iklan iwb
iklan iwb

Iwanbanaran.com – Jaman dan teknologi terus berubah. Kondisi lalu lintas pun juga demikian. Seiring dengan perjalanan zaman ada beberapa terobosan-terobosan yang harus kita ikuti. Terobosan yang konon untuk memudahkan pihak kepolisian mengidentifikasi kendaraan yang lewat di jalanan. Dan dari update informasi, untuk melakukannya pihak Kepolisian akan mengganti Seluruh warna plat kendaraan dengan warna putih tahun depan. Weehhhh….

Wacana program penerapan warna putih plat nomor sebenarnya sudah hadir sejak tahun lalu. Dan baru pertengahan tahun ini terus digodok supaya betul-betul bisa gol tahun depan. Perubahan warna diperlukan sebab Mabes Polri berencana menerapkan teknologi license plate recognition atau disingkat sebagai LPR. Teknologi yang mampu mengidentifikasi pemilik kendaraan dengan bantuan CCTV. Untuk melakukannya diperlukan plat nomor berwarna putih bukan hitam seperti sekarang….

Yup…. menurut Kepala Biro penerangan masyarakat karopenmas divhumas Polri Brigjen M Iqbal… cara kerja yang digunakan teknologi LPR sebenarnya mirip dengan face recognition. Plat akan ditangkap oleh CCTV yang kemudian secara otomatis data bakal terkirim ke sistem yang akan di buat oleh Polri….

iklan iwb
iklan iwb
” Plat nomer Thailand…”

Dengan kecanggihan teknologi maka wajah serta identitas pemilik kendaraan langsung muncul. Jadi sistem tilang ini jauh lebih mudah dan akurat karena disertai dengan bukti serta mampu menjangkau wilayah yang cukup luas. Dengan bukti tersebut bertugas tinggal mengirimkan surat tilang ke alamat yang dituju. Wihh canggih juga yo cak…

Nah…. untuk melakukannya diperlukan plat nomor dengan background putih. Sebab plat warna hitam seperti sekarang dengan huruf putih ternyata menyulitkan CCTV menangkap objek dengan jelas. Jadi kedepan akan di balik di mana background plat nomor mengusung white color sementara untuk nomor kemungkinan menggunakan warna hitam. Teknologi LPR dengan mengadakan CCTV ini Rencananya akan diberlakukan Mulai tahun depan. Persiapan konon masih terus dilakukan kangbro….

” Plat nomer Malaysia…”

Di tempat terpisah direktur registrasi dan identifikasi Korlantas Polri Brigadir Jenderal Halim panggara mengatakan bahwa hingga saat ini polisi masih berdiskusi dengan para ahli untuk menjalankan rencana tersebut. Seperti dilansir Tempo pihak kepolisian masih terus berdiskusi dan mempelajari penggunaan plat nomor warna putih ke beberapa negara luar. ” Masih tahap diskusi FGD (focus group discussion) pada tahun ini. Ada kajian kalau warna selain hitam itu bagus direkam oleh kamera, tapi kalau warna hitam susah direkam kamera, ini kajian dari para ahli saat diskusi. Warna terang seperti warna kuning, merah, ini kan terang..” terangnya….

Last…kita dukung wacana apapun dari mabes Polri selama tujuannya positif. Dan perkara plat nomer, warna putih sebenarnya memang sudah diaplikasikan kebeberapa negara tetangga Thailand ataupun India. Sedang Malaysia mereka tetap setia dengan warna hitam berbahan ABS dengan nomer timbul yang sangat mudah terpantau dari jauh. Lhaaa kita ? piye terlihat jelas kalau ngecat nomer aja belepotan dleweran ora karu-karuan. Katene back ground putih kalau ngecatnya dleweran CCTV mah tetap kesulitan, iyo ora cak :mrgreen: . So…kita pantau saya perkembangan berita perkara plat putih ini. Btw..kalau sampeyan sendiri setuju ora cak perkara wacana diatas, monggo berikan opini dan alasannya…(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

117 COMMENTS

    • ukuranya lebih baik kotaak ga persegi panjang. kalo yg skrng ke banyakan gampang bengkok kalo pas parkir ya karena bentuknya memanjang.

  1. Tilang berdasarkan plat, gmn klo motor yg pakai bukan yg pemilik / motor yg sdh d jual blom balik nama?

    Kajiannya musti lengkap, jgn nantinya merugikan orang yg namanya tertera di STNK.

    • Setuju, harus dikaji lebih dalam lagi nih. Kalau ternyata yang ditilang ternyata belum balik nama atau kalau yang ditilang ternyata pinjem motor orang tua atau saudaranya.

  2. Yo setuju wae cak, selama iki tertib2 wae kok.
    Sim ku keluar dompet 5tahun sekali
    Stnk keluar dompet juga setahun sekali.
    Kadang keduanya gak dibawa juga aman saja

    • maklum laahh tau sendiri kan ini negeri apaa…??
      yg korupsi aja skrg leha2 di penjara yang fasilitas udah sama kayak hotel bintang 5….

  3. Rencana menpersempit kendaraan yg sdh lama tdk bayar pajak, jk keluar kelihatan plat nya msh hitam, mau lunasin biaya nya lbh mahal dari harga motor nya. Jika masih terpaksa mau hidup in. Pemasukkan lah untuk pekerja pajak. Beh..!!!

  4. Lagi lagi nyari proyek berdalih bla..bla..bla

    Lihatlah plat nomor skarang yang dikeluarkan kepolisian, memprihatinkan.

    Betul kata kang iwan, catnya blepotan, gak rapi. Terkesan asal cetak saja. Gak ada standart kualitas.

    Ini negara lo yaa,, negara ! Ko ga punya standart kualitas.

    Malah yang sering plat bahan untuk plat nomor sering kehabisan. Kok bisa ??? Ini negara lo… Negara. Kenapa bisa begitu ??

    Saya dukung saja asal dijalankan dengan benar, dengan kualitas. Isin rek karo negara tetangga.

  5. haiyyaaa owe sih gk masalah mo warna putih, merah, kuning / bunglon sekalian…
    asal pas bayar pajak tu plat baru udah jd trus lgsg dipasang gk mslh…
    jgn kek urus ganti plat 5 tahunan / pajak tahunan…
    mosok bpkb baru bs diambil setelah 4bln trus dikasih stnk fotokopi…
    bayar pajak taat tp pelayanan amburadul … aseem

    • sekarang emang lama plat nya jadi. masa setengah tahun baru jd tu plat nopol.kalah sama tukangbplat pinggir jalan

    • Wkwkw ea owe kenak ni.. Ganti plat ngurus bln 4 kemarin.. Setelah siap di kasi sepucuk kertas bpkb di ambil bulan 8 ini…
      Yg dpt langsung STNK dan Plat nomor barunya…

  6. Ah sudahlah …
    Nanti juga ujung-ujungnya ke “sana”
    IYKWIM

    O ya saran, PLAT DEPAN DIHILANGKAN SAJA PAK! NEGARA MAJU SAJA GAK PAKE PLAT DEPAN, INI NGAPAIN DISINI PAKE PLAT DEPAN? LEBHAIIIIYYYYYY

    • Matamu,,,,
      Kl tuh motor pake windshield bisa di stikerin,
      Lah naked bike dll tanpa windshield mau distikerin dmn?,
      Jidat?, congor?,
      Gini nih kl komen cm ikut2an org,
      Kl tanpa plat depan jg gmn mau ambil gambat CCtv dr dpn?,

    • Woy.. di spakbor depan bisa kan..
      Malaysia juga gitu di motor bebek.. bawel lu kaya cewek, congor lu gedein!!

  7. Kurang setuju mas, karena sebelum menerapkan apapun perlu pengkajian berulang dan didukung dengan sumber daya yang memadai, jangan sampai kasus seperti E KTP terulang.

    • Gantinya kan seperti biasa bro nunggu giliran ganti plat 5 tahunan, tinggal ganti cat doang, kalo miikir yang sehat.

  8. Rencana menpersempit kendaraan yg sdh lama tdk bayar pajak, jk keluar kelihatan plat nya msh hitam, mau lunasin biaya nya lbh mahal dari harga motor nya. Jika masih terpaksa mau hidup in. Pemasukkan lah untuk pekerja pajak. Beh..!!!

  9. indonesia sangat susah untuk berkembang, karena pemerintah pemikirannya masih oon.jarang piknik sih malu pak sm negara ttangga.

  10. Harus nya bukan warna yg jadi hambatan tp infrastruktur nya yg belom maksimal, warna putih kalau habis hujan kotor yg sulit untuk di lihat juga, lebih baik pertimbangkan posisi plat yg di pasang di depan, karna negara tetangga sudah tidak pakai plat depan untuk safety. Cuma opini dan saran saja.

  11. wah mumet cak, yg jadi Hak Utama pengguna jalan aja masih di abaikan seperti jalanan yg amburadul, lubang sana-sini, jalanan banyak tambalan gak rata, ndak ada Standart Kualitasnya. moga2 cak iwan ada kesempatan bisa maen2 ke medan biar di review kondisi jalan di sini salam juossszz gandoz

  12. Aturan aneh next level..
    Ektp ya gitu dehh
    Ini plat ya sudahlh
    Rakyat mau gk mau ikut2 aja..
    Semoga positif dan kondusif
    Ngopi2

  13. Lah seumpama motor sudah di jual ke.oranglain terus belum balik nama lalu melakukan pelanggaran di jalan raya, masa pemilik pertama yg terkena sangsi tilang kan repot urusanya? Atau motor di pinjamkan terus melanggar aturan jalan raya? Perlu kajian dan kesiapan semua departemen dan pemda terkait rencana perubahan TNKB,. Jangan sampai ujung ujungnya jd proyek gagal dan hanya menguntungkan pihak pihak yg tidak bertanggung jawab.

  14. Trus nek motor disilih tanggane .. dibg kena tilamg sipemilik motor lek??

    Lha mumet ki nem motor siji disilih wong 7 sedino ne sing dijaluki tanggung jawab sopo yen kaya gitu ki

  15. Yang depan pake stiker aja kang.,., meminimalisir cidera saat kecelakaan. Sama kalo malam lbh helas dilihat dr infrared cctv

  16. Bang pcx aq kok akinya tekor ya , terus bodynya getar, skoknya meletot,cvt bergetar, keyles bermasalah, rem kurang pakem, cat memudar , knalpot mudah karat kalau aq jual lagi 10 juta kira kira laku apa tidak

  17. Yang depan pake stiker aja kang.,., meminimalisir cidera saat kecelakaan. Sama kalo malam lbh helas dilihat dr infrared cctv

  18. Sedikit berbagi cerita. Saya sudah denger tentang warna platnom yg mau di ganti karena ada temen saya yg kerja sbg petugas operator cctv lampu merah. Menurut dia sbnrnya plat yg sekarang ok ok aja, asal… Bahan dr cat warna hitamnya di ganti yg lebih bagus.
    Kalau dipikir2 ini masuk akal banget kan? Coba deh lihat platnom asli, mana yg luntur duluan cat nya? Pasti yg hitam dan malah mantulin sinar kalau udah luntur. temen saya ini setuju kalau warna hitam yg sekarang di ganti dgn black doff seperti yg biasa di pakai tukang plat. Alasannya karena menurut yg dia lihat selain lebih awet, angka platnom terlihat lebih kontras bahkan untuk angka/tulisan yg di buat2.
    Menurut dia juga drpd bikin proyek ganti plat ke warna putih yg kesannya g penting2 amat mending buat penerangan jalan. Karena inilah biang kerok sekarang banyak yg sering pakai lampu super silau di kendaraannya.

  19. seharusnya d godog juga plat nopol depan d motor termasuk motor sport fairing, karna berbahan plat berbahaya jiga terkena orang karn atajam dan merusak pemandangan bentuk indah motor, kalo bisa dganti nopol depan berbahan stiker dan memakai hologram jd lebih aman dan tdk merusak indahnya motor

    matur suwun

  20. Lek @iwanbanaran.com
    Browserku kok gak mau update artikele,
    Pake firefox hape.
    Napa yo Lek ?

  21. indonesia sangat susah untuk berkembang, karena pemerintah pemikirannya masih oon.jarang piknik sih malu pak sm negara ttangga.

  22. Harus nya bukan warna yg jadi hambatan tp infrastruktur nya yg belom maksimal, warna putih kalau habis hujan kotor yg sulit untuk di lihat juga, lebih baik pertimbangkan posisi plat yg di pasang di depan, karna negara tetangga sudah tidak pakai plat depan untuk safety. Cuma opini dan saran saja.

  23. wah mumet cak, yg jadi Hak Utama pengguna jalan aja masih di abaikan seperti jalanan yg amburadul, lubang sana-sini, jalanan banyak tambalan gak rata, ndak ada Standart Kualitasnya. moga2 cak iwan ada kesempatan bisa maen2 ke medan biar di review kondisi jalan di sini salam juossszz gandoz

  24. Aturan aneh next level..
    Ektp ya gitu dehh
    Ini plat ya sudahlh
    Rakyat mau gk mau ikut2 aja..
    Semoga positif dan kondusif
    Ngopi2

  25. Sedikit berbagi cerita. Saya sudah denger tentang warna platnom yg mau di ganti karena ada temen saya yg kerja sbg petugas operator cctv lampu merah. Menurut dia sbnrnya plat yg sekarang ok ok aja, asal… Bahan dr cat warna hitamnya di ganti yg lebih bagus.
    Kalau dipikir2 ini masuk akal banget kan? Coba deh lihat platnom asli, mana yg luntur duluan cat nya? Pasti yg hitam dan malah mantulin sinar kalau udah luntur. temen saya ini setuju kalau warna hitam yg sekarang di ganti dgn black doff seperti yg biasa di pakai tukang plat. Alasannya karena menurut yg dia lihat selain lebih awet, angka platnom terlihat lebih kontras bahkan untuk angka/tulisan yg di buat2.
    Menurut dia juga drpd bikin proyek ganti plat ke warna putih yg kesannya g penting2 amat mending buat penerangan jalan. Karena inilah biang kerok sekarang banyak yg sering pakai lampu super silau di kendaraannya.

  26. Bang pcx aq kok akinya tekor ya , terus bodynya getar, skoknya meletot,cvt bergetar, keyles bermasalah, rem kurang pakem, cat memudar , knalpot mudah karat kalau aq jual lagi 10 juta kira kira laku apa tidak

  27. seharusnya d godog juga plat nopol depan d motor termasuk motor sport fairing, karna berbahan plat berbahaya jiga terkena orang karn atajam dan merusak pemandangan bentuk indah motor, kalo bisa dganti nopol depan berbahan stiker dan memakai hologram jd lebih aman dan tdk merusak indahnya motor

    matur suwun

    • ukuranya lebih baik kotaak ga persegi panjang. kalo yg skrng ke banyakan gampang bengkok kalo pas parkir ya karena bentuknya memanjang.

  28. Trus nek motor disilih tanggane .. dibg kena tilamg sipemilik motor lek??

    Lha mumet ki nem motor siji disilih wong 7 sedino ne sing dijaluki tanggung jawab sopo yen kaya gitu ki

  29. Tilang berdasarkan plat, gmn klo motor yg pakai bukan yg pemilik / motor yg sdh d jual blom balik nama?

    Kajiannya musti lengkap, jgn nantinya merugikan orang yg namanya tertera di STNK.

    • Setuju, harus dikaji lebih dalam lagi nih. Kalau ternyata yang ditilang ternyata belum balik nama atau kalau yang ditilang ternyata pinjem motor orang tua atau saudaranya.

  30. Lagi lagi nyari proyek berdalih bla..bla..bla

    Lihatlah plat nomor skarang yang dikeluarkan kepolisian, memprihatinkan.

    Betul kata kang iwan, catnya blepotan, gak rapi. Terkesan asal cetak saja. Gak ada standart kualitas.

    Ini negara lo yaa,, negara ! Ko ga punya standart kualitas.

    Malah yang sering plat bahan untuk plat nomor sering kehabisan. Kok bisa ??? Ini negara lo… Negara. Kenapa bisa begitu ??

    Saya dukung saja asal dijalankan dengan benar, dengan kualitas. Isin rek karo negara tetangga.

  31. haiyyaaa owe sih gk masalah mo warna putih, merah, kuning / bunglon sekalian…
    asal pas bayar pajak tu plat baru udah jd trus lgsg dipasang gk mslh…
    jgn kek urus ganti plat 5 tahunan / pajak tahunan…
    mosok bpkb baru bs diambil setelah 4bln trus dikasih stnk fotokopi…
    bayar pajak taat tp pelayanan amburadul … aseem

    • Wkwkw ea owe kenak ni.. Ganti plat ngurus bln 4 kemarin.. Setelah siap di kasi sepucuk kertas bpkb di ambil bulan 8 ini…
      Yg dpt langsung STNK dan Plat nomor barunya…

    • maklum laahh tau sendiri kan ini negeri apaa…??
      yg korupsi aja skrg leha2 di penjara yang fasilitas udah sama kayak hotel bintang 5….

  32. Yo setuju wae cak, selama iki tertib2 wae kok.
    Sim ku keluar dompet 5tahun sekali
    Stnk keluar dompet juga setahun sekali.
    Kadang keduanya gak dibawa juga aman saja

  33. Lah seumpama motor sudah di jual ke.oranglain terus belum balik nama lalu melakukan pelanggaran di jalan raya, masa pemilik pertama yg terkena sangsi tilang kan repot urusanya? Atau motor di pinjamkan terus melanggar aturan jalan raya? Perlu kajian dan kesiapan semua departemen dan pemda terkait rencana perubahan TNKB,. Jangan sampai ujung ujungnya jd proyek gagal dan hanya menguntungkan pihak pihak yg tidak bertanggung jawab.

  34. Kurang setuju mas, karena sebelum menerapkan apapun perlu pengkajian berulang dan didukung dengan sumber daya yang memadai, jangan sampai kasus seperti E KTP terulang.

    • Matamu,,,,
      Kl tuh motor pake windshield bisa di stikerin,
      Lah naked bike dll tanpa windshield mau distikerin dmn?,
      Jidat?, congor?,
      Gini nih kl komen cm ikut2an org,
      Kl tanpa plat depan jg gmn mau ambil gambat CCtv dr dpn?,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here