Comments are closed.