iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro….KTM mungkin adalah pabrikan yang paling beda dengan beberapa pabrikan motor lain baik diajang balap ataupun mass production. Bisa dibilang pabrikan Austria ini bergeming ogah menggandeng vendor lain untuk urusan suspensi ataupun sasis. Jika suspensi tim papan atas MotoGP percaya pada Ohlins namun KTM tidak. Mereka tetap mengandalkan WP suspension termasuk sasis atau frame yang digunakan. Pertanyaannya kenapa KTM tetap setia menggunakan frame dan suspensi WP ?

Jika sampeyan memperhatikan nyaris hampir semua produk baik Mas production ataupun Prototype KTM menggunakan WP suspension. Tidak hanya suspensi tapi KTM juga mempercayakan WP Untuk menggarap frame pada hampir seluruh produknya. Jadi cak…. kalau sampeyan salah satu biker yang memiliki Duke ataupun RC series…. tunggangan sampeyan pasti menggunakan suspensi WP serta sasis buatan WP juga….

Yang menarik tidak hanya Mas production produk,? KTM juga tetap menggunakan WP di ajang balap MotoGP, Moto2, Moto3 bahkan penggaruk tanah. Mengusung nama KTM RC16, MotoGP Prototype Ini pertama kali turun pada tahun 2016 lewat wildcard Mika Kallio. Dibuat pada tahun 2015 KTM RC16 memang beda dibandingkan dengan beberapa motor MotoGP lain yang mengandakan sasis Twin spar aluminium. Bahkan Ducati yang identik dengan tralis akhirnya juga menyerah dengan membuntuti jejak motor Jepang di mana frame mereka kini mengadopsi model Twin spar almu. KTM piye ?

iklan iwb

Jebule ora tertarik pakde. Kondisi yang ternyata tidak diikuti oleh KTM sebab jika sampean melihat secara jeli bakal terekspos frame atau sasis RC16 masih tetap mengandalkan model teralis. Rangka ini adalah buatan WP…. termasuk suspensi depan belakang tetap setia dengan WP. Pertanyaannya Kenapa KTM tidak melirik vendor lain yang notabene menjadi pilihan terbaik tim MotoGP seperti ohlins contohnya?

” Harmonisasi…. dengan vendor yang sama antara suspensi serta sasis akan memudahkan pada tahap pengembangan. Kami percaya WP Sebab mereka sudah lama bersama kami dan kemampuan di ajang racing tidak perlu diragukan. Silakan cek berapa Piala yang sudah kami bawa di balap racing baik on road ataupun off road. Pembuatan sasis dan suspensi dengan satu vendor juga memudahkan dalam proses development. Itulah kenapa Kami tetap akan menggunakan WP untuk meracik suspensi serta frame motor-motor kami baik Mas production ataupun Prototype Moto2-3/MotoGP...” terang salah satu pejabat KTM saat IWB interview…

Last…. itulah yang mendasari Kenapa KTM tetap setia menggunakan WP pada suspensi ataupun frame mereka. Alasannya adalah harmonisasi serta kemudahan dalam proses riset dan development sebab dengan pengembangan dalam satu atap jelas tidak akan ada tarik kepentingan serta ego yang akan membuat proses pengembangan jadi lebih lambat. Kira-kira ngono cak. So…kalau sampeyan punya motor KTM berbanggalah karena frame dan suspensi adalah satu merk dengan yang mereka gunakan diajang Motogp…WP cakkkk, juozzzzz wisss (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!