iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….kembali Suzuki Hayabusa menjadi motor terkencang sejagad setelah berhasil menembus top speed diatas 416 km/jam ditangan Phil Wood asal Inggris. Motor yang masih masuk kategori Street Legal ini berhasil menjebol tembok 400 km/jam yang sebelumnya ditorehkan oleh Kawasaki H2R. Digarap oleh Steelheart Engineering, Suzuki Hayabusa garapannya melonjak dan memiliki horse power hingga 900HP. Waaahh edian seriusan kiiiii ? emang apanya yang dirubah ?

Secara basis, mesin Hayabusa memang sudah kencang dari lahir. Hal ini memudahkan Steelheart Engineering untuk ngoprek bagian dalam engine termasuk dicangkokkannya  GTX4202r turbo sehingga torsipun meningkat hingga tembus 677Nm. Power juga melejit hingga 900HP (Klaim). Weehh iki seriusan kiiieeeee?? kalau bener jelas Sebuah data yang membuat kita bengong. Apalagi mereka tidak banyak mengubah body Asli Hayabusa. Hanya penambahan beberapa plat pada sasis agar lebih rigid. Maklum…ledakan tenaganya kini meningkat hingga nyaris 4 kali lipat dari standart…

Begitu juga bagian swing arm, power besar dibutuhkan lengan ayun mumpuni. Steelheart Engineering kembali memainkan perannya. Kuncinya adalah, lengan ayun harus kuat menahan pressure sproket saat power meledak. Termasuk pencangkokan pelk lebar dibagian belakang. Supaya transfer tenaga keroda maksimal, dibutuhkan grip ban dengan penampang lebar. Oleh karena itu pelk pun kini dibekali ukuran 8 inch…..cadaz cak…

iklan iwb

So….grip lebih baik maka transfer power rantai ke aspal juga akan lebih baik. Itu saja cukup ?? jelas nggak pakde. Power is nothing without control. Artinya ? Tanpa ban mumpuni semua akan percuma. Disini Steelheart Engineering memilih ban Michelin Power RS berukuran 240/45’17 spek Motogp untuk meminimize spin atau selip. Beberapa perombakan lain termasuk filter udara, mengingat performa tinggi butuh asupan angin yang lebih deras. Dan akhirnya perjuangan merekapun membuahkan hasil…

Suzuki Hayabusa racikan Steelheart Engineering pecahkan record dunia untuk motor street legal. Phil Wood yang sudah melakukan tes top speed Hayabusa dengan menembus 245MPH (394 km/jam) di bulan Mei. Namun karena nggak puas, 2nd run yang dilakukan kemarin akhirnya memecahkan record dunia dengan angka tertinggi 258.5MPH atau setara dengan 416 km/jam. Yang menjadikannya istimewa, Hayabusa yang menembus record ini menggunakan spek street legal bike…

Bukan motor yang diracik hanya berorientasi pada speed belaka. Jadi seluruh fungsi sebagai motor layak jalan terpenuhi seperti klakson, lampu-lampu (sein, stoplamp dll) speedometer dsb. So…sekali lagi Suzuki Hayabusa 1300 masih menjadi motor yang patut kita berikan posisi tertinggi soal high speed. Kencang, gampang dioprek walau banderol termasuk paling rendah dibandingkan para kompetitornya. Suzuki Hayabusa tembus 416 km/jam ?? rasane speed kayak gitu piye yo cak….weleh-weleh ! wis ah, sholat Id dulu pakdeeeee…(iwb)

Advertisements

140 COMMENTS

  1. Buat lek iwb dan penghuni waring ini

    Selamat hari raya idul adha 1439 H.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.
    Semoga Allah menerima amalanku dan amalan saudara2 sekalian

    • ….kalu daging kambing pengen emvyukk…rendem aja pake larutan Aisi…walu larutan bulan lalu…pasti serat yg keras jadi getas dan emvyukk….selamat mencoba

    • ….breaking nyuss….karena masih diliputi duka yang mendalam…tentang hilangnya Data Aisi…dihari ini efbeha cukup menyembelih boneka…shoun the sheep….terima kasih

    • Olang begooo atas ko h2r lawan hayabusa yg uda di oprek mesin + di cangkok turbo…
      Hayabusa mesin 1340 cc ini original pabrik yg di atas uda di oprek.. Kalo spek NHRA bisa nembus 1600 cc + di cangkok turbo.. Lu sehat di adu sama H2r yg cuma 1000 cc pembulatan?..

      Imbang Hayabusa NHRA aja Zx14 Yg uda di oprek mesin+ turbo

    • Gak ada gunanya suzuki mecahin record” buat suzuki bandit 400 dijual global bahkan utk indo itu lebih penting. lu itu mau jualan atau show up.

    • sebenearnya byk cara utk klo ngejar topspeed. selain gear,jarak tempuh jg. trus oprepkan extrem. Lbh baik suzuki fokus buatin Bandit 400. masak kalah sama honda yg buat CB400 baru.

    • Merasakan Tenaga Besar All New PCX 2018 "Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver" Design Nmax mirip dengan Honda forza 300 eropa euyyy sama-sama 4 valves or klep sob

      Betul. Sebiji topspeed tembus 140kmj x 4

  2. Buat lek iwb dan penghuni waring ini

    Selamat hari raya idul adha 1439 H.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.
    Semoga Allah menerima amalanku dan amalan saudara2 sekalian

  3. mesin super gahar dan trengginas….wajib hukumnya pake rangka yang kuat dan kokoh….deltabox…contohnya….ekkkkkkk

  4. Buat lek i….w…..b…. dan penghuni warung ini

    Selamat hari raya idul adha 1439 H.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.
    Semoga Allah menerima amalanku dan amalan saudara2 sekalian

  5. Hmmm
    Itu belum apa-apa dibandingkan dengan Honda Sonic bung! Ganti ecu racing tembus 178 km/jam on speedo, tambah 10 ecu racing tembus 1780 km/jam on speedo!

    Nah …

  6. Bagi saya H2R lbh baik,krn motor ini sedikit modif bahkan lgsg dr pabrik. klo hayabusa yg ini sdh dpt modifikasi extrem banget. gak ada gunanya suzuki mau mecahin record” kecepatan. cukup buat suzuki bandit 400 dan jual diseluruh dunia .khususnya indonesia Itu lebih penting.

  7. Belum ada apa apanya sama pcx aq bang , pcx aq sudah fi di tambah sudah rem cakram depan belakang , terus sudah keyless di jamin suzuki hayabusa tak berkutik

  8. Mungkin secara teori modifikasi mesin seperti itu sanggup mengail sampai 900HP. Ga mungkin lah dng sekedar tarik mundur ban belakang yg cuman bbrp inch utk handling power setara F1 gitu, malu donk dragster drag bike di US yang sampai harus narik
    Btw, itu panjang lintasan ato waktu tempuh ga tercantum? 400kpj H2R nya Sofuoglu kmrn kan <30dtk..

    • ga mungkin? kenapa ga mungkin.
      ya mungkin aja, tapi efek nya nge spin2 non stop krn ga dpt traksi.

      kudu sabar buka gasnya biar bs dpt traksi.

    • sebenearnya byk cara utk klo ngejar topspeed. selain gear,jarak tempuh jg. trus oprepkan extrem. Lbh baik suzuki fokus buatin Bandit 400. masak kalah sama honda yg buat CB400 baru.

    • ….kalu daging kambing pengen emvyukk…rendem aja pake larutan Aisi…walu larutan bulan lalu…pasti serat yg keras jadi getas dan emvyukk….selamat mencoba

    • Olang begooo atas ko h2r lawan hayabusa yg uda di oprek mesin + di cangkok turbo…
      Hayabusa mesin 1340 cc ini original pabrik yg di atas uda di oprek.. Kalo spek NHRA bisa nembus 1600 cc + di cangkok turbo.. Lu sehat di adu sama H2r yg cuma 1000 cc pembulatan?..

      Imbang Hayabusa NHRA aja Zx14 Yg uda di oprek mesin+ turbo

    • Gak ada gunanya suzuki mecahin record” buat suzuki bandit 400 dijual global bahkan utk indo itu lebih penting. lu itu mau jualan atau show up.

  9. Hmmm
    Itu belum apa-apa dibandingkan dengan Honda Sonic bung! Ganti ecu racing tembus 178 km/jam on speedo, tambah 10 ecu racing tembus 1780 km/jam on speedo!

    Nah …

  10. Buat lek i….w…..b…. dan penghuni warung ini

    Selamat hari raya idul adha 1439 H.
    Taqabbalallahu minna wa minkum.
    Semoga Allah menerima amalanku dan amalan saudara2 sekalian

  11. Belum ada apa apanya sama pcx aq bang , pcx aq sudah fi di tambah sudah rem cakram depan belakang , terus sudah keyless di jamin suzuki hayabusa tak berkutik

  12. Mungkin secara teori modifikasi mesin seperti itu sanggup mengail sampai 900HP. Ga mungkin lah dng sekedar tarik mundur ban belakang yg cuman bbrp inch utk handling power setara F1 gitu, malu donk dragster drag bike di US yang sampai harus narik
    Btw, itu panjang lintasan ato waktu tempuh ga tercantum? 400kpj H2R nya Sofuoglu kmrn kan <30dtk..

    • ga mungkin? kenapa ga mungkin.
      ya mungkin aja, tapi efek nya nge spin2 non stop krn ga dpt traksi.

      kudu sabar buka gasnya biar bs dpt traksi.

  13. Bagi saya H2R lbh baik,krn motor ini sedikit modif bahkan lgsg dr pabrik. klo hayabusa yg ini sdh dpt modifikasi extrem banget. gak ada gunanya suzuki mau mecahin record” kecepatan. cukup buat suzuki bandit 400 dan jual diseluruh dunia .khususnya indonesia Itu lebih penting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here