iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk….. Siapa yang tidak mengenal Yamaha Serow 250. Motor dual Purpose Yamaha yang sempat dihentikan produksinya pada tahun 2016 ini ternyata kembali dirilis oleh pabrikan iwata. Setelah melalui beberapa pembenahan khususnya pada sisi emisi gas buang. Motor yang mesinnya juga digunakan oleh Yamaha Scorpio ini diperkenalkan secara umum pada tanggal 25 Juli 2018 dan ternyata revisi mesin justru tidak hanya membuatnya makin ramah lingkungan namun power juga naik sekitar 2 HP. Wahhhh…mantep juga kiiii….

Kalau Sampeyan tidak tahu Yamaha Serow 250 Monggo intip saja mesin yang digendong oleh si kalajengking Scorpio. Sama plek cak…. Emang basis Yamaha Scorpio menggunakan engine Serow 250. Di Jepang motor ini sudah discontinue pada tahun 2016 karena tuntutan regulasi emisi gas buang. Namun torsi badaknya ternyata membuat Yamaha berusaha menghidupkan kembali Serow 250. Alhasil pengembangan dan beberapa revisi sukses membuat Serow 250 lahir….

Yup…. resmi pada tanggal 25 Juli 2018 Yamaha menggumumkan kelahiran new Serow 250. Perbedaan yang paling mencolok adalah hadirnya canister di saluran gas buang. So… jelas emisi? motor terbaru ini tidak ada masalah. Secara model tidak banyak perbedaan sebab Yamaha masih mempertahankan model yang everlasting.? Serow 250 sendiri lahir sejak 1985 dan tetap eksis hingga sekarang….

iklan iwb

Pabrikan iwata hanya melakukan beberapa sentuhan kecil seperti lampu LED dan perombakan pada sisi Fender belakang. Untuk bobot mengalami kenaikan sekitar 3 kg. Hal ini tidak bisa dihindari mengingat beberapa komponen baru harus dicangkokkan untuk menekan emisi gas buang. Tapi kelebihan yang didapatkan pada generasi terbaru ini adalah keiritan. Yup…. Yamaha mengklaim generasi 2018 lebih irit dari sebelumnya 40 km kini mampu mencapai 48 km per liter….

Begitu juga urusan Power. Yamaha serow 250 memiliki tenaga hingga 20 HP dari sebelumnya hanya 18HP. Termasuk torsi juga meningkat dari sebelumnya 18 nm kini menjadi 20 nm. Mantapppp cak. Pertanyaannya Bagaimana bisa Yamaha mendapatkan ledakan tenaga lebih njengat disaat bobot makin berat dan hadirnya canister penyekat emisi gas buang? Kuncinya adalah pengabut bahan bakar injeksi serta peningkatan kompresi rasio mesin dari 9.5 ke 9.7.?Ternyata sentuhan tersebut mampu membuat new Serow 250 makin kencang namun Justru lebih irit…

Last….Yamaha new Serow 250 untuk sementara baru akan dirilis di Jepang. Kemungkinan besar motor ini akan mulai didistribusikan bulan Agustus 2018. Harga dibandingkan dengan generasi sebelumnya memang terjadi peningkatan sekitar USD 500. Yahhh…7 jutaan cak. Jadi Yamaha new Serow 250 akan dijual pada kisaran USD 5000 atau kalau dirupiahkan bisa tembus 65 jutaan. Waahhh…lumayan mahal juga yak. Berikut beberapa warna Yamaha new Serow 250 2018….(iwb)

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!