iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sampeyan pasti tahu bahwa hingga detik ini tidak ada data distribusi AISI seperti yang setiap bulan IWB share. Hal ini karena adanya himbuan dari KPPU yang melarang disebarkannnya data distribusi kendaraan bermotor kepublik alias hanya konsumsi pemerintah. Menurut KPPU, data-data tersebut berpotensi disalah gunakan pabrikan sehingga mereka himbau untuk tidak lagi disebar kepublik. Jelas jika ini resmi dilarang…..market share motor dan mobil jadi makin misterius. Waduhhh…

Setelah ramai soal Yamaha dan Honda, kini KPPU melarang adanya share informasi distribusi kendaraan GAIKINDO ataupun AISI kepublik. Seperti dilansir Kompas, juru bicara KPPU tutur Guntur Syahputra Saragih mengungkapkan rasa kuatirnya jika data AISI diumbar. “ Prinsipnya seperti ini, kalau soal dipindah memang bukan menjadi keputusan KPPU. Namun, soal pembagian data-data yang seperti itu, pada prinsipnya sangat berpotensi terjadinya pelanggaran, berpotensi ya…

” Kembali lagi, penegakkan hukum administrasi pelanggaran harus kami buktikan dahulu dengan pemeriksaan sampai persidangan. Hanya sebagai upaya pencegahan, kegiatan-kegiatan membagi data produksi, itu sangat berpotensi bagi sesama pelaku usaha untuk bersekongkol dalam arti negatif. Seperti mengendalikan jumlah produk barang dan jasa, produksi, volume, pricing, dan bisa memberikan juga potensi untuk melakukan perjanjian yang dilarang dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 1999, perjanjian yang untuk mengatur produksi barang dan jasa….” serunya…

iklan iwb
iklan iwb

Ditempat terpisah, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto menyatakan akan menemui KPPU guna membahas imbauan soal Agen Pemegang Merek (APM) untuk tak setor data ke asosiasi. Hal ini perlu dibicarakan mengingat semua sudah diatur oleh menteri keuangan (PMK)228/2017 khususnya terkait perpajakan. ” Pengumpulan data ini merupakan regulasi pemerintah, tapi kalau kita diminta untuk tidak mengumpulkan ya sukur, tugas Gaikindo berkurang. Tapi sekarang posisinya kita diwajibkan..” serunya….

Last….Kisruh pelarangan data AISI atau Gaikindo oleh KPPU memang masih belum final sebab GAIKINDO akan coba menemui KKPU guna membicarakan masalah ini. Harapan kita sih data tetap terbuka untuk publik agar market share motor tidak misterius. Lha piye cak…ora ono data yang disetor ATPM ke AISI kan membuat kita buta huruf berapa jumlah distribusi perbulan produk. Apalagi pergerakan turun naiknya motor justru bisa memberikan gambaran indikator bagus tidaknya daya beli masyarakat secara umum. Nah…kalau menurut sampeyan piye cak, setuju data diumbar atau dikekepin hanya untuk pemerintah ? monggo berikan opininya….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

254 COMMENTS

  1. Udah kmrn masalah kartel yg gak jelas akhirnya gmna..itu juga krna KPPU pake bukti yg lemah..udah gitu solusi KPPU juga gak menguntungkan konsumen..(harga matik gak jd lbh murah)
    Skrg ngerecokin masalah data distribusi..
    Sebenernya KPPU itu gimana sih posisinya? Sepertinya bukan lembaga pembuat regulasi deh.. Makanya himbauan yg ini malah berbenturan dgn Permen Kementerian Keuangan.. Karepmu tuh opo KPPU?

    • Udah kena denda?? Trus untungnya buat konsumen apaan ? Perasaan harganya tetap aja atau yg kadunv beli tahun laku juga gak dapat cashback..

      Pabrikan didenda itu gak bikin jera lha wong duit denda dimasukan lagi di margin profit produk berikutnya

  2. kalu melihat dgn jujur…ketel itu ada….dgn cara inilah…setidaknya ketel dapat diredam….tolak ketellll…..ngah ah ahhhhh

    • yg pasti kppu hanya kasihan kepada fby
      krna setiap data ms di informasikan banyak fby yg ayan
      bahkan sapi setruk masal
      MuuuUUUuuuuuehehehe……

    • MX King terlemot dikelasnya ente diem aja bro, ga koar2.
      R25 terlemot dikelasnya juga diem aja.
      Karena ada logo garpu karatnya ya?
      Hahahaa…

    • Ulah fby Oprek regulasi…biar GA diberakin fbh Mulu…besok2 MotoGP ,ARRC,irs yg juara 1 GA usah diumumin republik…udah tau lah juaranya pasti Honda..

    • Merasakan Tenaga Besar All New PCX 2018 "Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver" Design Nmax mirip dengan Honda forza 300 eropa euyyy sama-sama 4 valves or klep sob

      Klo topspeed boleh dipublikasikan

    • Padahal itu menu artikel wajib bagi blogger. Apalagi yg kondang papan atas. Sepenting artikel montogepeh. Ngaaaaahhhhh hhhh hhhhh

    • Akhirnya permintaan FBY dikabulkan.
      Setiap ada artikel data AISI FBY selalu ngumpet di Zamban City
      Sekarang bisa bernafas atak lega.

      Tinggal oprex lagi, ga boleh publish artikel IRS, ARRC, dan motoGP

      Biar FBY bisa bernafas dgn lega.

    • Gara2 fb anu gak kuat batinnya akhirmyaboprek regulasi data aisi.

      Knapa klo gaknmampu bersaing sselalu merengek minta dikasihani sihhh..

      Jepang kog kaya gitu

    • Dalam industri ini namanya price Agreement, itu juga ada beberapa kategori.

      xxxxxx, pengertian price agreement adalah beberapa badan usaha yang memiliki output produk serupa lalu secara terselubung melakukan pengaturan harga, kenaikan harga, pengendalian penjualan secara bersama sehingga terbentuk harga yang seolah itu adalah harga pasar. Di industri saya juga ada Asosiasi seperti AISI atau Gaikindo.
      Price Agreement ini
      saja dibagi menjadi beberapa kategori
      1. Fixed price Agreement
      Secara bersama perusahaan2 menetapkan harga jual suatu produk dalam range harga tertentu selama jangka waktu tertentu dan menaikkan harga dengan nilai tertentu secara beriringan.
      2. Price area and stock agreement
      Ini adalah kesepakatan antar perusahaan dalam penentuan harga di area tertentu mengatur jumlah stok pada satu waktu. Bisa jadi para perusahaan sepakat untuk area 1 perusahaan A menjual lebih banyak dan harga lebih tinggi dari perusahaan B tapi berlaku sebaliknya di area 2.
      3. Cost Agreement
      Ini berkaitan dengan raw material dan labor price.

      Pemberian data kepada Asosiasi tidak akan memberi direct efect, karena bisnis automotif itu long term dan low respon maka lebih kepada indirect efect seperti
      Perencanaan kenaikan harga, jadwal rilis model baru dll.
      Kalau mau lebih dalam lagi, tinggal kita lihat saja harga mobil/motor berbagai brand dikelas yang sama, check harga di TPT, OFR dan OTR

      Dalam xxxxx, jangankan memberikan data membicarakannya saja disuatu pertemuan mengenai nilai perdagangan baik mengenai price dan quantity antar perusahaan sudah melanggar kode etik.

      Sangat wajar jika KPPU melihat hal ini, karena indikasi ke arah sana memang tampak, hanya apakah bisa dibuktikan atau tidak? Itu yang sulit.
      Selama tidak bisa dibuktikan, maka mau membuat sanggahan apapun itu sah-sah saja.

      Toh nyatanya Mitxxxx dan Vauksvxxxx pernah terbukti ketahuan berbuat curang diluar sana yang katanya pengawasannya lebih ketat, apalagi disini?

    • Klo emg takut curang.. Ya sistem diperbaiki.. Bukan gk boleh dishare.. Klo org meninggal krn temen chat facebook.. Apakah facebook harus ditutup?
      Pekok dipelihara.
      Btw perhari ini penjualan mobil bulan juli udh ada didetikcom. Tp motor blm.

    • Ntar lagi R2lusin jadi yang terbesar CCnya di kelas 250 CC. Kemungkinan jadi 259cc, ditulis di body cukup 2 digit r25. Jadi konsumen pekok, ga ngerti. Seperti r155, kalo ditulis 2 digit jadi r15, ngoahahaha.

    • Sales2 Yamaha selalu dibuat malu sama data AISI
      Akhirnya yamaha oprek regulasi agar data AISI ga dipublish biar sales2 Yamaha ga pada ngumpet

    • Dari dulu klo ada blogger yg bahas data AISI Yamaha selalu ga terima.
      Takut kebobrokannya diketahui orang.
      Byson 0 unit berbulan2, biar aib ga diketahui orang akhirnya oprex regulasi biar data aisi ga boleh dipublish
      Hahahaa..

    • Merasakan Tenaga Besar All New PCX 2018 "Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver" Design Nmax mirip dengan Honda forza 300 eropa euyyy sama-sama 4 valves or klep sob

      Topspeed tembus 140kmj utk performa fast ride Kejar Setoran. Data topspeed tembus 140kmj utk performa fast ride Kejar Setoran, boleh laaagh….. dipublikasikan.

    • Bukti fbAyE emang bayi kemarin sore ..masih doyan ASI COYYYY

      Paidi 21 August, 2018 at 13:35
      ternyata efbeha ketagihan aisi….kalu Paidi jelas lebih ketagihan….ASI….xixixixiiiiii

    • Ngak usah dipublikasikan data MS lokal , krn bikin publik terpecah , saling ledek , saling hina produk kompetitor , indonesia sulit bersatu gegara FB² fanatik dikompori sales nyaru jadi FB , tim SWAT turut mnjadi kompor , fix sharing data MS eksport ae , lebih adem

  3. Setuju lek. Gawe opo si? cuma kanggo debat pensboy gak jelas.

    Kita konsumen cuma butuh produk berkualitas. Laris gak menjamin kualitas bagus.

    Dan kita cari informasi buat cari referensi bagaimana impressi, apa kelebihan dan kekurangannya, harga, dan kualitas dari produk.

    Bukannya dicekokin artikel produk ini laku sekian bulan ini.

    Maaf lek, ini suara hati pembaca setiamu sejak jaman sampeyan pakai megapro hiu.

    • Yg jelas ini sih akal2an Yamaha aja bro.
      Ente pasti taulah gimana tabiat Yamaha.
      Media ga boleh publish data yg ga menguntungkan Yamaha.
      Data baru boleh dipublikasikan klo Yamaha yg menang.
      Ga jauh beda dgn balapan aja bro, Yamaha kalah langsung oprex regulasi.

    • Jangan jangan ngahaem malu sama Cibier 250 rrrrrrr,,,,,,jualan cuma laku criiiiitttttt 5 biji,,,,,,atau jangan jangan 0 unit,,,,,,buakakakakakakak

    • Owe lanjut cocot FBH atas..

      Berarti hebat dong yamaha.. Bisa oprek regulasi sana sini..
      Sampai data utk negara juga bisa di oprek Yamaha..

      Jadi kacung yaa bok ot4k di pakek..jgn kelihatan bodohnya..

    • …biasa nenggak pake ketel ya gtu….ekkkkk cobalah nyucrup pake kendhi…lebih alami dan berenergi….ngah ah ah ahhhhhh

    • Merasakan Tenaga Besar All New PCX 2018 "Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver" Design Nmax mirip dengan Honda forza 300 eropa euyyy sama-sama 4 valves or klep sob

      Data topspeed tembus 140kmj utk performa fast ride Kejar Setoran, boleh laaagh dipublikasikan

    • Beerarti balapan ARRC gak usah ditayangin aja toh buatbapa sih nonton kebut kebutan ujung ujungnya g menang honda doang

    • eicell…koq gampang …ngambek sihhh…mimik susu biar tenang…jangan nyucrupp ketell…bahaya tau…ngah ah ah ahjhjjjjhhh

    • saya sebagai pemakai ducati iri gak ada data aisi buat ducati brp ya? apa penting ms itu klo cma pke saling samplok.

    • Jgn gitu bro kasihan kacung fbh..
      Gk hina sana sini mereka gk makan.. Ms gede yg makan cuma bosnya aja lihat sifat kacungnya memprehatinkan..

      Cth.. Lagi bahas musibah yg meninggal aja kacung fbh masi sempat sempat nyinyir… Lagi artikel bantu sodara yg krng beruntung kacung fbh masi nyinyir juga..

  4. Hampir semua hal kalau disalahgunakan bisa berbahaya. Tapi apa iya semenakutkan itu sampai harus dilarang?
    Contoh:
    pisau dapur bisa melukai orang
    Racun serangga/pembasmi hama bisa meracuni/membunuh orang
    Sepeda motor bisa buat jambret
    Mobil bisa buat angkutan merampok
    Kopi bisa dicampur sianida bisa meracun orang
    Dll

    • kasusmu benar ….tapi kasusmu dan kasus ini jelas berbeda….ini semata mata untuk melindungi konsumen dari…praktik dagang ketel,orang jogya pasti lebih paham…mendingan dagang kendhi…salam kendhii…ngah ah ah ahhhhh

  5. Artinya ganti president di tahun 2019 secara konstituen hihihi, ya kalau nggak mau diganti ya nggak apa-apa . Malu lagi kalau penjualan motor turun!

    • makin berat lagi rakyat yang cuma disodorin freestyle,, tapi masyarakat masih banyak yang kesusahan karna kebutuhan sehari2 pada naik dan import!!

      think smart!

    • hanya urang malas yg bisa ngomong hidup kesusahan….peluang begitu banyak kalu malas yahhhh….lagi lagi pemimpin yang disalahkan….UMR gak naek bingung…harga naek juga bingung….hidup seorang pemalas emang membingungkan….ingat banyak juga yang smart itu pemalas….

    • Comment:klo nuduh yang sambat ekonomi orang pemalas…coba ente jalan jalan ke job fair…. atau ikut rembuk di beberapa asosiasi pengusaha menengah ke bawah…di situ baru ente paham xixixixi

  6. Udah kmrn masalah kartel yg gak jelas akhirnya gmna..itu juga krna KPPU pake bukti yg lemah..udah gitu solusi KPPU juga gak menguntungkan konsumen..(harga matik gak jd lbh murah)
    Skrg ngerecokin masalah data distribusi..
    Sebenernya KPPU itu gimana sih posisinya? Sepertinya bukan lembaga pembuat regulasi deh.. Makanya himbauan yg ini malah berbenturan dgn Permen Kementerian Keuangan.. Karepmu tuh opo KPPU?

    • Udah kena denda?? Trus untungnya buat konsumen apaan ? Perasaan harganya tetap aja atau yg kadunv beli tahun laku juga gak dapat cashback..

      Pabrikan didenda itu gak bikin jera lha wong duit denda dimasukan lagi di margin profit produk berikutnya

  7. Udah bisa ditebak, siapa dibalik larangan data AISI dipublikasikan.
    Yg jelas ini sih akal2an Yamaha aja.
    Pasti udah pada taulah gimana tabiat Yamaha.
    Media ga boleh publish data yg ga menguntungkan Yamaha.
    Data baru boleh dipublikasikan klo Yamaha yg menang.
    Yg berani publish data AISI lamgsung dicap blogger bayaran, ga netral, dapet amplop, dll
    Ga jauh beda dgn balapan aja, Yamaha kalah langsung oprex regulasi.

  8. Udah jelas siapa dibalik pelarangan publikasi data AISI.
    Yamaha emang k*mpret..!!
    Takut banget kebobrokannya diketahui orang

    • Hemm atas ane TK nya gak lulusni..

      Punya wewenang apa yamaha bisa melarang dta AISI..
      Paok gk sampai ke darah sihhhhh..

      Ambil paket sana Gih biar lulus TK nya terus lanjut SD, SMP, SMA, s1 dan seterusnya, biar pinter

    • Udah pada tau ta iat Yamaha
      kalah balap oprex regulasi
      Kalah jualan larang data jualan dipublikasi
      Cuma Yamaha yg spt ini
      Siapa lagi?
      Ga ada pabrikan lain sebrengs*k Yamaha.

    • salah satu orang bodoh dari FBH,,
      justru data aisi jadi acuan honda buat produk alakadarnya,, yang penting MS naik

      macam kampungan kau tong

    • kalo ngelarang dan katahuan abis nasibnya boss..untuk jadi peraturan itu panjang prosesnya di KPPU boss, banyak ahli yg terlibat, ekonomi, hukum, bahasa, ahli perdagangan…gini ya gampangnya…kalo satu tipe yg sudah ketahuan paling laku..mau nggak mau kompetitor akan main ke sana…terus khan yang ditakutkan kan emang kartel yang kemaren melibatkan 2 pabrikan motor terbesar di mari…nah dengan ‘gelapnya’ tipe motor yg paling laku ya bisa2nya produsen dong untuk berinovasi biar produknya laku??tdan meminimalisir produknya untuk gampang dicontek…paling yg nggerutu ya blogger..hit turun dan berita gorengan seeepi..

  9. Pabrikan ki kon mikir, nek dalan2 podo macet kebak kendaraan bermotor ki sing tanggung jawab sopo. Minimal pabrikan nduwe solusi utowo wehi kontribusi kanggo ngatasi kecemacetan, ora gur mikir berlomba2 gawe pit / mobil trus didol.

  10. hal ini untuk meredam dagang ….ketel…krn indikasi dagang ketel…sangat kentara….Paidi dukung….ngah ah ah ahhhhhh

  11. Ha ha ha ha… Ketawa lihat para fans yg fanatik bin bodo. Klo pun Yamaha yg meminta regulasi tersebut, kenapa fans Honda ribut? Wkwkwwkkwk.
    Ya bersyukur saja untuk registrasi baru tersebut, biar Honda atau Yamaha nggak mengekor ketika ada produk baru yg laris…

  12. kalu melihat dgn jujur…ketel itu ada….dgn cara inilah…setidaknya ketel dapat diredam….tolak ketellll…..ngah ah ahhhhh

  13. Merasakan Tenaga Besar All New PCX 2018 "Tidak hanya unggul di mesin, PCX 2018 juga unggul untuk bermanuver" Design Nmax mirip dengan Honda forza 300 eropa euyyy sama-sama 4 valves or klep sob

    Topspeed boleh dipublikasikan?

  14. Ini ngapain pada ribut merk,

    Ga jelas,

    Toh yg jadi masalah data penjualan, ngapain antar merk pada ribut,

    Ga guna ngeributin juga, toh sampean yg udah punya motor tinggal bawa jalan², beres, selera motor ya masing² aja

  15. wkwwkwk yang ada honda main harga di leasing,, bener harga motornya 11-12,, tapi di cicilanya dia bisa katrol harga ,, wkwkwkwk

    jadi honda akan baca data aisi sebagai penetapan harga dan lain sebagainya,,

  16. Ini mah pasti hasil loby2 yamimi..
    Maklum, fansboynya aja kaum kiriker…
    apalagi pabrikannya… yg kl udah malu, halalkan segala cara
    Wkwkwkwkwk

    • FBH PLANGA PLONGO MAKIN THOLOL AJA….ga ada data lagi buat ngomongin MS, padahal MS itu modal mereka buat ngegonggong tiap hari, NGOAHAHAHAHAAA…
      sebegitu pentingnya DATA AISI buat kalian??? makan tuh DATA….!

    • Walah…para sales mah ga perduli om, apalagi yang namanya FBH…. RIBA HALAL buat mereka, makanya makin hari otaknya makin tholol akibat kebanyakan makan RIBA, stok tuololnya itu ga habis2 bisa refill tiap hari….NGOAHAHAHAHAAA

  17. Kayaknya cm di sini data penjualan kendaraan bermotor ga boleh di publikasikan,di negara² lain mana ada pelarangan ga jelas kaya gini,..
    Sudah berjalan bertahun² kok baru sekarang di larang? Apa karena ahm semakin merajai? Atau krn salah satu orang KPPU itu fby? Alasan takut ada manipulasi sprtnya berlebihan, bukankah setiap produk keluar dr pabrik juga ada data yg masuk ke pemerintah beserta duitnya? Masa iya jualan 100 lapor datanya 150? Ga mungkin lah,krn dr setiap unit yang keluar pabrikan jg keluar duit untuk pemerintah?

  18. Ganti ketua kppu sama yg neutral.
    Ini ketua kppu dekat banget sama main dealer Yamaha. Disinyalir utk menutupi rasa malu.

    • Sampai2x design nmax dibahas sm memperindag, pak jokowi disuruh naik eyangnya sikebo.., dan sekarang data aisi gak boleh dipublish ke khalayak luas, bisa dipastikan klw ini pasti ada konspirasi global, klw begini caranya komandan Aming selaku agen C.A.I mesti turun kaki untuk menyelidikinya….!!!!

  19. Alasannya tidak masuk akal. Potensi pelanggaran terkait jumlah produksi, pricing dll lebih tepat ditujukan untuk barang kebutuhan primer seperti bahan makanan yang rawan manipulasi dan langka. Tapi untuk barang sekunder seperti kendaraan, apa mungkin beberapa pabrikan sekongkol untuk menyetop produksi agar terjadi kelangakaan sebagai upaya mengerek harga pasar.

    Justru dengan dibukanya volume produksi dan distribusi, masyarakat bisa ikut mengontrol. Mungkin hal ini bagus diterapkan untuk bahan pokok juga, jadi masyarakat tau siapa saja biang kerok penimbun stok yang curang.

  20. Pabrikan ki kon mikir, nek dalan2 podo macet kebak kendaraan bermotor ki sing tanggung jawab sopo. Minimal pabrikan nduwe solusi utowo wehi kontribusi kanggo ngatasi kecemacetan, ora gur mikir berlomba2 gawe pit / mobil trus didol.

  21. Ini ngapain pada ribut merk,

    Ga jelas,

    Toh yg jadi masalah data penjualan, ngapain antar merk pada ribut,

    Ga guna ngeributin juga, toh sampean yg udah punya motor tinggal bawa jalan², beres, selera motor ya masing² aja

  22. Jelas bertentangan dengan aturan yg ada. Namanya perusahaan publik harus mempublish kinerjanya.
    Silahkan lihat pada media cetak nasional dimana terkadang sampai satu halaman penuh.
    Lagipula bertentangan juga dg undang2 keterbukaan informasi.
    Alasan jg tdk relevan. Klo pabrikan mau data penjualan juga tinggal minta data samsat ttg bbn baru. Lha beres.

  23. Kalo datanya dibuka, yg punya market share tinggi semakin sewenang” menentukan harga. Mentang” barangnya laris langsung pede pasang harga tinggi

  24. Larang ae data aisi , perang barata yudha dimari bakal kelar , blog jadi adem dan bs stop perang fbh vs fby , cuma mungkin blogger kudu mikir dari Skrg gimana cara dapur tetap ngebul sementara blog sepi komentator fbh vs fby pada nyampah

  25. Data cibipret 250 rondo rame menurun akibat ketauan shock usd showa geol2, masih bagus produksi ye es es. FBH puyeng kena tipu.

  26. Ra mikiri Cak, sing penting pabrikan produksi produk berkualitas kalo demen trus duwe duit yo tuku
    Gitu aja kok repot

  27. Malah ane takutkan masalah pajak…
    Itu data penjualan kan buat ngitung pajak… tapi kenapa dirubah hanya buat “konsumsi” pemerintah saja?
    Apa pemerintah atau dlm hal ini oknum” tertentu ingin melakukan kongkalikong dgn penyetor pajak dalam hal ini perusahasn gede?
    Karena udah nggak ada pihak ketiga yg bisa melihat hitungan kasar brpa produk yg sudah dijual… hhh

    lah kelas ane aja bisa puluhan juta 2 tahun ini (krn ane ikut ta yg dilihat cuma dsri 2016)… semua kena pajak, dan pusat punya data sampai bbrp tahun kebelakang.
    Dan baru tahun ini penertiban pajak lewat data pusat.

  28. KPPU ga ada gunanya nih, dari kemaren-kemaren ngeblow up berita ga ada solusinya. Kasus kartel apa efeknya hingga saat ini ??????

  29. Buka aja lah biar terang benderang berapa jumlah motor/mobil yang keluar tiap bulan/tahun..
    Dari situ juga mungkin kita bisa menghitung berpa kontribusi pajak yang terkumpul ke pemerintah..

  30. Luweeegghhh..
    La saya belinya hanya RX KING 2009 itu aja hanya mampu beli seken soale diler udah ga jualan rx king

  31. data distribusi sering digunakan untuk pencitraan. pdhal cuma mindahin dari gudang produksi ke gudang dealer. lha wong dealer nya milik sendiri dan bejibun pula, jelas seolah2 market share nya tinggi. ini juga yg sering di pake blogger berkedok buat share info padahal tujuannya buat promosi & penggiringan opini publik ke salah satu merek

  32. ada bagusnya, biar gak ada penggiringan opini ke merek tertentu, berharap para blogger untuk memperbanyak review2 motor yg ada buat referensi pembacanya. kalo unsur market share kt hilangkan dr referensi pastinya pembahasan review jd makin seru.

  33. Hampir semua hal kalau disalahgunakan bisa berbahaya. Tapi apa iya semenakutkan itu sampai harus dilarang?
    Contoh:
    pisau dapur bisa melukai orang
    Racun serangga/pembasmi hama bisa meracuni/membunuh orang
    Sepeda motor bisa buat jambret
    Mobil bisa buat angkutan merampok
    Kopi bisa dicampur sianida bisa meracun orang
    Dll

    • kasusmu benar ….tapi kasusmu dan kasus ini jelas berbeda….ini semata mata untuk melindungi konsumen dari…praktik dagang ketel,orang jogya pasti lebih paham…mendingan dagang kendhi…salam kendhii…ngah ah ah ahhhhh

  34. Artinya ganti president di tahun 2019 secara konstituen hihihi, ya kalau nggak mau diganti ya nggak apa-apa . Malu lagi kalau penjualan motor turun!

    • Comment:klo nuduh yang sambat ekonomi orang pemalas…coba ente jalan jalan ke job fair…. atau ikut rembuk di beberapa asosiasi pengusaha menengah ke bawah…di situ baru ente paham xixixixi

    • hanya urang malas yg bisa ngomong hidup kesusahan….peluang begitu banyak kalu malas yahhhh….lagi lagi pemimpin yang disalahkan….UMR gak naek bingung…harga naek juga bingung….hidup seorang pemalas emang membingungkan….ingat banyak juga yang smart itu pemalas….

    • makin berat lagi rakyat yang cuma disodorin freestyle,, tapi masyarakat masih banyak yang kesusahan karna kebutuhan sehari2 pada naik dan import!!

      think smart!

  35. Ganti ketua kppu sama yg neutral.
    Ini ketua kppu dekat banget sama main dealer Yamaha. Disinyalir utk menutupi rasa malu.

    • Sampai2x design nmax dibahas sm memperindag, pak jokowi disuruh naik eyangnya sikebo.., dan sekarang data aisi gak boleh dipublish ke khalayak luas, bisa dipastikan klw ini pasti ada konspirasi global, klw begini caranya komandan Aming selaku agen C.A.I mesti turun kaki untuk menyelidikinya….!!!!

  36. Alasannya tidak masuk akal. Potensi pelanggaran terkait jumlah produksi, pricing dll lebih tepat ditujukan untuk barang kebutuhan primer seperti bahan makanan yang rawan manipulasi dan langka. Tapi untuk barang sekunder seperti kendaraan, apa mungkin beberapa pabrikan sekongkol untuk menyetop produksi agar terjadi kelangakaan sebagai upaya mengerek harga pasar.

    Justru dengan dibukanya volume produksi dan distribusi, masyarakat bisa ikut mengontrol. Mungkin hal ini bagus diterapkan untuk bahan pokok juga, jadi masyarakat tau siapa saja biang kerok penimbun stok yang curang.

  37. Jelas bertentangan dengan aturan yg ada. Namanya perusahaan publik harus mempublish kinerjanya.
    Silahkan lihat pada media cetak nasional dimana terkadang sampai satu halaman penuh.
    Lagipula bertentangan juga dg undang2 keterbukaan informasi.
    Alasan jg tdk relevan. Klo pabrikan mau data penjualan juga tinggal minta data samsat ttg bbn baru. Lha beres.

  38. Data cibipret 250 rondo rame menurun akibat ketauan shock usd showa geol2, masih bagus produksi ye es es. FBH puyeng kena tipu.

  39. Kalo datanya dibuka, yg punya market share tinggi semakin sewenang” menentukan harga. Mentang” barangnya laris langsung pede pasang harga tinggi

  40. Larang ae data aisi , perang barata yudha dimari bakal kelar , blog jadi adem dan bs stop perang fbh vs fby , cuma mungkin blogger kudu mikir dari Skrg gimana cara dapur tetap ngebul sementara blog sepi komentator fbh vs fby pada nyampah

  41. Malah ane takutkan masalah pajak…
    Itu data penjualan kan buat ngitung pajak… tapi kenapa dirubah hanya buat “konsumsi” pemerintah saja?
    Apa pemerintah atau dlm hal ini oknum” tertentu ingin melakukan kongkalikong dgn penyetor pajak dalam hal ini perusahasn gede?
    Karena udah nggak ada pihak ketiga yg bisa melihat hitungan kasar brpa produk yg sudah dijual… hhh

    lah kelas ane aja bisa puluhan juta 2 tahun ini (krn ane ikut ta yg dilihat cuma dsri 2016)… semua kena pajak, dan pusat punya data sampai bbrp tahun kebelakang.
    Dan baru tahun ini penertiban pajak lewat data pusat.

  42. KPPU ga ada gunanya nih, dari kemaren-kemaren ngeblow up berita ga ada solusinya. Kasus kartel apa efeknya hingga saat ini ??????

    • FBH PLANGA PLONGO MAKIN THOLOL AJA….ga ada data lagi buat ngomongin MS, padahal MS itu modal mereka buat ngegonggong tiap hari, NGOAHAHAHAHAAA…
      sebegitu pentingnya DATA AISI buat kalian??? makan tuh DATA….!

    • Walah…para sales mah ga perduli om, apalagi yang namanya FBH…. RIBA HALAL buat mereka, makanya makin hari otaknya makin tholol akibat kebanyakan makan RIBA, stok tuololnya itu ga habis2 bisa refill tiap hari….NGOAHAHAHAHAAA

    • yg pasti kppu hanya kasihan kepada fby
      krna setiap data ms di informasikan banyak fby yg ayan
      bahkan sapi setruk masal
      MuuuUUUuuuuuehehehe……

    • Ulah fby Oprek regulasi…biar GA diberakin fbh Mulu…besok2 MotoGP ,ARRC,irs yg juara 1 GA usah diumumin republik…udah tau lah juaranya pasti Honda..

    • MX King terlemot dikelasnya ente diem aja bro, ga koar2.
      R25 terlemot dikelasnya juga diem aja.
      Karena ada logo garpu karatnya ya?
      Hahahaa…

    • Ntar lagi R2lusin jadi yang terbesar CCnya di kelas 250 CC. Kemungkinan jadi 259cc, ditulis di body cukup 2 digit r25. Jadi konsumen pekok, ga ngerti. Seperti r155, kalo ditulis 2 digit jadi r15, ngoahahaha.

    • Klo emg takut curang.. Ya sistem diperbaiki.. Bukan gk boleh dishare.. Klo org meninggal krn temen chat facebook.. Apakah facebook harus ditutup?
      Pekok dipelihara.
      Btw perhari ini penjualan mobil bulan juli udh ada didetikcom. Tp motor blm.

    • Dalam industri ini namanya price Agreement, itu juga ada beberapa kategori.

      xxxxxx, pengertian price agreement adalah beberapa badan usaha yang memiliki output produk serupa lalu secara terselubung melakukan pengaturan harga, kenaikan harga, pengendalian penjualan secara bersama sehingga terbentuk harga yang seolah itu adalah harga pasar. Di industri saya juga ada Asosiasi seperti AISI atau Gaikindo.
      Price Agreement ini
      saja dibagi menjadi beberapa kategori
      1. Fixed price Agreement
      Secara bersama perusahaan2 menetapkan harga jual suatu produk dalam range harga tertentu selama jangka waktu tertentu dan menaikkan harga dengan nilai tertentu secara beriringan.
      2. Price area and stock agreement
      Ini adalah kesepakatan antar perusahaan dalam penentuan harga di area tertentu mengatur jumlah stok pada satu waktu. Bisa jadi para perusahaan sepakat untuk area 1 perusahaan A menjual lebih banyak dan harga lebih tinggi dari perusahaan B tapi berlaku sebaliknya di area 2.
      3. Cost Agreement
      Ini berkaitan dengan raw material dan labor price.

      Pemberian data kepada Asosiasi tidak akan memberi direct efect, karena bisnis automotif itu long term dan low respon maka lebih kepada indirect efect seperti
      Perencanaan kenaikan harga, jadwal rilis model baru dll.
      Kalau mau lebih dalam lagi, tinggal kita lihat saja harga mobil/motor berbagai brand dikelas yang sama, check harga di TPT, OFR dan OTR

      Dalam xxxxx, jangankan memberikan data membicarakannya saja disuatu pertemuan mengenai nilai perdagangan baik mengenai price dan quantity antar perusahaan sudah melanggar kode etik.

      Sangat wajar jika KPPU melihat hal ini, karena indikasi ke arah sana memang tampak, hanya apakah bisa dibuktikan atau tidak? Itu yang sulit.
      Selama tidak bisa dibuktikan, maka mau membuat sanggahan apapun itu sah-sah saja.

      Toh nyatanya Mitxxxx dan Vauksvxxxx pernah terbukti ketahuan berbuat curang diluar sana yang katanya pengawasannya lebih ketat, apalagi disini?

    • Akhirnya permintaan FBY dikabulkan.
      Setiap ada artikel data AISI FBY selalu ngumpet di Zamban City
      Sekarang bisa bernafas atak lega.

      Tinggal oprex lagi, ga boleh publish artikel IRS, ARRC, dan motoGP

      Biar FBY bisa bernafas dgn lega.

    • Gara2 fb anu gak kuat batinnya akhirmyaboprek regulasi data aisi.

      Knapa klo gaknmampu bersaing sselalu merengek minta dikasihani sihhh..

      Jepang kog kaya gitu

    • Padahal itu menu artikel wajib bagi blogger. Apalagi yg kondang papan atas. Sepenting artikel montogepeh. Ngaaaaahhhhh hhhh hhhhh

    • Jgn gitu bro kasihan kacung fbh..
      Gk hina sana sini mereka gk makan.. Ms gede yg makan cuma bosnya aja lihat sifat kacungnya memprehatinkan..

      Cth.. Lagi bahas musibah yg meninggal aja kacung fbh masi sempat sempat nyinyir… Lagi artikel bantu sodara yg krng beruntung kacung fbh masi nyinyir juga..

  43. Setuju lek. Gawe opo si? cuma kanggo debat pensboy gak jelas.

    Kita konsumen cuma butuh produk berkualitas. Laris gak menjamin kualitas bagus.

    Dan kita cari informasi buat cari referensi bagaimana impressi, apa kelebihan dan kekurangannya, harga, dan kualitas dari produk.

    Bukannya dicekokin artikel produk ini laku sekian bulan ini.

    Maaf lek, ini suara hati pembaca setiamu sejak jaman sampeyan pakai megapro hiu.

    • Owe lanjut cocot FBH atas..

      Berarti hebat dong yamaha.. Bisa oprek regulasi sana sini..
      Sampai data utk negara juga bisa di oprek Yamaha..

      Jadi kacung yaa bok ot4k di pakek..jgn kelihatan bodohnya..

    • Jangan jangan ngahaem malu sama Cibier 250 rrrrrrr,,,,,,jualan cuma laku criiiiitttttt 5 biji,,,,,,atau jangan jangan 0 unit,,,,,,buakakakakakakak

    • Yg jelas ini sih akal2an Yamaha aja bro.
      Ente pasti taulah gimana tabiat Yamaha.
      Media ga boleh publish data yg ga menguntungkan Yamaha.
      Data baru boleh dipublikasikan klo Yamaha yg menang.
      Ga jauh beda dgn balapan aja bro, Yamaha kalah langsung oprex regulasi.

    • …biasa nenggak pake ketel ya gtu….ekkkkk cobalah nyucrup pake kendhi…lebih alami dan berenergi….ngah ah ah ahhhhhh

    • saya sebagai pemakai ducati iri gak ada data aisi buat ducati brp ya? apa penting ms itu klo cma pke saling samplok.

    • Beerarti balapan ARRC gak usah ditayangin aja toh buatbapa sih nonton kebut kebutan ujung ujungnya g menang honda doang

    • eicell…koq gampang …ngambek sihhh…mimik susu biar tenang…jangan nyucrupp ketell…bahaya tau…ngah ah ah ahjhjjjjhhh

  44. Udah jelas siapa dibalik pelarangan publikasi data AISI.
    Yamaha emang k*mpret..!!
    Takut banget kebobrokannya diketahui orang

    • Hemm atas ane TK nya gak lulusni..

      Punya wewenang apa yamaha bisa melarang dta AISI..
      Paok gk sampai ke darah sihhhhh..

      Ambil paket sana Gih biar lulus TK nya terus lanjut SD, SMP, SMA, s1 dan seterusnya, biar pinter

    • Udah pada tau ta iat Yamaha
      kalah balap oprex regulasi
      Kalah jualan larang data jualan dipublikasi
      Cuma Yamaha yg spt ini
      Siapa lagi?
      Ga ada pabrikan lain sebrengs*k Yamaha.

    • kalo ngelarang dan katahuan abis nasibnya boss..untuk jadi peraturan itu panjang prosesnya di KPPU boss, banyak ahli yg terlibat, ekonomi, hukum, bahasa, ahli perdagangan…gini ya gampangnya…kalo satu tipe yg sudah ketahuan paling laku..mau nggak mau kompetitor akan main ke sana…terus khan yang ditakutkan kan emang kartel yang kemaren melibatkan 2 pabrikan motor terbesar di mari…nah dengan ‘gelapnya’ tipe motor yg paling laku ya bisa2nya produsen dong untuk berinovasi biar produknya laku??tdan meminimalisir produknya untuk gampang dicontek…paling yg nggerutu ya blogger..hit turun dan berita gorengan seeepi..

    • salah satu orang bodoh dari FBH,,
      justru data aisi jadi acuan honda buat produk alakadarnya,, yang penting MS naik

      macam kampungan kau tong

  45. Udah bisa ditebak, siapa dibalik larangan data AISI dipublikasikan.
    Yg jelas ini sih akal2an Yamaha aja.
    Pasti udah pada taulah gimana tabiat Yamaha.
    Media ga boleh publish data yg ga menguntungkan Yamaha.
    Data baru boleh dipublikasikan klo Yamaha yg menang.
    Yg berani publish data AISI lamgsung dicap blogger bayaran, ga netral, dapet amplop, dll
    Ga jauh beda dgn balapan aja, Yamaha kalah langsung oprex regulasi.

  46. wkwwkwk yang ada honda main harga di leasing,, bener harga motornya 11-12,, tapi di cicilanya dia bisa katrol harga ,, wkwkwkwk

    jadi honda akan baca data aisi sebagai penetapan harga dan lain sebagainya,,

  47. Buka aja lah biar terang benderang berapa jumlah motor/mobil yang keluar tiap bulan/tahun..
    Dari situ juga mungkin kita bisa menghitung berpa kontribusi pajak yang terkumpul ke pemerintah..

  48. ada bagusnya, biar gak ada penggiringan opini ke merek tertentu, berharap para blogger untuk memperbanyak review2 motor yg ada buat referensi pembacanya. kalo unsur market share kt hilangkan dr referensi pastinya pembahasan review jd makin seru.

  49. data distribusi sering digunakan untuk pencitraan. pdhal cuma mindahin dari gudang produksi ke gudang dealer. lha wong dealer nya milik sendiri dan bejibun pula, jelas seolah2 market share nya tinggi. ini juga yg sering di pake blogger berkedok buat share info padahal tujuannya buat promosi & penggiringan opini publik ke salah satu merek

  50. Luweeegghhh..
    La saya belinya hanya RX KING 2009 itu aja hanya mampu beli seken soale diler udah ga jualan rx king

  51. hal ini untuk meredam dagang ….ketel…krn indikasi dagang ketel…sangat kentara….Paidi dukung….ngah ah ah ahhhhhh

  52. Ini mah pasti hasil loby2 yamimi..
    Maklum, fansboynya aja kaum kiriker…
    apalagi pabrikannya… yg kl udah malu, halalkan segala cara
    Wkwkwkwkwk

  53. Ha ha ha ha… Ketawa lihat para fans yg fanatik bin bodo. Klo pun Yamaha yg meminta regulasi tersebut, kenapa fans Honda ribut? Wkwkwwkkwk.
    Ya bersyukur saja untuk registrasi baru tersebut, biar Honda atau Yamaha nggak mengekor ketika ada produk baru yg laris…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here