iklan iwb

Iwanbanaran.com – Bergetarrrr cakkkk…..ibarat sedang jatuh cinta, hati ini langsung dag dig dug saat melihat dan meraba langsung Honda CB400 SuperFour terbaru. Bejo bin beruntung karena tidak semua Bloggers ataupun bikers ditanah air bisa melakukannya. Sebuah master piece dan legendaris produk Honda yang ternyata emang jabang bajullll keren tenan. Bahkan IWB tidak henti-hentinya meraba motor buatan Honda Jepang tersebut. Asliiii….seperti pengen nangis rasane karena cuma bisa mengelus tanpa bisa memiliki. Oalahhhhh. Btw…mungkinkah?Honda CB400 Superfour dibawa ke Indonesia ?

Honda CB400 bermesin 4 silinder pertama kali perkenalkan Honda pada tahun 1991 diajang Tokyo Motorshow ke 29. Konon CB400 ini adalah turunan CB1000 Superfour yang cukup kondang masa itu. Dari kelahirannya tersebut CB400 langsung menjadi idola bikers Jepang. Alasannya simpel cak…motor sangat nyaman dikendarai dengan power yang lumayan besar. Beberapa pembaharuan dilakukan Honda termasuk hadirnya versi Hyper VTECH ditahun 1999….

Yup….mesin baru ini membuat performa CB400 lebih baik. Dengan VTECH, performa torsi bawah membaik termasuk peningkatan efiensi bahan bakar. Ledakan atas juga semakin padat khususnya 6,750 RPM karena pada saat itu seluruh katup bekerja. CB400SF Hyper VTECH juga menggunakan suspensi milik CBR900RR sehingga handling meningkat. Honda juga merevisi?wheelbase yang menjadi 40 mm lebih pendek, termasuk posisi pemasangan engine 10 mm lebih rendah. Alhasil center gravity meningkat, motor lebih stabil dan gampang dikendalikan. Hebatnya cak…justru pada gen ini motor lebih ringan 6kg….

iklan iwb
” Honda CB400 Bold’Or….”

Setelah itu Honda terus memperbaharui CB400SF dengan VTECH II (2002) dilanjutkan VTECH III (2004) dan puncaknya tahun 2005 Honda memperkenalkan CB400 Super Bold’Or. Versi ini membuat suspensi CB400 bisa diseting dengan hadirnya pre-load adjuster. Versi ini juga sedikit berbeda karena Honda membekali tebeng dibagian lampu dengan model half fairing seperti halnya Fazer pada Yamaha. Pengembangan terus terjadi dan ditahun 2006 pabrikan sayap mengepak memperharui kelistrikan dengan tegangan koil yang lebih besar agar pengapian lebih stabil saat low RPM…

Dan ditahun 2008…Honda akhirnya melengserkan karburator dengan memperkenalkan New Honda CB400SF PGM FI. Itulah cikal bakal injeksi pada CB400 yang terus berlanjut hingga sekarang. Baru ditahun ditahun 2018 Honda dengan bangga memperkenalkan versi 25th anniversary?Honda PROJECT BIG 1 (SuperFour sejak 1992). Pada generasi 2018 ini mereka merevisi throttle body supaya lebih ramah lingkungan namun sekaligus meningkatkan power menjadi 55HP. Beberapa revisi lain adalah hadirnya LED headlight termasuk update pada suspensi depan belakang plus cantolan helm dengan sistem penguncian anyar. Dan versi inilah yang IWB raba serta elus cak…

Wajah dari Honda CB400SF nyaris tidak banyak berbeda dibandingkan generasi klasik era 1990an. Justru itulah yang menjadi kunci utama produk ini tetap digandrungi. Satu poin penting lain adalah materialnya….cadazzzz cicak bin kadal tenan. Tebal dan coating cat kinclong istimewa tenan. Casingnya padat diketuk ora bergeming. Opo maneh tankinya pakde….kayak nggetok tembok, ora bunyi blas. Standart buatan Jepang memang beda, kita harus akui itu. Di Jepang sendiri Honda CB400SF dijual dikisaran 815,400 Yen atau setara dengan 108 jutaan rupiah. Pertanyaannya….mungkinkah motor ini dibawa ketanah air ?

” Foto bersama dengan jajaran CB Superfour family di Museum Honda Jepang (Tokyo)…”

Sayang, hingga detik ini belum ada pencerahan pasti perihal Honda CB400SF. IWB sempat bertanya ke salah satu pejabat PT AHM yakni Mr. Kimura, kemungkinan kesana memang sangat berat karena banderol pasti akan melejit dan sulit diterima. Walau tidak menyebut angka…dengan sistem homologasi Jepang, pajak import plus status CBU….CB400 bisa saja tembus 180-200 jutaan. Makanya Honda seperti maju mundur. Apalagi menurutnya kubikasi juga nanggung jika dijual di Indonesia. Kubikasi 400cc dijual segitu, iso mumet tenan….

Last…..sebenarnya PT AHM nggak perlu ragu sebab pasar disegmen ini beda. Bawa saja beberapa unit CB400SF sebagai rare item seperti Supercub C125, pasti akan diuber. Yah…kalau dari sisi IWB sih ngelus dan meraba wis seneng. Sebuah motor legendaris dengan model everlasting yang membuat jiwa bikers siapapun bakal klepek-klepek. Wibawa, ganteng dan berkelas. Kalau model begini ..mau sampai 30 tahun kedepan juga tidak akan lekang oleh waktu. So…Honda CB400SF versi 2018 ? intip wae beberapa jepretannya dibawah ini. Bikin botak sariawan tenan ki motor, mung iso ngowohhh rekkkkk….(iwb)

97 COMMENTS

    • Di jamin kalo ngahaem bikin moge,ada part bermasalah anti recall,resiko tanggung konsumen,,,,,ngaaaaahhhhhhh

    • Nitip request lek, Honda produksi lagi CB1100X 6-cylinder yang suaranya mirip F1. Sekarang kan adanya cuma CB1100X 4-cylinder

    • Jepang Kiblat Kita Semua
      Soichiro Honda Utusan Tuhan

      Long Live Jepang
      Long Live Honda

      Yg Laen? Ppffffftttt…….. Bosok

  1. lah bulan maren ane ketemu di dekat anggrek (dekat kampus binus) tuh yang versi hyper vtec revo edisi pertama.. bodong kah?

  2. Nyampe kesini malah dikira TiLam cak ?

    Baidewei, keren sangat ini. 180jt 4 silinder masih masuk akal cak.
    Rebel zaza katanya laris kan? Padahal 2 sylinder kan?

  3. Mas, coba bikin polling aja, kira2 berapa banyak yg tertarik untuk ambil ni motor dengan perkiraan harga sekian sekian, hasilnya kasih tuh honda …

  4. Coba jejelin Honda dgn Kalimat ini wak.

    woi Bos. ORANG INDO PASTI BELI ni Motor ! wkwkwkk Ducati aja Kebeli. yakali Superfour yg banyak di Idam”kan anak Motor ga bakal di beli. Segmennya Bkan Motor Murah.. cb500aja Laris manis kayak Kacang. apalagi superfour wkwkwk

    • Cb400 sf lebih mahal dari cb500 boss..
      Satu buatan Honda Japan satu Honda thailand.. Kualitas beda..
      Cb400 sf bodong di indo rakitan 97. 40-50 jt..
      Full paper rakitan 2004 nembus 150-200 jt.. Tergantung kondisi
      108 jt di jepun.. Lu x 3 di indonesia ini harganya..
      Cth. Di australala = harga 1 unit cbr 1000 di indo.. Di australala dpt 3 unit malah super tidak..indonesia.
      Makannya org petani bedasi (pohon duit) menyalurkan hobinya bnyk di negara tetangga..di indo harga motor gk sehat bro..

    • Ah tuh moge yg lain ada saja yg beli,sampai.goldwing jg laku. cba CB400 dibuat lokal ya. nah yamaha katanya sdh buat MT07 lokal,cma g taw kpn dijual lokal neh.Klo suzuki ,,hemmmm cma.bs ngayal

    • Bukan masalah buatan jepang atau thailand.
      Masalahnya adalah biaya produksi cb400sf memang lebih mahal.
      Silinder ada 4. Cakram depan ada 2.
      Rangka juga beda. Lihat tuh harga dasarnya di jepang dah 100an juta. Tambah ongkir dan bea masuk. Trus kena bbn.

      Cb500 harga dasarnya memang lebih murah. Trus sesama asia tenggara juga free trade.

    • Betuul, harga gak sehat. Kompak tarik turun. Makelar2 kere dibasmii … Raja tega, maka nya pilih Nomer …..

    • Rumah di DEPLU, 150 m2. Cocok untuk kosan, tk.material. di hook. 1 km pintu toll dan halte TJ buka 1.2 (083807743210)

  5. selain Bandit 400 harusnya motor ini dibawa honda keindo.bila perlu lokalkan.masak ksi cb500 yg fiturnya gtu.

    • Mungkin nunggu yamaha Kluarin Moge lokalnya dulu baru honda ikut. MT07 lokalnya mana nih yamaha.keburu ambil Z800 second nih.

  6. lah bulan maren ane ketemu di dekat anggrek (dekat kampus binus) tuh yang versi hyper vtec revo edisi pertama.. bodong kah?

  7. Chrome part, alias blink2 kalau kata anak jaman old. Sesuatu yg sudah amat langka didunia roda 2. Karna semakin kesini kita cuma dikasih bahan2 yg mudah rusak dan kualitas murahan. Itu knalpot kinclong bisa ngaca, lah jaman skrg modal cat butek doang, 1 bln pakai lgsg karatan. Beruntunglah jaman old masih diberi motor yg berkualitas, motor ringan, tahan banting, dan tenaga besar. Salam generasi lawas.

  8. Wow VTECH yes VTECH bukan PTECH mana nih kok gak ada VTECH dijalan Indonesia, punya doang gak dipake.. oh iya orang bego mana tau begini kasi standar aja pasti laku yes laku a.k.a laris manis yes manis semanis madu hmmm

  9. Kita dianggapnya 2nd class citizen mungkin sama Honda. Yamaha malah berani buka plant tuk perakitan moge di Indonesia, pasarnya juga potensial.
    Kalau cbu terus-terusan ya kena bea cukai sama pajak barang mewah aja berapa. Ibarat cbr250rr mau dijual keluar malah muter otaknya berkali-kali.

    Kurang nekad mungkin…

  10. Moge ya Honda… laku keras.
    Lha yamimi? Jualan byson aja fans-nya cuma bisa jas jes jos..
    Wkwkwkwkwkwk

  11. Wow VTECH yes VTECH bukan PTECH mana nih kok gak ada VTECH dijalan Indonesia, punya doang gak dipake.. oh iya orang bego mana tau begini kasi standar aja pasti laku yes laku a.k.a laris manis yes manis semanis madu hmmm

  12. Moge ya Honda… laku keras.
    Lha yamimi? Jualan byson aja fans-nya cuma bisa jas jes jos..
    Wkwkwkwkwkwk

  13. Chrome part, alias blink2 kalau kata anak jaman old. Sesuatu yg sudah amat langka didunia roda 2. Karna semakin kesini kita cuma dikasih bahan2 yg mudah rusak dan kualitas murahan. Itu knalpot kinclong bisa ngaca, lah jaman skrg modal cat butek doang, 1 bln pakai lgsg karatan. Beruntunglah jaman old masih diberi motor yg berkualitas, motor ringan, tahan banting, dan tenaga besar. Salam generasi lawas.

  14. Kita dianggapnya 2nd class citizen mungkin sama Honda. Yamaha malah berani buka plant tuk perakitan moge di Indonesia, pasarnya juga potensial.
    Kalau cbu terus-terusan ya kena bea cukai sama pajak barang mewah aja berapa. Ibarat cbr250rr mau dijual keluar malah muter otaknya berkali-kali.

    Kurang nekad mungkin…

  15. Coba jejelin Honda dgn Kalimat ini wak.

    woi Bos. ORANG INDO PASTI BELI ni Motor ! wkwkwkk Ducati aja Kebeli. yakali Superfour yg banyak di Idam”kan anak Motor ga bakal di beli. Segmennya Bkan Motor Murah.. cb500aja Laris manis kayak Kacang. apalagi superfour wkwkwk

    • Cb400 sf lebih mahal dari cb500 boss..
      Satu buatan Honda Japan satu Honda thailand.. Kualitas beda..
      Cb400 sf bodong di indo rakitan 97. 40-50 jt..
      Full paper rakitan 2004 nembus 150-200 jt.. Tergantung kondisi
      108 jt di jepun.. Lu x 3 di indonesia ini harganya..
      Cth. Di australala = harga 1 unit cbr 1000 di indo.. Di australala dpt 3 unit malah super tidak..indonesia.
      Makannya org petani bedasi (pohon duit) menyalurkan hobinya bnyk di negara tetangga..di indo harga motor gk sehat bro..

    • Bukan masalah buatan jepang atau thailand.
      Masalahnya adalah biaya produksi cb400sf memang lebih mahal.
      Silinder ada 4. Cakram depan ada 2.
      Rangka juga beda. Lihat tuh harga dasarnya di jepang dah 100an juta. Tambah ongkir dan bea masuk. Trus kena bbn.

      Cb500 harga dasarnya memang lebih murah. Trus sesama asia tenggara juga free trade.

    • Betuul, harga gak sehat. Kompak tarik turun. Makelar2 kere dibasmii … Raja tega, maka nya pilih Nomer …..

    • Rumah di DEPLU, 150 m2. Cocok untuk kosan, tk.material. di hook. 1 km pintu toll dan halte TJ buka 1.2 (083807743210)

  16. Mas, coba bikin polling aja, kira2 berapa banyak yg tertarik untuk ambil ni motor dengan perkiraan harga sekian sekian, hasilnya kasih tuh honda …

  17. selain Bandit 400 harusnya motor ini dibawa honda keindo.bila perlu lokalkan.masak ksi cb500 yg fiturnya gtu.

    • Mungkin nunggu yamaha Kluarin Moge lokalnya dulu baru honda ikut. MT07 lokalnya mana nih yamaha.keburu ambil Z800 second nih.

Comments are closed.