iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Mlongo cak…..IWB bener-bener dibuat klepek-klepek pasca jajal Honda Forza 300. Bejo bin beruntung karena IWB menjadi Blogger yang bisa nyicipin Forza sekaligus ngetes suspensi YSS Thailand untuk sang matic. Dan Impressi IWB pertama kali diatas Forza adalah..mesinnya pakde. Vibrasi mesin jian alussssssss kayak pipi kembang desa. Moncrottt tenan euy. Berikut test ride singkat sang matic…

Forza 300 versi untuk Thailand sedang ditanah air 250cc. Hanya beda kubikasi namun secara mesin dan fitur sama plek. Sebetulnya testing ini memang tidak fokus pada Honda Forza 300 namun lebih kepada feeling berkendara ketika menggunakan suspensi YSS. Yup….IWB berada di YSS Thailand dan terlibat langsung dalam tur di pabrik YSS yang ternyata cukup besar. Di sana ada beberapa motor yang kita tes yaitu Honda PCX 150….

Honda Forza 300, Yamaha X Max 300, Yamaha Aerox 150 serta beberapa motor lain yang tidak bisa hidup IWB sebut satu persatu. Makanya IWB  bisa rasakan dan bandingkan langsung satu persatu. Pengetesan sekalian IWB jabarkan Seperti apa berkendara di atas Honda Forza yang baru saja dirilis oleh AHM. Poin sangat penting yang bisa kita Garis bawahi adalah posisi riding yang ternyata sangat terkontrol dan rileks…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Kendati motornya besar ternyata Honda mampu membuat pengendara di atasnya tidak kesulitan. Sebab saat kita nongkrong di atas Honda Forza maka yang kita rasakan adalah kompak dan tidak seperti big Maxi Scooter. Posisi tangan juga rileks dengan jarak jangkauan tidak terlalu panjang. Kemudian yang cukup istimewa adalah bentuk jok. Entah kenapa Rasanya kita tidak terlalu ngangkang dan pas. Ini sangat berguna pada saat motor berhenti…

Begitu pula boncenger belakang, testimoni mengatakan jauh lebih bersahabat. Mungkin karena buritan tidak terlalu menggembung memnbuat boncenger juga nyaman. Dari sekian impresi IWB cukup terkesan dengan feeling mesin. Mesin Honda Forza 300 sangat halus apalagi kalau motor sudah jalan….wisss gleserrrr cakkkkk. Kembali kualitas Riding impresion yang ditunjukkan oleh matic Honda memang di atas rata-rata…

Pada saat motor melaju kita seperti tidak mendengarkan suara mesin namun lebih dominan pada angin tanda vibrasi memang luar biasa halus. Begitu juga ketika belok tidak ada nerveous ataupun Kedodoran. Reaksi setir sigap dan presisi. Mungkin karena feeling yang kita rasakan adalah ringan…. jadi tidak membutuhkan extra effort pada saat masuk ke tikungan….

Karakter mesin Honda Forza tidak meledak di bawah. Respon pertama sedikit lembut dan terkesan ngayun. Tapi ketika sudah di atas 3500 RPM… baru terasa seperti ada tambahan dorongan tenaga. Sebuah momen yang juga diiringi dengan kehalusan mesin yang begitu terkontrol karena baik stang ataupun kaki nyaris tidak ada getaran sama sekali. Jiannn nyamannn cakkkk…

Namun bukannya tanpa kelemahan satu hal dibandingkan dengan Yamaha X-Max 250, Honda Forza memiliki jok yang sedikit lebih keras. Untungnya suspensi bekerja sangat baik dan redaman memuaskan. Memang cukup sulit menyimpulkan mengingat Honda Forza dan x-max yang yang IWB jajal sudah menggunakan suspensi YSS. Tapi tenang Cak IWB akan coba komparasi kan antara X-Max melawan Honda Forza dalam review singkat komparasi feeling berkendara di next article. Salam dari Thailand. Honda Forza ? Fix nyuamannnya ora ketulungan. Sobekkkk njaran tenan rekkkk, SOS celengan ambrolllll (iwb)

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

182 COMMENTS

  1. Matik premium dan mahal kok impresinya kaya mbeot, ya pantes aja rasanya ga kaya maxi scooter.. Kompor gas dibawa2, dr sudut manapun kalah telak dari xmax..

    • X max wagu….bentuknya kaku , behel belakang kayak pager ,agar boncenger yg kelewat ngangkang nggak njoprak,..design emang honda satu kelas di atas yamaha..dari semua segmen….,beat vs mio, cbr vs r15, vixion vs cb, vario vs lexi , nggak heran dagangan juga lebih laku…honda..

  2. Lha, budal nang thailand dibayari yss. Kok malah produk lain yg pertama direview?
    Kok ga sungkan karo sing nyeponsori yo? Wkwkwkwkwk.. savage!!

  3. Desainya kayak odong odong lampu belakang kayak vario techno 110 di gemukkan terus kesan maxi scooternya g ada , kalau saya pribadi sih pilih xmax , karena desainnya itu macho abis , kalau kualitas sih kayaknya honda thailand 11-12 sama yamaha , tapi kalau ahm 5 -12 sama yamaha, kalau performa tak perlu diragukan yamaha pasti pemenangnya.

  4. Comment:untuk design menurut saya pribadi sporty forza.. design yang tajam dan menurut saya.. forza ini selera pasar banget.. tp bisa di katakan… untuk design hapir mirip sama pcx dan vario… untuk x max.. menurut saya aura moge nya lebih terlihat… makasih.

  5. Matik premium dan mahal kok impresinya kaya mbeot, ya pantes aja rasanya ga kaya maxi scooter.. Kompor gas dibawa2, dr sudut manapun kalah telak dari xmax..

    • X max wagu….bentuknya kaku , behel belakang kayak pager ,agar boncenger yg kelewat ngangkang nggak njoprak,..design emang honda satu kelas di atas yamaha..dari semua segmen….,beat vs mio, cbr vs r15, vixion vs cb, vario vs lexi , nggak heran dagangan juga lebih laku…honda..

  6. Lha, budal nang thailand dibayari yss. Kok malah produk lain yg pertama direview?
    Kok ga sungkan karo sing nyeponsori yo? Wkwkwkwkwk.. savage!!

    • Dan kang iwan lebih tertarik ngomongin kembang desa…dari pada si nganu…si nganu nggak enak di lirik…wkwkwkwkw

  7. Desainya kayak odong odong lampu belakang kayak vario techno 110 di gemukkan terus kesan maxi scooternya g ada , kalau saya pribadi sih pilih xmax , karena desainnya itu macho abis , kalau kualitas sih kayaknya honda thailand 11-12 sama yamaha , tapi kalau ahm 5 -12 sama yamaha, kalau performa tak perlu diragukan yamaha pasti pemenangnya.

  8. I’m so sorry gak jadi boyong forza waa…

    Dulu kek cakep banget, Pas lihat di GIIAS kemaren kok masih mending XMAX aja yak.

    Forza yg bikin wah cuma spion sama electric visornya.

    Lah xmax visor bisa diatur manual, stang adjustable, shockbreaker depannya banyak yg dipakein USD limbah moge.

    Dan yg paling penting, gw gak sreg sama stoplamp forza. Cakepan xmax waa..

    Fix indent xmax zaza, setelah all new R24 brojol

    • Hahahahaaaaaa…..honda punya mobil kok di ibaratkan….nah kalau …yamamaa…di ibaratkan wuling aja nggak bisa bos….ngebuli didri sendiri ya bos….lucu juga….

  9. Saya pakai xmax, handling msh 11:12 nmax. blm tau klo pke forza. btw dilihat dr dpn blkg,msh gantengan xmax tuh. coba dites drag dll nti yo bang.

    • Fenboy dasar hobul.. Situ yg suka ngarang2 cerita..

    • @Fenztomboy forza. palingan bru liat posterny ud jd fans hahaha…dibeli ya nti. jgn beli mbiet aj.maaf bikers jd bls gni

  10. Buat ngerasain kecepatan jangan pakai yang sembarangan!
    Karena #MXKing150 yang mantep buat diajak lampaui kecepatan, ‘ngisi’ terus digas pol-polan!

    Kasih like kalo kamu termasuk tim motor bebek sporty ini, Brosis!

    #YamahaIndonesia #SemakindiDepan

  11. Lihat Forza awal sih keren lama lama biasa saja lampu depan pasaran kaya Vario dan PCX sedang belakang ngak segambot X MAX.

    Overall ane pilih X MAX di modif nya enak pake Shock depan limbah moge USD tinggal pasang gampang dan tambah kekar kalau Forza 250 ini fork shock depannya kaya matic entry level beat dan mio yang pegangan shock T nya masih dibawah susah dimodif pake shock motorsport kalau begini.

  12. Xmax mau dibandingkan dgn Forza?
    huhuhuuuuuu! Jaaaauuuhhhh…
    Level.. antara langit dan bumi coyyy..
    Forza dgn segala keunggulannya kl sdh dijejerin dgn xmax… Xmax langsung nampak sbg motor macam kuda nil yg hanya bermodal tumpukan layer plastik.
    Wkwkwkwkwk

  13. Ulasan khas mas Iwan.. dari motor India yg gak jelas sampai motor Jepang yg canggih semuanya jooss gandos… Hehehe..

  14. Hehehee… Betul kata cak iwb, 70 jutaan sudah bisa melamar kembang desa, pipinya bisa di elus2 terus cak. ???

  15. Tampilan lebih keren X-Max, Forza pas pertama liat keren tapi lama-lama keliatan mirip Vario 150. Lampu belakang X-Max sama Forza kaya langit dan bumi, kerenan X-Max menurut ku. Urusan mesin ndak tau, krn blm nyicip…

  16. Fix pilih xmax , bobotnya lebih ringan 3 kg , torsinya lebih gede udah gitu diraih dgn cepat 5.500 rpm , klo forza lebih gambot 3 kg torsi lebih kecil dan dirsih lebih lama 6.250 rpm , xmax jelas ngacir sangat , biat stoo n go xmax recommended , joyride

  17. I’m so sorry gak jadi boyong forza waa…

    Dulu kek cakep banget, Pas lihat di GIIAS kemaren kok masih mending XMAX aja yak.

    Forza yg bikin wah cuma spion sama electric visornya.

    Lah xmax visor bisa diatur manual, stang adjustable, shockbreaker depannya banyak yg dipakein USD limbah moge.

    Dan yg paling penting, gw gak sreg sama stoplamp forza. Cakepan xmax waa..

    Fix indent xmax zaza, setelah all new R24 brojol

  18. Saya pakai xmax, handling msh 11:12 nmax. blm tau klo pke forza. btw dilihat dr dpn blkg,msh gantengan xmax tuh. coba dites drag dll nti yo bang.

  19. Tampilan lebih keren X-Max, Forza pas pertama liat keren tapi lama-lama keliatan mirip Vario 150. Lampu belakang X-Max sama Forza kaya langit dan bumi, kerenan X-Max menurut ku. Urusan mesin ndak tau, krn blm nyicip…

  20. Fix pilih xmax , bobotnya lebih ringan 3 kg , torsinya lebih gede udah gitu diraih dgn cepat 5.500 rpm , klo forza lebih gambot 3 kg torsi lebih kecil dan dirsih lebih lama 6.250 rpm , xmax jelas ngacir sangat , biat stoo n go xmax recommended , joyride

  21. Comment:untuk design menurut saya pribadi sporty forza.. design yang tajam dan menurut saya.. forza ini selera pasar banget.. tp bisa di katakan… untuk design hapir mirip sama pcx dan vario… untuk x max.. menurut saya aura moge nya lebih terlihat… makasih.

  22. Xmax mau dibandingkan dgn Forza?
    huhuhuuuuuu! Jaaaauuuhhhh…
    Level.. antara langit dan bumi coyyy..
    Forza dgn segala keunggulannya kl sdh dijejerin dgn xmax… Xmax langsung nampak sbg motor macam kuda nil yg hanya bermodal tumpukan layer plastik.
    Wkwkwkwkwk

  23. Lihat Forza awal sih keren lama lama biasa saja lampu depan pasaran kaya Vario dan PCX sedang belakang ngak segambot X MAX.

    Overall ane pilih X MAX di modif nya enak pake Shock depan limbah moge USD tinggal pasang gampang dan tambah kekar kalau Forza 250 ini fork shock depannya kaya matic entry level beat dan mio yang pegangan shock T nya masih dibawah susah dimodif pake shock motorsport kalau begini.

  24. Buat ngerasain kecepatan jangan pakai yang sembarangan!
    Karena #MXKing150 yang mantep buat diajak lampaui kecepatan, ‘ngisi’ terus digas pol-polan!

    Kasih like kalo kamu termasuk tim motor bebek sporty ini, Brosis!

    #YamahaIndonesia #SemakindiDepan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here